Jelaskan Pengertian Sejarah

Jelaskan Pengertian Sejarah – Kita sering memahami sejarah sebagai ilmu atau rangkaian peristiwa yang terjadi di masa lalu. Namun, apa sebenarnya makna dari cerita itu sendiri?

Cerita tersebut diambil dalam bahasa Arab dari kata ‘syajarah’ yang berarti pohon. Yang dimaksud dengan pohon di sini adalah pohon silsilah atau silsilah, serta asal muasal keberadaan sesuatu dan perkembangan peristiwa-peristiwa yang berkesinambungan.

Jelaskan Pengertian Sejarah

Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut ‘history’, yang berasal dari kata Yunani ‘historia’ yang mengandung arti interogasi, wawancara, serta interogasi atau laporan seorang saksi mata tentang akibat suatu tindakan. Dari bahasa Yunani, istilah sejarah masuk ke bahasa lain, terutama melalui bahasa Latin.

Jelaskan Pengertian Sejarah Secara Bahasa Dan Istilah

Para ahli mengartikan sejarah dengan pengertian yang berbeda-beda. Dari modul Sejarah Peminatan Paket C Level V Apriyanti Wulandari, berikut pengertian sejarah menurut para ahli:

Sulaiman Hasan dan Anik Irawati dalam modul Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menulis bahwa dengan perkembangannya, konsep sejarah mendapat makna baru. Hal ini terjadi setelah adanya percampuran antara penulisan narasi yang tertata ketat dan narasi bebas yang terdapat pada Abad Pertengahan, diperkenalkannya biografi yang disebut juga vitae.

Keakraban istilah ini, terutama dalam biografi orang-orang besar, membuat Thomas Carlyle (1841), seorang sejarawan Inggris, mengatakan bahwa sejarah adalah “sejarah kehidupan orang-orang atau pahlawan-pahlawan besar”. Tanpa mereka, tidak ada cerita.

Namun ruang lingkup sejarah tidak terbatas pada beberapa individu saja (orang-orang besar) seperti Julius Caesar, Napoleon, Sukarno dan lain-lain. Sejarah juga berhubungan dengan kelompok sosial, seperti semua orang.

Baca juga  Tofan Ingin Mengetahui Lebar Sungai

Pengertian Dan Ruang Lingkup Sejarah

Herodotus yang merupakan pakar sejarah dunia asal Yunani, sekaligus bapak sejarah dunia (The Father of History) mengatakan bahwa sejarah tidak bergerak ke arah masa depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti lingkaran yang selaras dengan nilai-nilai yang tinggi. . dan tingkat rendahnya diubah oleh kondisi manusia.

Dari berbagai definisi di atas, secara tegas dan ringkas ditunjukkan bahwa cerita secara umum mempunyai tiga bagian. R.Moh. Ali menyimpulkan bahwa cerita tersebut mempunyai tiga makna sebagai berikut:

Oleh karena itu, sejarah dapat diartikan sebagai ilmu tentang manusia. Semoga penjelasan diatas dapat membuat anda memahami maksud ceritanya. Semangat belajar!

Jelaskan pengertian, jelaskan pengertian novel sejarah, jelaskan sejarah atletik, jelaskan pengertian sejarah menurut ibnu khaldun, jelaskan sejarah akuntansi, jelaskan pengertian sejarah secara etimologi, jelaskan sejarah bahasa indonesia, jelaskan pengertian sejarah sebagai peristiwa, jelaskan pengertian sejarah sebagai, jelaskan sejarah perumusan pancasila, jelaskan sejarah, jelaskan sejarah perkembangan