Nama-nama Gunung Di Pulau Sulawesi

Nama-nama Gunung Di Pulau Sulawesi – Pj Bupati Konawe Apresiasi Pemimpin Andap Budhi Revianto Kecipratan Dana Rp 29 Miliar, Pj Bupati Konawe Akan Fokus Kerja Kita Bupati Konawe Raih Penghargaan, Dapat Dukungan Bawa Dana Rp 29 Miliar Kinerja Tinggi di Indonesia, KSK Raih Acara Satyalan Kementerian informasi pulang kampung di partai politik kita, Yudhianto Mahardhika gembira dengan kemajuan pemilu di kota Kendari

– Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keunikan karena bentuknya yang menyerupai huruf K.

Nama-nama Gunung Di Pulau Sulawesi

Pulau ini juga hampir seluruhnya merupakan pegunungan, seperti di provinsi Sulawesi Selatan yang mempunyai pesona pegunungan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta alam.

Pulau Terbesar Di Indonesia Beserta Luas Dan Letaknya

Gunung Mekongga merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Selatan. Bahkan, gunung ini masuk dalam daftar 7 gunung tertinggi di Pulau Sulawesi.

Fenomena ini memberikan habitat baru bagi tumbuhan dan hewan unik sehingga menghasilkan biota yang hanya dapat ditemukan di kawasan tersebut.

Gunung di Kabupaten Kolaka ini kerap menjadi pusat perhatian para pendaki dari berbagai daerah. Gunung Mekongga memiliki ketinggian 2.620 meter di atas permukaan laut.

Gunung Mekongga juga ideal untuk didaki. Titik awal pendakian berada di Dusun Surolako, Desa Rantebaru, Kecamatan Ranteangin, yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat dengan waktu tempuh sekitar empat jam dari kota Kolaka.

Catat! Ini Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta

Untuk mencapai puncak Gunung Mekongga dibutuhkan waktu 5-6 hari. Selama musim pendakian, pendaki disuguhi hutan tropis, kicauan burung yang indah, bahkan melintasi dua sungai, seperti Sungai Mosembo dan Sungai Tinokari.

Baca juga  Teks Prosedur Membuat Mie Instan

Gunung Osu Nondoto merupakan gunung di Kabupaten Konawe Utara yang memiliki ketinggian 2.421 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terlihat jelas dari area tersebut.

Namun gunung tertinggi kedua di Sulawesi Selatan ini berbeda dengan Gunung Mekongga. Pasalnya gunung ini belum terjamah oleh para pendaki. Jadi, belum ada yang melihat keindahan puncak Gunung Osu Nondoto.

Gunung Mopeanooleo mempunyai ketinggian 2.223 meter di atas permukaan laut. Gunung yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara ini masih tertutup rapat dan belum terjamah pendaki.

Nama Kabupaten Dan Kota Di Pulau Sulawesi, Berjumlah 81 Kabupaten/kota

Gunung Pariama atau biasa dikenal dengan Gunung Oheo merupakan sebuah gunung yang menjadi lambang atau lambang Kabupaten Konawe Utara yang mempunyai arti keberhasilan, keharmonisan, kestabilan, kekuasaan, dan politik serta kemajuan demi kelangsungan hidup masyarakat.

Gunung Oheo memiliki ketinggian 1.110 meter di atas permukaan laut. Pada ketinggian tersebut terlihat jelas puncak Gunung Oheo yang bagaikan batu karang yang menjulang di atas gunung.

Oheo juga digunakan sebagai nama distrik di daerah sekitar kaki bukit. Gunung Oheo juga merupakan tempat yang bagus untuk diikuti oleh para pendaki.

Puncak Gunung Oheo dapat dicapai dalam waktu 3 hari dengan jarak 7-10 KM. Masyarakat setempat percaya bahwa Gunung Oheo menyimpan banyak kemampuan alam.

Nama Gunung,lembah,bukit,sungai,dataran Rendah,dan Pantai Di Pulau Sulawesi

Meski Kabupaten Konawe Utara merupakan wilayah yang dikelilingi pertambangan, namun Gunung Oheo tetap terlihat hijau dan memiliki tanah yang sangat bagus. (Tendri) Indonesia merupakan negara yang menjadi “laboratorium” gunung berapi dunia. Ada sekitar 500 gunung berapi di negara ini. Dari jumlah tersebut, 127 gunung berapi masih aktif.

Sejumlah gunung berapi memiliki ciri khasnya masing-masing. Terdapat populasi yang sangat kuat dalam perkiraan waktu 100 tahun, 50 tahun dan di bawah 10 tahun. Oleh karena itu, negara ini kerap menghadapi permasalahan letusan gunung berapi dan gempa bumi di daratan.

Baca juga  Flora Dan Fauna Jepang

Banyaknya gunung berapi di Indonesia tidak lepas dari lokasinya. Merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Dalam modul Indonesia Kaya (IPS) (2017) disebutkan bahwa lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Lempeng Indo-Australia juga bertabrakan dengan Lempeng Pasifik di utara Papua dan Maluku Utara. Tabrakan lempeng dapat menimbulkan gempa bumi.

Mengenal 6 Gunung Berapi Paling Aktif Di Indonesia, Siswa Sudah Tahu?

Selain itu, tumbukan lempeng juga menimpa generasi muda pegunungan. Pegunungan muda yang ada di Indonesia adalah pegunungan Mediterania di sebelah barat dan pegunungan Lingkar Pasifik di sebelah timur. Dari jalan pegunungan ini banyak terdapat gunung berapi yang ada di Indonesia.

Ratusan gunung di Indonesia mempunyai ketinggian yang berbeda-beda. Semakin tinggi gunungnya, semakin besar pula tujuan para pecinta alam untuk mendaki ke puncaknya. Manfaat ekonomi dapat diperoleh dari gunung ini dengan menanam tanaman sebagai bagian dari pariwisata.

Puncak Jaya atau Piramida Cartenz terletak di Papua dan merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Ada gunung karang yang selalu bersalju.

Piramida Cartensz disebut sebagai salah satu dari Tujuh Piramida Dunia. Untuk mencapai puncak, pendaki dapat menempuh salah satu dari dua jalur pendakian yaitu Ilaga dan Sugapa.

Budaya Dan Keindahan Gunung Awu Sangihe, Begini Pengalaman Indra Paransi

Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Letaknya di Pulau Sumatera yang menjadi perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi. Ada pula Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan taman nasional di Indonesia.

Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang mengeluarkan listrik setiap 20 menit sekali. Gunung yang terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang ini memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Daya tarik Gunung Semeru antara lain pemandangan sabana, hutan pinus, danau pegunungan, dan hutan montana saat Anda mendaki ke puncak.

Baca juga  Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Rukun Dari Khutbah Jum'at Adalah

Website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat Gunung Rinjani memiliki danau kaldera di puncaknya. Gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Sunda Kecil. Gunung berapi ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Sanggar juga satu kawasan dengan Gunung Rinjani. Ketinggiannya mencapai 3.492 meter di atas permukaan laut. Nama Gunung Sanggar memang tidak terlalu populer namun layak dijadikan tempat untuk didaki.

Nama Nama Dataran Tinggi Yang Terdapat Di Provinsi Sulawesi Selatan Dan Penjelasannya

Gunung Bukit Raya terletak di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dengan ketinggian 2.278 meter di atas permukaan laut. Jika dikelola, gunung tersebut berada di bawah perawatan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.

Gunung Latimojong terletak di Pulau Sulawesi dengan julukan Rantemario pada ketinggian 3.430 meter di atas permukaan laut. Di sana menjadi habitat banyak spesies hewan hutan. Untuk mencapai puncak Rantemario, pendakian dapat dilakukan melalui jalan kabupaten Baraka.

Gunung Binaiya memiliki ketinggian 3.027 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan yang tertinggi di Kepulauan Maluku dan terletak di Pulau Seram. Gunung Binaiya merupakan gunung karst yang terjal dan berhutan dengan ekosistem pesisir, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, dan hutan subalpine.

Gunung Rantekombola dikenal juga dengan nama Bulu Rantekombola yang memiliki ketinggian 3.455 meter di atas permukaan laut. Di atas banyak sekali awan sehingga seolah-olah negara berada di atas awan. Namun, perjalanan menuju puncak memakan waktu 5-7 hari di sebagian besar tempat dan Anda harus bersiap menghadapi cuaca dingin.

Hal Mengganjal Di Atap Sulawesi

Gunung Slamet terletak di 5 kabupaten di Jawa Tengah yaitu Pemalang, Tegal, Purbalingga, Banyumas dan Brebes. Gunung ini berada 3.428 meter di atas permukaan laut dan memiliki kaldera aktif bernama Kawah IV Slamet. Pendakian ke Gunung Slamet yang paling terkenal menggunakan jalan Blambangan, Karangreja, Kabupaten Purbalingga – hanya jalan Baturaden dan Gunungsari Pemalang.