Lamanya Waktu Bermain Bola Basket Adalah

Lamanya Waktu Bermain Bola Basket Adalah – Permainan Bola Basket – Hai teman-teman, ada yang membaca artikel ini yang menyukai bola basket? Atau mungkin Anda salah satu pebasket yang berkeliling dunia berkompetisi di kompetisi regional atau bahkan internasional?

Wah, pasti seru sekali mendapat pengalaman seru seperti itu. Sebagai pemain basket profesional, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan olahraga yang satu ini.

Lamanya Waktu Bermain Bola Basket Adalah

Sementara itu, bagi sobat yang baru memulai atau yang bercita-cita menjadi anggota permainan bola basket profesional, perlu mengetahui dasar-dasar bola basket. Misalnya sejarah, gol, ukuran lapangan, waktu bermain, peraturan dan jumlah tim serta wasit. Kami akan membahas semuanya satu per satu di artikel ini.

Gerakan Lokomotor, Non Lokomotor, Dan Manipulatif Dalam Permaian Bola Basket, Materi Penjaskes Kelas 6 Sd/mi

Sejarah permainan bola basket pertama kali diperkenalkan oleh James Naismith, seorang guru olahraga di Massachusetts. Khususnya, ada yang tergabung dalam Young Men’s Christian Association (YMCA) di Amerika Serikat.

Perkenalan James dengan olahraga bola basket bermula dari keprihatinannya terhadap sikap murid-muridnya yang kecewa dengan senam di musim dingin. Hanya karena rasa frustrasi siswa dapat mempengaruhi anggota peserta.

James diam. Akhirnya James mencoba menyusun strategi. Jadi James mencoba olahraga dalam ruangan. Baseball, sepak bola dan olahraga lainnya telah dicoba. James merasa olahraga itu bukan untuk mereka.

Singkat cerita, James mengubah permainan baseball. Sasaran digantikan oleh kurva. Sedangkan bola baseball digantikan dengan bola berukuran besar. Dimana permainan ini dimainkan hanya dengan menggunakan tangan, dan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Akhirnya olah raga ini menarik perhatian para siswa.

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan God Of War Ragnarok Untuk Menang?

Bola basket sepertinya tidak hanya menarik perhatian sekolah-sekolah Amerika. Bola basket pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1930an.

Sekarang olahraga ini populer di Indonesia. Faktanya, sebagian besar sekolah menengah memprioritaskan bola basket di luar kelas. Tidak berhenti sampai di situ, sekolah pun mulai mengikuti kompetisi tingkat regional, nasional, dan internasional.

Baca juga  Langkah Selanjutnya Setelah Kita Menggambar Adalah

Kecintaan Indonesia terhadap bola basket sudah ada sejak tahun 1948. Hal ini terlihat dari keikutsertaan Indonesia dalam memeriahkan olahraga ini dalam bentuk kompetisi.

Iya betul, salah satu pertandingan pertamanya adalah ajang PON 1 yang diadakan di Solo pada tanggal 3 September 1948.

Cara Untuk Menyiapkan Diri Sebelum Pertandingan Bola Basket

Karena baru pertama kali ini, belum ada organisasi induk bola basket Indonesia. Baru pada tanggal 23 Oktober 1951 organisasi bola basket terpenting di Indonesia didirikan. Orang pertama yang membentuk organisasi induk ini adalah Tony Wein dan Wim Lathumeten. Organisasi induknya bernama Perbasi atau Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.

Pada umumnya banyak orang yang beranggapan bahwa bola basket hanya untuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Bola basket ternyata menjadi gol yang sangat bermanfaat bagi kita lho. Simak ulasannya di bawah ini.

Memperoleh keterampilan olahraga tidaklah mudah. Orang yang tidak pandai berlari akan merasa iri, menyalahkan orang lain, dan sebagainya.

Memiliki sportivitas atau fair play dalam permainan mengajarkan Anda untuk tetap berpikiran terbuka dan berani mengakui kemenangan pemenang.

Trade Deadline Pada Kompetisi Bola Basket Nba

Sportivitas mengajarkan bahwa menang dan kalah adalah hal biasa dan wajar. Di balik setiap kemenangan pasti ada kerja keras dan dedikasi.

Tujuan lainnya adalah mengelola emosi. Di era digital seperti sekarang, menjaga kestabilan emosi menjadi lebih penting. Bayangkan bermain dengan penuh emosi yang meledak-ledak, dan hasilnya adalah kegagalan.

Dalam olahraga kompetitif, apa pun olahraganya, stabilitas emosi adalah kunci konsentrasi. Saat pemain direkrut, statistik permainan juga akan disimpan.

Apalagi jika format pertandingannya seperti pertandingan bola basket. Olahraga ini tidak hanya dimainkan oleh satu orang saja melainkan dalam format tim. Mengelola kestabilan emosi menjadi salah satu kunci menjaga kekompakan tim. Ketika tim bersatu, mudah untuk mencetak gol dan menang.

Dibayangi Cedera, Stephen Curry Yakin Bisa Turun Di Gim 4

Saat Anda bermain bola basket, Anda memiliki kekuatan otot. Tentunya Anda akan merasa lebih segar dan sehat karena tubuh terus bergerak. Seperti yang Anda ketahui, banyak sekali kekuatan otot yang akan terlatih secara otomatis saat Anda bermain bola basket. Misalnya otot lengan, otot kaki dan masih banyak lagi otot tubuh lainnya yang akan terbentuk.

Bermain basket mempunyai tujuan lain, salah satunya adalah membangun harga diri. Kepercayaan diri penting dan diperlukan bagi setiap orang dalam hidup. Di sisi lain, perasaan rendah diri harus dihilangkan dan diminimalkan semaksimal mungkin.

Mengapa seperti itu? Alasannya sederhana, akan membantu dan memudahkan pengembangan potensi lain yang kita miliki. Ini membuka peluang baru dan berdampak positif pada kepercayaan diri. Bertahanlah, tapi kamu juga harus ingat, jangan terlalu percaya, karena itu juga tidak baik.

Baca juga  Berikut Yang Tidak Termasuk Manfaat Hutan Adalah

Bola basket adalah olahraga yang mengembangkan keterampilan komunikasi. Baik itu komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal.

Permainan Bola Basket, Sejarah Dan Tekniknya, Lengkap Di Sini!

Contoh sederhananya adalah pada saat bermain bola basket kita perlu mengetahui bagaimana anggota tim berkomunikasi secara verbal dan non verbal. Misalnya memberi kode merupakan singkatan dari melempar bola kepada Anda.

Salah satu kunci memenangkan pertandingan grup adalah komunikasi. Bahkan saat Anda tidak sedang bermain di lapangan, bola basket mengajarkan Anda cara bergaul dengan orang lain.

Jika Anda ingin menjadi pemain basket sepertinya belum selesai, namun belum mengetahui luas lapangan basketnya. Kalau bicara lapangan basket, ada aturan berbeda.

Ada aturan internasional dan nasional dan itu tergantung aturan mana yang ingin digunakan. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita lihat ukuran lapangan basket.

Inilah Cara Meninggikan Badan Untuk Remaja

Menurut Federasi Bola Basket Dunia (FIBA), lapangan basket memiliki panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Ukuran FIBA ​​tampaknya sedikit lebih kecil dari standar NBA.

Iya, FIBA ​​punya standar cat untuk sideline lho. Warna yang dipilih untuk bordernya menggunakan warna kontras seperti putih dengan lebar 5 cm. Pilih warna yang kontras untuk membantu pemain melihat garis lapangan.

Aturan pembuatan garis tengah juga harus ditetapkan sejajar dengan garis ujung dari titik tengah belakang.

Ukuran garis tengah ini adalah 0,15 meter. Selain garis tengah, terdapat lingkaran tengah yang berjari-jari 1,80 meter. Untuk ukuran lingkaran lemparan bebas, jari-jarinya adalah 1,80 meter, diukur dari tepi luar lingkaran sampai ke titik tengah garis lemparan bebas. Sedangkan diameter lingkaran tengah lapangan basket adalah 3,6 meter.

Lebanon Beri Pelajaran Pada Gilas, Tall Blacks Kalahkan India

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan NBA bukan? Ya benar, NBA adalah National Basketball Association. Di Indonesia, istilah NBA lebih kita kenal sebagai liga bola basket yang berada di bawah aturan Amerika.

Ternyata NBA memiliki lapangan basket yang lebih besar dibandingkan FIBA. NBA mendefinisikan lapangan dengan panjang 28,65 meter dan lebar 15,24 meter. Ukuran NBA digunakan di liga Kanada dan Amerika untuk pertandingan bola basket liga utama.

Saat mempelajari dan berlatih teknik bola basket, Anda perlu memahami jenis dan tekniknya. Jadi ada 7 teknik dasar diantaranya sebagai berikut.

Untuk penjelasan praktis dan gambarnya, baca dan pahami artikel khusus 7 Teknik Dasar Bola Basket.

Mengenal triple Double Bola Basket

Mengenai waktu dan durasi pertandingan bola basket, ada dua pendapat, FIBA ​​​​dan NBA. Jika permainan bola basket dimainkan pada turnamen FIBA ​​maka waktu dan durasi permainan adalah 4×10 menit.

Baca juga  Temukan Bahan Serat Yang Terdapat Di Lingkungan Sekitar

Jadi, permainan bola basket dimainkan dalam waktu 10 menit dan dibagi menjadi empat babak. Ada juga pemain 2 x 20 menit. Sedangkan jika konteksnya untuk kelas internasional, FIBA ​​​​biasanya menggunakan waktu 4 x 10 menit.

Kalau bicara standar NBA, berbeda. Jadi waktu dan durasi permainan adalah 4×12 menit dimana setiap putarannya dimainkan selama 12 menit. Itu sebabnya standar NBA lebih panjang dibandingkan FIBA.

Para pemain memiliki waktu tersisa 15 menit. Bagaimana jika itu dasi? Jadi pertandingan akan tetap dilanjutkan dengan perpanjangan waktu, pertandingan online berlangsung 1×5 menit.

James Harden Sempat Frustasi Dengan Kondisi Nets

Permainan bola basket terus berkembang. Tentu saja aturannya menjadi lebih rumit. Nah bagi anda para calon pemain bola basket perlu mengetahui aturan main bola basket yang akan kami bahas dibawah ini.

Berdasarkan aturan FIBA, pertandingan resmi terdiri dari dua tim bola basket. Setiap tim terdiri dari lima orang. Mengapa hanya ada lima orang di setiap tim?

Anda mungkin sudah tahu jawabannya. Benar, pertahankan permainan yang merata dan sesuaikan ukuran lapangan basket. Karena ukuran bola basket yang disebutkan di atas proporsional.

Sedangkan menurut aturan NBA, jumlah pemain bola basket dalam satu tim adalah 5 pemain dan 5 cadangan. Dalam tim bola basket versi NBA, 15 pemain dapat bermain di lapangan. Jadi, aturan mana yang menarik bagi Anda?

Wajib Tahu, Ini Dia 5 Teknik Dasar Permainan Bola Basket!

Sebagai seorang pemula, wajar jika tidak mengetahui jumlah wasit dalam suatu permainan bola basket. Umumnya wasit dalam permainan bola basket berjumlah tiga orang, sedangkan wasit hanya ada satu orang.

Dengan demikian, wasit merupakan wasit yang paling menonjol dalam pertandingan. Hakim ketua disebut hakim. Ada juga dua hakim lain yang dikenal sebagai kaisar.

Ketiga hakim ini mempunyai tugas dan peran masing-masing. Misalnya, dua orang juri (wasit) bertanggung jawab terhadap pemain yang bertanding.

Wasit juga bertugas mencatat kesalahan yang dilakukan pemain. Tak hanya itu, pihak kerajaan mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan pemain dari arena permainan. Jadi jangan anggap remeh tugas kedua hakim ini.

Empat Pemain Nba Yang Bisa Menjadi Pemenang Liga Bagi Mereka Yang Mengejar Gelar

Pada saat yang sama, tugas wasit (wasit) adalah mengambil keputusan bagi setiap pemain dan mengambil keputusan mutlak. Ia juga mempunyai tugas lain seperti memeriksa sarana dan prasarana pertandingan, serta berwenang memutuskan pertandingan dan memberikan sanksi teknis jika terjadi pelanggaran.

Terakhir, setelah pertandingan usai, wasit harus membuka lembar skor dan memeriksa kebenarannya, lalu wasit dapat masuk ke kamarnya.

Demikian ulasan mengenai permainan bola basket yang perlu diketahui oleh para pemula. Saya harap ulasan ini dapat membantu

Lamanya pertandingan bola basket, lamanya pertandingan bola basket adalah, peraturan bermain bola basket, tehnik bermain bola basket, bermain bola basket, lamanya waktu bermain bola basket, lamanya waktu permainan bola basket adalah, cara bermain bola basket, waktu bermain bola basket, aturan bermain bola basket, lamanya waktu bermain softball, lamanya waktu bermain sepak bola adalah