Letak Geografis Vietnam

Letak Geografis Vietnam – Negara ini merdeka pada 2 September 1945 dan mempunyai luas wilayah 331.210 kilometer persegi. Terdiri dari 310.070 kilometer persegi daratan dan 21.140 kilometer persegi perairan. Di wilayah ini berpenduduk 96.462.106 juta jiwa (survei 2019).

Menurut situs resmi Kementerian Luar Negeri Vietnam, terdapat 54 kelompok etnis yang tersebar di wilayah tersebut.

Letak Geografis Vietnam

Suku Kinh merupakan suku mayoritas, mencakup 86 persen penduduk Vietnam, dan tinggal di dataran rendah dan delta sungai. sedangkan 53 suku lainnya tersebar di daerah pegunungan.

Jalan Jalan Ke Kampung Vietnam Pulau Galang

Kelompok etnis berikut ada di Vietnam: Chut, Kinh itau Viet (mayoritas), Muong, Tho Boi, Kiay, Lao, Lu, Nung, Sanchai, Tay, Thai, Bana, Beira, Beira. Wankyo, Choro, Ko, Koho, Kotu, Giajing, He, Kang, Khmer, Komu, Ma, Mang, Monong, Odu, Romam, Ta Oi, Xinbe.Y, Cham, Shuru, Ede, Gyarai, Rakia, Hua, Ngai, Sandew, Kong, Hani, Lolo , Phula dan Sila.

Vietnam merupakan negara agraris di Asia Tenggara yang membentang berbentuk S di sepanjang pantai timur Semenanjung Indochina.

Posisi Vietnam yang berbatasan dengan Tiongkok, Laos, dan Kamboja sangat mempengaruhi kebijakan luar negerinya. Termasuk kecenderungan mendominasi negara-negara tetangga di sebelah barat. Karena keamanan Vietnam selalu dikaitkan dengan ketiga negara tersebut.

Pegunungan di Vietnam utara dapat dibagi menjadi dua wilayah berbeda: wilayah utara Sungai Hong dan pegunungan yang membentang di selatan Sungai Hong hingga negara tetangga Laos.

Askar Maut, 17 Hilang Ekoran Tanah Runtuh Kedua Terbesar Di Vietnam

Sungai Hong membentuk lembah yang dalam dan relatif lebar. Sebagian besar mengalir langsung dari barat laut ke tenggara dari perbatasan Tiongkok hingga tepi delta.

Sementara itu, pesisir timur laut Vietnam memiliki ratusan pulau yang sebagian besar tersusun dari batu kapur. Di Vietnam tengah, Pegunungan Annam membentang sejajar dengan pantai. Beberapa puncaknya bisa mencapai ketinggian 1.800 meter.

Di sebelah selatan terdapat dataran yang sangat luas yaitu Delta Mekong. Sungai Mekong berasal dari dataran tinggi Tibet.

Baca juga  Pencemaran Lingkungan Adalah Brainly

Kondisi lahan yang subur membuat sebagian besar penduduk Vietnam bekerja di bidang pertanian. Tanaman pangan yang ada di negara ini antara lain jagung, ubi jalar, teh, dan tembakau. Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan organisasi kerja sama antar negara Asia Tenggara di bidang politik, ekonomi, budaya, dan pendidikan. Saat ini terdapat 10 negara di ASEAN, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, Myanmar, Laos, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Ho Chi Minh City: Eksplorasi Destinasi Yang Berwarna Di Vietnam

Kerja sama antar negara ASEAN juga bergantung pada kedekatan dan kesamaan letak geografis. Mempermudah negara-negara anggota ASEAN untuk bekerja sama Selain kemudahan kerjasama Letak geografis ASEAN juga mempunyai dampak positif dan negatif.

Dalam Modul IPS Paket B Wajah ASEAN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Letak geografis adalah letak suatu tempat yang terlihat di permukaan fisik bumi atau terlihat dari daerah sekitarnya. Letak geografis Asia Tenggara berada di antara benua Australia dan daratan Asia, serta samudera Hindia dan Pasifik.

Letak geografis ini memudahkan negara-negara ASEAN untuk saling bekerja sama karena letaknya yang berdekatan. Letak geografis juga mempengaruhi sumber daya alam dan perekonomian kawasan ASEAN.

Karena letaknya di tengah-tengah antara dua samudera dan dua benua. Alhasil, negara-negara ASEAN memiliki sumber daya alam yang beragam. Sumber daya alam negara-negara ASEAN antara lain:

Persamaan Dan Perbedaan Negara Negara Asean: Ekonomi Pemerintahan

Lebih dari 50% wilayah ASEAN ditutupi oleh hutan. Hutan tersebut meliputi beberapa jenis: hutan tropis (khatulistiwa), hutan muson tropis, hutan campuran, hutan pegunungan, hutan pantai, dan hutan rawa.

Di negara-negara ASEAN kecuali Singapura Di Brunei Darussalam dan Malaysia, lebih dari 50% penduduknya bekerja di bidang pertanian. Jenis tanaman yang ditanam dibagi menjadi tanaman pangan dan tanaman komersial.

Kawasan ASEAN merupakan kawasan pertanian yang penting. Lebih dari 50% penduduknya hidup sebagai petani. Mayoritas penduduk negara-negara Asia Tenggara bekerja di bidang pertanian. kecuali Malaysia (

Banyak penduduk ASEAN tinggal di dekat sungai dan danau. termasuk di sepanjang pantai Aktivitas masyarakat di kawasan ini sebagian besar adalah nelayan atau petani ikan.

Kerajaan Sriwijaya Sebagai Kerajaan Maritim Di Indonesia

Ada dua jenis perikanan di Asia Tenggara: perikanan darat dan perikanan laut. Penangkapan ikan di darat dilakukan di sungai, danau, telaga, dan persawahan.Kegiatan penangkapan ikan di danau salah satunya dilakukan oleh warga Danau Tonle Sap. Kamboja

Penangkapan ikan di laut dilakukan di laut lepas. Nelayan mempunyai perahu yang dilengkapi jaring. Ikan hasil tangkapan dan budidaya seperti tuna dan udang dari Thailand, Filipina, dan Indonesia diekspor.

Berbagai jenis bahan pertambangan Dapat ditemukan di Asia Tenggara. Bahan pertambangan penting seperti minyak bumi, batu bara, dan tembaga dibudidayakan di industri pertambangan. Warga juga dapat melakukan aktivitas penambangan emas, timah, batu bara, dan minyak bumi skala kecil.

Baca juga  1 Liter Berapa Gelas

Asia Tenggara memasok kayu tropis ke dunia.Spesies pohon seperti mahoni, eboni, kayu ulin, dan jati tumbuh di hutan hujan tropis Asia Tenggara. Sebagian besar produk kayu, baik gergajian maupun kayu, diekspor ke Jepang dan Amerika Serikat.

Karakteristik Benua Asia, Peta, Negara, Dan Letak Astronomis

Di Asia Tenggara, terdapat banyak industri yang menghasilkan berbagai jenis produk. Industri di Asia Tenggara terbagi menjadi industri besar dan kecil. Industri besar seperti pabrik mobil dan elektronik Membutuhkan pekerja terampil dan terampil Industri skala kecil seperti industri kerajinan tangan sebagian besar dioperasikan oleh masyarakat Asia Tenggara.

Misalnya saja tikar dan tas anyaman yang dibuat oleh orang Filipina. Payung buatan orang Thailand Sedangkan batik dan ukiran merupakan buatan orang Indonesia. Hasil kerajinan tangan tersebut dapat dijadikan oleh-oleh dan dijual kepada wisatawan.

Asia Tenggara disurvei oleh dua kalangan. (koridor atau sabuk vulkanik) meliputi Lingkaran Pasifik dan Lingkaran Mediterania. Kedua lingkaran ini dipengaruhi oleh pergerakan lempeng tektonik. Akibatnya, negara-negara ASEAN lebih rentan terhadap bencana alam seperti tsunami dan letusan gunung berapi.

Dalam jurnal International Regime-Building in ASEAN: Cooperation Against the Illicit Trafficking and Abuse of Drugs oleh ISEAS Yusof Ishak Institute, Southeast Asia Region Termasuk ASEAN, ada angkanya

Geografi Smp Kelas 8 Keruangan Dan Interaksi Antarruang Di Negara Negara Asean ⚡️ Kondisi Geografis Negara Negara Anggota Asean Lainnya

Kegiatan ekonomi ilegal seperti korupsi, jual beli satwa liar dan penghindaran pajak Jurnal yang sama menyebutkan penyelundupan satwa liar menjadi penyebab penyebaran virus COVID-19. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui letak geografis kawasan ASEAN yang terdiri dari dua samudera dan dua benua di kedua sisinya. Selain itu, kita akan mengetahui posisi astronomis kawasan ASEAN dan batas-batasnya.

Kawasan ASEAN dikelilingi oleh dua samudera: Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Luas lautan kawasan ASEAN tiga kali lipat luas daratan.

Tahukah kamu teman? Luas wilayah ASEAN mencapai 4,5 juta kilometer persegi atau sekitar 3 persen dari total luas daratan dunia.

Negara manakah di ASEAN yang memiliki wilayah terluas? Ternyata negara kitalah yang terhebat. Indonesia mempunyai luas wilayah 1,9 juta kilometer persegi.

Pengetahuan Di Kota Sejarah Vietnam Di Ho Chi Minh

Negara paling utara dan barat di kawasan ASEAN adalah Myanmar, sedangkan negara paling selatan dan timur adalah Indonesia.

Baca selengkapnya: Temukan Jawaban Soal di Kelas 6 SD Topik 1 Apa perbedaan dan persamaan kehidupan politik negara ASEAN: Indonesia dan Thailand?

Baca juga  Berikut Bukan Merupakan

Baca selengkapnya: Kelas 6 7 Topik Isi: Contoh Peran Indonesia dalam Kerjasama ASEAN Bidang Sosial Budaya

Baca selengkapnya: Temukan jawaban Soal Kelas 6, Topik 8, Subtopik 1: Apa yang dimaksud dengan kerja sama ASEAN di bidang ekonomi dan politik?

Infeksi Melonjak Makau Galakkan Tes Covid 19

Baca selengkapnya: Temukan jawaban atas pertanyaan di Kelas 6, Topik 7, Subtopik 1: Produk apa yang diproduksi dan diekspor oleh setiap negara anggota ASEAN?

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel pembelajaran untuk menunjang aktivitas belajarmu dan menambah pengetahuanmu. Belajar lebih cerdas bersama adjar.id, dunia belajar anak Indonesia Halo, apa kabarnya hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca informasi tentang ASEAN? Apakah Anda tertarik dengan status negara-negara ASEAN? Yuk cari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel Geografi Kelas 8 dibawah ini!

Tahukah anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN adalah organisasi yang beranggotakan negara-negara Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari 5 negara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Untunglah negara kita menjadi salah satu negara pendiri. Setelah pendiriannya Lima negara lain ikut serta, antara lain Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Wisata Vietnam Di Da Nang Yang Wajib Dikunjungi

Sebagian besar negara ASEAN mempunyai luas laut sekitar 5.060.100 kilometer persegi. dan luas daratan ± 4.817.000 kilometer persegi Mengingat posisi astronomisnya Kawasan ASEAN terletak pada garis lintang 28° LU – 11° LS dan 93° BT – 141° BT. Oleh karena itu, sebagian besar negara ASEAN mempunyai iklim tropis karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Sementara itu Mengingat letak geografisnya ASEAN terletak di antara dua samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik. dan terletak di antara dua benua: Asia dan Australia. Tahukah Anda kalau negara-negara ASEAN mempunyai pola geografis yang unik? Mari kita bicarakan!

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan melintasi garis khatulistiwa. Indonesia mempunyai bentuk cembung yang berbeda-beda. dan mempunyai dua keliling yaitu lingkaran Pasifik dan Mediterania.Selain itu, Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng tektonik utama yaitu lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. dan Lempeng Pasifik Inilah sebabnya Indonesia berpotensi mengalami letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami.

Malaysia terdiri dari dua wilayah utama: Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Wilayah Malaysia Barat ditutupi pegunungan. Sementara itu Sebagian besar Malaysia Timur merupakan daerah sempit dan berawa dengan sungai-sungai pendek dan berkelok-kelok. Malaysia terletak di lempeng Eurasia namun tidak berada di perbatasan lempeng tektonik sehingga aman dari bencana geologi.

Sebutkan Bentuk Negara Vietnam Secara Geografis2. Sebutkan 3 Musim Yang Dialami Vietnam3. Sebutkan

Tahukah Anda kalau Singapura luasnya hampir sama dengan provinsi DKI Jakarta, yakni kurang lebih 664 kilometer persegi? Singapura berbatasan dengan Malaysia di utara. Selat Singapura di selatan dan Laut Indonesia di sebelah timur dan barat. Lingkungan alam Singapura sebagian besar datar, namun di beberapa daerah Anda akan menemukan perbukitan, hutan hujan tropis, dan rawa pesisir. Daerah ini juga harus aman dari bencana geologi karena

Geografis vietnam, letak geografis cina, letak astronomis dan geografis negara vietnam, letak geografis negara singapura, letak geografis, letak vietnam, letak geografis spanyol, letak geografis kerajaan mataram, letak geografis gunung krakatau, letak geografis dan astronomis vietnam, letak geografis negara vietnam, letak geografis amerika