Pelajaran Bk Adalah

Pelajaran Bk Adalah – Priyeda Dhitha Melinda Harap tunggu… Guru – Ibu dari 2 putri dan seorang guru yang ingin melanjutkan studinya

Bimbingan dan konseling adalah layanan untuk membantu siswa, baik secara individu maupun kelompok, agar mereka mandiri dan dapat lebih mengembangkan orientasi pribadi, sosial, akademik, dan karir melalui berbagai layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan standar yang berlaku (Prayitno, 2004).

Pelajaran Bk Adalah

Konselor atau Bimbingan dan Konseling Konselor perlu memahami fungsi, prinsip dan prinsip bimbingan dan konseling serta ruang lingkup dan layanan yang harus diberikan oleh seorang konselor kepada siswanya.

Guru Mata Pelajaran Bk

ABKIN (2007) menyarankan bimbingan dan konseling dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut kegiatan layanan konseling sebagai berikut:

Keberadaan konselor dalam sistem pendidikan nasional diindikasikan oleh undang-undang sebagai salah satu kualifikasi yang sejajar dengan kualifikasi guru, pendidik, wali, dan pendidik. 20 Tahun 2003, Pasal 1 ayat (6).

Pengakuan dan penyelarasan posisi yang jelas antara kualifikasi satu tenaga kependidikan dengan yang lain berarti bahwa setiap tenaga kependidikan, termasuk konsultan, memiliki konteks yang unik dalam hal penugasan, ekspektasi kinerja dan pengaturan layanan.

Bimbingan dan konseling merupakan bagian dari pendidikan, maka secara praktis BK juga bertujuan agar siswa senang dan percaya diri, demikian pemikiran Ki Hadjar Devantara. Dalam memberikan pelayanan, BK harus mempertimbangkan karakter anak dan sifat waktu, agar siswa nyaman dan betah, pelayanan yang diberikan juga berpihak pada anak.

Kolaborasi Guru Mata Pelajaran Dan Guru Bimbingan Dan Konseling

Dapat disimpulkan bahwa prinsip BK sejalan dengan pemikiran Ki Hajjar Devantara yaitu bersama siswa, memahami hakikat anak dan hakikat zaman, guru BK yang membimbing dan membahagiakan siswa serta siswa aman di masa depan.

SMP Negeri 14 Bandar Lampung memiliki pedoman dan layanan bimbingan yang cukup sesuai dengan aturan dan prinsip layanan, masih perlu ditingkatkan terutama dalam memberikan layanan langsung kepada siswa yang lebih menarik dan ramah siswa, terutama di masa wabah ini.

Dari hasil pemikiran saya tentang kegiatan belajar di masa pandemi ini, layanan konseling nampaknya bermanfaat karena berbagai keterbatasan seperti kurangnya waktu khusus untuk konseling dan terkadang koordinasi yang kurang baik dengan rumah selama pandemi. Kunjungan rumah, siswa merasa tidak nyaman menghubungi guru BK. Oleh karena itu, saya menerapkan perubahan melalui pendekatan appreciative inquiry (IA), yaitu pendekatan manajemen perubahan berbasis kekuatan dan kolaboratif. IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat berkontribusi pada kesuksesan. Inti positif ini adalah potensi dan sumber daya organisasi.

Baca juga  Sebutkan Komoditas Barang Yang Diperdagangkan Dalam Belanja Daring

Saya mengembangkan langkah-langkah BAGJA sebagai model manajemen perubahan positif yang dapat diterapkan di sekolah. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan:

Tugas 4 Bimbingan Konseling

Pada titik ini saya mengajukan pertanyaan yang pada dasarnya bagaimana membuat layanan konseling menyenangkan dan ramah siswa. Maka saya mencari informasi di internet, bertanya langsung kepada rekan dan rekan guru dari sekolah lain, dan bertanya kepada siswa melalui kuesioner online melalui tautan yang saya bagikan melalui grup kelas WA.

Saya bekerjasama dengan rekan-rekan dalam mengembangkan kuesioner online ini untuk mengetahui pendapat siswa tentang layanan pembelajaran dan konseling online yang diberikan serta sejauh mana kebutuhan siswa yang perlu diperhatikan. Selain melakukan kuesioner, saya juga melakukan wawancara pribadi tentang layanan konseling yang menyenangkan dan ramah siswa. Kesimpulan yang saya dapatkan adalah untuk memberikan pelayanan yang optimal diperlukan waktu konseling yang terpisah di dalam kelas agar guru bimbingan konseling dapat mengetahui dan memahami perilaku siswa di dalam kelas. Selain itu, dapat memberikan materi layanan yang dibutuhkan untuk siswa kelas itu.

Saya menanyakan tentang harapan dan impian rekan-rekan guru bimbingan konseling melalui komunitas tentang layanan konseling, dan ini saya lakukan untuk melihat pendapat teman-teman guru tentang layanan konseling konseling. Dari hasil wawancara saya di grup WA, rekan konseling saya mengharapkan konselor memiliki ruangan tersendiri dan tugas tambahan yang diberikan tidak boleh melebihi beban kerja konselor. Harapan teman-teman, beberapa di antaranya sudah ada di sekolah saya, yakni memiliki ruang kelas BK, tugas tambahan guru BK tidak boleh melebihi tugas BK. Hanya saja sekolah saya tidak memiliki waktu khusus untuk B.K.

Berdasarkan hasil angket siswa, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa mengetahui layanan bimbingan dan konseling yang membantu mereka memecahkan masalah dan mengembangkan keterampilan, sebagian kecil dari mereka masih menganggap mereka sebagai polisi sekolah, dan beberapa tidak tahu. mereka Walaupun sudah banyak siswa yang mengetahui tujuan dari layanan konseling itu sendiri, namun tentunya perlu sosialisasi yang lebih. Siswa mengenal guru BK kelasnya, memandang guru BK sebagai pribadi yang ramah, dan merasa kurang terintimidasi ketika berinteraksi dengan guru BK. Namun kenyataannya masih ada orang yang takut pada guru BK.

Baca juga  Supaya Kegiatan Senam Irama Lebih Menyenangkan Biasanya Diiringi

Perangkat Bk Smp Semester Ganjil 2019 2020

Bahkan beberapa siswa yang ingin menghubungi guru konseling lebih mungkin menggunakan layanan konseling ini untuk membantu mereka daripada mereka yang memilih untuk menyimpannya sendiri atau memberi tahu orang lain. Oleh karena itu, siswa SMP Negeri 14 Bandar Lampung sebenarnya merasa senang dan nyaman dengan layanan konseling yang tersedia, namun tetap tidak mau memanfaatkannya secara maksimal. Harapan mereka terhadap layanan konseling adalah membantu mereka memecahkan masalah, memiliki guru yang ramah, dan memiliki jam khusus konseling di kelasnya. Harapan mahasiswa tersebut tentunya dapat diwujudkan melalui perubahan layanan konseling.

Dari rencana yang sudah saya siapkan, yang akan saya lakukan adalah mencari sekolah atau guru konseling yang bisa memberikan layanan konseling yang menarik. Dalam hal ini, saya mengetahui tentang layanan konseling di sekolahnya dari seorang teman saya yang mengajar di sebuah SMP swasta di kota Bandar Lampung. Saya memilih dia sebagai point person saya karena kecintaannya pada BK dan dia berbicara tentang apa yang dia lakukan kepada siswa dan perubahan signifikan pada siswa tersebut. Dari sini saya merasa bisa menjadi modelnya, jadi saya melakukan wawancara melalui video call.

Informasi yang saya dapat adalah ada jam BK khusus di sekolah tersebut, hal itu dilakukan untuk mengetahui siswa dan tingkah laku siswa tersebut selama di kelas, dan bukan berdasarkan apa yang dikatakan guru di rumah atau guru mata pelajaran, untuk mendapatkan waktu khusus tersebut guru BK dapat dengan mudah memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhannya terutama dalam memberikan pelayanan bimbingan klasikal. Di sekolah, ada buku catatan yang berisi peraturan dan poin sekolah. Jadi jika ada siswa yang melanggar peraturan, poin akan diberikan berdasarkan itu. Begitu juga jika siswa mematuhi peraturan, ada poin sebagai hadiah. Dalam hal ini guru BK bekerja sama dengan badan siswa. Reward dalam poin tersebut berupa hadiah yang dapat ditukarkan jika mencapai poin tertentu, dan poin yang lebih tinggi akan mendapatkan “Sertifikat Prestasi Akademik”. Ini sudah ada di sekolah saya pada tahap ini dan kami melakukannya bekerja sama dengan Pengajar Rumah dan Bagian Kesiswaan. Poin-poin ini lebih ke arah hukuman dan tidak ada penghargaan bagi siswa. Ini adalah dua informasi utama yang menurut saya bisa saya terapkan ke sekolah karena informasi lainnya sudah ada di sekolah saya.

Baca juga  Sebutkan 3 Judul Lagu Anak-anak Yang Memiliki Birama 4/4

Dalam kegiatan ini, saya dan rekan-rekan menyiapkan daftar layanan konseling yang menarik dan ramah siswa dalam bentuk poster berdasarkan informasi dari kuesioner, wawancara, dan diskusi yang saya lakukan, yang kemudian saya tempel di ruang konseling. . Saya melakukan ini untuk mengingatkan diri saya dan rekan-rekan saya untuk melakukan kegiatan ini. Selain itu, saya secara tidak langsung memberikan informasi kepada sesama guru yang datang ke kelas.

Bk Muhi, Berbagi Cerita Jitu Sukses Lolos Ptn

Dalam membuat rencana ini, saya sebelumnya mengidentifikasi hasil realistis yang dapat dicapai setiap minggu dengan bekerja sama dengan rekan kerja. Berikut tonggak pencapaian yang saya capai:

Selain itu, saya mengisi lembar umpan balik dari siswa atas penyelesaian kegiatan layanan konseling dan juga lembar refleksi/evaluasi diri atas layanan konseling yang dilakukan.

Setelah melakukan hal di atas, saya menyampaikan ide proyek ini kepada kepala sekolah dan sesama pembimbing. Kemudian buatlah rencana pengabdian yang akan dilaksanakan dan ajaklah rekan-rekan guru untuk membantu mewujudkan rencana tersebut, melihat manfaat seperti:

Dari beberapa kegiatan yang saya lakukan, saya belajar bahwa apa yang saya miliki saat ini tidak buruk, tetapi tidak maksimal, seperti berkolaborasi dengan teman sebaya dan guru taman kanak-kanak, dan masih belum memanfaatkan media sosial yang ada secara maksimal. Apa yang saya harapkan ternyata menjadi harapan rekan-rekan saya dan guru BK lainnya. Jadi saya perlu melihat hal-hal positif di sekitar dan kemudian meningkatkan dan mengoptimalkan fungsinya. Saya perlu memikirkan evaluasi dan perbaikan untuk memenuhi harapan dan cita-cita saya untuk menjadikan layanan BK di sekolah saya menyenangkan dan ramah siswa. Pada tahun pelajaran 2018/2019 hampir tidak ada perubahan perlengkapan BK, sama seperti tahun lalu yang tahun 2016 ini mengacu pada POP BK.

Rpl Bk Daring 2020/2021

Materi KKN saya bersama dan RPL BK tahun ajaran 2017/2018 sejalan dengan POP BK baru untuk semester ganda, sedangkan semester tunggal belum. Oleh karena itu telah disesuaikan menjadi POP BK tahun ajaran 2018/2019, materi, RPL BK dan kurikulum semuanya sesuai dengan POP BK.

Pada kesempatan kali ini saya juga menawarkan bimbingan guru/konselor kepada saudara-saudara saya, khususnya dengan alat BK di tingkat SMA/SMK, dengan program RPL BK dan program BK untuk tingkat SMA/SMK, saya ingin berbagi apa yang sedang terjadi.

Buku pelajaran adalah, pelajaran fiqih adalah, pelajaran mulok adalah, ayam bk klasik adalah, pelajaran imla adalah, mata pelajaran tik adalah, sbk adalah pelajaran, bk adalah, mata pelajaran bk sma, pelajaran bk kelas 7, pelajaran bk, mata pelajaran bk adalah