Proses Pembuatan Karya Tari

Proses Pembuatan Karya Tari – Seni tari didasarkan pada gerakan dasar tubuh. Orang dapat memeriksa tubuhnya untuk aktivitas menari. Tindakan menciptakan karya tari sering disebut “koreografi”.

Arti koreografi dalam dunia tari seringkali disamakan dengan kata “komposisi”, yaitu proses pembuatan, pengkoordinasian, dan penyesuaian bagian-bagian menjadi satu kesatuan.

Proses Pembuatan Karya Tari

Dalam seni tari, komposisi mengacu pada penyusunan dan penciptaan suatu karya tari, yang meliputi penciptaan unsur-unsur baru atau pembaharuan suatu karya tari dengan memadukan unsur-unsur yang sudah ada.

Berkarya Seni Tari Kreasi Baru

Cara ini disebut “organisasi dan koordinasi” karena sekadar mengelola dan menata ruang tanpa mengubah khasanah gerak dan tari.

Menemukan perilaku-perilaku baru dan mampu mendasarkan sumber-sumber perilaku yang terdapat di lingkungan. Model ini disebut natural karena repertoar geraknya berubah dan berkembang berdasarkan keterampilan koreografernya.

Dalam merancang sebuah karya tari, penting untuk merancang konsep karya tari tersebut agar gerak-geriknya dapat tersusun secara teratur dan bersih sesuai kebutuhan. Secara umum konsep dalam tari dibagi menjadi tiga bagian: gerak akhir, konsep musik, serta kostum dan alat peraga.

Gerak merupakan hal terpenting dalam tari. Oleh karena itu, sebelum membuat sebuah karya tari, kita harus terlebih dahulu mendefinisikan geraknya.

Modul 7 Penciptaan Karya Tari

Pertama, lakukan gerakan tari solo. Jika dirasa gerak tarinya bagus, kembangkan menjadi gerak tari berpasangan atau berkelompok. Berhati-hatilah saat menari dan gunakan yang berikut ini:

Setelah gerakan-gerakan tersebut di atas terkumpul, mereka berkumpul untuk menari. Merancang tindakan yang baik berarti menggabungkan tindakan yang bermakna dengan tindakan yang bersih, disusun berdasarkan tema yang telah ditetapkan dan mencakup arah tindakan dan arah tren.

Musik mengiringi tarian. Musik dan tari tidak dapat dipisahkan. Musik menentukan kecepatan suatu gerakan, memberikan suasana kesedihan, kegembiraan, stres, atau kemarahan pada tarian.

Langkah penting berikutnya dalam menciptakan karya tari modern adalah merancang dan mendesain kostum. Keduanya menawarkan nilai keunikan dan tentunya menambah keindahan permainan tari.

Kelas Xii Senbud Sem. 1 Bs Press

Kostum atau segala pakaian yang diperlukan dikenakan pada tubuh penari tergantung peran yang dimainkan. Dalam merancang suatu pertunjukan tari, kostum tari harus sesuai dengan konsep pertunjukan yang dibawakan, baik desain kostum maupun warnanya.

Baca juga  Tuliskan 3 Alasan Mengapa Negara Kita Rawan Korupsi

Selain itu, Anda juga harus memilih alat peraga yang tepat saat membuat permainan tari modern. Seni Tari Segala alat dan perlengkapan yang digunakan dalam tari atau pertunjukan.

Alat peraga tari dapat dibuat dengan menggunakan bahan dasar seperti kain, kayu, logam, plastik, tembaga atau kulit. Berikut alat peraga tari serba guna: Suka dengan buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat lembar memo Anda sendiri

Membuat Pertunjukan Tari 135 Gambar di atas menunjukkan bahwa penari pertama memulai gerakan dari nomor pertama dan penari kedua memulai gerakan dari nomor kedua. Jadi, jurus nomor 1-8 dilakukan secara berurutan dari penari pertama hingga penari kelima. D. Alternatif : Terdapat perbedaan gerak dan level antara penari ganjil dan penari genap. Gambar 3.6 Gerakan alternatif Sumber: Andika Frandana/Yayasan Gurun Budaya Indonesia/2020 e. Rusak : Setiap penari melakukan gerakan-gerakan yang berbeda-beda, namun sebagai satu kesatuan saling berhubungan. 2. Kegiatan Pembelajaran 1 Peralatan: komposisi tari kelompok Alokasi waktu yang disarankan: 2 x 45 menit. Persiapan Pengajaran Untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran, guru hendaknya membaca dan mencari informasi tentang unsur-unsur tari dari artikel jurnal dan buku rekomendasi atau sumber lain. Guru juga harus mempersiapkan metode dan strategi yang akan digunakan untuk memudahkan proses pembelajaran siswa. Tugas 1 Selama proses pembelajaran, langkah-langkahnya

Pdf) Proses Penciptaan Tari Pujian Rumput Hijau: Studi Kasus Tim Inla Internasional Bi Cao

136 Buku Panduan Guru Tari Kelas 7 SMP Langkah pembelajaran yang digunakan mengacu pada metode pembelajaran kooperatif tipe talk stick. Secara umum, tongkat bicara merupakan strategi pembelajaran yang berguna bagi siswa untuk mengembangkan rasa percaya diri dalam menanggapi orang lain dan berbicara terus terang. Pada titik ini penggunaan tongkat pada gilirannya berfungsi sebagai alat untuk mendorong siswa melakukan sesuatu dengan cepat dan benar serta mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi (Maufur, 2009). Untuk melaksanakan metode ini, guru hendaknya menyiapkan tongkat yang panjangnya kira-kira 20 cm dan menyiapkan beberapa soal. Guru hendaknya membuat tongkat semenarik mungkin agar siswa tertarik untuk belajar. Soal-soal yang diajukan pada latihan speaking stick ini didasarkan pada kemampuan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri komposisi kelompok tari. Untuk mempersiapkan latihan identifikasi ini, guru hendaknya melihat foto dan video tari yang mendukung unsur utama lagu tari kelompok. Setelah kegiatan inti berakhir sebaiknya guru mempelajari materi secara mendalam dengan bantuan media pembelajaran agar siswa dapat memperoleh informasi yang utuh dan lebih terbantu untuk memahami materi. B. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pembukaan Pembelajaran 1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa, kemudian memeriksa partisipasi siswa. 2. Guru memberikan es batu untuk meningkatkan minat siswa. 3. Guru akan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dapat dicapai siswa setelah pembelajaran Unit 3. 4. Guru memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang dipelajari tentang komposisi tari dan mengenalkan kegiatan pembelajaran. dilakukan di awal. Pertemuan.

Baca juga  Kambing Rumput

Desain Tari 137 Kegiatan Dasar 1. Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan pembelajaran kepada siswa sebagai berikut: a. Siswa diminta menonton video metode tradisional rakyat yang diperlihatkan oleh guru. B. Guru memberikan tongkat kepada salah satu siswa. Siswa yang menerima tongkat harus menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Setelah menjawab suatu pertanyaan, siswa harus mengalahkan siswa yang ingin menjawab pertanyaan kedua. Jika tidak ada siswa yang mau menjawab, maka siswa tersebut memberikan tongkat tersebut kepada guru, dan guru secara acak memberikan tongkat tersebut, sehingga siswa yang mendapat tongkat tersebut terpaksa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Ketika semua pertanyaan telah terjawab, kegiatan tongkat bicara berakhir. Guru dapat mempertanyakan unsur-unsur komposisi tari dalam video yang ditontonnya dengan pertanyaan-pertanyaan berikut agar siswa dapat mengidentifikasinya. 1) Apa tema dan nama tarian yang kamu lihat? 2) Apa yang dimaksud dengan cerita tari saksi? 3) Apa yang membuat Anda tertarik dengan industri tari? 4) Jelaskan kostum yang dikenakan para penari? 5) Instrumen apa yang digunakan dan pertanyaan lainnya.

138 Panduan Guru Tari SMP Kegiatan Kunci Kelas 7 2. Setelah guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan tongkat, guru memulai kegiatan dengan menayangkan video kelompok tari. 3. Guru memulai tanya jawab tugas dengan menggunakan metode speaking stick. 4. Guru memulai kegiatan tanya jawab dengan menggunakan tongkat bicara. 5. Setelah seluruh pertanyaan terjawab, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. 6. Tim pengajar memberikan materi mendalam tentang ciri-ciri lagu tari, dan menampilkan foto-foto pertunjukan tari sebagai sarana untuk menginformasikan kepada siswa tentang komposisi tari. Kegiatan Penutup 1. Guru bersama siswa mengakhiri pembelajaran 2. Guru meminta siswa menyampaikan kesannya terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. 3. Guru memberikan materi yang akan dipelajari pada sesi selanjutnya. 4. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam dan doa. C. KEGIATAN BELAJAR LAINNYA 1. Bagi siswa yang tidak hadir, guru menugaskan kelompok untuk mencari informasi tentang unsur-unsur tari dan menuliskannya pada LKS. 2. Jika memungkinkan, guru dapat mengajak siswa menonton langsung tarian kelompok tersebut sehingga siswa dapat langsung mengidentifikasi unsur-unsur desain tari dan mendiskusikannya di kelas. 3. Pembelajaran kelas di sekolah tanpa internet dan listrik, kegiatan mengidentifikasi unsur-unsur dalam lagu tari kelompok dapat dilakukan dengan mencari informasi dari gambar/buku/artikel dan dilanjutkan dengan kegiatan kuis. Gunakan model kolaborasi percakapan untuk terus belajar secara mendalam dengan materi instruktur. Selain metode

Baca juga  Tuliskan Dua Keteladanan Nabi Muhammad Saw Dari Kisah Di Atas

Merancang Kegiatan Tari 139, guru dapat mengidentifikasi unsur-unsur komposisi tari dengan pendekatan tanya jawab berdasarkan pengalaman siswa menonton pertunjukan tari. 3. Alat Kegiatan Pembelajaran 2: Rancangan Gerakan Struktur Tari Kelompok. Alokasi waktu yang disarankan: 2 x 45 menit. Persiapan mengajar Untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran, guru perlu memahami pola gerak (pola ruang) dalam lagu tari kelompok. Guru juga harus menonton video tari dari kelompok yang berbeda, serta membaca berbagai majalah dan buku tari yang direkomendasikan, sehingga mereka dapat memberikan lebih banyak informasi kepada siswanya. Sebaiknya guru menyiapkan bahan pembelajaran yang dapat menampilkan foto tari dan video peragaan/materi pendukung perbedaan pola gerak dalam lagu kelompok tari. Guru dapat menggunakan teknik demonstrasi atau metode lain yang sesuai untuk menjelaskan proses dan petunjuk penciptaan gerak kreatif dalam lagu tari kelompok. Kata Demonstrasi berasal dari kata Demonstrasi yang berarti menunjukkan atau menunjukkan, mendemonstrasikan atau memperlihatkan, jadi metode demonstrasi adalah suatu metode mengajar yang menggunakan alat bantu untuk menjelaskan pengertian atau memperlihatkan cara melakukan dan melaksanakan suatu proses tertentu. kepada para siswa. (Aqib, 2016). Menurut Winatraputra, metode demonstrasi mengacu pada pembelajaran dengan melakukan sesuatu secara langsung untuk menunjukkan sesuatu atau mendemonstrasikan suatu proses tertentu (Nasution, 2017). Teknik ini dapat membantu siswa memahami pola gerak dalam tarian kelompok. Yang harus dilakukan seorang guru dalam persiapan mengajar dengan metode ini adalah dengan membuat pola lantai yang berbeda-beda dengan gerakan yang berbeda-beda dan jumlah penari yang berbeda-beda, yang kemudian akan diperagakan oleh siswa.

Swarjana Ada Aa 09 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (rpp) Sekolah

140 manual

Proses pembuatan kolam renang, pembuatan karya, karya tari, proses penciptaan tari, karya seni tari tradisional, proses penulisan karya ilmiah, proses pembuatan karya seni rupa 2 dimensi, karya seni tari, apresiasi karya seni tari, proses pembuatan pt, proses pembuatan, proses pembuatan karya seni rupa