Pola Gerak Dalam Lompat Jauh

Pola Gerak Dalam Lompat Jauh – Salah satu topik yang dipelajari di kelas PE adalah lompat jauh. Dalam pelajaran ini, tidak hanya teknik lompat jauh yang diajarkan, tetapi juga aturannya.

Lompat jauh sendiri merupakan bagian dari atletik dimana Anda berlatih mendorong dengan satu kaki. Ini dilakukan dengan mengangkat kaki ke atas dan ke depan dalam upaya menjaga pusat gravitasi di udara selama mungkin dan menjangkau sejauh mungkin.

Pola Gerak Dalam Lompat Jauh

Ada empat teknik lompat jauh yang perlu dipraktekkan yaitu jurus depan/jurus, jurus lompat/jurus, jurus tengah udara dan jurus mendarat. Jika semua prosedur dilakukan dengan benar, maka kinerja lompatan akan optimal.

Mengenal 3 Jenis Gaya Dalam Lompat Jauh, Materi Pjok Kelas 5 Sd

Premis dari lompat jauh adalah berlari secepat mungkin untuk mencapai kecepatan tinggi sebelum perlawanan dimulai. Posisi kaki saat start juga tergantung dari kebiasaan masing-masing pelompat jauh. Ini adalah awalan dengan kaki sejajar, kaki kanan di depan atau sebaliknya.

Memulai dilakukan dengan joging ringan. Setelah itu Anda dapat meningkatkan kecepatan lari. Ingatlah untuk menjaga kecepatan Anda sampai tepat sebelum lompatan. Saat mendekati 4 langkah terakhir sebelum memantul, kecepatan lari tetap konstan dan tidak berkurang.

Rebound berarti transfer kecepatan vertikal yang diperoleh dengan berlari ke kecepatan horizontal. Yang terbaik adalah menggunakan kaki terkuat Anda untuk memantul. Dimulai dari tumit dan berakhir di jari kaki. Tubuh harus sedikit condong ke depan saat menopangnya. Saat kaki ayun diangkat setinggi pinggul dengan lutut ditekuk.

Saat benda mengapung di udara, ada beberapa cara. Misalnya, berjalan di udara. Triknya saat badan melayang, ayunkan kaki belakang dengan kuat ke atas. Kemudian lakukan gerakan seperti melangkah atau berjalan di udara.

Gambar Permainan Lompat Jauh Lompat Panjang Kompetisi Game Musim Dingin, Melompat, Rumput, Tanah Png Transparan Clipart Dan File Psd Untuk Unduh Gratis

Mendarat adalah gerakan terakhir dalam urutan lompat jauh dan merupakan yang terakhir dari 4 teknik lompat jauh. Perlu diingat bahwa pendaratan harus dilakukan dengan kedua kaki dalam posisi sejajar dan tumit terlebih dahulu mendarat di tempat dengan tumit menyatu. Ini untuk mencegah cedera.

Sampai tumit menyentuh pasir di titik pendaratan, kedua kaki harus lurus atau dijulurkan. Pastikan kaki tidak menjauh satu sama lain. Pasalnya, jika jarak antara kedua kaki semakin jauh, maka jarak lompatannya juga semakin berkurang.

Baca juga  Mengerjakan Tugas Tepat Waktu Disebut

Anda juga harus berhati-hati agar tidak jatuh terlentang saat mendarat. Oleh karena itu, sebaiknya segera condong ke depan dengan lutut ditekuk begitu tumit menyentuh pasir. Dan yang terpenting, setelah mendarat, jangan kembali ke titik pergerakan dengan melangkah ke area pendaratan.

Selain memperhatikan teknik, pelompat juga harus memiliki kekuatan, kelincahan, kecepatan, ketepatan, kelenturan dan mampu mengkoordinasikan semua gerakan. Teknik dasar lompat jauh yang tidak boleh dilupakan adalah cepat, akurat, luwes dan halus.

Pdf) Lompat Kangkang

Untuk melakukan teknik lompat jauh ini, pelompat pertama-tama harus melakukan antara 10 dan 20 langkah. Kemudian kecepatan lari berangsur-angsur berkurang atau berhenti.

Kedua, kecepatan dari dudukan dijaga maksimal hingga mencapai papan loncatan. Turunkan pinggang Anda sedikit pada langkah terakhir pose.

Ketiga, ayunkan paha kaki bebas dengan cepat ke posisi horizontal dan tahan. Luruskan pergelangan kaki, lutut, dan pinggang saat melakukan push-up. Dorong ke depan dan ke atas (sudut lompatan 45 derajat)

Keempat, dorong kaki di bagian bawah beban tubuh ke atas. Kemudian datanglah kaki pembuka setelah kaki ayun. Saat terbang, tekuk kaki sedikit agar tubuh dalam posisi jongkok.

Lkpd Lompat Jangkit Activity

Kelima, saat akan melompat, regangkan kedua kaki ke depan, bersamaan dengan lengan ke depan. Setelah kedua kaki berada di kotak pasir, duduklah dengan kedua kaki.

Dalam cabang olahraga lompat jauh ada beberapa aturan yang harus dipatuhi yaitu lebar lintasan pertama minimal 1,22 meter dan panjang 45 meter. Panjang plat bumper 1,22 meter, lebar 20 cm dan tebal 10 cm.

Kemudian pelat dengan garis plastik harus diletakkan di sisi dekat titik pendaratan, di mana tanda kaki peserta akan dicatat jika dia salah melompat. Selain itu, papan take-off harus dicat putih dan tetap horizontal minimal 1 meter dari ujung depan roda pendaratan.

Untuk pendaratan pelompat, lebar pendaratan minimal 2,75 meter dan jarak antara garis start dan akhir lompatan minimal 10 meter. Perhatikan bahwa permukaan pasir di lokasi pendaratan harus rata dengan bagian atas pelat defleksi.

Pdf) Kontribusi Daya Ledak Tungkai Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Siswa Smp Negeri 1 Luwuk

Aturan terakhir dari teknik lompat jauh adalah peserta boleh melompat 3 lingkaran jika jumlah pelompat lebih dari 8 orang. Delapan pelompat teratas dapat melompat tiga kali lagi untuk menentukan pemenangnya.

Jika peserta kurang dari 8, maka setiap peserta mendapat 6 kali. Pada saat yang sama, waktu yang diberikan untuk pelompat hanya 1,5 menit. Topik PJOK III. BAGIAN : Kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar melalui lompat jauh dan lempar roket.

Baca juga  Bahan Yang Jarang Digunakan Oleh Masyarakat Untuk Menjernihkan Air Adalah

Lompat jauh adalah olahraga. Olahraga ini menggabungkan gerakan dasar berjalan, berlari, dan melompat. Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam kompetisi olahraga nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). Lompat jauh juga merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam kejuaraan olahraga internasional seperti SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade.

Gerakan dasar Berjalan, berlari, melompat dan melempar merupakan gerakan dasar dalam olahraga. Atletik terdiri dari jalan (sprint), lari (pendek, tengah dan panjang), lompat (lompat tinggi, lompat jauh dan lompat galah) dan lempar (tolak peluru, lempar lembing dan lempar martil). melemparkan). ). Pada pelajaran kali ini anda diajak untuk berlatih kombinasi dasar jalan, lari, lompat dan lempar lompat jauh dan lempar roket. Melalui pelajaran ini diharapkan Anda dapat menguasai gerak dasar berjalan, berlari, melompat dan melempar pada kedua cabang olahraga tersebut.

Pdf) Peningkatan Teknik Lompat Jauh Melalui Metode Konvensional Pada Siswa Kelas X.tk.1 Di Smk Negeri 6 Makassar

Buat jalan sepanjang 10-15 meter. Tentukan garis start dan finish. Siapkan delapan tiang bendera. Tempatkan tiang bendera dengan jarak satu meter. Di akhir posisi awal, berdiri lalu berjalan ke depan. Langkah ini diikuti dengan berlari melewati tiang secara bergantian. Saat sudah sampai di garis finish, segeralah berbalik dan berjalan menuju garis start. Lakukan kegiatan ini secara disiplin dan bertanggung jawab.

Untuk membuat jalur hingga 11-15 meter. Trek dibagi menjadi tiga bagian. Misalnya, bagian pertama panjangnya 3-4 meter untuk jalan setapak. Bagian kedua memiliki panjang 5-7 meter untuk lintasan lari. Bagian ketiga panjangnya 3-4 meter untuk lompat ski. Perhatikan gambar berikut

Melakukan kombinasi jalan, lari dan lompat melalui lompat jauh. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam bentuk perlombaan. Dalam proyek ini Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut.

Piring lompat, lompat siap. Gunakan kaki terkuat Anda untuk bangkit. Saat Anda berada di udara, kembalikan tangan Anda. Saat hendak mendarat, ayunkan kedua kaki dan lengan ke depan. Mendarat dengan kedua kaki. Saat Anda mendarat, tekuk lutut sedikit. Kedua lengan direntangkan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Soal Us Pjok Kelas 5 Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Lari adalah gerakan awal melempar raket. Pra-peluncuran dilakukan untuk mengumpulkan energi sebelum roket diluncurkan. Dalam gerakan ini, Anda perlu menggabungkan gerakan dasar berjalan dan berlari.

Perhatikan Gambar 3.7! Gambar menunjukkan gerakan setelah lemparan. Langkah ini menggabungkan dasar berjalan dan melempar. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan setelah casting adalah sebagai berikut.

Lompat jauh dan lempar roket adalah olahraga yang menggabungkan gerakan berjalan, berlari, melompat, dan melempar. Olahraga lompat jauh dan lempar roket sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jika Anda bertekad, Anda bisa berhasil melalui kedua olahraga ini.

Baca juga  Klasifikasi Makhluk Hidup Tidak Dapat Dilakukan Berdasarkan Hal Berikut Yaitu

1. Olahraga atletik menggabungkan gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar. Contoh olahraga bebas adalah lari, lompat jauh, lompat tinggi, lempar lembing dan lempar cakram.

Kurikulum Merdeka Pjok Kelas 4 Sd/mi: Pola Gerak Dasar Lokomotor, Gerakan Melompat Dan Meloncat

2. Lompat jauh menggabungkan gerakan dasar berjalan, berlari, dan melompat. Lompat jauh yang benar harus mengikuti langkah-langkah berikut.

3. Lempar roket menggabungkan gerakan dasar berjalan, berlari, dan melempar. Gerak dasar melempar roket, yaitu. awalan lari, lompat untuk lempar dan lempar. Lompat jauh merupakan nomor olahraga kardio terbaik yang termasuk dalam cabang olahraga atletik tanpa perlu menggunakan alat olahraga. Nomor ini selalu berlaga di berbagai ajang olahraga, dari skala kecil hingga internasional. Untuk bisa melakukan hal tersebut tentunya Anda perlu mengetahui berbagai cara.

Olahraga ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Jika Anda mengikuti sejarahnya, lompat jauh dimainkan di Olimpiade pada zaman Yunani kuno. Saat itu, pelompat jauh membawa beban di kedua tangan dan melepaskannya di tengah lompatan untuk meningkatkan momentum.

Lompat jauh seperti yang dikenal saat ini juga telah menjadi bagian dari Olimpiade modern sejak tahun 1896. Pada kompetisi putra, rekor dunia lompat jauh ditetapkan oleh Jesse Owens pada tahun 1935 dengan rekor lompatan 8,13 meter. Rekor ini bertahan sangat lama hingga akhirnya dipecahkan pada tahun 1960 ketika Bob Beamon mencatatkan lompatan 8,90 meter di Olimpiade Mexico City 1968.

Kurikulum Merdeka Pjok Kelas 4 Sd/mi: Pola Gerak Dasar Lokomotor, Gerakan Berjalan, Berlari, Dan Melompat

Secara umum, ada empat teknik dasar lompat jauh yang perlu dikuasai. Metodenya adalah awalan, lompat, melayang dan mendarat. Ini terlihat seperti olahraga sederhana, tetapi semua teknik harus diadaptasi dengan baik untuk mengurangi risiko cedera dan dapat melompat lebih jauh.

Bukan sekedar lompat sembarangan, teknik dasar lompat jauh juga harus dilakukan dengan benar agar tidak melanggar aturan. Lihat semua cara yang dapat Anda lakukan di bawah ini!

Awalan dalam lompat jauh dilakukan dengan berlari cepat sekitar 20-30 meter. Jangan hanya berlari dan melompat mengejar. Anda harus membiasakan diri melakukan segala sesuatu dengan cepat.

Seorang pelompat jauh harus memanfaatkan momentum sprint, berhenti sejenak untuk memperkuat pijakan, lalu melompat ke darat. Ini perlu diulangi agar tubuh terbiasa. Anda bisa berlatih setiap senam pagi.

Bab Vi Variasi Dan Kombinasi Berbagai Pola Gerak Dalam Aktivitas Senam Lantai

Teknik lompat dalam olahraga lompat jauh dilakukan dengan satu kaki. Jika Anda melakukannya dengan dua kaki, Anda hanya mencegah tubuh bergerak lebih jauh. Selain itu, Anda akan menjadi bahan tertawaan di papan loncat.

Biarkan kaki yang akan menjadi pusat gravitasi Anda menjadi kaki terkuat Anda. Kemudian manfaatkan sinergi dengan kecepatan dan gerak kaki

Teknik dalam lompat jauh, gaya jongkok dalam lompat jauh, teknik awalan dalam lompat jauh, kesalahan dalam lompat jauh, perlengkapan lompat jauh, analisis gerak lompat jauh, sepatu lompat jauh, teknik dasar lompat jauh, gaya dalam lompat jauh, lompat jauh, game lompat jauh, sebutkan gaya dalam lompat jauh