Jumlah Home Plate Dalam Permainan Softball Adalah

Jumlah Home Plate Dalam Permainan Softball Adalah – Softball merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh 2 tim atau kelompok yang masing-masing beranggotakan 9-10 pemain. Permainan softball pertama kali muncul di Chicago, Amerika Serikat, pada tahun 1887. Permainan Softball diciptakan oleh George Hancock.

Softball merupakan cabang olah raga yang merupakan pengembangan dari olah raga lain yang sejenis yaitu baseball (baseball) atau hardball. Dibandingkan dengan baseball, softball dimainkan dengan ukuran bola yang lebih besar, sekitar 28-40 cm.

Jumlah Home Plate Dalam Permainan Softball Adalah

Seperti halnya baseball, dalam softball, bola dilempar oleh pelempar dan kemudian dipukul oleh pemukul.

Jumlah Pemain Rounders Masing Masing Regu Adalah 9 Orang, Kenali Cara Bermainnya

Istilah penting Pitcher = pitcher Batter = pitcher Catcher = catcher Bat = pemukul

Tujuan permainan softball adalah memukul bola dengan alat pemukul dan kemudian mencapai keempat base. Jika pemukul tim penyerang berhasil melewati keempat base, mereka mencetak gol.

Satu pertandingan dimainkan selama 7 babak. Satu giliran adalah satu kali masing-masing tim menjadi tim penyerang (ofensif) dan tim bertahan (bertahan). Tim dengan poin terbanyak dalam kemenangan ketujuh adalah pemenang pertandingan.

Lapangan softball berbentuk persegi/persegi dan seluruh lapangan permainan berbentuk berlian. Ada dimensi penting bagi sebuah lapangan softball, yaitu sebagai berikut.

Sofbol Atau Softball Adalah Olahraga Bola Beregu Yang Terdiri Dari 2 Tim

Lapangan softball berukuran 18,29 meter (60 kaki) untuk lemparan cepat, dan 21,34 meter (70 kaki) atau 19,81 meter (65 kaki) untuk lemparan lambat. Di ujung lapangan softball terdapat pangkalan.

Piring pitcher adalah tempat pelempar softball melempar bola ke dalam adonan. Piring kendi berukuran 2,44 meter (radius) atau 4,88 meter (diameter). Piring pelempar softball berbentuk lingkaran dan terletak di tengah lapangan.

Jarak pitcher plate ke home base adalah 13,11 meter (putri) dan 14,02 meter (putra) untuk lemparan cepat, dan 15,24 meter untuk lemparan lambat. Jarak ini berbeda-beda tergantung penyelenggara permainan.

Peralatan yang digunakan dalam permainan softball mirip dengan permainan baseball. Perlengkapan yang digunakan dalam permainan softball antara lain bola, pemukul, sarung tangan, alat pelindung diri, dan seragam.

Baca juga  Macam-macam Peralatan Yang Terbuat Dari Tanah Liat

Soal Pts Pjok Genap Kls 9 2021

Keliling bola softball adalah 30,5 cm atau kira-kira 12 inci (12″ ± 0,125″). Sedangkan softball memiliki berat sekitar 6,25 hingga 7 ons.

Namun peraturan dan ukuran bola itu sendiri sangat bervariasi tergantung pada kompetisi dan organisasi mana yang menjadi dasar peraturan kompetisi tersebut.

Pemukul softball biasanya terbuat dari kayu, alumunium, atau bahan lain seperti serat karbon. Panjang pemukul softball adalah 34 inci (86,4 cm), dengan diameter 2¼ inci. Selain itu, pada ujung gagang pemukul biasanya terdapat pegangan berbahan karet agar tidak mudah lepas saat diayunkan.

Pemukul yang digunakan dalam softball disebut pemukul. Ukuran pemukul yang digunakan dapat berbeda-beda tergantung dari ukuran tubuh pengguna dan aturan permainan yang digunakan oleh organisasi.

Serunya Bermain Softball Di Home Plate Batting Cage

Sarung tangan softball biasanya terbuat dari kulit atau bahan sejenis kulit lainnya. Di antara ibu jari dan telunjuk terdapat pita yang membantu pemain menggenggam bola.

Ukuran sarung tangan softball bervariasi menurut pemain, dengan ukuran maksimum yang diperbolehkan adalah 14 inci (35,6 cm).

Pada umumnya sarung tangan yang digunakan dalam permainan softball disebut mitt. Namun sebenarnya sarung tangan softball ada dua jenis, yaitu mitt dan mitt:

Sarung tangan hanya digunakan oleh penangkap dan penjaga base pertama (first basemen) dan memiliki ukuran pita yang lebih besar dibandingkan sarung tangan.

Permainan Bola Kasti: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Dan Ukuran Lapangan

Helm merupakan salah satu perlengkapan softball yang berfungsi untuk melindungi kepala. Helm biasanya memiliki pelindung berbahan logam seperti sangkar (cage/visor) di bagian depan dan lubang di telinga. Namun terkadang pemain bebas menggunakan garda depan atau tidak.

Dalam permainan cepat, penangkap wajib memakai helm, sangkar, pelindung tenggorokan, pelindung tulang kering, dan pelindung badan. Pelindung tulang kering biasanya digunakan untuk melindungi lutut.

Seragam softball yang digunakan berfungsi untuk membedakan tim dan pemain. Aturan seragam yang digunakan dalam permainan softball antara lain:

Jumlah pemain softball sebanyak 9 orang pada fast pitch dan 10 orang pada slow pitch. Setiap pemain mempunyai posisinya masing-masing, yaitu:

Peraturan Permainan Softball

Pitcher, catcher, 1 2 3 basemen, dan shortstop adalah infielder. Sedangkan pemain sayap kiri-tengah-kanan dan penggerak/penjelajah adalah pemain luar.

Tim infield (bertahan) terdiri dari pitcher, catcher, baseman 1 2 3, shortstop, dan fielder kiri-tengah. Sedangkan tim penyerang hanya terdiri dari batsmen.

Pitcher adalah pemain yang tugasnya melempar bola ke arah catcher. Posisi pitcher berada pada plate yang berada di tengah lapangan. Pelempar harus melempar bola ke dalam strike zone, yaitu di antara bahu dan lutut pemukul. Setelah bola dilempar, posisi pelempar adalah fielder/fielder atau baseman.

Baca juga  Arah Kok Saat Melakukan Servis Panjang Adalah

Dalam permainan softball, penangkapnya disebut dengan catcher. Posisi catcher berada dibelakang home plate/home plate dan bertugas menangkap bola yang dilempar oleh pitcher. Penangkap biasanya dianggap sebagai pemimpin lapangan.

Bentuk & Ukuran Lapangan Softball, Lengkap Dengan Gambarnya!

Baseman pertama (baseman ke-1) berada di sebelah base ke-1, antara base ke-1 dan ke-2. Baseman 1 bertugas menjaga area sekitar base 1 dan menggunakan sarung tangan.

Baseman kedua (baseman ke-2) berada di sebelah baseman ke-2, basemen ke-1 dan ke-2. Umumnya baseman ke-2 juga akan menjadi baseman ke-1 jika bola dipukul oleh baseman ke-1.

Baseman ketiga (baseman ke-3) berada di sebelah base ke-3, antara base ke-2 dan ke-3. Baseman ke-3 bertugas menjaga area sekitar base ke-2. Baseman ke-3 harus mampu melempar bola ke arah catcher ketika tim tuan rumah (lawan) berlari ke arahnya.

Shortstop adalah bagian dari infielder yang berada pada posisi antara ke-2 dan ke-3. Shortstop bertugas melindungi area antara base ke-2 dan ke-3. Shortstop juga memiliki perlindungan base ke-2 sekaligus dengan perlindungan base. 2 tergantung di mana bola berada. Shortstop umumnya menjadi salah satu pemain penting dalam game ini.

Bab 1 Permainan Softball

Pemain sayap kiri (left fielder) berada di lapangan kiri (di belakang base ke-3) dan bertanggung jawab untuk melindungi area tersebut jika bola keluar.

Pemain tengah (center fielder) ditempatkan di outfield/center field (di belakang base ke-2, antara lapangan kiri dan kanan) dan bertanggung jawab untuk melindungi area tersebut jika bola keluar.

Pemain sayap kanan (right fielder) berada di outfield kanan (di belakang base pertama) dan bertugas melindungi area tersebut jika bola berada di tengah lapangan.

Semua pemain bertahan harus memiliki tangan yang kuat untuk melempar bola secara efektif dari lapangan ke tengah lapangan. Terkadang seorang fielder juga dapat menggunakan teknik menangkap bola yang bergerak di tanah yang disebut teknik ground ball.

Permainan Bola Kecil ( Softball )

Posisi roamer/rover tidak ada pada pertandingan high pitch atau fast pitch, melainkan hanya ada pada pertandingan lokal/low pitch atau slow pitch. Rover biasanya ditempatkan di belakang bullpen atau di belakang base kedua dan bertugas membantu di lapangan.

Dalam permainan softball, pemukulnya disebut pemukul. Tugas batsman adalah memukul bola yang dilempar oleh bowler. Jika pemukul berhasil memukul bola, pemukul harus segera melepaskan pemukulnya dan maju ke base pertama. Saat melempar, pemukul kadang-kadang disebut sebagai pelari dasar.

Baca juga  Visi Misi Calon Anggota Osis Brainly

Tujuan utama seorang pemukul adalah memukul bola, berlari ke base pertama, berlari ke base kedua, berlari ke base ketiga, dan berlari ke home base. Ketika pemukul berhasil kembali ke home base, hal itu akan mengakibatkan tim penyerang lari.

Menembak merupakan teknik dasar yang menjadi kunci bagi tim bertahan. Karena ukuran softball lebih besar dari baseball, maka teknik melemparnya sangat bergantung pada kekuatan lengan.

Materi Pjok Kelas 6 Bab 1 Permainan Softball

Teknik melempar ini biasa dilakukan oleh semua pemain, namun lemparan yang dilakukan oleh pelempar ke dalam adonan disebut dengan pitching.

Teknik overhand pada dasarnya dilakukan dengan cara melempar atau melompati bola sehingga bola bertumpu pada tangan. Teknik menembak dari atas dapat dilakukan sebagai berikut.

Teknik menembak lurus/datar pada dasarnya dilakukan dengan cara melempar atau melompati bola hingga posisi bola sejajar dengan kepala/dada. Teknik pengambilan gambar lurus/datar dapat dilakukan sebagai berikut.

Seperti halnya menembak, menangkap adalah teknik dasar yang menjadi kunci bagi tim bertahan, apapun posisinya. Posisi paling kritis untuk menguasai teknik menangkap adalah catcher, yang harus menangkap lemparan pitcher.

Siapakah Penemu Permainan Softball? 2. Berbentuk Apakah Lapangan Permainan Softball Dan Berapakah

Teknik penangkapan dalam permainan softball ada tiga macam, yaitu menangkap bola terbang (fly ball), menangkap bola lurus/horizontal (line drive), dan menangkap bola bergerak (ground ball).

Dalam permainan teknik softball, menangkap bola yang berputar disebut dengan teknik fly ball. Teknik menangkap bola terbang (bola voli) pada dasarnya dapat dilakukan dengan tangan mengarah ke atas sesuai arah datangnya bola. Teknik menangkap bola terbang (bola voli) dapat dilakukan sebagai berikut.

Teknik memukul bola lurus dalam softball disebut line drive. Teknik menangkap bola (line drive) yang benar pada dasarnya dapat dilakukan dengan cara mengarahkan tangan ke depan ke arah datangnya bola. Teknik menangkap bola yang benar (linear drive) dapat dilakukan sebagai berikut.

Dalam softball, teknik menangkap bola yang bergerak di tanah disebut ground ball. Teknik menangkap bola yang bergerak (ground ball) pada dasarnya dapat dilakukan dengan cara mengarahkan tangan ke tanah ke arah datangnya bola. Teknik menangkap bola bowling (ground ball) dapat dilakukan sebagai berikut.

Permainan Bola Kecil Power Point

Teknik memukul bola (bat) merupakan teknik dasar yang penting bagi tim penyerang (ofensif). Teknik memukul bola (batting) hanya dilakukan oleh batsman.

Teknik memukul bola spin pada dasarnya dapat dilakukan dengan arah pukulan ke atas, sehingga bola membentur ke atas. Teknik memukul bola yang berputar dapat dilakukan sebagai berikut.

Teknik memukul bola secara horizontal pada dasarnya dapat dilakukan dengan arah pukulan sejajar dada dengan kekuatan penuh sehingga pukulan bola lurus ke depan. Teknik memukul bola secara mendatar

Jumlah pemain softball, home base softball, pitcher dalam permainan softball adalah, jumlah base dalam permainan softball adalah, berapa jumlah pemain softball, jumlah base dalam permainan softball, home run dalam permainan softball, jumlah pemain dalam softball, jumlah base yang harus dilewati oleh pelari dalam permainan softball, jumlah pemain dalam permainan softball, jumlah inning dalam permainan softball adalah, jumlah base dalam softball