Mengapa Kegiatan Masyarakat Sangat Ditentukan Oleh Kondisi Geografis

Mengapa Kegiatan Masyarakat Sangat Ditentukan Oleh Kondisi Geografis – , Jakarta Jelaskan letak geografis Indonesia! Geografis merupakan suatu istilah yang erat kaitannya dengan lokasi dan mempunyai kaitan erat dengan geografi. Secara umum geografi adalah ilmu yang mempelajari letak, persamaan, dan perbedaan spasial fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi. Namun jika dilihat dari segi terminologi, geografi secara umum merupakan ilmu yang digunakan untuk menggambarkan atau menggambarkan keadaan permukaan bumi.

Jelaskan bahwa letak geografis Indonesia tentunya berkaitan erat dengan ilmu astronomi dan geologi, dan ilmu-ilmu tersebut saling berkaitan satu sama lain. Jika ditilik kembali, letak geografis Indonesia sangat strategis karena wilayahnya dikelilingi oleh dua benua dan dua samudera.

Mengapa Kegiatan Masyarakat Sangat Ditentukan Oleh Kondisi Geografis

Jelaskan letak geografis indonesia! Jika ditilik kembali, letak geografis Indonesia yang strategis tentu mempunyai dampak positif dan negatif. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh adalah izin eksplorasi sumber daya mineral seperti minyak bumi, batu bara, besi, dan nikel. Namun di bidang sosial, Indonesia mudah menjalin kerja sama dengan negara lain dan berpartisipasi dalam politik dunia.

Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta, Keadaan Alamnya

Diakui Presiden Jokowi, pemerintah kesulitan mendistribusikan vaksin ke seluruh pelosok tanah air. Meski demikian, Presiden berharap target 290 juta dosis vaksin Covid-19 bisa tercapai pada akhir tahun ini.

Baca juga  Dusta Hukumnya

Letak geografis adalah letak suatu wilayah, yang dapat dilihat dari posisi wilayah tersebut di dunia dibandingkan dengan posisi wilayah lainnya. Adapun letak geografisnya juga dapat ditentukan dengan memperhatikan aspek astronomi, geologi, fisik-geografis, dan sosial budaya. Karena letaknya, kepulauan Indonesia terletak di antara benua Asia dan benua Australia, serta di antara samudra Hindia dan Pasifik.

Letak geografisnya juga dapat ditentukan oleh posisi astronomis dan posisi geologisnya, dimana Indonesia terletak di antara dua samudera besar dunia yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Secara geografis letak Indonesia sangat strategis dan luas sehingga menjadikannya sebagai jalur perdagangan dan transportasi internasional. Tentu saja hal ini memberikan dampak positif dan menguntungkan bagi wilayah Indonesia.

Namun jika dilihat dari sisi lain, letak Indonesia juga bisa merugikan, baik dari segi perekonomian, misalnya karena seringnya penyelundupan barang keluar masuk Indonesia, maupun karena permasalahan sosial dan budaya. Namun pada kenyataannya letak geografis Indonesia juga menonjolkan fenomena alam berupa kondisi alam di sekitar wilayahnya, baik itu benua, samudera, danau, maupun lautan.

Pengertian Kelangkaan Dalam Ilmu Ekonomi, Faktor Penyebab Dan Cara Mengatasi

Letak batas wilayah Indonesia pada posisi yang strategis dan menguntungkan karena beberapa alasan, menurut situs Kementerian Luar Negeri yang menyatakan:

Letak geografis Indonesia jika dilihat secara umum dikelilingi oleh dua benua dan dua samudera, dengan penjelasan sebagai berikut:

Secara astronomis terletak antara 60 0 S – 11 0 S dan 95 0 BT – 1410 BT yang merupakan titik pertemuan dua rangkaian pegunungan lingkaran Pasifik dan Mediterania. Terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta antara benua Asia dan benua Australia.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan ribuan pulau dan letak wilayah yang sangat strategis. Hal ini disebabkan karena Indonesia mempunyai keunggulan letak geografis yang berbeda dengan negara lain, baik dari segi ekonomi, komunikasi sosial budaya, transportasi maupun pariwisata.

Baca juga  Jenis Benda Yang Ditarik Secara Lemah Oleh Magnet Adalah

Pengertian Kelangkaan, Ciri Ciri, Penyebab, Dan Dampaknya Yang Wajib Diketahui

Letak Indonesia yang berada di persimpangan jalan mendorong munculnya kegiatan komersial karena merupakan jalur transportasi internasional dan tempat persinggahan kapal.

Letak kepulauan Indonesia yang dekat dengan benua Asia membuat sosial budaya masyarakat Indonesia beragam dan banyak mendapat pengaruh dari benua tersebut.

Meningkatnya pengaruh di bidang transportasi dan komunikasi yang semakin mengglobal berarti bahwa sosial budaya masyarakat di benua Eropa dan Amerika turut mempengaruhi keberagaman sosiokultural di Indonesia.

Menurut situs resmi Kementerian Luar Negeri, masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk dimana Indonesia mempunyai bahasa, agama, mata pencaharian, suku dan budaya yang berbeda-beda. Letak wilayah Indonesia mempunyai pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakat, dan itu terlihat. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya migrasi yang dilakukan oleh masyarakat yang datang pada zaman prasejarah dari benua Asia, dimana pada saat itu kepulauan Indonesia dihuni oleh bangsa Austronesia yang berasal dari Burma (Myanmar), Thailand dan Malaka.

Keunggulan Lokasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia

Di bawah pengaruh berbagai budaya dan peradaban dunia dan tentu saja di bawah pengaruh angin muson, Indonesia menjadi negara agraris unggulan.

Indonesia terletak di zona tropis yang panasnya merata sepanjang tahun dan mempunyai dua musim: musim hujan dan musim kemarau.

Secara sosial, Indonesia dapat dengan mudah berinteraksi dengan negara lain dan berpartisipasi dalam peristiwa politik dunia.

* Fakta atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, kirimkan WhatsApp ke nomor cek fakta 0811 9787 670, cukup dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Pursuing Indonesia’s Renewable Energy Transition: Challenges & Initiatives