Masuknya Budaya Barat Tanpa Diseleksi Dapat Mengakibatkan

Masuknya Budaya Barat Tanpa Diseleksi Dapat Mengakibatkan – 23 Juni 2022 8:00 malam. 23 Juni 2022 8:00 malam. Diperbarui: 23 Juni 2022 20.15 33366 1 0

Budaya atau budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi dan akal) yang berhubungan dengan akal dan budi manusia. Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama, diwariskan dari waktu ke waktu, dan diwariskan secara genetik, seperti adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, dan karya seni. Budaya itu kompleks, abstrak, dan luas.

Masuknya Budaya Barat Tanpa Diseleksi Dapat Mengakibatkan

Kebudayaan dapat meningkatkan rasa nasionalisme siapa saja yang memilikinya, kebudayaan dapat menimbulkan rasa toleransi dan empati dalam masyarakat. Orang dapat saling menghormati meskipun ada perbedaan budaya, mereka dapat bersosialisasi. Kita dapat menggunakan budaya sebagai alat pembelajaran dan pengembangan. Perbedaan budaya bisa membuatnya indah.

Bagaimana Dampak Budaya Asing Dalam Era Globalisasi Di Indonesia?

Masuknya budaya baru memberikan dampak psikologis yang sangat besar bagi setiap orang terutama remaja yang mudah bingung, terkesan plin-plan dan terbuka terhadap pengaruh budaya asing, sehingga perubahan fisik dan perubahan budaya dapat menyebabkan gejolak emosi yang cepat.

Berbagai pihak perlu berpartisipasi untuk memperkuat dampak negatif dari masuknya budaya asing ke Indonesia. Upaya mengatasi dampak negatif masuknya budaya asing ke Indonesia adalah sebagai berikut:

Hal-hal yang dapat dilakukan generasi muda untuk mengembangkan dan mengembangkan budaya lokal guna mengurangi budaya negatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai berikut:

GCE ilmu, sosial budaya, agama, budaya, Indonesia, pengaruh globalisasi, mentalitas, bangsa, ilmu pengetahuan, sosial budaya, agama, tugas kelas pada periode 1. Persatuan adalah senjata paling ampuh bangsa Indonesia, baik dalam konteks memenangkan, mempertahankan dan kemerdekaan penuh. Persatuan berarti “menyatukan berbagai jenis pola menjadi satu kesatuan yang utuh dan harmonis.” Persatuan Indonesia berarti persatuan masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia.

Perempuan_&_pembangunan Tim_pkm_untar_e Book

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kita rasakan saat ini terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung lama, karena persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari proses yang tumbuh dari unsur sosial budaya bangsa Indonesia. . sendiri, yang telah dipalsukan dalam jangka waktu yang sangat lama. Unsur sosial budaya tersebut meliputi sifat kekeluargaan dan semangat gotong royong. Kedua unsur tersebut merupakan ciri dasar bangsa Indonesia yang berpedoman pada prinsip kemanusiaan dan kebudayaan.

Baca juga  Permukaan Bumi Menjadi Hangat Akibat Dari Radiasi Sinar

Akses budaya dari luar terjadi melalui proses akulturasi (percampuran budaya). Budaya luar tersebut adalah budaya Hindu, Islam, Kristen dan berbagai unsur budaya lainnya. Semua unsur budaya yang datang dari luar dipilih oleh orang Indonesia. Kemudian, ada ciri lain yang terlihat dalam setiap keputusan untuk hidup bersama, yang selalu diambil melalui pertimbangan dan musyawarah. Hal inilah yang mendorong terwujudnya persatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan suatu bangsa dapat diwujudkan dalam sifat kekeluargaan, semangat gotong royong, perundingan dan lain-lain.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan awal dari pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Indonesia yang dideklarasikan oleh para founding fathers adalah negara kesatuan. Pasal 1 par. 1 Konstitusi. Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan, “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik.” Sila ketiga Pancasila menegaskan tekad bangsa Indonesia untuk memperjuangkan persatuan.

Konsep kesatuan yang kami anut mencakup aspek alam (konsep teritorial) dan aspek sosial (poleksosbudhankam). Satu kesatuan wilayah meliputi darat, laut dan udara. Kebulatan suara ini sejalan dengan kebijakan daerah yang kita anut, yaitu Wawasan Nusantara. Berdasarkan konsep Wawasan Nusantara, negara kita adalah:

Soal Latihan Pts Ppkn

Bagaimana implementasi konsep persatuan bangsa dalam aspek sosial? Dalam aspek sosial, kesatuan ini terwujud dalam banyak aspek kehidupan, yaitu:

Bangsa Indonesia yang secara sadar ingin bersatu untuk hidup keras sebagai bangsa yang berdaulat, memiliki faktor integrasi nasional sebagai pengikat persatuan, yaitu:

Namun jika persoalan yang berkaitan dengan makna dan pentingnya persatuan Indonesia dikaji lebih lanjut, ada beberapa prinsip yang harus kita hayati dan pahami untuk kemudian diamalkan.

Prinsip ini menyadarkan kita bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, agama dan adat istiadat yang beraneka ragam. Itu mengikat kita untuk bersatu sebagai bangsa Indonesia

Penegakan Hukum Kepabeanan Dan Cukai Ii (phkc Ii)

Kita cinta bangsa kita, tapi bukan berarti kita memuliakan bangsa kita sendiri. Nasionalisme bukan berarti kita merasa lebih unggul dari bangsa lain. Kami tidak ingin memaksakan kehendak kami pada bangsa lain, karena penilaian seperti itu hanya akan merugikan kami. Selain tidak realistis, sikap seperti itu juga bertentangan dengan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Bangsa Indonesia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Dia memiliki kebebasan dan kewajiban tertentu terhadap dirinya sendiri, dan orang lain, dan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan wawasan nusantara tersebut, posisi bangsa Indonesia ditempatkan dalam kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan keamanan. Berkat wawasan tersebut, bangsa Indonesia merasa satu, senasib, sebangsa dan setanah air, serta bertekad untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.

Baca juga  Jelaskan Hasil-hasil Perundingan

Dalam semangat persatuan Indonesia, kita harus mampu mencapai kemerdekaan dan terus berkembang menuju masyarakat yang adil dan makmur. Persatuan adalah modal dasar pembangunan nasional.

Cara Untuk Menyeleksi Dan Menyaring Nilai Budaya Asing Yang Masuk Ke Indonesia

Bisakah mobil tanpa ban melaju di jalan raya? Bisakah tongkat digunakan sebagai alat pembersih lantai? Mobil tidak dapat berjalan tanpa ban, meskipun baru dan penuh bahan bakar. Kita juga tahu bahwa puluhan bahkan ratusan batang kayu yang dikumpulkan akan lebih bermanfaat sebagai alat kebersihan.

Inilah gambaran kehidupan. Dalam hidup, seorang pria tidak akan terlalu berarti jika dia sendirian. Ketika setiap orang menjadi bagian dari komunitas bersama, mereka harus bersatu untuk mendukung kelanjutan nilai dan harmoni masyarakat.

Jika semua aspek kehidupan manusia ingin berkembang secara harmonis, maka harus didasarkan pada nilai persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan bernegara, praktik persatuan dan kesatuan diwujudkan dalam bentuk perilaku, antara lain:

Berpegang teguh pada bahasa Indonesia yang bersatu sebagaimana termaktub dalam Deklarasi Kepemudaan merupakan bentuk perilaku yang dirancang untuk mengamalkan menjaga persatuan dan kesatuan. Salah satu contoh perilaku yang mendukung persatuan dan kesatuan individu lainnya adalah rasa bangga sebagai bangsa dan negara.

Perbedaan Budaya Lokal Dan Budaya Asing

Wujud rasa bangga terhadap bangsa dan negara diwujudkan dalam sikap mencintai dan menggunakan produk asli. Jika produk dalam negeri yang digunakan, otomatis para pengusaha yang menciptakan berbagai produk dan para pekerjanya akan tetap memiliki penghasilan dan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat yang sejahtera di Indonesia akan memiliki pegangan yang lebih kuat terhadap bangsa dan negara Indonesia dibandingkan dengan masyarakat yang tidak sejahtera.

Paragraf kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berbunyi: “…merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”. Oleh karena itu, untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan, segala tindakan pemerintah, bangsa dan negara Indonesia harus bermuara pada terciptanya keadilan dan kemakmuran bagi seluruh bangsa Indonesia.

Kehidupan bernegara dalam konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Sebagai warga negara yang baik tentunya harus memahami arti atau pentingnya negara Indonesia. Penting untuk mengetahui makna ini untuk lebih memperkuat identitas negara Indonesia. Oleh karena itu, pada bagian ini akan diperoleh informasi tentang pengertian Negara Republik Indonesia Serikat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pengaruh Budaya Asing

Amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengukuhkan eksistensi negara Indonesia sebagai negara kesatuan dan menghilangkan keraguan atas pembubaran Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memperkuat prinsip negara kesatuan Republik Indonesia dan tidak sedikit pun mengubah negara kesatuan Republik Indonesia menjadi negara federal.

Baca juga  Apa Unsur Gambar Yang Menjelaskan Dimensi Panjang Lebar Dan Tinggi

Pasal 1 para. (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang merupakan naskah asli memuat asas bahwa “Negara Indonesia adalah negara kesatuan berbentuk republik”. Pasal yang disusun oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia adalah keputusan bangsa Indonesia menjadi janji anak bangsa pada tahun 1928 yang dikenal dengan Sumpah Pemuda yaitu, Satu Tanah Air, Satu Bangsa, Satu Bahasa Bersatu, Satu Tanah Air, yaitu Indonesia. .

Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia semakin menguat setelah perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang diawali dengan keputusan Majelis Permusyawaratan Rakyat yang salah satunya tidak mengubah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Republik Indonesia tahun 1945 dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk akhir negara bangsa Indonesia.

Kesepakatan pelestarian bentuk negara kesatuan didasarkan pada anggapan bahwa negara kesatuan merupakan bentuk yang dibentuk sejak awal berdirinya negara Indonesia dan dipandang paling tepat untuk mengimplementasikan gagasan persatuan multinasional dalam berbagai hal. kondisi (pembenaran). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jelas menyampaikan semangat Indonesia bersatu ini dalam pembukaannya dan dalam pasal-pasal yang secara langsung menyebut negara kesatuan Republik Indonesia dalam lima pasal, yaitu: 1 dtk. (1), Pasal 18 ayat. 1, seni. 18B detik. 2, seni. 25A dan Seni. 37 detik. keberadaan lembaga-lembaga dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Prinsip persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia ditegaskan dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu “ … untuk membentuk pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap rakyat Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.”

Ancaman Terhadap Integrasi Nasional

Pentingnya negara Indonesia juga dapat dilihat dari perspektif kawasan. Pasal 25A Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa “Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara kepulauan yang bercirikan kepulauan dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang.” Istilah Nusantara digunakan dalam peraturan ini untuk menunjukkan keutuhan wilayah perairan Indonesia dan gugusan pulau yang terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Indonesia serta antara Benua Asia dan Benua Australia. Persatuan daerah juga meliputi 1) kesatuan politik; 2) badan hukum; 3) kesatuan sosial budaya; dan 4) satuan pertahanan dan keamanan. Oleh karena itu, meskipun wilayah Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau, namun semuanya tergabung menjadi satu negara kesatuan, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indonesia adalah negara kepulauan. Bahan

Masuknya budaya asing, kelebihan zat besi dalam tubuh dapat mengakibatkan, kekurangan vitamin a dapat mengakibatkan, kekurangan vitamin d dapat mengakibatkan, hipertensi dapat mengakibatkan, pecahnya pembuluh darah di otak dapat mengakibatkan, pengaruh masuknya budaya asing, penebangan hutan secara liar dapat mengakibatkan, varises dapat mengakibatkan, penyempitan pembuluh darah jantung dapat mengakibatkan penyakit, masuknya budaya barat ke indonesia, dampak masuknya budaya asing