Jelaskan Sikap Kita Terhadap Pengaruh Asing Yang Masuk Ke Indonesia

Jelaskan Sikap Kita Terhadap Pengaruh Asing Yang Masuk Ke Indonesia – Kebudayaan asing tidak bisa dihindari seiring dengan perkembangan dunia yang mendunia. Selain itu, Indonesia menjadi tempat orang datang dan pergi karena pertukaran budaya dapat dengan mudah terjadi. Pengaruh kebudayaan asing yang muncul dengan sangat cepat mempunyai dampak yang sangat luas terhadap sistem kebudayaan masyarakat.

Budaya asing mempunyai pengaruh positif dalam mengubah kesadaran masyarakat dan meningkatkan taraf hidup mereka. Namun masuknya budaya asing ke Indonesia juga membawa dampak negatif terhadap budaya dan nilai-nilai Indonesia.

Jelaskan Sikap Kita Terhadap Pengaruh Asing Yang Masuk Ke Indonesia

Seiring dengan kemajuan teknologi dan globalisasi. Pengaruh budaya asing semakin terasa di Indonesia, dan pengaruh tersebut sudah ada sejak lama. Salah satu dampak nyata dari pengaruh budaya asing tentu saja adalah restoran cepat saji yang telah mengubah cara makan masyarakat Indonesia dan menjadi populer dimana-mana. Lingkaran. Kontribusi teknologi dan media asing juga turut andil dalam mengubah cara hidup masyarakat Indonesia. Selain popularitas budaya asing, juga terdapat ancaman terhadap identitas budaya asli masyarakat setempat. Salah satunya terkait identitas budaya Indonesia. Dia khawatir kehilangan nilai-nilai tradisional.

Contoh Contoh Soal Materi Tentang Globalisasi, Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Selain itu, budaya populer dari luar negeri, seperti musik, film Hollywood, bahkan tren K-pop Korea Selatan, semakin mendapat momentum di masyarakat Indonesia. Jadi budaya ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat mempengaruhi selera dan kebiasaan masyarakat dalam hiburan dan gaya hidup.

Baca juga  Contoh Kalimat Tidak Efektif Di Bawah Ini Adalah

Namun, penting juga untuk melihat secara positif pengaruh budaya asing. Sebab kita sebagai masyarakat tidak selalu menjauhkan diri dari pengaruh budaya asing. Asimilasi budaya asing juga mendorong pertukaran ide, pengetahuan, kerjasama dan inovasi dalam pengembangan industri kreatif.

TAG Ilmu Sosial Budaya Universitas Pamulang, Program Studi Akuntansi, Budaya Aktif, Kebudayaan Indonesia, Tugas Perkuliahan, Tugas IPS dan Kebudayaan. Pengaruh budaya asing yang muncul dengan sangat cepat dapat memberikan dampak yang sangat luas terhadap suatu budaya. Sistem sosial.

Namun masuknya budaya asing ke Indonesia juga berdampak negatif terhadap budaya dan nilai-nilai luhur.

Pengertian Perubahan Sosial, Ciri Ciri, Faktor Pendorong Dan Penghambat Serta Dampaknya

Untuk itu, nilai-nilai budaya asing yang masuk ke Indonesia harus diseleksi dan disaring. Apa yang harus dilakukan? Yuk simak informasi ini!

Dengan pemahaman dan pengetahuan, kita bisa melihat secara kritis hal-hal baru dari luar.

Di Indonesia, penerimaan budaya asing masih perlu dipastikan agar tidak melanggar aturan berpikir positif.

Contoh lainnya adalah penggunaan jejaring sosial. Kita bisa menghindari penyebaran ujaran kebencian di sana.

Korean Wave Dan Dampaknya Bagi Budaya Lokal Indonesia

Kini banyak film luar negeri yang menggunakan gaya hidup bebas. Kami tidak dapat menggunakannya di sini karena dapat melanggar aturan etiket.

Dengan menggunakan aturan yang berlaku di Indonesia, berarti kita berusaha menyaring budaya asing yang tidak sesuai.

Hal ini bisa kita manfaatkan dalam bidang ekonomi, misalnya kita lebih memilih membeli produk dalam negeri dibandingkan barang luar negeri.

Kita juga bisa menumbuhkan semangat cinta tanah air atau nasionalisme. Hal ini didasarkan pada beberapa nilai:

Apa Saja Dampak Positif Dan Negatif Pasar Bebas Terhadap Indonesia

Kita tidak hanya berinteraksi dan hidup berbangsa, kita memanfaatkannya untuk menyeleksi dan menyaring nilai-nilai budaya asing.

Pancasila juga merupakan kearifan asli nusantara, kumpulan suku, bahasa, dan agama yang ada di Indonesia.

Nah itulah beberapa cara untuk menyeleksi dan menyaring nilai-nilai budaya asing yang masuk ke Indonesia. Semoga ini membantu!

Baca juga  Kegiatan Ekonomi Utama Penduduk Vietnam Adalah

Ingin tahu lebih banyak ilmu menarik, cerita fantasi, cerita bergambar, cerita misteri dan cerita lainnya? Teman-teman dapat berlangganan majalah tersebut.

Contoh Sikap Patriotisme Dan Nasionalisme Dalam Kehidupan Sehari

Ikuti kemeriahan perayaan 50 tahun majalah tersebut di majalah, website, dan media sosialnya! #50YearsofMajalah2023 Budaya asing yang masuk ke Indonesia sangat mempengaruhi kehidupan generasi muda saat ini. Tidak semua budaya asing memberikan dampak positif bagi generasi muda saat ini, sehingga kita sebagai generasi muda harus selektif terhadap budaya asing yang kita kenal. Indonesia. Dalam menyikapi budaya yang masuk, kita harus berupaya mengatasinya agar jati diri kita sebagai anak bangsa tidak hancur.

Kejahatan yang banyak terjadi saat ini adalah akulturasi budaya, kriminalitas, narkoba, kekerasan, pemerkosaan, perzinahan, karena generasi muda kita sudah menyerap budaya asing dan dilarang untuk mengikutinya. Fenomena ini terjadi akibat ketidakmampuan generasi muda saat ini dalam beradaptasi dengan budaya asing. Kalau begitu, bukan lagi pemerintah dan kita sebagai generasi muda. Terimalah budaya asing yang datang agar generasi muda Indonesia tidak hancur dan kita semua bisa menjadikan Indonesia sebagai negara maju karena pengaruh budaya asing.

Akar permasalahan ini adalah arus globalisasi yang tidak dapat dihentikan. Tren globalisasi dengan cepat merambah ke masyarakat, khususnya generasi muda. Dampak globalisasi terhadap generasi muda juga sangat kuat. Dampak globalisasi membuat banyak generasi muda kita kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Hal ini terlihat dalam kehidupan sehari-hari remaja masa kini.

Dilihat dari pakaiannya, banyak remaja kita yang berpenampilan seperti selebritis yang condong ke budaya barat. Mereka mengenakan pakaian minim yang memperlihatkan bagian tubuh mereka yang tidak terlihat. Cara berpakaian seperti ini tidak sesuai dengan budaya kita. Jangan lupa bahwa gaya rambut mereka diwarnai dengan warna berbeda. Singkatnya, orang suka menyembunyikan siapa dirinya dan menjadi orang lain. Banyak remaja yang tidak mau melestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian sopan yang sesuai dengan karakter bangsa.

Baca juga  Settingan Adalah

Faktor Pendorong Penemuan Baru Yang Berkaitan Dengan Sikap Negatif Adalah..

Teknologi internet merupakan teknologi yang menyediakan informasi tanpa batas yang dapat digunakan oleh siapa saja. Yang lebih penting lagi, bagi kaum muda, Internet telah menjadi makanan sehari-hari mereka. Jika kita memanfaatkannya dengan baik pasti kita akan mendapatkan manfaat yang bermanfaat. Jika tidak, kita akan kalah. Sekarang banyak pelajar dan mahasiswa yang salah dalam menggunakannya. Misalnya saja mengakses situs pornografi. Bukan hanya internet, ada hal lain yang wajib bagi mereka, yaitu telepon. Tidak ada rasa sosial masyarakat karena sibuk menggunakan ponsel.

Akibat sikapnya tersebut, banyak generasi muda yang menjadi kasar, ceroboh dan tidak peduli terhadap lingkungan. Ketika globalisasi menganut kebebasan dan keterbukaan, mereka melakukan apa yang mereka inginkan. Contoh nyata geng motor remaja yang melakukan tindakan kekerasan yang mengganggu ketentraman dan ketentraman masyarakat.

Apa jadinya generasi muda jika pengaruh-pengaruh di atas tidak dikendalikan? Moral generasi bangsa rusak, dan timbul gerakan-gerakan rusuh di kalangan pemuda. Nilai nasionalisme menurun karena tidak adanya rasa cinta terhadap budaya nasional sendiri dan kepedulian terhadap masyarakat. Padahal, generasi muda merupakan penerus masa depan negara. Apa akibatnya jika bangsa ini tidak memiliki rasa nasionalisme di kemudian hari?

Berdasarkan analisis dan uraian di atas, dampak negatif globalisasi lebih besar dibandingkan dampak positifnya. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah untuk mengkaji dampak negatif globalisasi terhadap nilai-nilai kebangsaan.

Westernisasi Adalah Peniruan Budaya Barat, Ketahui Penyebab Dan Dampaknya

Dengan langkah ambisius tersebut, dampak globalisasi diharapkan dapat mengubah nilai nasionalisme terhadap bangsa. Oleh karena itu, kita tidak akan kehilangan jati diri bangsa.

17 Agustus 1945 Soal baru di IPS setelah kemerdekaan Jawablah, kumpulkan besok, jelaskan hubungan nama beras dengan pengolahan beras. Kumpulkan kegiatan besok

Pengaruh bahasa asing terhadap perkembangan bahasa indonesia, pengaruh bahasa asing terhadap bahasa indonesia, sikap kita terhadap orang yang membenci kita, sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi, pengaruh budaya asing terhadap indonesia, jelaskan pengaruh iklim terhadap persebaran hewan dan tumbuhan di indonesia, sikap belanda terhadap kemerdekaan indonesia, jelaskan pengaruh letak geografis terhadap kebudayaan yang ada di indonesia, sikap kita terhadap globalisasi, jelaskan pengaruh faktor letak terhadap kondisi indonesia secara umum, sikap terhadap budaya asing, makalah pengaruh bahasa asing terhadap bahasa indonesia