Keadaan Alam Negara Laos Adalah Kecuali

Keadaan Alam Negara Laos Adalah Kecuali – Didirikan pada 8 Agustus 1967, ASEAN mempunyai 10 anggota yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Merujuk laman Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, tercatat kesepakatan perwakilan 5 negara untuk menandatangani Deklarasi Bangkok tentang pembentukan ASEAN.

Keadaan Alam Negara Laos Adalah Kecuali

Founding Fathers ASEAN yang menandatangani Deklarasi Bangkok adalah para menteri luar negeri dari 5 negara pionir yaitu: Indonesia: Adam Malik

Letak Astronomis & Kondisi Geografis Negara Negara Asean

Dimulai dengan lima negara, jumlah negara anggota yang bergabung dalam organisasi ASEAN terus bertambah. Selain Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia dan Singapura, 5 negara Asia Tenggara lainnya bergabung dengan ASEAN. Lima besar termasuk Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, dan Kamboja.

Timor-Leste juga baru-baru ini mengajukan permohonan untuk bergabung dengan ASEAN. Namun pada tahun 2011 hingga 2021, Timor Timur tidak akan menjadi anggota resmi ASEAN.

Sebagaimana dikemukakan Pewi Marisha dalam Sermpoon ASEAN (2020:6), terbentuknya ASEAN pada awalnya dilatarbelakangi oleh kesamaan yang dirasakan dan dimiliki oleh banyak negara di kawasan Asia Tenggara.

Kesamaan tersebut antara lain letak geografis, budaya, kekayaan dan kepentingan kolonial (pengayaan kesejahteraan penduduk). Oleh karena itu, lima negara pendiri ASEAN juga memasukkan tujuan pembentukan organisasi ini dalam Piagam Bangkok.

Potensi Sumber Daya Alam Negara Negara Asean

Terlepas dari asal usulnya, diketahui bahwa setiap negara anggota ASEAN memiliki banyak persamaan dan perbedaan, termasuk bentuk pemerintahan dan perekonomian.

Menurut modul studi Catatan Muliah (2020:18-19), negara-negara anggota ASEAN berbagi pemerintahan republik yang sama untuk memenuhi fungsi nasionalnya masing-masing. Namun bentuknya tidak sama persis.

Dengan kata lain, masih banyak bentuk pemerintahan dan republik lain yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing negara. Di bawah ini adalah beberapa jenis pemerintahan di negara-negara ASEAN.

Sebagai perkumpulan negara-negara dalam suatu wilayah geografis, ASEAN didominasi oleh negara-negara berkembang, kecuali Singapura (yang tergolong negara maju). Di banyak negara berkembang, perekonomian lebih memperhatikan penggunaan produk alami.

Belajar Pintar Materi Smp, Sma, Smk

Namun keragaman ekonomi negara-negara ASEAN bergantung pada jenis kegiatannya, mulai dari pertanian, perikanan, kehutanan, pertambangan, dan kerajinan tangan.

Kawasan Asia Tenggara dikenal memiliki lahan subur untuk pertanian. Dengan demikian, mayoritas penduduk Asia Tenggara bekerja di bidang ini, kecuali Malaysia yang jumlahnya kurang dari 40 persen, Brunei Darussalam, dan Singapura yang kurang dari 10 persen.

Baca juga  Dapatkan Anda Membuat Teks Eksplanasi Tentang Sebuah Legenda Mengapa Demikian

Dalam industri ini perekonomian berkembang melalui dua cara: melalui ikan laut (di laut) dan melalui darat (di sungai, danau, kolam dan sawah). Kamboja adalah salah satu kekuatan pendorong sektor perikanan dalam negeri.

Sektor perekonomian negara-negara ASEAN juga terfokus pada pertambangan. Klasifikasi atau perbedaannya dapat dilihat dari mineral yang terdapat pada masing-masing negara. Di bawah ini adalah daftar produk mineral.

Cognito Magazine Issue 23 By Cognito

Di Asia Tenggara, wilayah tropis, pepohonan dapat ditanam dan dimanfaatkan untuk kebutuhan global di luar kawasan. Masyarakat Asia Tenggara dapat memperoleh manfaat dari pohon-pohon ini dan produk-produknya.

Cabang perekonomian Asia Tenggara yang terakhir adalah industri. Dalam industri ini, masyarakat ASEAN dapat menghasilkan berbagai produk olahan dan tentunya memperoleh keuntungan dari barang-barang tersebut. Contoh industrinya adalah Thailand, di mana payung buatan tangan dibuat untuk dijual kepada wisatawan. , berbatasan dengan Myanmar dan Republik Rakyat Tiongkok di barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di selatan, dan Thailand di barat. Dari abad ke-14 hingga ke-18, negara ini disebut Lan Zhang atau “Negeri Seribu Gajah”.

Republik Laos terkurung daratan dan terletak di bagian utara Semenanjung Indochina. Laos berasal dari kata Lan Zhang yang berarti kerajaan gajah. Negara ini merupakan satu-satunya negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara. Dulunya merupakan koloni Perancis, Laos memperoleh kemerdekaan sebagai pemerintahan pada tanggal 22 Oktober 1953. Pada tanggal 2 Desember 1975, Kerajaan Laos menjadi Republik Laos. Laos merupakan negara komunis dengan kepala pemerintahan berbakat bernama Thonglon Sisolit, dibantu oleh perdana menteri bernama Funkham Viphavan. Dari segi geografi politik, negara Laos dikenal sebagai wilayah yang tidak memiliki laut atau garis pantai. Situasi ini dinilai buruk dari segi pertahanan dan keamanan, terutama dalam hal serangan atau invasi oleh negara lain. Negara Laos memiliki lembah sungai subur yang banyak ditanami tanaman terutama padi, kopi, dan tembakau. Terdapat deposit mineral seperti timah, tembaga, emas dan perak. Kayu merupakan salah satu komoditas unggulan karena wilayahnya yang berbukit dan berhutan lebat. Potensi sosial budayanya terdiri dari beragam suku dengan budaya yang berbeda-beda, sebagian besar masyarakatnya masih menganut bahasa nasional yang konservatif yaitu bahasa Laos. Namun dalam kehidupan sehari-hari, selain bahasa nasional, masyarakat menggunakan bahasa Thailand, Inggris, dan Prancis, serta banyak memiliki bangunan bersejarah, terutama candi.

Laos adalah salah satu dari lima negara komunis di dunia. Luas wilayahnya adalah 236.800 km2. Ini adalah wilayah dengan populasi sekitar 6,6 juta orang. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1997, namun negara yang terkurung daratan ini membuka diri sebanyak mungkin terhadap negara lain pada tahun 2004. Langkah pertama Laos menuju keterbukaan adalah menarik modal asing. Laos telah berulang kali mengubah undang-undang penanaman modal asing untuk memungkinkan perusahaan asing memulangkan keuntungan dari Laos. Investor asing diperbolehkan mendirikan perusahaan ekuitas atau usaha patungan. Pemerintah Laos bahkan tidak mengenakan pajak kepada perusahaan asing selama lima tahun pertama menjalankan bisnis di Laos.

Baca juga  Ketika Lengan Mengangkat Barbel Maka

Dampak Positif Dan Negatif Letak Geografis Asean, Siswa Wajib Tahu!

Untuk meningkatkan perekonomian, Laos mendirikan beberapa zona ekonomi, meningkatkan perdagangan internasional dan memperluas kerja sama regional. Mata pencaharian utama masyarakat Laos adalah pertanian. Hasil pertanian utama adalah beras, jagung, tembakau, kapas, kopi dan buah jeruk. Peternakan cenderung berlokasi di dataran rendah, terutama di sepanjang tepian Sungai Mekong. Sungai Mekong adalah sumber kehidupan perekonomian Laos dan Laos menggunakannya untuk menghasilkan pembangkit listrik tenaga air. Pembangkit listrik tenaga air yang dihasilkan kemudian dijual di Laos ke negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand. Pada tahun 2012, pemerintah Laos membuat Portal Pusat Perdagangan Laos, yang menyediakan informasi mengenai pendapatan dan pengeluaran negara. Berkat keterbukaan ekonomi, perekonomian Laos tumbuh sebesar 7,1% dari tahun 2001 hingga 2010 dan diperkirakan akan tumbuh sebesar 7,6% dari tahun 2011 hingga 2015. Angka tersebut bukan tidak mungkin, jika melihat pertumbuhan PDB Laos sebesar 8,1% pada tahun 2012.

Sejarah awal Laos didominasi oleh kerajaan Nanzhao, yang menggantikan kerajaan lokal Lan Zhang pada abad ke-14, setelah itu Thailand mengambil alih kerajaan tersebut, yang bertahan hingga abad ke-18. Perancis kemudian menguasai wilayah tersebut pada abad ke-19, dan pada tahun 1893 bergabung dengan Indochina Perancis. Setelah dijajah Jepang pada Perang Dunia II, negara ini memperoleh kemerdekaan pada tahun 1949 sebagai Kerajaan Laos di bawah pemerintahan Raja Sisavang Vong.

Ketidakstabilan politik di negara tetangga Vietnam menyebabkan Laos menghadapi Perang Indochina Kedua (juga dikenal sebagai Perang Rahasia), yang menjadi faktor destabilisasi yang menyebabkan perang saudara dan beberapa kudeta. Pada tahun 1975, Partai Komunis Laos, yang didukung oleh Uni Soviet dan Komunis Vietnam, menggulingkan pemerintahan Raja Savang Watna yang didukung AS dan Perancis. Setelah menduduki negara tersebut, mereka berganti nama menjadi Republik Demokratik Rakyat Laos, dan masih eksis hingga saat ini. Laos memperkuat hubungan dengan Vietnam dan melonggarkan pembatasan ekonomi pada akhir tahun 1980an, dan pada tahun 1997 bergabung dengan ASEAN.

Baca juga  Konsep Kepanitiaan Dalam Pameran

Wilayah Laos telah dihuni manusia selama ribuan tahun. Sedikit yang diketahui tentang prasejarah negara ini. Beberapa kelompok masyarakat yang berbeda diyakini telah menetap di Laos pada abad ke-14. Saat itu, Laos berada di bawah kekuasaan Kerajaan Mon dan Kerajaan Khmer.

Pts Ips Ganjil Kelas Vi 2021 2022

Negara modern Laos didirikan pada pertengahan abad ke-14 dan diyakini terkait dengan kerajaan Lan Zhang yang didirikan oleh Pha Ngum. Hingga saat itu, negara tersebut dihuni oleh Laos, Mons dan suku lainnya. Pada abad ke-16, Buddha Theravada menjadi agama dominan.

Sejak pertengahan abad ke-17, Laos mengalami kemerosotan ekonomi dan politik. Pada akhir abad ke-18, Laos yang semakin lemah akhirnya ditaklukkan oleh negara tetangganya, Thailand (Siam). Perancis, yang memerintah Vietnam pada akhir abad ke-19, melakukan negosiasi dengan Thailand untuk mengakuisisi Laos. Pada awal abad ke-20, negara ini sepenuhnya berada di bawah kendali Perancis.

Selama Perang Dunia II, Jepang menduduki Laos. Setelah perang berakhir, bersama Vietnam, Laos mendeklarasikan kemerdekaannya. Prancis menanggapinya dengan mengirimkan pasukan untuk mendapatkan kembali kendali atas wilayah tersebut.

Gerakan nasionalis terus memperjuangkan kemerdekaan, dan pada tahun 1950 Perancis mendeklarasikan otonomi Laos. Pada tahun 1954, Laos memperoleh kemerdekaan penuh sebagai monarki konstitusional.

Sumber Daya Unggulan Dari Negara Anggota Asean

Setelah memperoleh kemerdekaan, Laos mengalami ketidakstabilan politik. Situasi ini diperburuk oleh kebutuhan Amerika Serikat akan pangkalan untuk berperang di Vietnam. Pemerintahan koalisi pertama yang terdaftar runtuh pada tahun 1958, meskipun pemerintahan baru segera dibentuk, yang kemudian runtuh lagi segera setelahnya. Laos menyatakan netralitas pada tahun 1962 selama konflik Vietnam. Namun hal ini tidak menghalangi Amerika Serikat dan Vietnam Utara untuk membangun basis kekuatan di Laos, sehingga melemahkan status netral negara tersebut. Meskipun Laos berusaha mempertahankan demokrasi ketika AS menarik diri dan Vietnam Selatan jatuh, negara tersebut diambil alih oleh kelompok komunis dengan dukungan militer dari Vietnam Utara.

Pada akhir tahun 1975, raja dipaksa turun tahta, dan Republik Demokratik Rakyat Laos yang komunis segera didirikan. Pemerintahan komunis yang didukung Vietnam semakin memperburuk situasi perekonomian Laos. Akhirnya, mulai akhir tahun 1980an, Laos mulai membuka perekonomiannya lebih jauh dan memulai reformasi ekonomi.

Keadaan sosial laos, keadaan alam negara laos, keadaan sosial negara laos, keadaan ekonomi laos, keadaan alam singapura adalah, keadaan penduduk laos, keadaan alam negara singapura, keadaan alam di negara singapura, keadaan negara laos, keadaan alam laos, bentang alam negara laos, jelaskan keadaan alam negara singapura