Penggalan Eksposisi Tersebut Tergolong Eksposisi

Penggalan Eksposisi Tersebut Tergolong Eksposisi – Apakah kamu suka buku ini? Publikasikan buku Anda secara online gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Seperti yang terlihat pada contoh sebelumnya, bagian-bagian teks pengantar terdiri dari dua unsur utama, yaitu gagasan dan fakta. A. Gagasan disebut juga gagasan atau konsep. Isinya berupa pernyataan berupa pendapat, penilaian, saran, dorongan dan persuasi. Contoh: 1) Mengikuti pedoman sekolah tangguh bencana, sekolah harus rutin melakukan simulasi mitigasi bencana. 2) Faktor kemantapan bangunan sekolah juga menjadi kriteria aman bencana. B. Fakta (situasi, peristiwa) adalah kenyataan; Sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Dalam teks ekspositori, fakta memperkuat gagasan sehingga diharapkan lebih meyakinkan audiens. Contoh: 314 unit sekolah rusak, 171 rusak berat, 136 rusak sedang, dan 7 rusak ringan. Jadi sekarang baca lagi teksnya dengan hati-hati dan jawab pertanyaan berikut dalam latihan 1. Tulis jawabannya di buku latihan Anda! Latihan 1 1. Teks apa yang terkandung dalam bab ini? Jelaskan dengan alasan yang valid! 2. Apa topik teks tersebut? 3. Apa itu sekolah aman bencana? 4. Mengapa teks tersebut mengatakan bahwa bangunan sekolah adalah ukuran keamanan bencana? 5. Temukan dan tulis kalimat yang merupakan ide! 6. Bagaimana membuat sekolah tahan bencana? 7. Mengapa penting untuk meningkatkan kesadaran tentang sekolah aman bencana? Tugas belajar 2 Menentukan bentuk teks presentasi Membuat teks Teks presentasi memiliki banyak bentuk dalam bentuk tulisan. Format berikut membuat teks deskriptif lebih fleksibel. A. Bentuk Umum Khusus Teks yang menggunakan bentuk ini menempatkan gagasan utama paragraf berupa gagasan umum di awal paragraf. Ide deskriptif atau spesifik kemudian ditempatkan. Metode ini disebut juga paragraf deduktif.

Penggalan Eksposisi Tersebut Tergolong Eksposisi

B. Metode Spesifik Umum Berbeda dengan bentuk sebelumnya, metode ini memunculkan ide-ide khusus terlebih dahulu baru kemudian ide-ide umum. Bagian akhir teks berfungsi sebagai kesimpulan atau ringkasan dari pemikiran sebelumnya. C. Metode diagramatik Metode ini ditandai dengan penggunaan diagram dalam penyajian teks pengantar. Menggunakan gambar konkret dapat memberikan bukti untuk mendukung sebuah ide. E. Tujuan dari metode komparatif adalah untuk meyakinkan pembaca tentang masalah tersebut. Oleh karena itu, perbandingan dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang kebenaran konsep tersebut. Oleh karena itu, pembaca dapat dengan yakin menerima pendapat kami yang diuraikan dalam komentar umum dan diklarifikasi dengan komentar penjelasan. Latihan 2 1. Bacalah teks penjelasan berikut! Lingkungan hidup yang bersih dan sehat Lingkungan hidup yang bersih dan sehat adalah lingkungan yang tidak terdapat kondisi penyebab penyakit. Lingkungan yang bersih mendukung kehidupan yang sehat. Lingkungan yang bersih untuk hidup sehat berarti lingkungan tempat kita tinggal memberikan rasa yang baik pada panca indera dan memberikan arti pada kesehatan. Lingkungan yang ditempati dapat mendukung dan mempengaruhi kehidupan manusia. Jika lingkungan tempat tinggal mereka, jika masyarakat membiasakan hidup sehat, pasti akan menimbulkan kesan yang baik bagi mereka dan masyarakat. Namun di sisi lain, jika Anda terbiasa hidup kotor dan dalam masyarakat yang suka minum, hal ini memengaruhi psikologi dan suasana hati Anda. Di Indonesia terdapat perbedaan 20% hingga 80% antara mereka yang sadar akan kesehatan lingkungan dan yang tidak. Jika kondisi seperti itu dibiarkan, berbagai penyakit akan menyerang lingkungan. Sebagai warga negara yang baik, kita harus meningkatkan kesadaran tentang lingkungan yang sehat karena lingkungan seperti itu berdampak positif bagi generasi penerus kita. (Sumber: teks penjelasan, http://rumahbelajar.id/)

Baca juga  Rancangan Pembukaan Uud Dikenal Dengan Nama

Ai Mulyati: Latihan Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2 Beserta Jawaban Dan Analisis Tingkat Kesukaran

2. Analisis teks dan sajikan dalam format berikut! Topik Ide Fakta 3. Tentukan model pengembangan setiap paragraf dari teks eksplanasi di atas! Bab 1 – Metode Pengembangan 1 2 3 Kegiatan Pembelajaran 3 Memahami Ciri-Ciri Teks Ekspositori Seperti halnya teks pada umumnya, teks ekspositori memiliki banyak kesamaan ciri dengan teks ekspositori. Fitur-fitur ini digunakan untuk membedakan apakah teks termasuk teks deskriptif atau tidak. Ciri-ciri teks eksposisi adalah: a. Menjelaskan informasi atau pengetahuan tentang suatu topik b. Gaya informatif yang mengajak C. Disajikan dengan bahasa yang sederhana dan dikomunikasikan secara langsung d. netral atau tidak memihak e.Fakta digunakan sebagai sarana interpretasi dan masukan. Teks pengantar juga dapat berisi evaluasi, rekomendasi, dorongan atau ajakan kepada audiens. Bentuk teks pengantar khususnya di media massa dapat berupa artikel, tajuk rencana atau diskusi.

Setelah mempelajari ciri-ciri teks penjelas, lakukan langkah selanjutnya untuk membedakan teks penjelas dari teks lain! Latihan 3 Manakah dari kutipan teks berikut yang merupakan teks penjelasan! Pilih opsi Ya atau Tidak (√) untuk setiap penawaran. Tidak ada kutipan teks Ya Tidak 1. Setelah dituangkan dari tabung bambu, cairan manis (jus) disaring; Retaknya diambil lalu direbus. Dalam waktu sekitar dua jam, cairan mengental dan berubah warna menjadi coklat. Selain itu, diturunkan dan dikocok dalam posisi miring untuk mendinginkannya. Kurang lebih dua puluh menit, gula merah cair siap dicetak sesuai pola yang diinginkan. 2. Jenis layanan pendidikan ada dua, yaitu pendidikan formal dan pendidikan informal. Pendidikan formal terdiri dari kurikulum standar yang ditentukan oleh pemerintah, seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Pendidikan nonformal, juga dikenal sebagai pendidikan nonformal, biasa disebut sebagai pendidikan nonformal karena kursus biasanya mengembangkan kurikulumnya sendiri sesuai dengan persyaratan dan praktik lembaga itu. 3. Sehubungan dengan Hari Pahlawan, kami menghimbau kepada otoritas pemerintah untuk mengembalikan status pimpinan BUMN/BUMD, DPR dan MPR serta seluruh anggota dewan seperti sedia kala. Ingatlah perjuangan dan cita-cita para pahlawan Kusuma Bangsa. Mari berjuang untuk kesejahteraan rakyat. Untuk itu bekerja keras, profesional dan bertanggung jawab. 4. Salah satu penyebab protes adalah ketidakpercayaan terhadap penerapan berbagai peraturan. Para pengunjuk rasa tidak bisa mengungkapkan ketidaksenangan mereka. Tekanan kemarahan yang dilayangkan akhirnya berubah menjadi kemarahan massal. Hal-hal tersebut berujung pada berbagai demonstrasi, yang jika usahanya tidak tersalurkan, akan berujung pada anarkisme massa. Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.

Baca juga  Sudut Adalah

5. Hujan turun dengan deras di ibu kota, Jakarta, selama dua hari berturut-turut. Saluran air tidak seragam di mana-mana. Warga yang tidak bertanggung jawab membuang sampah ke sungai. Sungai tersumbat oleh puing-puing. Pengambilan air di kawasan yang telah ditentukan kini telah berubah fungsi menjadi tempat rekreasi. Bangunan-bangunan berdiri kokoh di sana. KEGIATAN BELAJAR 4 Struktur teks pengantar biasanya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu tesis (pertanyaan pendapat), argumentasi dan ringkasan pendapat. 1. Tesis: Kalimat yang menjelaskan maksud dan tujuan penulis mengenai topik yang diangkat. Struktur teks pengantar pertama atau tesis ini dapat ditemukan secara langsung atau eksplisit dalam kalimat teks eksplanasi atau secara tidak langsung atau implisit dalam deskripsi umum teks. 2. Argumen: Kalimat dalam teks eksplanasi yang menjelaskan alasan atau bukti pendapat penulis. Teks ekspositori lainnya adalah argumen struktural. Argumen digunakan untuk meyakinkan pembaca agar pandangan atau pendapat penulis dianggap benar. Argumen ini menyajikan beberapa fakta penting untuk mendukung posisi penulis, membuat argumen menjadi kuat. 3. Penyajian kembali pernyataan: Penyajian kembali argumen, yang mencakup ringkasan tesis dan penjelasan tentang fakta yang dibuat. Struktur teks eksplanasi bagian ini merupakan bagian terakhir yang berisi penguatan konsep untuk diingat oleh pembaca. Tugas belajar 5 Menyelesaikan teks eksplanasi Saat menyelesaikan isi teks, Anda bisa mulai dengan mendefinisikan ide umum. Gagasan umum atau gagasan utama menjadi dasar paragraf. Beberapa teks menempatkan gagasan umum di awal paragraf, tetapi beberapa tidak menempatkannya di akhir paragraf. Adanya gagasan umum ini dapat dijelaskan dengan konsep-konsep khusus yang mendahului atau mengikutinya.

Cermati kutipan berikut! Kutipan teks eksplanasi Perhatikan uraian berikut! Keadaan hutan sebelum itu. Bagian yang tebal adalah gambaran umum tentang koridor. Sedangkan kalimat bahasa Indonesia lainnya sebenarnya adalah pendukung atau penjelasan. Berdasarkan contoh-contoh ini, tampaknya hubungan tersebut sudah ada. antara gagasan umum dan bagian utama teks. Jangka waktu 50 tahun, hutan gagasan bersama, biasanya dianggap penting. Sebuah gagasan menunjukkan bahwa ada sesuatu yang lebih penting daripada gagasan lain dalam sebuah petikan bahasa Indonesia yang padat. 64 juta hektar. Deforestasi telah menghancurkan dataran rendah Sulawesi. Oleh karena itu, untuk melengkapi isi teks dilakukan dengan menentukan ide umum dari setiap paragraf kemudian menulis ringkasan isi teks dalam kalimat sendiri berdasarkan ide umum tersebut. Selamat! 1) Jenis paragraf berdasarkan letak gagasan umum Paragraf dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan letak gagasan umum: a.Paragraf deduktif Paragraf deduktif adalah gagasan umum di awal paragraf. Gagasan umum ada di klausa utama. Kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelas. Kalimat yang mengandung gagasan deskriptif disebut kalimat deskriptif. Contoh: Secara umum, penyebab kerusakan lingkungan hidup dapat digolongkan menjadi dua faktor, yaitu akibat fenomena alam dan akibat ulah manusia. Letusan gunung berapi, banjir, erosi, tanah longsor, angin topan, gempa bumi, dan tsunami adalah contoh bencana alam. Ekstrak di atas menunjukkan ide umum di balik ekspresi konsep penjelas. Gagasan umum ada di kalimat pertama. Kalimat utama di awal paragraf menunjukkan bahwa paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif. B. Paragraf induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf. Gagasan utama dapat ditemukan pada kalimat terakhir lagu tersebut. Kalimat sebelumnya adalah kalimat deskriptif yang mengandung gagasan deskriptif

Baca juga  Gambar Dekoratif Disebut Juga Gambar

Jenis Pola Paragraf Pada Penggalan Teks Eksposisi Diatas Adalah A. Deduktif B. Induktif C. Campuran

Kemudian kalimat terakhir menyimpulkan gagasan umum. Contoh: Seorang penyair menciptakan sebuah puisi