Letak Astronomis Negara Asean

Letak Astronomis Negara Asean – Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan organisasi kerjasama negara-negara di Asia Tenggara dalam bidang politik, ekonomi, budaya dan pendidikan. Saat ini terdapat 10 negara ASEAN, antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, Myanmar, Laos, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Kerja sama antar negara ASEAN juga didasarkan pada kedekatan dan kesamaan letak geografis. Hal ini memudahkan kerja sama negara-negara anggota ASEAN. Selain kemudahan kerjasama, terdapat dampak positif dan negatif dari letak geografis ASEAN. Apa?

Letak Astronomis Negara Asean

Dalam Modul IPS Paket B Wajah ASEAN Kemendikbud, letak geografis adalah letak suatu wilayah yang terlihat di permukaan bumi sebenarnya atau terlihat dari wilayah sekitarnya. Letak geografis Asia Tenggara terletak di antara Australia dan Benua Asia, serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Soal Ulangan Harian 1

Letak geografis ini memudahkan negara-negara ASEAN untuk bekerja sama karena letaknya yang berdekatan. Letak geografis juga mempengaruhi sumber daya alam dan perekonomian kawasan ASEAN.

Letaknya yang berada di tengah dua samudera dan dua benua membuat negara-negara ASEAN kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam negara-negara ASEAN antara lain:

Lebih dari 50% wilayah ASEAN ditutupi oleh hutan. Jenis hutan ini ada banyak, antara lain hutan tropis (khatulistiwa), hutan muson tropis, hutan lebat, pegunungan, pesisir, dan rawa.

Di negara-negara ASEAN, kecuali Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia, lebih dari 50% penduduknya bekerja di bidang pertanian. Tanaman budidaya dibagi menjadi tanaman pangan dan tanaman komersial.

Letak Astronomis Asean (asia Tenggara)

ASEAN adalah kawasan pertanian yang penting. Lebih dari 50% populasinya bertani. Kebanyakan orang di negara-negara Asia Tenggara bekerja di bidang pertanian kecuali Malaysia.

Banyak penduduk Asean yang tinggal di dekat sungai dan danau serta di sepanjang pantai. Aktivitas masyarakat di kawasan tersebut biasanya adalah nelayan atau petani ikan.

Ada dua jenis perikanan di Asia Tenggara: penangkapan ikan di darat dan penangkapan ikan di laut. Penangkapan ikan di darat terjadi di sungai, danau, kolam, dan sawah. Aktivitas memancing di danau ini dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di Danau Tonle Sap, Kamboja.

Baca juga  Apakah Yang Harus Kita Lakukan Dengan Perbedaan Ras Dan Suku

Penangkapan ikan di laut dilakukan di laut terbuka. Nelayan memiliki perahu nelayan dengan jaring. Ikan hasil tangkapan dan budidaya seperti tuna dan udang dari Thailand, Filipina, dan Indonesia diekspor.

Letak Astronomis & Kondisi Geografis Negara Negara Asean

Berbagai jenis bahan tambang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Bahan pertambangan penting seperti minyak bumi, batu bara dan tembaga dibudidayakan oleh industri pertambangan. Penduduk setempat juga dapat melakukan aktivitas penambangan emas, timah, batu bara, dan minyak skala kecil.

Asia Tenggara memasok kebutuhan kayu tropis dunia. Jenis pohon seperti mahoni, eboni, besi, dan hutan hujan tropis Asia Tenggara. Sebagian besar produk kayu, baik rosewood maupun rosewood, diekspor ke Jepang dan Amerika Serikat.

Di Asia Tenggara, terdapat banyak industri yang memproduksi berbagai macam barang. Industri di Asia Tenggara terbagi menjadi industri besar dan kecil. Industri besar seperti pabrik mobil dan elektronik membutuhkan pekerja yang terampil dan berpengalaman. Industri kecil seperti industri kerajinan sebagian besar dijalankan oleh masyarakat Asia Tenggara.

Misalnya tikar dan tas buatan orang Filipina, payung buatan orang Thailand, dan batis serta patung buatan orang Indonesia. Hasil kerajinan tersebut dapat dijadikan oleh-oleh dan dijual kepada wisatawan.

Letak Astronomis Laos Dan Geografis Laos Serta Keuntungannya

Asia Tenggara dilintasi oleh dua bundaran (singkatan atau gunung berapi), yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Kedua lingkaran ini dipengaruhi oleh pergerakan lempeng tektonik. Hal ini membuat negara-negara ASEAN rentan terhadap bencana alam seperti tsunami dan letusan gunung berapi.

Dalam Pembangunan Rezim Internasional di ASEAN: Kerja Sama Melawan Perdagangan Narkoba dan Penggunaan Gelap oleh ISEAS Yusof Ishak, Asia Tenggara, termasuk ASEAN

Ini adalah kegiatan ekonomi ilegal seperti korupsi, jual beli satwa liar dan penghindaran pajak. Dalam surat kabar yang sama disebutkan bahwa perdagangan satwa liar menjadi penyebab penularan virus Covid-19. Halo apa kabar mu hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca tentang ASEAN? Ingin tahu kondisi negara-negara ASEAN? Yuk cari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel geografi kelas 8 dibawah ini!

Tahukah Anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah organisasi negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari lima negara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Letak Geografis & Astronomis Indonesia Serta Pengaruhnya Bagi Indonesia

Luar biasa, negara kita salah satu pendirinya. Setelah berdirinya lima negara lain yang bergabung, antara lain Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Baca juga  Adiguna Tegese

Sebagian besar negara ASEAN mempunyai luas sekitar 5.060.100 kilometer persegi dan luas sekitar 8.4.817.000 kilometer persegi. Berdasarkan letak astronomisnya, ASEAN terletak pada 28º LU – 11º LU dan 93º BT – 141º BT, sehingga sebagian besar negara ASEAN mempunyai iklim tropis karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Sedangkan berdasarkan letak geografisnya, ASEAN terletak di antara dua samudera, India dan Pasifik, serta di antara dua benua, Asia dan Australia. Nah tahukah kamu kalau negara-negara ASEAN mempunyai bentuk geografis yang berbeda-beda, yuk kita bahas!

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan melintasi garis khatulistiwa. Indonesia mempunyai relief yang bercampur dan melintasi dua lingkaran, yaitu Lingkaran Pasifik dan Lingkaran Mediterania. Selain itu, Indonesia berada di samping tiga lempeng utama dunia: lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Hal ini menjadikan Indonesia berpotensi terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami.

Mengerjakan Pr: Letak Geografis Dan Astronomis Negara Negara Asean

Malaysia memiliki dua wilayah utama: Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat tertutup pegunungan. Sementara itu, Malaysia Timur umumnya sempit, berawa, dan memiliki sungai pendek serta angin kencang. Malaysia berada di lempeng Eurasia, namun tidak berada di batas lempeng sehingga aman dari bencana geologi.

Tahukah Anda kalau luas wilayah Singapura hampir sama dengan DKI Jakarta, yaitu sekitar 664 kilometer persegi. Singapura berbatasan dengan Malaysia di utara, Teluk Singapura di selatan, serta Laut Timur dan Barat Indonesia. Keadaan alam Singapura pada umumnya datar. Namun di beberapa tempat Anda bisa menemukan pegunungan, hutan tropis, dan rawa-rawa di sekitar pantai. Kawasan tersebut juga cenderung aman dari bencana geologi karena tidak berada pada batas lempeng.

Filipina adalah negara kepulauan. Luzon dan Mindanao adalah dua pulau terbesar di sana. Filipina juga memiliki banyak gunung berapi aktif. Negara ini dilintasi Pegunungan Lingkar Pasifik dan terletak di antara Dataran Tinggi Eurasia dan Dataran Tinggi Filipina. Hal ini membuat Filipina rentan terhadap gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Thailand mempunyai topografi berupa sungai yang melintasi dataran tinggi di tengah timur laut, pegunungan dan pegunungan di utara, serta banyak pegunungan di selatan. Pusat aktivitas di negara ini biasanya berada di dataran rendah Sungai Chao Phraya. Thailand berada di dataran tinggi Eurasia namun dekat dengan Samudera Hindia sehingga berpotensi terkena dampak tsunami dan gempa bumi.

Baca juga  Apa Itu Grading

Berbagai Sumber Daya Menjadi Keunggulan Tiap Negara Asean

Laos terletak di lempeng Eurasia. Berbatasan dengan Thailand dan Myanmar di barat, Tiongkok dan Vietnam di utara, Vietnam di timur, dan Kamboja di selatan. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki akses wilayahnya tanpa harus melakukan perjalanan melalui laut, sehingga dijuluki “negara tak bertanah”. Laos sebagian besar bergunung-gunung dan sisanya adalah dataran tinggi.

Myanmar terdiri dari dua gunung di barat dan satu blok di timur. Keduanya berjejer dari utara hingga selatan. Pegunungan bagian barat meliputi Gunung Letha, Gunung Jin, dan Gunung Arakan Yoma, yang berhutan lebat. Myanmar terletak di dataran tinggi Eurasia dan berbatasan langsung dengan dataran tinggi India. Hal ini membuat negara ini rentan terhadap gempa bumi dan tsunami di Samudera Hindia.

Laos terletak di lempeng Eurasia. Berbatasan dengan Laos di utara, Vietnam di timur, dan Thailand di barat. Bentuk wilayah Kamboja menyerupai piring. Di tengahnya terdapat dataran luas Danau Tonle Sap, sedangkan tepinya dibentuk oleh barisan pegunungan. Negara ini dilintasi oleh Daerah Aliran Sungai Mekong (DAS). Sejauh ini, Sungai Mekong merupakan sungai terpenting di negara ini.

Brunei memiliki dua wilayah berbeda: wilayah barat dan timur. Wilayah barat merupakan dataran rendah dan rawa, sedangkan wilayah timur merupakan pegunungan. Di sebelah selatan, barat dan timur negara ini berbatasan dengan Malaysia, di sebelah timur Sarawak, sedangkan di utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Letak Astronomis Asean, Penting Diajarkan Pada Anak

Secara geografis, Vietnam terdiri dari lima wilayah: pegunungan utara, Delta Sungai Merah, Pegunungan Annam, yang berbatasan dengan Vietnam Utara dan Selatan, pantai sempit antara Pegunungan Annam dan Laut Cina Selatan, dan Delta Mekong, Vietnam Selatan.

Mengapa lucu jika tidak mengetahui letak astronomis dan keadaan geografis negara-negara ASEAN. Apakah Anda merasa ingin berjalan? Hehehe… Jika ingin mengetahui lebih jauh kondisi geografis negara-negara ASEAN, bisa belajar melalui Ruangbelaja. Di luar sana banyak sekali variasi video dan soal yang kualitasnya sangat tinggi lho. Ayo unduh sekarang!

Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa’ban, dan Supardi. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Letak astronomis negara myanmar, letak astronomis wilayah asean, letak astronomis negara india, letak astronomis negara laos, letak astronomis negara indonesia, letak astronomis negara singapura, letak astronomis asean, letak astronomis negara mesir, letak astronomis negara negara asean, jelaskan letak astronomis asean, letak astronomis negara, letak astronomis dan geografis negara asean