Panengahe Pandhawa Yaiku

Panengahe Pandhawa Yaiku – Jika Anda menemukan pernyataan perantara Pandawa adalah Arjuna, bagaimana menurut Anda? Karakter boneka? Bagus? Apakah Anda pandai memanah? Apakah Anda memiliki banyak istri?

Tentu saja banyak gambaran yang mungkin muncul ketika kita mendengar nama Arjuna disebut. Namun, sifat Arjuna yang paling terkenal adalah sebagai putra tengah Pandawa.

Panengahe Pandhawa Yaiku

Arjuna adalah putra Prabu Pandu Dewanata, raja negara Astinapura dengan Dewi Kunti/Dewi Prita yang merupakan putri Prabu Basukunti, raja negara Mandura. Arjuna adalah Pandawa tengah, putra ketiga dari lima bersaudara dari ayah yang sama, yang dikenal sebagai Pandawa. Dua bersaudara dari ibu yang sama adalah Puntadewa dan Bima/Werkudara. Sedangkan dua saudara ibu lainnya adalah putra dari Pandu dan Dewi Madrim Nakula dan Sadewa.

Kuis Bahasa Jawa Sd Free Worksheet

Menurut buku Mahabharata, Nyoman S. Pendit, 2003, Arjuna adalah sosok kesatria yang gemar bepergian, berolahraga dan belajar mengaji. Selain menjadi murid Resi Drona di Padepokan Sukalima, ia juga menjadi murid Resi Padmanaba dari Vihara Untarayana. Arjuna pernah menjadi Pandita di Goa Mintaraga, bergelar Bagawan Ciptaning. Dia menjadi pahlawan untuk menghancurkan Prabu Niwatakawaca, raja raksasa dari negeri Manimantaka.

Arjuna dikenal dengan pakaiannya yang melambangkan kebesaran yaitu; Kain Kampuh/Limarsawo, ikat pinggang Limarkatanggi, gelang Minangkara, kalung Candrakanta dan cincin Mustika Ampal (bekas milik Prabu Ekalaya, Raja Paranggelung).

Sifat-sifat Arjuna yang mungkin sering Anda dengar dari cerita film antara lain adalah: cerdas, pendiam, berhati-hati, baik hati, pemberani dan suka melindungi yang lemah. Arjuna pernah memerintah kadipaten Madhukara, di wilayah negara Amarta. Setelah Perang Bharatayuda, Arjuna menjadi raja Negeri Banakeling, bekas kerajaan Jayadrata.

Baca juga  Kalimat Perintah Diakhiri Dengan Tanda

Dengan wajah yang luar biasa cantik, tak heran jika Arjuna memiliki 15 istri dan 14 anak. Istri dan anak-anaknya adalah:

Guru Lagune Gatra Kaping 3 Tembang Pangkur Ing Dhuwur Yaikua. (i)b. (a)c. (u)d. (o)perhatikan

Selain banyak istri dan anak, Arjuna juga memiliki nama dan julukan, misalnya. Parta (pahlawan perang), Janaka (beristri banyak), Pemadi (cantik), Dananjaya, Kumbang ali-ali, Ciptaning Mintaraga (pendeta suci), Pandusiwi, Indratanaya (putra Bathara Indra), Jahnawi (tenang dengan amarah), Palguna , Danasmara (daya tarik yang besar) dan Margana (suka membantu).

Pandhawa, kebaya yaiku, surjan yaiku, pandhawa limo, wayang pandhawa, yaiku, sage yaiku, gambar wayang pandhawa, novel yaiku, cerita rakyat yaiku, beskap yaiku, tembang yaiku