Lintang Negara Paling Utara Negara Paling Selatan

Lintang Negara Paling Utara Negara Paling Selatan – S atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, disingkat ASEAN, memiliki 10 negara anggota. Melihat peta ASEAN, negara manakah yang paling utara di ASEAN?

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Lintang Negara Paling Utara Negara Paling Selatan

Selanjutnya, negara anggota ASEAN bertambah menjadi 10 negara ketika Laos, Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam dan Kamboja bergabung dengan ASEAN. Jadi apa negara paling utara di ASEAN?

Mengenal Titik Titik Paling Ujung Kepulauan Indonesia

, luas gabungan seluruh negara ASEAN mencapai 4,5 juta kilometer persegi. Luas total negara-negara ASEAN sama dengan 3 persen dari total luas daratan di planet ini pada peta ASEAN.

Indonesia merupakan negara ASEAN terbesar dengan luas wilayah 1,9 juta kilometer persegi. Sedangkan Singapura merupakan negara terkecil di ASEAN dengan luas hanya 721,5 kilometer persegi.

Dilihat dari peta ASEAN, sebagian negara ASEAN merupakan kepulauan. Dua samudra yang mengelilingi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Luas lautan ASEAN tiga kali lebih luas dibandingkan luas daratannya.

Secara geografis peta ASEAN terletak pada 28 Lintang Selatan – 11 Lintang Selatan dan 92 Bujur Timur – 141 Bujur Timur dengan rincian batas darat ASEAN sebagai berikut:

Negara Apa Yang Terletak Paling Selatan Di Bumi? Simak Kondisi Geografisnya

Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya mengenai negara paling utara di ASEAN yaitu Myanmar dan ciri-ciri geografis negara paling utara di ASEAN yaitu Myanmar.

Baca juga  Sikap Yang Tepat Terhadap Ayat Alquran Adalah

, negara paling utara di ASEAN yaitu Myanmar, terbentang dari garis lintang 10° LU hingga sekitar 28° 30′ LU jika dilihat dari peta ASEAN.

Negara paling utara di ASEAN yaitu Myanmar bergabung menjadi negara anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997. Myanmar menjadi negara ASEAN kesembilan yang bergabung dengan ASEAN setelah Laos pada tanggal 23 Juli 1997 dan sebelum Kamboja pada tanggal 30 April 1999.

Selain menjadi negara paling utara di ASEAN, Myanmar merupakan negara paling utara di Asia Tenggara. Myanmar berbentuk seperti layang-layang dengan ekor panjang yang membentang ke selatan sepanjang Semenanjung Malaya.

Memahami Adanya Beda Hari Antara Lebaran Di Arab Saudi Dan Di Indonesia

Negara ASEAN ini berbatasan dengan Tiongkok di utara dan timur laut, Laos di timur, Thailand di tenggara, Laut Andaman dan Teluk Benggala di selatan dan barat daya, Bangladesh di barat, dan India di barat laut.

Total panjang negara paling utara di ASEAN yaitu Myanmar dari utara ke selatan sekitar 2.050 km, dan lebar bagian terlebarnya, melintasi tengah negara di sekitar garis lintang kota Mandalay, adalah sekitar 930 km. Timur ke barat

Inilah jawaban atas pertanyaan negara paling utara di ASEAN yaitu Myanmar. Hal ini terlihat dari peta ASEAN dimana Myanmar merupakan wilayah paling utara di ASEAN.

Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Kompas.com. Ayo gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Luas Dan Letak Wilayah Indonesia Berdasarkan Peta, Yuk Simak!

Lencana negara ASEAN Peta ASEAN Negara paling utara di ASEAN adalah negara paling utara di ASEAN

Baca juga  Sikap Lengan Saat Jalan Ditempat Pada Gerak Ritmik Adalah

Berita terkait: Inilah manfaat perjanjian PMSE ASEAN bagi Indonesia. Ridwan Kamil optimis, 10 tahun lagi Jawa Barat akan menjadi pusat investasi di ASEAN. PLN akan menyuplai listrik ke pabrik baterai mobil listrik terbesar di ASEAN.

Mencari lintang utara dan lintang selatan, cara mengetahui lintang utara dan selatan, cara menentukan lintang utara dan lintang selatan, cara melihat lintang utara dan lintang selatan, cara mengetahui lintang utara dan selatan di google maps, lintang utara, cara mencari lintang utara dan lintang selatan, 6 derajat lintang utara, koordinat lintang utara