Letak Lintang Brunei Darussalam

Letak Lintang Brunei Darussalam – Sebuah negara kecil namun menarik di Asia Tenggara, Brunei Darussalam terkenal dengan kekayaan sejarahnya, budayanya yang dinamis, dan keindahan alamnya yang menakjubkan. Terletak di pantai utara pulau Kalimantan, Brunei Darussalam terletak di antara pantai Malaysia dan Sabah. Artikel ini akan mempelajari lokasi geografis Brunei Darussalam, mengeksplorasi koordinatnya, negara tetangga dan fitur geografis yang unik.

Brunei Darussalam terletak antara 4° sampai 5° Lintang Utara dan 114° sampai 115° Bujur Timur. Letaknya di wilayah khatulistiwa, yang memberikan negara ini iklim tropis dan sumber daya alam yang melimpah.

Letak Lintang Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terletak di perbatasan dua negara bagian Malaysia, Sarawak di barat dan Sabah di utara. Laut Cina Selatan terletak di barat laut negara tersebut dan membuka peluang perdagangan dan konektivitas maritim

Profil Negara Asean Dan Pengaruh Letak Astronomisnya

Brunei Darussalam adalah negara kompak dengan luas sekitar 5.765 kilometer persegi (2.226 sq mi). Laut Cina Selatan memiliki garis pantai sekitar 161 km (100 mil).

Geografi Brunei Darussalam dicirikan oleh kombinasi dataran pantai, dataran berbukit, dan hutan hujan lebat. Bagian barat negara ini didominasi oleh wilayah pesisir dataran rendah, sedangkan bagian timur didominasi oleh bentang alam dan puncak besar Bukit Pagan, yang menjulang 1.850 meter (6.070 kaki) di atas permukaan laut.

Brunei Darussalam mengalami iklim hutan hujan tropis dengan kelembapan tinggi dan curah hujan melimpah sepanjang tahun. Suhu rata-rata berkisar antara 23 °C (73 °F) hingga 32 °C (90 °F), memberikan iklim yang hangat dan lembab.

Baca juga  Tuliskan Tiga Contoh Keberagaman Sifat Individu Teman-teman Di Kelasmu

Posisi geografis Brunei Darussalam telah memberkati negara ini dengan sumber daya alam yang terkenal dengan cadangan minyak dan gas alamnya yang sangat besar, yang berperan penting dalam pembangunan ekonomi negara tersebut.

Filipina Letak Lintang Iklim Posisi Negara Dari Indonesia

Meskipun ukurannya kecil, Brunei Darussalam adalah rumah bagi beragam flora dan fauna, dengan banyak spesies tumbuhan endemik yang ditemukan di hutan hujan lebat, sedangkan sungai dan wilayah pesisir merupakan rumah bagi berbagai biota laut dan burung. Negara ini telah mengambil langkah aktif untuk melindungi keanekaragaman hayati melalui penetapan kawasan lindung dan upaya konservasi.

Brunei Darussalam menawarkan lingkungan alam yang luar biasa, namun juga menghadapi tantangan lingkungan. Deforestasi, hilangnya habitat dan polusi adalah beberapa masalah yang dihadapi negara ini. Pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan melindungi ekosistem uniknya.

Pulau Kalimantan memberikan identitas dan sumber daya alam yang berbeda. Dari negara-negara yang berdekatan dan bertetangga dengan medan dan iklim yang bervariasi, geografi negara ini membentuk budaya, ekonomi dan lingkungan. Mengadopsi praktik berkelanjutan dan melestarikan sumber daya alamnya akan berkontribusi terhadap masa depan yang dinamis dan berkelanjutan bagi Brunei Darussalam.

Letak astronomi brunei darussalam, letak geologis brunei darussalam, letak lintang, letak astronomis dan geografis negara brunei darussalam, wisata brunei darussalam, letak geografis negara brunei darussalam, brunei darussalam airlines, brunei darussalam, letak geografis brunei darussalam, letak astronomis negara brunei darussalam, letak brunei, brunei darussalam scholarship