Keadaan Alam Myanmar

Keadaan Alam Myanmar – Tahukah Anda negara Myanmar? Jika Anda tidak tahu banyak, pelajari lebih lanjut tentang Myanmar. Myanmar merdeka pada tahun 1948. 4 Januari Ibu kota negara ini adalah kota Yangon (sebelumnya Rangoon).

Republik yang baru dibentuk ini sebelumnya bernama Burma, dan pada tahun 1989 mengganti nama menjadi Myanmar. Menurut masyarakat Myanmar, Myanmar sendiri berarti Tanah Emas.

Keadaan Alam Myanmar

Ada juga kehalusan Myanmar. Letak astronomis negara Myanmar dikutip dari buku IPS kelas IX terpadu 3. Anvar Kurnia. penjelasan seperti itu.

Bentuk Pemerintahan Myanmar Hingga Destinasi Wisata Nya!

Negara ini, pada tahun 1997 23 Juli setelah bergabung dengan ASEAN, luas wilayahnya adalah 676.552 km2. Secara astronomis, Myanmar terletak 9 derajat LU – 28 derajat LU dan 92 derajat E – 102 derajat E.

Menurut buku Dhiyaulhaq RPL Plus SD Kelas 3, 4, 5 dan 6, kondisi alam dibedakan menjadi:

Di sebelah utara, rangkaian pegunungan tinggi ini, yang masih merupakan bagian dari Pegunungan Himalaya, berbatasan dengan Tiongkok dan India. Puncak tertingginya adalah Gunung Hkakabo Rasi dengan ketinggian 5.881 meter yang juga merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara. Gunung ini terletak di sebelah kanan Kachi di Myanmar utara.

Di bagian barat juga banyak terdapat pegunungan Arakan Yoma yang memanjang dan jenuh. Pegunungan ini membentuk India dan Bangladesh.

Letak Astronomis Myanmar, Luas, Hingga Sumber Daya Alam

Pada dataran bagian tengah ini terdapat dataran aluvial yang lebih rendah. Dataran aluvial ini terbentang dari delta dan lembah Sungai Irrawaddy serta Lembah Sitang.

Bagian timur dataran ini disebut Dataran Tinggi Shan. Dataran Tinggi Shan memisahkan Myanmar dari Thailand. Area dengan ketinggian

Myanmar dalam dua musim sesuai garis lintangnya, mengutip Buku 8 Ilmu Sosial Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dua musim tersebut adalah tropis di selatan dan subtropis di utara.

Baca juga  Kepanjangan Plta Yaitu

Tempat-tempat di Myanmar juga digambarkan memiliki iklim muson tropis. Hal ini ditandai dengan pengaruh musim hujan yang cukup lebat, sinar matahari yang cukup, curah hujan yang tinggi dan kelembaban yang tinggi sehingga membuat cuaca kurang nyaman.

Banjir Gelombang Ketiga Di Terengganu Semakin Surut

Di daerah sekitar khatulistiwa suhu udara rata-rata sedang, di bagian tengah tinggi, dan di utara dingin karena adanya pegunungan tinggi yaitu di pegunungan Himalaya. Suhu tahunan rata-rata diperkirakan antara 22 dan 27 derajat Celcius per tahun.

Secara astronomis, Myanmar memiliki lahan yang subur. Dengan demikian, sumber daya alam Myanmar sebagian besar berasal dari pertanian, perkebunan dan perikanan, selain pertambangan.

Hampir di seluruh wilayah di Myanmar, lahannya dimanfaatkan untuk pertanian. Komoditas utamanya adalah beras, teh yang membentang di Dataran Tinggi Shan, tembakau di bagian utara, dan sayur-sayuran. Selain itu, jagung, kapas, wijen dan gandum ditanam selama musim kemarau.

Sejumlah besar perikanan ditanam di zona pesisir barat dan terdapat pusat penelitian perikanan di Manhin dan Hanthawaddy. Myanmar juga memproduksi karet, jati dan besi dari kawasan perkebunan. Oleh karena itu, mereka harus diekstraksi dalam bentuk minyak, gas, timah dan jenis mineral serta bijih lainnya.

Apa Sumber Daya Yang Menjadi Keunggulan Tiap Negara Asean? Simak Yuk!

Jadi ini adalah tempat yang sangat kaya akan sumber daya alam di Myanmar. Menarik bukan? Semoga menambah wawasan Anda!

Penandatanganan deklarasi tersebut diwakili oleh Menteri Luar Negeri 5 negara – Adam Malik (Indonesia), Malaysia (Tun Abdul Razak), Filipina (Narciso Ramos), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura).

Semula beranggotakan lima orang, organisasi regional ini kini beranggotakan 11 orang dengan tambahan Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timur.

Dengan demikian, hubungan kerja sama antar anggota memegang peranan penting dalam perkembangan ekonomi dan teknologi masing-masing negara.

Perlambat Gerak Polisi, Demonstran Myanmar Gunakan Longyi

Selanjutnya kami akan menjelaskan secara singkat kondisi alam dan topografi masing-masing negara anggota ASEAN. Yuk simak lebih dekat ulasan ini.

Indonesia memiliki lima pulau besar: Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Topografinya berupa kepulauan dengan pegunungan aktif dan hutan tropis.

Malaysia mempunyai luas wilayah 329.758 km² dan terbagi menjadi dua bagian yaitu Malaysia Timur yaitu Sabah dan Sarawak yang didominasi oleh daerah pegunungan.

Daerah ini juga memiliki pantai dan rawa yang sempit. Sedangkan Malaysia Barat yaitu Semenanjung Malaysia (meliputi Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor dan Trenggano) merupakan wilayah pegunungan yang rendah dan landai.

Baca juga  Sebutkan Ciri-ciri Ide Pokok

Gunung Popa Adalah Gunung Berapi Yang Telah Punah Pada Ketinggian — Foto Stok © Steve_allen #573806524

Kepulauan Filipina ditutupi oleh pegunungan aktif dan hujan tropis, sama seperti topografi Indonesia. Kota pelabuhan terbesar di Filipina adalah Cavite di pulau Luzon.

Letak wilayahnya bergunung-gunung di sebelah utara, di tengahnya terdapat lembah sungai datar yang mengalir ke Teluk Thailand. Terdapat pegunungan di bagian selatan.

Luas wilayah Singapura adalah 660 km² yang terdiri dari pulau-pulau kecil. Situsnya berupa dataran dengan pantai dan pulau buatan.

Letaknya strategis karena berada di persimpangan jalur pelayaran Asia Timur, Asia Barat, Australia, Eropa, dan Amerika.

Tempayan Kuno Myanmar Ditemukan Di Raja Ampat

Pemerintah Singapura memanfaatkan hal ini dengan membangun pelabuhan yang cocok untuk kegiatan distribusi. Fasilitas tersebut menjadikan Singapura sebagai pelabuhan tersibuk di Asia.

Brunei Darussalam memiliki luas wilayah 5.765 km² dan terletak di Kalimantan Utara. Wilayah ini terbagi menjadi dua bagian: barat dan timur.

Daerah ini berbatasan langsung dengan Sarawak di bagian selatan, barat, dan timur. Selain itu, di bagian utara langsung mencapai Laut Cina di bagian selatan.

Vietnam terletak di Semenanjung Indochina dengan luas wilayah 329.707 km². Wilayah wilayahnya terdiri dari dataran pantai, perbukitan, pegunungan berhutan lebat, lembah sungai dan dataran.

Jelaskan Bentang Alam Negara Laos ? Tolong Jawab

Mencapai Cina dari utara, Laos dan Kamboja dari barat, dan Teluk Laut dari selatan dan timur.

Sungai Mekong adalah sungai terbesar di Laos, mengalir dari titik balik matahari musim dingin ke barat daya hingga perbatasan Thailand.

Wilayah pesisir utara memiliki barisan pegunungan, sedangkan bagian selatan merupakan dataran pantai luas yang dipenuhi sungai dan rawa.

Kunjungi near.id dan baca artikel pembelajaran untuk meningkatkan kinerja dan menambah pengetahuan Anda. Mari ikut belajar bersama adjar.id – dunia belajar anak Indonesia. Apa perbedaan kondisi alam di tiap kawasan ASEAN?

Tropical Vegetation Forest At West Java Highland Indonesia Stock Photo

Perlu diketahui bahwa letak geografis merupakan salah satu titik berdirinya ASEAN. Negara-negara ASEAN, selain letak geografisnya yang berdekatan dalam satu kawasan, juga mempunyai kondisi alam yang serupa.

Namun selain itu, di balik berdirinya ASEAN ada hal yang disampaikan dari buku Tri Prasetyon ASEAN and Its Regions (2019), yaitu:

Baca juga  Kesan Gelap Terang Pada Gambar Benda Ditentukan Berdasarkan

Saat ini total ada 10 negara di kawasan Asia Tenggara yang telah bergabung dengan ASEAN. Negara-negara ini memiliki kondisi alam yang sangat berbeda.

Indonesia merupakan negara terluas di kawasan Asia Selatan dengan jarak 1,905 juta kilometer dari Aceh hingga Papua.

New Wave Shah Alam Hotel (s̶$̶2̶3̶) S$16: Updated 2024 Reviews, Price Comparison And 49 Photos (malaysia)

Selain provinsi tersebut, Indonesia juga mempunyai lingkungan alam yang bercirikan iklim tropis dan curah hujan yang relatif tinggi dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Alhasil, Indonesia terkenal dengan banyaknya hutan, mulai dari hutan hujan hingga sabana atau padang rumput.

Negara Malaysia ini mempunyai iklim tropis dan curah hujan yang cukup banyak. Selain itu, Malaysia juga memiliki kawasan hutan hujan lebat dan beberapa bukit, yang puncak tertingginya adalah Gunung Kinabalu (4.095,2 m) di Sabah.

Negara industri maju dan maju di kawasan Asia Tenggara ini mempunyai luas 728,6 km2 dan merupakan pusat pelabuhan laut di benua Asia.

Pdf) World Happiness Report 2018 And Myanmar

Singapura juga merupakan daratan yang menghubungkan Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan. Selain itu, Singapura juga mendominasi dataran dan beberapa bukit yang mengelilingi pusat kota.

Filipina merupakan negara dengan 7.641 pulau dengan luas 300.000 km2. Negara alami Filipina berbatasan dengan Laut Sulawesi dan memiliki tiga kelompok regional utama: Luzon, Bisaya dan Mindanao.

Di sisi lain, wilayah yang dipimpin oleh Bongbong Marcos ini memiliki iklim tropis yang terbagi dalam tiga musim berbeda. Musim hujan di musim dingin dan musim panas atau kemarau.

Dikenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih, negara ini memiliki luas 514.000 km2 dan terletak di tengah-tengah Asia Tenggara.

Daftar Negara Asean Dan Sumber Daya Unggulnya, Indonesia Punya Apa Saja?

Keadaan alam Thailand dihiasi dengan dataran pegunungan, dataran tengah dan pegunungan. Thailand mempunyai iklim tropis yang sangat dipengaruhi oleh angin muson.

Wilayah tetangga Indonesia ini memiliki luas 5.765 km2 yang sebagian besar berupa rawa dan perbukitan.

Mirip dengan negara-negara ASEAN, Brunei Darussalam mempunyai iklim tropis dengan curah hujan sekitar 2000 mm per tahun.

Kondisi alam di Vietnam dipenuhi dataran dan beberapa gunung. Salah satunya adalah Pegunungan Annam yang puncaknya mencapai hingga 1800 tahun yang lalu. Vietnam juga memiliki dataran yang disebut Delta Sungai Mekong.

Wisata Alam Di Waibalun Larantuka

Laos merupakan negara komunis dengan luas wilayah 236.800 km2, yang wilayah daratannya terdiri dari pegunungan yang berhutan lebat.

Laos memiliki puncak tertinggi Gunung Phou di distrik Thongloun Sisoulith. Laos memiliki tiga musim: musim hujan panas, musim dingin, dan musim kemarau (masa peralihan).

Myanmar memiliki luas wilayah 676.578 km2 dan berbatasan langsung dengan India dan Bangladesh di sebelah barat serta Thailand dan Laos di sebelah timur.

Kondisi alam Myanmar terbagi menjadi dua bagian, yaitu Myanmar Selatan yang beriklim tropis dan Myanmar Utara yang beriklim subtropis.

Kondisi Alam Dan Geografis Negara Laos

Terakhir ada Kamboja yang luasnya hanya 181.035 dan berbatasan langsung dengan Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Kemudian wilayah monarki ini memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata sekitar 22°C.