Komponen Utama Minyak Bumi Adalah

Komponen Utama Minyak Bumi Adalah – 2 Tujuan Pembelajaran: Setelah membaca bab ini, Anda diharapkan dapat: 1. Menjelaskan proses terbentuknya minyak dan gas alam. 2. Jelaskan unsur utama penyusun minyak. 3. Menafsirkan diagram distilasi bertingkat untuk menjelaskan prinsip dan prosedur pemisahan fraksi minyak. 4. Membedakan mutu bensin berdasarkan angka oktannya. 5.Menjelaskan pemanfaatan residu minyak bumi dalam industri petrokimia. 6. Mampu menganalisis dampak pembakaran minyak terhadap lingkungan.

Minyak bumi di alam terbentuk akibat pelapukan fosil tumbuhan dan hewan jutaan tahun yang lalu. Mineral-mineral tersebut akan diuraikan oleh mikroorganisme dan kemudian terkubur di dalam kerak bumi. Dengan tekanan dan suhu tinggi, material tersebut berubah menjadi minyak, yang terakumulasi di pori-pori batu kapur atau batu pasir setelah jutaan tahun. Karena pori-pori batu kapur berbentuk kapiler, maka minyak yang terbentuk berdasarkan prinsip kapiler perlahan naik ke atas. Ketika pergerakan ini dihalangi oleh batuan tidak berpori, minyak akan terbentuk di dalam batuan tersebut.

Komponen Utama Minyak Bumi Adalah

4 Daerah bawah permukaan yang tidak berpori disebut antiklin atau depresi. Daerah tangkapan air ini terdiri dari beberapa lapisan; Lapisan paling bawah adalah air, lapisan atas adalah minyak, dan di atas minyak terdapat lubang yang berisi gas alam. Jika terdapat minyak dalam jumlah besar di cekungan, ekstraksi dilakukan dengan pengeboran.

Ekrenova Kabupaten Kudus

Gugus Alkana Golongan alkana yang tidak bercabang adalah n-oktan, sedangkan alkana yang paling bercabang adalah isooctane (2, 2, 4-trimetilpentana). CH3─ CH2 ─ CH2 ─ CH2 ─ CH2 ─ CH2 ─ CH2

6 Gugus Sikloalkana Gugus sikloalkana yang terdapat pada minyak bumi adalah siklopentana dan sikloheksana. Gugus Hidrokarbon Aromatik Gugus hidrokarbon aromatik yang terdapat pada minyak bumi adalah benzena.

7 Senyawa lainnya termasuk senyawa mikro yang mengandung sejumlah kecil organologam, seperti senyawa sulfur berkisar antara 0,01 hingga 7%, senyawa nitrogen berkisar antara 0,01 hingga 0,9%, senyawa oksigen berkisar antara 0,06 hingga 0,4%, dan sejumlah kecil logam vanadium dan nikel. . .

Minyak mentah, atau yang sering disebut minyak mentah, adalah cairan berwarna hitam, berwarna gelap, berbau busuk, tidak seperti mineral, juga mengandung mineral di dalam air. Minyak ini tidak dapat digunakan sebagai minyak atau untuk keperluan lain, melainkan harus melalui penyaringan terlebih dahulu. Minyak mentah ini mengandung 500 jenis hidrokarbon dengan jumlah atom karbon berkisar antara 1 hingga 50.

Baca juga  Kipas Tas Bakul Dan Tikar Banyak Dibuat Dengan Teknik

Petroleum Natural Gas Petroleum And Natural Gas By Farid Sma N 1 Yk.

Desalinasi adalah proses menghilangkan garam dengan mencampurkan minyak mentah dengan air. Tujuannya adalah untuk melarutkan mineral-mineral terlarut dalam air. Dalam proses ini, asam dan basa ditambahkan untuk menghilangkan senyawa selain hidrokarbon. Setelah minyak melalui proses desalinasi, maka akan mengalami proses distilasi.

10 Distilasi minyak mentah ditingkatkan lebih lanjut dengan menggunakan pemisahan multifase, suatu metode pemisahan campuran berdasarkan perbedaan titik didih. Fraksi yang diperoleh dari proses distilasi bertingkat ini merupakan campuran hidrokarbon yang mendidih dalam rentang suhu (skala) tertentu.

12 Fraksi yang diperoleh setelah distilasi kemudian diproses lebih lanjut menggunakan teknik reforming, polimerisasi, pemrosesan dan fusi. 1. Remodeling adalah metode perubahan bentuk dari rantai lurus menjadi bercabang. Proses ini digunakan untuk meningkatkan kualitas bensin Katalis CH3 │ CH3 ─ CH2 ─ CH2 ─ CH3 → CH3 ─ C ─ CH2 │ 2. Polimerisasi Polimerisasi adalah metode pembuatan monomer (molekul sederhana) menjadi lebih kompleks. 3. Pemurnian Pemurnian adalah proses menghilangkan kotoran dari bahan bakar. 4. Blending Blending adalah proses penambahan bahan tambahan.

Bensin yang diperoleh dari proses penyulingan bertingkat disebut bensin lurus. Bensin merupakan campuran isomer heptana (C7H16) dan oktan (C8H18). Bensin disebut juga bensin atau bensin. Bensin → bahan bakar yang digunakan banyak orang → bahan bakar mobil, sehingga dilakukan upaya untuk memperoleh bensin dalam jumlah banyak. Metode yang digunakan adalah cracking (penguraian hidrokarbon rantai panjang menjadi hidrokarbon rantai pendek). Minyak dipanaskan hingga suhu 800 °C sehingga rantai hidrokarbon yang lebih kecil dapat dipecah menjadi rantai yang lebih pendek sesuai dengan rantai pada fraksi bensin.

Pengiriman Minyak Blok Cepu Ke Kilang Pertamina Mulai Hari Ini

Hal ini sering disebut sebagai angka oktan. Efisiensi tinggi dicapai dari bensin, yang memiliki banyak rantai karbon kompleks. Adanya komponen bensin rantai langsung menghasilkan tenaga yang tidak efisien, artinya lebih banyak tenaga yang terbuang sebagai panas dibandingkan pengoperasian mesin, sehingga mengakibatkan mesin knocking atau ketukan. Memukul mesin ini akan menyebabkannya terjatuh dengan cepat. Angka oktan bensin Premium adalah 82, dan angka oktan bensin Super adalah 98.

Tambahkan TEL (tetraethyl lead) atau tetraethyl lead. Menambahkan TEL ke bensin pada konsentrasi hingga 0,01% dapat meningkatkan nilai oktannya. Penambahan MTBE (metil tersier butil eter) yang berfungsi meningkatkan angka oktan namun tidak melepaskan timbal ke udara.

Baca juga  Sumber Daya Alam Yang Dapat Dimanfaatkan Pada Gambar Tersebut Adalah

Petrokimia adalah bahan atau produk yang terbuat dari minyak dan gas alam. Bahan petrokimia tersebut dapat diklasifikasikan menjadi plastik, serat sintetis, karet sintetis, pestisida, minuman, minuman, pupuk, berbagai obat-obatan dan vitamin. 1. Bahan Dasar Petrokimia Ada tiga bahan dasar yang digunakan dalam industri petrokimia; olefin, aromatik dan gas sintetik (syn-gas). Tiga tahap yang dilakukan untuk memperoleh produk petrokimia: a. Mengubah minyak dan gas alam menjadi petrokimia dasar. B. Mengubah bahan baku menjadi barang setengah jadi. C. Mengubah produk antara menjadi produk akhir.

Olefin yang paling populer termasuk etilen (etena), propilena (propena), dan butadiena. Beberapa produk kimia yang menggunakan etilen sebagai bahan utamanya adalah: a) Plastik yang paling populer adalah polietilen, plastik ini banyak digunakan sebagai kantong plastik dan plastik kemasan (penutup). Plastik polietilen mempunyai bahan dasar polietilen, serta banyak komponen tambahan seperti bahan pengisi, plastik, dan pewarna. b) PVC atau polivinilklorida juga merupakan plastik yang digunakan dalam konstruksi pipa pralon dan penutup lantai.

Jenis Jenis Gas Bumi

18 c) Etanol adalah sesuatu yang dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai alkohol. Ini digunakan sebagai bahan bakar atau perantara dalam pembuatan produk lain seperti asam asetat. d) Etilen glikol atau glikol digunakan sebagai antibeku pada radiator mobil pada cuaca dingin. Propylene a) Polypropylene digunakan sebagai kantong plastik dan serat plastik. Bahan ini lebih kuat dari polietilen. b) Gliserol digunakan sebagai komponen kosmetik (pelembab), industri makanan dan bahan peledak (nitrogliserin). c) Isopropil alkohol, digunakan sebagai komponen dalam produk petrokimia lainnya (misalnya, dalam produksi aseton). Butadiena Kegunaan: a) karet sintetis b) nilon

19 2. Aromatik Beberapa produk petrokimia yang menggunakan benzena sebagai bahan utamanya adalah: 1) Styrene, digunakan untuk membuat karet sintetis. 2) Cumena digunakan dalam produksi fenol. 3) Sikloheksana digunakan untuk membuat minyak. Beberapa produk kimia yang menggunakan bahan dasar toluena dan xilena adalah: a) Bahan peledak yaitu trinitrotoluena (TNT) b) Asam tereftalat yang merupakan bahan dasar pembuatan tali.

Syngas ini merupakan campuran karbon monoksida (CO) dan hidrogen (H2). Beberapa produk kimia yang menggunakan gas sintetik sebagai bahan utamanya adalah: a) Amoniak (NH3) yang terbuat dari gas nitrogen dan gas hidrogen. Dalam industri petrokimia, gas nitrogen diperoleh dari udara dan gas hidrogen diperoleh dari gas sintetis. b) Urea (CO(NH2)2) terbuat dari gas amonia dan karbon dioksida. Selain sebagai pupuk, urea juga digunakan dalam industri perekat, plastik, dan resin. c) Metanol (CH3OH) dihasilkan dengan memanaskan gas sintetik pada suhu dan tekanan tinggi dengan bantuan katalis. Metanol digunakan untuk menghasilkan formaldehida dan beberapa digunakan untuk membuat serat dan senyawa minyak bumi. d) Formaldehida (HCHO) yang dihasilkan melalui oksidasi metanol dengan bantuan katalis. Formaldehida yang dilarutkan dalam air dikenal sebagai formalin, yang bertindak sebagai pengawet sampel biologis. Sedangkan kegunaan lainnya adalah pembuatan resin urea-formaldehida dan lem.

Baca juga  Contoh Lokasi Absolut

Gas Karbon Monoksida (CO) Gas karbon monoksida merupakan gas yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak beracun. CO bersifat racun karena pembakaran tidak sempurna.Kekuatan pengikatan CO dengan hemoglobin kira-kira 200 kali lebih kuat dibandingkan dengan oksigen. Jadi jika udara banyak mengandung CO, maka udara yang kita hirup hanya memiliki sedikit oksigen yang dapat ditahan oleh hemoglobin dalam darah. 2 C8H18(g) + 17 O2(g) ⎯⎯→ 16 CO(g) + 18 H2O(g) CO Menimbulkan gejala pada konsentrasi tertentu: o       Kadar CO 100 ppm: sakit kepala dan kelelahan o       Kadar CO 250 ppm: kehilangan kesadaran o Kadar CO 750 ppm: mati setelah beberapa jam o Kadar CO lebih dari 1000 ppm: mati seketika Mengurangi jumlah gas CO dengan memasang alat bernama catalytic converter, yang berfungsi mengubah gas-gas pencemar udara seperti CO. dan mengubah NO menjadi gas tidak beracun. Bahaya termasuk reaksi: Katalis Ni 2 CO(g) + O2(g) CO2(g) 2 NO2(g) N2(g) + 2 O2(g)

Modul Minyak Bumi

Gas CO2 terbentuk akibat pembakaran sempurna bahan bakar dan bensin, mobil dan pabrik. Namun kandungan CO yang tinggi menyebabkan sinar infra merah matahari terserap oleh bumi dan benda-benda di sekitarnya. Sebagian besar sinar infra merah tidak dapat kembali ke atmosfer karena terhalang oleh lapisan CO2 di atmosfer. Akibatnya suhu di bumi meningkat. Akibat yang ditimbulkan oleh tingginya kadar CO2 di atmosfer disebut dengan efek rumah kaca. Untuk mengurangi jumlah CO2 di udara, diperlukan studi seperti renovasi, penanaman pohon, penambahan jumlah taman kota, dan pengelolaan hutan yang baik.

Buat partikel timbal. Partikel timbal di udara terhirup dalam jumlah yang sangat tinggi oleh manusia, menyebabkan enzim pertumbuhan menurun. Dampaknya bagi anak-anak adalah penambahan berat badan

Komponen penyusun minyak bumi, komponen minyak bumi, komponen utama generator, komponen utama mesin pendingin, komponen utama biogas adalah, komponen utama motor dc, sebutkan komponen utama penyusun minyak bumi, komponen utama propeller shaft, komponen utama penyusun minyak bumi, komponen utama dalam minyak bumi, komponen utama ac split, komponen utama minyak bumi