Nama Dataran Tinggi Yang Terdapat Di Provinsi Sulawesi Selatan Adalah

Nama Dataran Tinggi Yang Terdapat Di Provinsi Sulawesi Selatan Adalah – 13 Nama Dataran Rendah dan Tinggi di Pulau Sumatera – Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang terletak di barat laut Pulau Jawa. Sumatera merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia dan terbesar keenam di dunia.

Pulau ini memiliki luas sekitar 473.481 km² dan terdiri dari 10 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, dan Bangka Belitung.

Nama Dataran Tinggi Yang Terdapat Di Provinsi Sulawesi Selatan Adalah

Sumatera juga kaya akan keanekaragaman hayati dan menjadi rumah bagi beberapa spesies hewan langka seperti harimau sumatera dan gajah sumatera.

Knowledge Management Information System

Pulau Sumatera mempunyai banyak tempat wisata yang indah dan unik, seperti Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.

Jika anda sedang mencari informasi mengenai nama-nama dataran rendah dan dataran tinggi di pulau sumatera, anda harus membaca artikel ini. Jadi, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Pulau terbesar ketiga di Indonesia ini memiliki banyak bentuk budaya, dengan banyak suku yang berbeda seperti Batak, Minangkabau, Aceh, dan lain-lain.

Sumatera juga terkenal dengan hasil pertaniannya seperti kopi dan kelapa sawit serta memiliki beberapa kota besar seperti Medan, Padang, Palembang dan Pekanbaru.

Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Asahan memiliki wilayah pesisir yang secara umum tergolong datar dengan kemiringan lereng berkisar antara 0% hingga 3%. Tak heran jika Asahan menjadi salah satu nama dataran rendah di Pulau Sumatera.

Selain itu, dataran pantai kabupaten Asahan juga mempunyai ketinggian berkisar 0-200 meter sebagai dataran rendah.

Terletak di tengah Pulau Sumatera, tanah datar ini terkenal dengan keindahan alamnya dan belum terjamah manusia.

Muaro Jambi merupakan sebuah instansi di wilayah Jambi dengan luas wilayah 5.246 yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Batanghari.

Tabel Karakteristik Kenampakan Alam Pantai, Dataran Rendah, Dan Tinggi

Beberapa tempat wisata yang ada di kabupaten ini adalah Candi Muaro Jambi, Candi Gumpung dan Monumen Keris Siginjai yang merupakan tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Nama dataran rendah di pulau sumatera selanjutnya adalah Batanghari. Kabupaten Batanghari merupakan wilayah yang memiliki dataran dan rawa. Batanghari merupakan kabupaten terluas di wilayah Jambi yaitu 580.483 Ha.

Baca juga  200cm Berapa M

Kabupaten Batanghari adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sarolangun di utara;

Negara Bagian Muaro Jambi di sebelah timur; Selat Berhala dan Kabupaten Jabung Tanjung Barat di sebelah selatan, serta Kabupaten Tebo dan Kabupaten Bungo di sebelah barat. Ibu kota kabupaten ini berada di kota Muara Bulian.

Nama Pulau Bentang Alam Secara Umum Jawa, Sumatra, Kalimantan

Tanjung Jabung Timur adalah nama dataran rendah di Pulau Sumatera yang berada di Provinsi Jambi. Kabupaten Tanjung Jabung sebelah timur mempunyai ibu kota bernama Muara Sabak yang letaknya tidak jauh dari pesisir pantai.

Kabupaten Tanjung Jabung sebelah timur juga berbatasan dengan Riau dan Sumatera Selatan. Tanjung Jabung Timur merupakan kabupaten yang berpenduduk lebih dari 200.000 jiwa dengan luas wilayah sekitar 5.445 km2.

Tanjung Mashariki Jabung merupakan sebuah kabupaten yang luas wilayahnya 10,86% dari wilayah Jambi dan mempunyai panjang pantai sekitar 90,5% dari wilayah Jambi.

Nama dataran rendah di Pulau Sumatera selanjutnya adalah Tanjung Jabung Barat dengan ketinggian 0-100 meter di atas permukaan laut.

Gunung Paling Tinggi Di Indonesia Yang Menantang

Kawasan Tanjung Jabung bagian barat mempunyai ketinggian 0-100 meter. Luas wilayah Kecamatan Tanjung Jabung Barat sekitar 5.009,82 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 300.000 jiwa.

Kabupaten ini juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja Wisata Alam Latihan Gajah di Tungkal Ulu.

Merangin merupakan kawasan dataran rendah di Pulau Sumatera yang memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Merangin merupakan sebuah kabupaten di wilayah Jambi yang memiliki banyak tempat wisata seperti Prasasti Karang Berahi, Geopark Merangin, Menara Pedang dan masih banyak lagi.

Nama Nama Dataran Rendah Dan Tinggi Di Pulau Sumatra

Luas wilayah Kabupaten Merangin mencapai 7.668,61 km2. Kabupaten Merangin mempunyai dataran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian antara 46-1.206 meter di atas permukaan laut.

Kota yang juga dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah ini juga memiliki dataran rendah seperti Dataran Rendah Kasih.

Nama dataran rendah di pulau sumatera selanjutnya adalah Dataran Rendah Cermin. Dataran Rendah Cermin merupakan dataran rendah di Sumatera Utara.

Sebagai salah satu dataran rendah di Pulau Sumatera, Dataran Rendah Air Manis juga kaya akan sumber daya alam.

Soal Uas Rara Kelas 5 Online Exercise For

Dataran Tinggi Gayo terletak di Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Dataran tinggi ini memiliki ketinggian antara 1.500 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut dan terkenal dengan produksi kopi Arabika.

Dataran Tinggi Liwa berada sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu rata-rata 20-25 derajat Celcius.

Terdapat banyak tempat wisata alam seperti air terjun, danau, hutan pinus dan pemandangan indah dari ketinggian.

Baca juga  Bacalah Berita Yang Pernah Kamu Baca Dengan Baik

Selain itu Dataran Liwa juga terkenal dengan produksi teh berkualitas tinggi dan merupakan salah satu penghasil teh terbaik di Indonesia.

Daftar Gunung Di Pulau Sumatera: Ada Yang Masih Aktif Loh!

Curupplato berada sekitar 600-700 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu rata-rata 18-22 derajat Celcius.

Di dataran tinggi Curup banyak terdapat tempat wisata alam seperti air terjun, danau, hutan pinus, serta pemandangan indah dari ketinggian.

Selain itu, Dataran Tinggi Curup juga terkenal dengan produksi kopi Arabika yang berkualitas tinggi dan merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Itulah nama dataran rendah dan dataran tinggi di pulau sumatera. Diantara berbagai nama dataran rendah dan dataran tinggi di Pulau Sumatera yang disebutkan di atas, mempunyai tempat wisata yang indah. Pertanyaan mengenai nama-nama dataran tinggi di Sulawesi bagian selatan menjadi penting karena kawasan ini memiliki kekayaan alam yang besar dan mempengaruhi kehidupan warga setempat. . Untuk memahami alam Sulawesi Selatan, penting untuk mengetahui nama-nama dataran tinggi yang ada di provinsi tersebut.

Pulau Gusung Toraja, “golden Triangle” Destinasi Pariwisata Sulbar Marasa

Tana Toraja terletak di utara Sulawesi Selatan dengan ketinggian 600-1800 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi ini terkenal dengan keindahan alamnya seperti lembah, sungai dan lahan pertanian yang subur.

Pegunungan Bawakaraeng membentang dari utara ke selatan dengan ketinggian rata-rata 2000 meter di atas permukaan laut. Pegunungan ini merupakan habitat alami berbagai tumbuhan dan satwa langka di Sulawesi Selatan.

Puncak Latimojong merupakan titik tertinggi di Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3478 meter di atas permukaan laut. Puncak ini terletak di barat daya Sulawesi Selatan dan menjadi tempat favorit para pendaki gunung lokal maupun mancanegara.

Tana Toraja terkenal dengan adat dan tradisi kematian yang unik. Dalam tradisi kematian Toraja, kematian bukan hanya sekedar perpisahan, namun juga merupakan sebuah ritual dan upacara yang dianggap penting bagi keluarga dan masyarakat terdekat. Selain itu, Tana Toraja juga terkenal dengan rumah adat Tongkonan yang menjadi ciri khas arsitektur tradisional Toraja.

Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta, Materi Kelas 5 Sd Tema 1

Pegunungan Bawakaraeng adalah tempat yang bagus untuk mendaki dan paralayang. Selain itu, di pegunungan tersebut terdapat Bendungan Bilibili yang menjadi penyedia air baku bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Pegunungan Bawakaraeng juga menjadi habitat alami berbagai tumbuhan dan satwa langka seperti Tarsius sp, musang sulawesi, dan burung Maleo.

Puncak Latimojong wajib dikunjungi bagi para pendaki gunung. Ada beberapa jalur untuk mendaki puncak ini seperti jalur Malino dan Nuha. Selain pendakian, di dekat puncak Latimojong juga terdapat beberapa tempat wisata seperti Telaga Tempe dan kawasan pedesaan yang menarik untuk dikunjungi.

Ada tiga nama dataran tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Tana Toraja, Pegunungan Bawakaraeng, dan Puncak Latimojong. Setiap dataran tinggi memiliki keunikan dan keindahan alam tersendiri yang menjadi daya tarik wisatawan dan penduduk lokal. Mengetahui nama-nama dataran tinggi di Sulawesi Selatan penting untuk memahami kondisi alam dan makhluk hidup di kawasan Seko atau Wono merupakan dataran tinggi datar pada ketinggian ± 1200-1800 meter di atas permukaan laut, terutama di segitiga perbatasan antar negara. Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah di Indonesia.

Baca juga  Fungsi Mouse

Secara geografis, Dataran Tinggi Seko terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Seko Padang di bagian paling timur, Seko Tengah, dan Seko Lemo. Pegunungan Seko terletak di dekat Pegunungan Tokalekaju yang terletak di tepi Pegunungan Quarles dan Verbeek. Letaknya yang berada di tengah Pulau Sulawesi, sehingga kawasan ini sering disebut sebagai “Jantung Sulawesi” (Heart of Celebes). Jika ditotal, Dataran Seko memiliki luas kurang lebih 2.109,19 kilometer persegi. Pegunungan Seko termasuk dalam wilayah administratif perkampungan Seko yang merupakan perkampungan terbesar dan terpencil dengan jarak sekitar 120 kilometer dari ibu kota Kabupaten Luwu Utara. Kotamadya ini berpenduduk sekitar 14.000 jiwa dengan 12 desa yang semuanya berstatus jaminan. Kecamatan Seko terletak pada ketinggian antara 1.113-1.485 meter di atas permukaan laut, dan topografi sebagian besar wilayahnya berbukit.

Kerajaan Mandar (abad 15

Perjalanan menuju Seko dari desa terdekat, Masamba, bisa dilakukan dengan terbang menggunakan pesawat pilot, atau mendarat dengan ojek.

Jalan tanah yang digunakan ojek masih berdebu sehingga banyak kendala seperti lebar jalan yang sempit dan kondisi tanah yang basah sehingga sulit dilalui kendaraan normal. Perjalanan dengan ojek bisa memakan waktu 2-3 hari. Sulitnya mencapai Seko menyebabkan biaya transportasi dengan ojek mencapai Rp 1 juta per orang.

Di dataran tinggi Seko terdapat 9 kawasan budaya yang dihuni oleh suku Seko yaitu Hono’, Lodang, Turong, Singkalong, Ambalong, Hoyane, Ponseleang, Kariango dan Beroppa’. Kawasan budaya tersebut dikenal sebagai kawasan yang memiliki banyak sumber daya alam, mulai dari hasil hutan, mineral, peternakan, pertanian, dan perkebunan.Pegunungan Toraja terletak di sebelah utara Sulawesi Selayan, dekat bagian tengah Pulau Sulawesi. Dataran tinggi ini terletak 300 kilometer sebelah utara Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan.

Wilayah ini terbagi menjadi dua kabupaten, yaitu Tana Toraja dan Toraja Utara. Berada pada ketinggian 300 hingga 2.880 meter di atas permukaan laut, Tana Toraja memiliki iklim tropis namun sejuk karena pengaruh ketinggian, dengan suhu harian antara 16 hingga 28 derajat Celcius.

Wisata Dataran Tinggi Di Yogyakarta Dengan View Sunset

Daerah ini mempunyai keunikan budaya suku Toraja. Suku Toraja terkenal dengan rumah tradisional Tongkonan dan pemakamannya. Daerah ini merupakan tujuan populer bagi wisatawan asing.

Selain pariwisata, dataran tinggi Tiraja juga terkenal

Nama provinsi di sulawesi, dataran tinggi boloveus terdapat di negara, dataran tinggi dieng terletak di provinsi, dinas pendidikan provinsi sulawesi selatan, bibit jagung yang cocok di dataran tinggi, dinas kelautan dan perikanan provinsi sulawesi selatan, dataran rendah di sulawesi, dataran tinggi dieng terdapat di provinsi, dataran tinggi di sulawesi selatan, dinas perhubungan provinsi sulawesi selatan, dataran tinggi dieng terdapat di, provinsi manakah yang terdapat di pulau sulawesi