Negara-negara Di Asia Tenggara Yang Terletak Di Pulau Kalimantan Yaitu

Negara-negara Di Asia Tenggara Yang Terletak Di Pulau Kalimantan Yaitu – Halo apa kabar mu hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca tentang ASEAN? Apakah Anda tertarik dengan situasi di negara-negara ASEAN? Yuk pelajari lebih lanjut dengan membaca artikel Geografi Kelas 8 di bawah ini!

Tahukah Anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah perkumpulan negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Negara-negara Di Asia Tenggara Yang Terletak Di Pulau Kalimantan Yaitu

, baguslah, negara kita termasuk salah satu negara pendiri. Setelah pendiriannya, lima negara lagi bergabung, antara lain Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Negara Negara Di Asia Tenggara Worksheet

Sebagian besar negara ASEAN mempunyai luas laut kurang lebih 5.060.100 km² dan luas daratan ± 4.817.000 km². Karena kesejajaran bintang, kawasan ASEAN terletak pada 28º LU – 11º LS dan 93º BT – 141º BT, sehingga sebagian besar negara ASEAN beriklim tropis karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Selain itu, karena letaknya, ASEAN terletak di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Pasifik, serta dua benua yaitu Asia dan Australia. Nah tahukah kamu kalau negara-negara ASEAN punya geografi yang unik, yuk kita bahas!

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan terletak di garis khatulistiwa. Medan di Indonesia mempunyai bentuk yang berbeda-beda dan dikelilingi oleh dua lingkaran, yaitu lingkaran Pasifik dan lingkaran Mediterania. Selain itu, Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng besar dunia yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Samudera Pasifik. Oleh karena itu, Indonesia rawan terhadap letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami.

Ada dua wilayah utama di Malaysia, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat ditutupi oleh pegunungan. Selain itu, Malaysia Timur merupakan wilayah yang datar, berawa, serta memiliki sungai pendek dan berkelok-kelok. Malaysia terletak di lempeng Eurasia, namun tidak berada pada batas lempeng sehingga aman dari bencana geologi.

Baca juga  Isi Iklan Tersebut Adalah

Sebutkan Batas Batas Negara Asean

Tahukah anda kalau luas wilayah Singapura sama dengan provinsi DKI Jakarta yaitu sekitar 664 km2. Singapura berbatasan dengan Malaysia di utara, Selat Singapura di selatan, dan Indonesia di timur dan barat melalui laut. Kondisi alam Singapura sebagian besar datar. Namun, di beberapa tempat Anda bisa menemukan perbukitan, hutan hujan, dan rawa pesisir. Kawasan ini juga terlindungi dari bencana geologi karena tidak berada pada batas lempeng.

Filipina adalah negara perempuan. Luzon dan Mindanao merupakan pulau terbesar di dalamnya. Ada juga banyak gunung berapi di Filipina. Negara ini dikelilingi oleh Lingkar Pasifik dan terletak di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Filipina. Hal ini menyebabkan Filipina menderita gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Medan Thailand mempunyai topografi dengan sungai di tengah, dataran tinggi di timur laut, hutan di utara, pegunungan dan perbukitan, serta banyak perbukitan rendah. Pusat aktivitas negara ini terletak di Sungai Chao Phraya di dataran rendah. Thailand terletak di lempeng Eurasia, namun dekat dengan Samudera Hindia sehingga rawan terhadap tsunami dan gempa bumi.

Laos terletak di lempeng Eurasia. Berbatasan dengan Thailand dan Myanmar di barat, Tiongkok dan Vietnam di utara, Vietnam di timur, dan Kamboja di selatan. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dapat mengakses wilayahnya tanpa melalui jalur laut, sehingga disebut sebagai “negara yang terkurung daratan”. Sebagian besar wilayah Laos bergunung-gunung dan beberapa daerah bergunung-gunung.

Letak Karakteristik Kondisi Geografis Negara Asean Berdasarkan Peta

Myanmar terdiri dari dua barisan pegunungan di barat dan satu barisan pegunungan di timur. Keduanya terdaftar dari utara ke selatan. Wilayah barat meliputi Pegunungan Leta, Perbukitan Chin, dan Pegunungan Arakan Yoma yang tertutup hutan hujan. Myanmar terletak di Lempeng Eurasia dan berbatasan langsung dengan Lempeng Hindia. Hal ini menyebabkan negara tersebut dilanda gempa bumi dan tsunami di Samudera Hindia.

Laos terletak di Lempeng Eurasia. Berbatasan dengan Laos di utara, Vietnam di timur dan selatan, serta Thailand di barat dan utara. Geografi Kamboja berbentuk seperti piring. Di tengahnya terdapat dataran Tonle Sap yang luas, dan tepinya dibentuk oleh barisan pegunungan. Negara ini terbagi oleh Daerah Aliran Sungai Mekong (DAS). Sejauh ini, Sungai Mekong merupakan sungai terpenting di negara ini.

Brunei mempunyai dua wilayah yang berbeda yaitu wilayah barat dan timur. Wilayah barat merupakan dataran rendah dan berawa, sedangkan wilayah timur berbukit-bukit. Di sebelah selatan, barat, dan timur berbatasan dengan Malaysia Timur yaitu Sarawak, dan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Baca juga  Seluruh Malaikat Mendoakan Kepada Semua Orang Yang Gemar Mengeluarkan

Secara geografis, Vietnam mempunyai lima wilayah, yaitu: dataran tinggi utara, Delta Sungai Merah, Pegunungan Annamite yang menghubungkan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, garis pantai sempit antara Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan, dan laut. Delta Sungai Mekong di Vietnam selatan.

Negara Tertua Di Dunia, Ada Dari Asia Tenggara 0

Ada baiknya untuk mengetahui bagaimana keadaannya, posisi bintang-bintang dan kondisi geografis negara-negara ASEAN. Ini seperti Anda sedang berjalan, bukan? Hehehe… Dan jika ingin mengetahui lebih jauh kondisi geografis negara-negara ASEAN bisa membaca melalui aplikasi Ruangbelajar. Pilihan video dan kuisnya banyak, kualitasnya sangat bagus lho. Datang dan unduh sekarang!

Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa’ban dan Supardi. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) memiliki kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Apa perbedaan situasi lingkungan di setiap negara ASEAN?

Perlu diketahui bahwa geografi merupakan salah satu poin yang mendukung terciptanya ASEAN. Meski secara geografis berdekatan dalam satu kawasan, negara-negara ASEAN memiliki kondisi lingkungan yang serupa.

Namun selain itu, ada faktor yang melatarbelakangi terbentuknya ASEAN sebagaimana dikutip dalam buku Mengenal ASEAN dan Negara-negaranya (2019) karya Tri Prasetyono, yaitu:

Pertumbuhan Ekonomi 6 Negara Asean

Saat ini total ada 10 negara Asia Tenggara yang bergabung dengan ASEAN. Kondisi alam negara-negara ini sangat berbeda.

Indonesia merupakan negara terluas di kawasan Asia Tenggara, dengan luas 1,905 juta km2 dari Aceh hingga Papua.

Di kawasan ini, Indonesia mempunyai iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Hal ini membuat Indonesia terkenal dengan banyaknya hutan, mulai dari hutan hujan hingga sabana atau padang rumput.

Tolong Jawab No 4dan 5. Please!!! Kalau Gk Tau Jangan Asal Jawab

Negara Melayu ini memiliki iklim panas dengan banyak curah hujan. Selain itu, Malaysia memiliki hutan tropis dan banyak bukit tinggi, puncak tertingginya adalah Gunung Kinabalu (4.095,2 m) di Sabah.

Merupakan negara industri dan maju di kawasan Asia Tenggara, dengan luas wilayah 728,6 km2 dan pelabuhan terbesar di negara Asia.

Singapura juga terletak di perbatasan Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan. Kalau tidak, Singapura didominasi oleh dataran rendah dan bukit-bukit kecil yang mengelilingi pusat kota.

Baca juga  Hal Yang Tidak Menunjukkan Keanekaragaman Genetik Adalah

Filipina merupakan negara yang terdiri dari 7.641 pulau dengan luas 300.000 km2. Lingkungan alam Filipina berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan memiliki tiga kelompok wilayah utama yaitu Luzon, Bisaya, dan Mindanao.

Negara Asean Yang Penduduknya Paling Banyak

Di sisi lain, negara yang dipimpin oleh Bongbong Marcos ini memiliki iklim panas dengan tiga musim berbeda. Ada musim hujan, musim dingin, musim panas atau kemarau.

Dijuluki “Negeri Gajah Putih”, negara ini memiliki luas 514.000 km2 dan terletak di tengah-tengah Asia Timur.

Lingkungan alam Thailand dihiasi dengan dataran pegunungan, dataran sedang, dan pegunungan tinggi. Thailand mempunyai iklim tropis yang sangat dipengaruhi oleh angin muson.

Bertetangga dengan Indonesia, negara ini memiliki luas 5.765 km2 yang sebagian besar terdiri dari rawa bakau dan perbukitan.

Apa Jawabannya Senin Di Kumpull

Seperti negara ASEAN lainnya, Brunei Darussalam mempunyai iklim tropis dengan curah hujan tahunan sebesar 2000 mm.

Kondisi alam Vietnam penuh dengan dataran rendah dan banyak pegunungan. Salah satunya adalah pegunungan Anam yang puncaknya mencapai 1.800 meter. Vietnam juga memiliki daerah dataran rendah yang dikenal sebagai Delta Mekong.

Laos merupakan negara komunis dengan luas wilayah 236.800 km2, daratannya bergunung-gunung dan ditutupi hutan lebat.

Laos memiliki puncak tertinggi di negaranya, Gunung Phu, yang didominasi oleh Thonglun Sisulith. Laos mempunyai tiga musim yakni musim hujan panas, musim dingin, dan musim kemarau (peralihan).

Negara Yang Terletak Di Asia Timur, Lengkap Dengan Ibu Kotanya

Negara Myanmar mempunyai luas wilayah 676.578 km2 dan berbatasan langsung dengan India dan Bangladesh di sebelah barat serta Thailand dan Laos di sebelah timur.

Kondisi alam di Myanmar terbagi menjadi dua, yaitu Myanmar Selatan yang beriklim panas dan Myanmar Utara yang beriklim dingin.

Terakhir ada Kamboja yang luasnya hanya 181.035 hektar dan berbatasan langsung dengan Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Kemudian kerajaan ini mempunyai iklim panas dengan suhu rata-rata 22°C. Nantikan peta ASEAN berikutnya! Secara geografis, ASEAN terletak di antara dua samudera dan dua benua. Kedua samudra tersebut adalah samudra Hindia dan Pasifik, serta kedua benua tersebut adalah Asia dan Australia. Berdasarkan geografi negaranya, negara-negara ASEAN mempunyai ciri-ciri kompak, terfragmentasi, panjang dan menonjol. Negara dengan status terbuka…

Secara geografis, ASEAN terletak di antara dua samudera dan dua benua. Kedua samudra tersebut adalah samudra Hindia dan Pasifik, serta kedua benua tersebut adalah Asia dan Australia. Dihukum

Negara Asean Yang Terletak Paling Utara Adalah

Dua negara penghasil beras terbesar di asia tenggara yaitu, asia tenggara terletak pada, pulau terbesar di asia tenggara, pulau pahawang terletak di, bendera negara asia tenggara, negara yang terletak di asia timur, negara di asia tenggara, negara asia tenggara yang terletak di semenanjung indocina, pulau greenland terletak di negara, peta negara di asia tenggara, bendera negara di asia tenggara, peta negara asia tenggara