Organel Sel Yang Ditunjukkan Oleh Huruf X Memiliki Fungsi Untuk

Organel Sel Yang Ditunjukkan Oleh Huruf X Memiliki Fungsi Untuk – Fungsi organel yang diberi tanda huruf X pada gambar di bawah ini meliputi angka 2, 3 dan 4 (C). Organel X adalah badan Golgi atau kompleks Golgi. Organel yang menetralkan racun adalah peroksisom. Organel yang mensintesis lemak adalah retikulum endoplasma halus.

Sel merupakan unit terkecil makhluk hidup. Organisme yang berbeda memiliki struktur sel yang hampir sama. Secara umum sel terdiri dari inti, membran sel, dan protoplasma, yang terdiri dari cairan sel (sitoplasma) dan organel sel. Organel merupakan bagian sel yang mempunyai fungsi tertentu.

Organel Sel Yang Ditunjukkan Oleh Huruf X Memiliki Fungsi Untuk

Membran sel terdiri dari lemak (lipid), fosfor, karbohidrat dan protein. Membran sel berguna dalam melindungi dan mengatur pergerakan zat keluar masuk sel. Membran sel bersifat semipermeabel dan memungkinkan lewatnya air, oksigen, zat yang larut dalam lemak, dan ion tertentu. Zat yang tidak dapat melewati membran sel adalah gula (glukosa) dan protein.

Bab I Struktur Sel

Sitosol adalah cairan sel. Sitosol mengandung berbagai zat antara lain protein, lemak, karbohidrat, zat anorganik, enzim, vitamin dan hormon. Sitosol berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme seluler karena organel sel terletak di dalam sitosol.

Inti sel terdiri dari membran, cairan inti (nukleoplasma), kromosom dan inti anak (nukleolus). Cairan sentral terdiri dari air, protein dan mineral. Kromosom membawa sifat-sifat turun-temurun yang terdiri dari untaian kromatin. Inti berfungsi mengatur seluruh aktivitas sel itu sendiri.

Mitokondria adalah organel terikat membran yang berfungsi sebagai tempat produksi energi. Semakin aktif suatu sel maka semakin banyak pula mitokondria yang dimilikinya, misalnya pada sel sperma dan sel otot.

Baca juga  Bagaimana Hubungan Yang Dijelaskan Dalam Teks Eksplanasi

Ribosom adalah salah satu organel kecil dan padat di dalam sel. Ribosom ditemukan dalam bentuk butiran. Beberapa ribosom terikat pada membran retikulum endoplasma, dan lainnya bebas di sitosol. Ribosom berfungsi sebagai tempat produksi (sintesis) protein.

Biologi 11 A Kur 2013 Peminatan Edisi

Retikulum endoplasma merupakan saluran berkelok-kelok yang memanjang dari inti sel hingga sitoplasma. Ada dua jenis retikulum endoplasma, retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Ribosom terdapat pada membran retikulum endoplasma kasar, sedangkan retikulum endoplasma halus tidak memiliki ribosom yang menempel. Retikulum endoplasma berfungsi membentuk dan mendistribusikan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh organel sel.

Badan Golgi berbentuk seperti kumpulan kantung yang bertumpuk. Aparat Golgi berperan dalam memodifikasi bahan yang dihasilkan retikulum endoplasma dan mendistribusikannya ke organel yang membutuhkannya. Selain itu, badan Golgi juga membentuk dinding sel dan lisosom (pada sel hewan).

Lisosom adalah organel berbentuk kantung yang mengandung enzim pencernaan. Lisosom berguna untuk mencerna limbah, makanan atau zat asing. Jika lisosom rusak, maka enzim yang dikandungnya akan mencerna atau menghancurkan organel sel dan akibatnya sel akan mati. Lisosom hanya terdapat pada sel hewan dan tidak terdapat pada sel tumbuhan.

Vakuola berarti ruang sel yang terdapat pada tumbuhan tua. Vakuola berukuran besar dan mengandung cadangan makanan. Pada hewan, vakuola berukuran kecil. Pada protozoa terdapat dua jenis vakuola: vakuola makanan dan vakuola kontraktil. Vakuola makanan berfungsi mencerna makanan, sedangkan vakuola kontraktil berfungsi membuang produk sisa dan mengatur keseimbangan air dalam sel.

Uas Bio Xi Pola 2 Th Sem 3 Th 2019 Cetak

Plastisida hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Plastisida mengandung pigmen atau pewarna tertentu. Kloroplas merupakan plastida berwarna hijau karena mengandung klorofil dan berperan dalam proses fotosintesis. Kromoplas berwarna kuning karena mengandung pigmen xantofil. Leucopas berwarna putih dan berfungsi sebagai cadangan makanan.

Baca juga  Daerah Republik Indonesia Pada Tanggal 19 Agustus 1945 Terdiri Atas

Membran sel tumbuhan dilindungi oleh dinding sel. Selain melindungi sel, dinding sel juga menjaga bentuk sel tumbuhan agar tetap konstan dan tidak berubah.

Pertanyaan Biologi Baru Manakah pernyataan berikut yang tidak menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup? jawaban penjelasan 1. jelaskan pemanenan dan pengangkutan daun, rimpang, biji dan akar! 2. Jelaskan tahapan budidaya tanaman obat (dalam pot, kantong plastik)! 3. Tuliskan 3 contoh budidaya tanaman obat secara vegetatif buatan dan jelaskan! 4. Bagaimana tahapan pemeliharaan tanaman obat? 5. Tuliskan syarat-syarat lingkungan tumbuhan yang baik?Jelaskan proses yang terjadi pada setiap bilangan Biotik: ikan nila, berudu, katak azolla, daun pisang, batang daun pisang, nyamuk, semut, kupu-kupu. Abiotik: air, batu, lumpur, sinar matahari, angin… Nyatakan hubungan antar komponen ekosistem! Yuki melihat berbagai jenis pisang. Walaupun mempunyai nama yang berbeda-beda dalam bahasa Indonesia, namun semua pisang mempunyai nama ilmiah yang sama. Berapa tingkat takson yang dimiliki spesies pisang yang berbeda? Tolong balas. Mitokondria berfungsi menghasilkan energi melalui proses respirasi aerobik atau oksidatif berupa ATP melalui siklus Krebs atau siklus asam trikarboksilat, sedangkan fungsi mitokondria lainnya adalah mengatur aktivitas metabolisme sel.

Struktur mitokondria terdiri dari membran luar yang berfungsi untuk pengangkutan protein dan molekul nutrisi, membran dalam dan krista yang berhubungan dengan aktivitas utama mitokondria, yaitu partisipasi dalam siklus asam trikarboksilat, oksidasi asam lemak dan pembangkitan energi, matriksnya adalah campuran kompleks enzim yang penting untuk sintesis molekul ATP, ribosom mitokondria khusus, RNA mitokondria, dan DNA.

Ujian Susulan Biologi

Pertanyaan Biologi Baru Manakah pernyataan berikut yang tidak menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup? jawaban penjelasan 1. jelaskan pemanenan dan pengangkutan daun, rimpang, biji dan akar! 2. Jelaskan tahapan budidaya tanaman obat (dalam pot, kantong plastik)! 3. Tuliskan 3 contoh budidaya tanaman obat secara vegetatif buatan dan jelaskan! 4. Bagaimana tahapan pemeliharaan tanaman obat? 5. Tuliskan syarat-syarat lingkungan tumbuhan yang baik?Jelaskan proses yang terjadi pada setiap bilangan Biotik: ikan nila, berudu, katak azolla, daun pisang, batang daun pisang, nyamuk, semut, kupu-kupu. Abiotik: air, batu, lumpur, sinar matahari, angin… Sebutkan hubungan antar komponen ekosistem! Yuki melihat berbagai jenis pisang. Walaupun mempunyai nama yang berbeda-beda dalam bahasa Indonesia, namun semua pisang mempunyai nama ilmiah yang sama. Tingkat taksa apa yang dimiliki berbagai spesies pisang? Tolong jawab

Baca juga  Edo Duduk Di Tepi Sungai Tanggapanmu