Kegiatan Ekonomi Vietnam Di Bidang Perikanan Dipusatkan Di

Kegiatan Ekonomi Vietnam Di Bidang Perikanan Dipusatkan Di – Catatan kecil kinerja ekspor Kementerian Kelautan dan Perikanan terus membaik di bawah kepemimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan Eddie Prabow. Upaya tersebut antara lain dengan menggelar hajatan ekspor besar-besaran pada akhir pekan lalu yang dipusatkan di Pelabuhan Surabaya, Teluk Lamong, Jawa Timur.

Dalam acara ini, KKP akan mengekspor produk perikanan yang dikirim dari 35 tempat pelaksanaan teknis Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (UPT IKPM) di seluruh Indonesia. Sebanyak 20.151 ton produk ikan dikirim ke 43 tujuan ekspor dari seluruh provinsi dalam waktu bersamaan.

Kegiatan Ekonomi Vietnam Di Bidang Perikanan Dipusatkan Di

Eddy Prabow dalam kesempatan itu menyampaikan, tingginya aktivitas ekspor merupakan komponen penting dalam pembangunan industri kelautan dan perikanan yang dilakukan pemerintah. Barang yang dikirim ke pasar ekspor juga dinilai dapat mengembangkan sektor perikanan sejalan dengan Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan.

Komitmen Jokowi Archives

Ini adalah kali kedua pada tahun ini diadakan acara ekspor raya sesungguhnya. Peristiwa pertama terjadi pada pertengahan Juli di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara. Dalam peluncuran perdana ini, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertanggung jawab langsung.

Pada Jumat (22/11/2019), Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabowo mengumumkan ekspor perikanan secara simbolis. Foto: Humas PKC/Indonesia

Untuk event kedua, 34,7% ekspor berasal dari produk perikanan budidaya dan 65,3% dari perikanan. Seluruh barang senilai US$137,6 juta atau setara Rp1,7 triliun itu diketahui berasal dari 238 unit pengolahan ikan (UPI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, seluruh barang yang diangkut dengan kontainer 1004 adalah rumput laut, tuna, tuna, cakalang, rajungan, cumi, ikan layang, surimi, rajungan, rajungan, bawal, udang windu, rajungan, kaki kodok, kakap, kerapu, termasuk ikan nila. dan udang.

Strategi Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan Pdf

Selain UPT ekspor dari IKPM, kesempatan serupa juga dilaksanakan di wilayah kerja Pelindo II di Surabaya (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Denpasar (Bali) dan Bima (Barat). . . Nusa Tenggara). ). Sebanyak 456 kontainer diekspor.

Bagi Eddy, besarnya aktivitas ekspor yang terjadi di Teluk Lamong merupakan contoh kerja sama yang baik di industri perikanan Tanah Air. Sinergi tersebut harus mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya perikanan dan sekaligus meningkatkan nilai tambah produk perikanan.

Baca juga  Bagaimana Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan

, termasuk aktor komersial. Tanpa ragu, ia mengatakan peran pelaku komersial sangat penting dan dominan dalam mencapai sinergi di bidang akuakultur dan perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabow (kiri) memegang contoh cumi beku produk perikanan yang diekspor pada Festival Ekspor Perikanan di Pelabuhan Surabaya, Teluk Lamong, Jawa Timur, Jumat (22/11/2019) . Foto: Humas PKC/Indonesia

Masterplan Ekonomi Syariah 2019 2024 By Laskar.peta1945

Pujian dan pengakuan Edi Prabowo terhadap para pelaku usaha kemudian menegaskan kembali peran mereka sebagai pemimpin perekonomian bangsa. Oleh karena itu, operator mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi kelangsungan usahanya.

“Salah satunya adalah menyederhanakan dan mempercepat berbagai izin usaha. Tugas saya adalah mencegah hal-hal terjadi, melepaskannya.

Eddy mengatakan, kolaborasi multipihak untuk mencapai hasil ekspor yang baik patut mendapat dukungan banyak pihak, terutama pemerintah. Karena semakin baik kinerjanya maka industri perikanan semakin terindustrialisasi dan bergairah.

Mengingat besarnya kontribusi sektor perikanan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), maka industrialisasi sektor tersebut harus didorong semaksimal mungkin. Selain itu, menurut catatan JCP, kontribusi perikanan terhadap PDB meningkat dari 2,32% pada tahun 2014 menjadi 2,60% pada tahun 2018.

Sinergi Ekspor Untuk Bangkitkan Industri Perikanan

Direktur Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Rina sekaligus mengatakan, untuk mendapatkan nilai ekspor yang lebih baik dari waktu ke waktu, perlu adanya jaminan kesehatan, mutu dan keamanan ikan. Keamanan produk perikanan. Diakuinya, segala tugas yang rumit dan sulit tersebut menjadi beban dan tanggung jawab lembaga yang dipimpinnya.

Jenis penjaminan yang dilakukan meliputi penerapan Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB) dan sistem pengendalian dalam operasional budidaya ikan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabowo (tengah) usai pelepasan voli ekspor ikan yang dipusatkan di Pelabuhan Lamong, Surabaya, Teluk, Jawa Timur, Jumat (22/11/2019). Foto: Humas PKC/Indonesia

Rina mengatakan dengan jaminan tersebut, produk perikanan asal perairan Indonesia bisa diterima di 158 negara. Negara-negara tersebut termasuk Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Malaysia, Taiwan, Thailand, Singapura, Vietnam, Italia, dan Hong Kong.

Kkp Kawal Ekspor Perdana 52,4 Ton Rumput Laut Tarakan Ke Vietnam

Sementara ekspor perikanan utama Indonesia antara lain udang, tuna dan kerang lainnya, udang/cumi, kepiting, cumi, nila, dan rumput laut, jelasnya.

Rina mengatakan dengan sistem proteksi ini, ekspor produk perikanan Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Misalnya saja pada triwulan III tahun 2019, ekspor produk perikanan ke berbagai negara tujuan mencapai 842.357 ton dengan nilai 3,52 miliar dolar. Jumlah tersebut mencapai 6,81% dibandingkan periode yang sama tahun 2018.

Baca juga  Buatlah Garis Putus-putus Simetri Lipat Pada Bangun Persegi Tersebut

Dengan melakukan sinkronisasi dan harmonisasi data pengeluaran HC dari BKIPM dengan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal Bea Cukai.

“Harapannya, ekspor produk perikanan dalam skala besar ini dapat mendorong kesejahteraan industri kelautan dan perikanan serta kerjasama bersama dan memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung pertumbuhan ekspor produk perikanan Indonesia,” tutupnya.

Indonesia Dan Vietnam Sepakati Kerja Sama Dalam Sejumlah Sektor

Sementara itu, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI Heru Pambudi mengatakan Festival Ekspor yang digelar JCP merupakan langkah positif untuk meningkatkan efisiensi ekspor industri kelautan dan perikanan. Perkembangan positif ini juga akan memperbaiki neraca perdagangan Indonesia yang saat ini mengalami defisit sebesar $1,9 juta.

Menurut Heru, Kementerian Keuangan sepakat untuk menerapkan sistem tersebut bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian Pertanian untuk memperkuat sinergi guna menghidupkan kembali aktivitas ekspor.

Tak hanya itu, Heru menambahkan, proses penyelidikan dan analisis yang melibatkan ketiga lembaga tersebut juga akan terus ditingkatkan untuk memperkuat sinergi. Tujuannya agar proses lebih efisien dan singkat untuk mempersiapkan usaha ekspor.

Dokumen-dokumen tersebut tidak perlu lagi diimpor dan diekspor untuk dibawa ke kantor bea cukai, kantor karantina pertanian, karantina ikan, karantina hewan, dan lain-lain. Mereka tinggal melakukannya secara elektronik dan semuanya otomatis terdistribusi

Pdf) Dokumentasi Pemikiran Tentang Kelautan Dan Perikanan Tahun 2012 Di Media Masa Nasional

Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabow memberikan siaran pers pada Jumat (22/11/2019) usai pelepasan simbolis ekspor perikanan yang difokuskan di Pelabuhan Surabaya, Teluk Lamong, Jawa Timur. Foto: Humas PKC/Indonesia

Sebelumnya, Koordinator Nasional Indonesia Destructive Fisheries Watch (DFW) Moh Abdi Suhufan mengatakan, besarnya aktivitas ekspor yang dilakukan JCP merupakan cerminan upaya pemerintah Indonesia dalam mengekspor produk perikanan. Upaya tersebut dapat meningkatkan cadangan devisa negara dan meningkatkan kinerja ekspor.

Meski demikian, meski dinilai sebagai langkah positif, Abdi tetap mengkritik pemerintah Indonesia yang tidak mampu mengatasi permasalahan biaya logistik yang menghambat kinerja ekspor. Baginya, negara harus memberikan perhatian khusus terhadap permasalahan tersebut hingga ditemukan solusinya.

Abdi menambahkan, untuk kargo udara khusus, pemerintah akan turun tangan langsung mempertemukan maskapai dan pengelola bandara untuk menilai komponen biaya yang bisa ditekan. Ia yakin masih ada peluang untuk menekan biaya logistik melalui penetapan harga inventaris yang efektif yang dikelola Angkasa Pura dan anak perusahaannya.

Baca juga  Salah Satu Contoh Perwujudan Nilai-nilai Pancasila Dalam Sila Keempat Adalah

Roundtable Discussion Membangun Kemitraan Di Bidang Maritim Antara Indonesia Vietnam

Ekspor Perikanan, Jawa, Jawa Timur, Kapal Nelayan, Kesejahteraan Nelayan, Janji Jokowi, Budidaya Perairan, Perikanan Laut, Perikanan JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengawal ekspor perdana rumput laut kering asal Kalimantan Utara sebanyak 52,4 ton. Vietnam senilai Rp 2,3 miliar, serta ekspor melalui jalur laut dari Tarakan ke Vietnam.

“Tentunya hal ini sangat menggembirakan, apalagi bagi produk rumput laut yang diperdagangkan di dalam negeri melalui Makassar dan Surabaya yang mempunyai potensi ekspor yang besar ke depannya,” kata Kepala Pusat Pengendalian Mutu Biro Perikanan dan Karantina. . Hasil Perikanan (BKIPM) Widodo Sumianto angkat bicara

Menurutnya, Provinsi Kalimantan Utara, khususnya di perairan sekitar Pulau Tarakan, perairan wilayah Nunukan, dan Pulau Sebatik, merupakan salah satu penghasil rumput laut kering kapas Euchema termuda di Indonesia dengan produksi 60.000 ton per tahun. .

Selain itu, pejabat BKIPM juga mengembangkan digitalisasi layanan untuk memfasilitasi akses terhadap layanan sertifikasi kesehatan ikan, kualitas dan keamanan produk perikanan, kata Widodo.

Pertemuan Bilateral Mendag Ri Dengan Menperindag Vietnam

BKIPM telah mengambil langkah-langkah tindakan strategis seperti Pedoman Teknis QA Verifier (Bimtek) yang diterapkan di 15 wilayah. Sertifikasi Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SJMKHP) kemudian diluncurkan untuk 10.000 sertifikasi bagi pemasok UMKM di sektor perikanan.

Secara kelembagaan, BKIPM juga menandatangani berbagai perjanjian kerja sama dan kesepakatan dengan lembaga terkait untuk mendukung Program Akselerasi PKC. Kemudian menawarkan berbagai kemitraan dengan jalur yang berbeda, seperti jalur transit, membuka lebih banyak jalur

“Kami berharap hal ini dapat memberikan solusi dan semangat bagi para pelaku usaha besar dan UKM untuk berekspansi ke luar negeri,” jelas Widodo. Hanoi, Vietnam (ANTARA) – Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam (MARD) menyatakan ekspor agroforestri dan perikanan meningkat signifikan hingga mencapai $5,14 miliar (80,7 triliun rupiah), atau 80% lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Tahun.

Peningkatan ekspor serta nilai impor produk agroforestri dan perikanan yang signifikan, seperti diungkapkan MARD, disebabkan oleh fokus penghapusan hambatan perdagangan pada tahun 2023.

Vsips Jadi Simbol Hubungan Ekonomi Kuat Antara Vietnam Dan Singapura

MARD memantau dengan cermat fluktuasi harga dan keseimbangan antara pasokan dan permintaan di pasar, sekaligus mengusulkan solusi untuk meningkatkan konsumsi produk pertanian. Kementerian juga berkoordinasi dengan kedutaan dan penasihat

Kegiatan ekonomi bidang pertanian, pekerjaan di bidang perikanan, kegiatan ekonomi vietnam, kewirausahaan di bidang perikanan, globalisasi di bidang ekonomi, kerjasama di bidang ekonomi, kegiatan ekonomi di bidang pertanian, ham di bidang ekonomi, perikanan belanda dipusatkan di, ancaman di bidang ekonomi, manfaat biologi di bidang perikanan, kegiatan ekonomi di bidang jasa