Kepala Negara Singapura

Kepala Negara Singapura – , Jurong – Mantan Wakil Perdana Menteri Singapura Tharman Shanmugaratnam terpilih sebagai Presiden. Hal inilah yang ditunjukkan oleh hasil resmi jajak pendapat tersebut, yang dipandang sebagai barometer sentimen masyarakat terhadap partai berkuasa di tengah kesulitan ekonomi negara tersebut.

BACA JUGA: Pria asal Afrika Selatan berupaya menyelundupkan 34,7 kg cula badak ke Bandara Changi, jumlah terbesar sepanjang sejarah Singapura.

Kepala Negara Singapura

Pada Jumat, 1 September 2023, Divisi Elektoral (ELD) menyatakan ekonom berusia 66 tahun itu sebagai pemenang. Pada pemilihan presiden Singapura 2023, ia mengalahkan dua kandidat saingannya dan memperoleh 70,4% suara.

Profil Negara Negara Asean

“Dengan ini saya menyatakan Tuan Tharman Shanmugaratnam sebagai Presiden terpilih Singapura,” kata petugas pemilu Tan Meng Dui.

Shanmugaratnam, pemimpin lama Partai Aksi Rakyat (PAP), mengundurkan diri dari pemerintahan dan partai tersebut menjelang pemilihan presiden pertama dalam lebih dari satu dekade.

“Saya pikir ini adalah mosi percaya di Singapura. Ini adalah pemungutan suara yang optimistis agar masa depan kita bisa maju bersama,” kata Tharman Shanmugaratnam dalam pidatonya sebelum hasil pemilu diumumkan.

Jabatan presiden sebagian besar merupakan posisi seremonial dan non-partisan berdasarkan Konstitusi, namun garis politik sedang diambil menjelang pemilu hari Jumat untuk menggantikan petahana Halimah Yacob, yang mencalonkan diri tanpa lawan pada tahun 2017 untuk masa jabatan enam tahun.

Memaknai Perlakuan Istimewa Kepada Jenderal Gatot Nurmantyo Di Singapura

Pemerintahan negara kota ini saat ini dipimpin oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong dari PAP, yang memerintah Singapura sejak tahun 1959.

Para analis mengatakan kemenangan telak kandidat yang dianggap paling dekat dengan partai yang berkuasa adalah tanda bahwa masyarakat Singapura secara umum masih percaya pada Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa.

“Hal ini menunjukkan bahwa PAP masih bisa dipercaya selama calon yang diusungnya kredibel. Tharman sangat bisa dipercaya,” kata Walid Jumblatt Abdullah, ilmuwan politik di Nanyang Technological University.

Sejak memasuki dunia politik Singapura lebih dari 20 tahun yang lalu, Tharman Shanmugaratnam telah menolak seruan publik yang terus-menerus agar dia menjadi perdana menteri berikutnya di negara Asia Tenggara tersebut.

Sindografis: 5 Pemimpin Negara Yang Memiliki Gaji Terbesar Di Dunia

Ia naik pangkat di Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa dan merupakan anggota parlemen yang sangat populer, bahkan sangat dihormati oleh anggota oposisi. Tharman mengaku dia tidak layak untuk jabatan puncak itu. Ia mengibaratkan jabatan kaptennya dengan sepak bola dan mengatakan bahwa pemain tim yang bisa membantu lebih baik daripada pemain bintang yang mencetak gol.

Baca juga  Nilai Gizi Yang Tidak Terkandung Dalam Daging Sapi Yaitu

Berasal dari Singapura, Tharman memiliki latar belakang akademis yang luas, termasuk gelar dari London School of Economics, Universitas Cambridge, dan Kennedy School of Government di Universitas Harvard. Ia adalah kepala ekonom di Otoritas Moneter Singapura (MAS), atau bank sentral Singapura, dan melakukan debut politiknya setelah terpilih sebagai perwakilan Distrik Jurong pada bulan November 2001.

Sejak itu, Thaman memegang berbagai peran pemerintahan, termasuk mengelola portofolio Menteri Keuangan dan Pendidikan. Pada tahun 2011, ia diangkat sebagai Wakil Perdana Menteri dan Ketua MAS.

Untuk mencalonkan diri sebagai presiden, ia mengundurkan diri dari jabatannya saat ini sebagai Menteri Koordinasi Kebijakan Sosial, Perdana Menteri, dan Wakil Ketua Komite Penasihat Internasional untuk Pembangunan Ekonomi dan Ekonomi, serta posisinya sebagai Ketua MAS. Dewan Perusahaan Investasi Singapura. Tharman mengatakan pengunduran dirinya akan berlaku efektif 7 Juli.

Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi Ma’ruf

(Ketua Dewan Pengawas G30) adalah badan global yang terdiri dari para pemimpin ekonomi dan keuangan serta akademisi.

Perdana Menteri Tarman juga merupakan ketua Forum Kebijakan Asia pertama Dana Moneter Internasional (IMF) dan dilaporkan disebut-sebut sebagai calon presiden IMF berikutnya.

Tharman dikenal dengan pendekatan akar rumputnya terhadap politik dan fokus pada mobilitas sosial, yang telah memenangkan hati masyarakat Singapura dari berbagai partai politik.

Dalam wawancara tahun 2015 dengan pembawa acara BBC Hardtalk Stephen Sackur di Swiss, Tharman menggambarkan pendekatan Singapura terhadap kebijakan sosial sebagai “batu loncatan” dan bukan jaring pengaman, sebuah respons yang menjadi viral.

Patung Merlion, Ikon Negara Singapura

Tharman Shanmugaratnam mengatakan dia menjadi orang ketiga asal India yang memimpin negara kota makmur itu dalam enam tahun ke depan.

Lahir dari keturunan Tamil dalam komunitas India di Singapura, yang merupakan 9% dari 2,7 juta pemilih di Singapura, Tharman adalah salah satu warga negara yang paling memenuhi syarat di negara kota yang miskin sumber daya tersebut dan telah mengalami berbagai tahap pembangunan selama lebih dari satu dekade. . Sejak tahun 1950…

Perdana Menteri Lee Hsien Loong juga mengucapkan selamat kepada Wakil Perdana Menteri Singapura Thharman yang menjabat pada tahun 2011 hingga 2019 atas kemenangannya pada pemilihan presiden tahun 2023.

“Rakyat Singapura memilih Mr Tharman Shanmugaratnam sebagai Presiden kami berikutnya dengan selisih yang signifikan. Sebagai kepala negara, dia akan mewakili kita dan menjalankan kekuasaan di dalam dan luar negeri.

Kepala Negara Kabur Saat Negaranya Mengalami Prahara Dan Krisis 0

, Tharman Shanmugaratnam mengucapkan terima kasih kepada pendukungnya dengan simbol kampanyenya, nanas, setelah terpilih sebagai presiden kesembilan Singapura dengan kemenangan telak pada Sabtu (2 September).

Baca juga  Berikut Yang Bukan Penggunaan Serat Jute Yaitu

Tuan Thaman memenangkan pemilihan presiden dengan 70,4% suara. Kandidat lainnya, Ng Kok Song, menempati posisi kedua dengan 15,72% suara, dan Tan Kin Lian menempati posisi ketiga dengan 13,88% suara.

“Saya rasa suara-suara yang mendukung dan memperjuangkan saya adalah suara kepercayaan terhadap Singapura, suara optimisme tentang bagaimana kita sebagai warga Singapura dapat maju bersama dan saling mendukung,” kata Tharman di Facebook setelah hasil akhir diumumkan. Sabtu dini hari.

* Apakah itu benar atau hoax? Untuk mengecek kebenaran informasi yang tersebar, silakan masukkan kata kunci yang diinginkan dan kirimkan nomor cek fakta 0811 9787 670 di WhatsApp. Dia adalah kepala negara Melayu pertama di Singapura. Ia dikenal sebagai pionir media Melayu yang kemudian membuka jalan bagi PNS.

Tingkatkan Kerja Sama Indonesia Singapura Bidang Keamanan Siber, Kepala Bssn Bertemu Dengan Menteri Komunikasi Dan Informasi Singapura

Tepat 49 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 23 November 1970, presiden pertama Singapura, Yusof Ishaq, meninggal dunia. Meski citranya tak setinggi mendiang Perdana Menteri Lee Kuan Yew, Nzik Yussof sangat disegani. Selain kemiripannya yang tertera pada mata uang, namanya juga tertulis di banyak landmark penting di Singapura saat ini.

Misalnya saja Sekolah Menengah Yusof Ishak yang pertama kali dibuka pada tahun 1966, diabadikan dalam nama masjid yang dibangun di kawasan Woodlands pada tahun 2014. Setahun kemudian, namanya ditambahkan ke ISEAS-Yusof Ishak Institute for Southeast Asian Studies. Universitas Nasional Singapura telah mendirikan Profesor Yusof Ishak di bidang Ilmu Sosial, dengan fokus pada bidang studi multikulturalisme.

“Beliau adalah sosok yang sederhana, pekerja keras, disiplin namun pemalu,” tulis harian Singapore Monitor milik Yusof Ishak (9 Februari 1983).

Encik Yusof lahir pada tanggal 12 Agustus 1910 di Padang Gajah, Negeri Perak, sekarang Malaysia. Nama lahirnya adalah Yusof. Ishak adalah nama ayahnya. Menurut adat Melayu, ia dikenal dengan nama Yusof bin Ishak.

Daftar Pemimpin Singapura Sepanjang Masa

Nenek moyang Yusof dari pihak ayah konon berasal dari Sumatera. Nenek moyangnya Datuk Janaton adalah seorang bangsawan Minangkabau. Pada abad ke-18, Datuk Janaton, keluarga dan beberapa pengikutnya merantau ke Semenanjung Malaya. Dia kemudian bersumpah setia kepada Sultan Kedah.

Ayah Yusof, Ishak bin Ahmad, adalah seorang pejabat kolonial terkemuka. Ia memulai karirnya sebagai pegawai Administrasi Kolonial Inggris untuk Melayu dan kemudian bekerja di Departemen Perikanan. Laman Infopedia Singapura menyebutkan, Isaac merupakan orang non-Eropa pertama yang menggantikan posisi Kepala Departemen Perikanan Koloni Inggris.

Yusof memulai pendidikan dasarnya di kampung halamannya, Perak, hingga keluarganya pindah ke Singapura pada tahun 1923. Yusof yang sewaktu kecil bercita-cita menjadi raja, sebenarnya ingin belajar hukum di Inggris setelah menyelesaikan sekolah menengah di Raffles Institute. Dan saya menjadi hakim. Sayangnya, ayahnya tidak bisa mewujudkan keinginan tersebut karena masalah keuangan.

Baca juga  Posisi Awal Badan Yang Membuat Pelari Semakin Cepat Yaitu

Putra Yusof, Imran Yusof, dikutip di halaman berita Straits Times, mengenang: “Dia memiliki minat khusus pada keadilan. Sama seperti seorang hakim memberikan keadilan, seorang raja harus menjadi seseorang yang bertanggung jawab dan mampu memperbaiki keadaan.”

Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Tiba Di Bangkok, Tiga Minggu Setelah Presiden Baru Disumpah

Menjadi jurnalis Melayu. Di luar kelas, Yusof dikenal sebagai pemuda energik dan gemar berolahraga. Di Raffles Institution dia adalah atlet sekolah dengan berbagai kemampuan. Mulai dari hoki, kriket, renang, polo air, bola basket, tinju hingga angkat besi. Namun, prestasinya yang paling menonjol adalah di bidang tinju dan angkat besi.

Jurnalisme adalah kegiatan lain yang ia ikuti sejak kecil. Dia adalah editor majalah sekolah Rafflesian. Tidak dapat melanjutkan studi hukumnya di Inggris, Yusof berusaha mendaftar di Akademi Kepolisian Kolonial di Kuala Lumpur, namun segera keluar karena konflik.

“Setelah lulus sekolah pada tahun 1929, Encik Yusof menjalin kemitraan dengan dua orang teman Tionghoa dan mulai menerbitkan majalah olahraga dua kali seminggu, Sportsman,” tulisnya di Straits Times (12 Februari 1959).

Sayangnya, majalah olahraga tidak menghasilkan uang. Tiga tahun kemudian, ia diundang oleh teman lamanya Syed Hussein bin Ali Alsagof untuk bekerja di surat kabar harian Warta Malaya. Saat itu, Warta Malaya merupakan surat kabar dengan oplah terbesar di Semenanjung Malaya. Meski ibukotanya dikuasai oleh klan Arab Alsagof, Warta Malaya kemudian didirikan oleh Onn Jaafar, salah satu pendiri Organisasi Nasional Melayu Bersatu atau dikenal dengan UMNO. Berkat kehadirannya, pihaknya juga aktif menyuarakan aspirasi masyarakat. Muslim Melayu. , Ini adalah pesta terbesar di Malaysia.

Indonesia Singapura Perkuat Kerja Sama Bidang Pendidikan Dan Sdm

Karir Yusof di Warta Malaya berkembang pesat dari asisten manajer hingga editor. Yusof berkembang pada masa booming industri pers Melayu pada awal tahun 1930-an, dan faktanya dekade tersebut disebut sebagai masa keemasan pers Melayu.

“Warta Malaya melahirkan beberapa jurnalis Melayu yang produktif pada masanya. “Almarhum Encik Abdul Rahim Kajai, yang dianggap sebagai bapak jurnalisme Melayu, dan Encik Yusof Ishak, yang kemudian menjadi kepala negara pertama Singapura, termasuk di antara mereka,” tulis Jeman Sulaiman dalam artikel berjudul “The Rise of Malay Newspapers.” selat. Waktu (11 Juli 1988).

Kedua anak perusahaan ini kemudian membentuk perusahaan media yang sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh orang Melayu. Maka mereka meninggalkan Warta Malaya pada tahun 1938 untuk menerapkan gagasan ini. Kalau begitu ayo kita berdua berangkat kerja.

Tentang negara singapura, kenampakan alam negara singapura, nama kepala negara singapura, kepala negara singapura adalah, gambar negara singapura, kepala pemerintahan negara singapura adalah, kepala negara singapura sekarang, wisata negara singapura, penjelasan negara singapura, kepala pemerintahan negara singapura, singapura negara, peta negara singapura