Jelaskan Pengertian Menganalisis Teks Eksplanasi

Jelaskan Pengertian Menganalisis Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang sering dijumpai dalam kehidupan. Kami biasanya menggunakannya dengan hati-hati untuk menjelaskan sesuatu berdasarkan diagram.

Ada banyak jenis yang sering kita gunakan dalam kehidupan. Teks eksplanasi merupakan jenis yang paling sering kita jumpai.

Jelaskan Pengertian Menganalisis Teks Eksplanasi

Di sekolah, teks ekspositori sudah menjadi pelajaran sejak kelas VIII. Namun direplikasi dengan diskusi mendalam di kelas XI.

Explanation Text: Pengertian, Struktur, Ciri Ciri, Dan Contohnya

Oleh karena itu, mengingat pentingnya kemampuan membuat teks kronologis, menulis teks eksplanasi merupakan salah satu soft skill yang kita perlukan.

Tentu saja Anda selalu membaca berita di koran atau portal berita. Reporter menyampaikan setiap bacaan informatif dengan menggunakan narasi kronologis yang disertai sebab dan akibat sehingga pembaca dapat memahami isinya dengan jelas.

Secara sederhana teks ekspositori adalah teks atau paragraf yang membahas tentang proses suatu hal yaitu fenomena sosial, peristiwa alam, budaya dan lain-lain dengan menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana.

Teks seperti inilah yang perlu kita ketahui. Karena berguna saat kuliah atau memasuki dunia kerja.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Alam, Pahami Kaidah Bahasanya

Ada empat jenis teks eksplanasi yang kita kenal saat ini, berikut beberapa yang patut Anda ketahui:

Tipe ini menjelaskan secara detail kronologis kejadiannya. Biasanya digunakan untuk menggambarkan tahapan penting dari sesuatu.

Jenis selanjutnya adalah membuat prediksi atau spekulasi terhadap suatu peristiwa. Teks penjelasan teoritis biasanya digunakan untuk memprediksi kejadian yang akan datang setelah bencana alam atau hipotesis penelitian.

Misalnya menjelaskan banyaknya burung yang mati di malam tahun baru, seringnya terjadi banjir di pemukiman padat penduduk, dan kualitas tanah di kawasan yang berdekatan dengan kawasan industri.

Contoh Teks Eksplanasi, Lengkap Beserta Strukturnya Yang Bisa Dipahami

Teks eksplanasi diawali dengan pernyataan umum, kemudian ada pernyataan sebab akibat, dan dilanjutkan dengan penafsiran atau penetapan penulis.

Ciri lainnya adalah isi artikel yang memuat fakta dan data kajian ilmiah serta pengetahuan yang relevan.

Memiliki konten terkini, informatif dan relevan menjadi ciri berikutnya. Tujuan penyajian informasi di sini sesuai dengan teori yang ada dan tanggapan para ahli di bidangnya.

Baca juga  Jenis Musik Yang Didominasi Permainan Gitar Penuh Improvisasi Adalah

Teks penjelasan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi atau membujuk pihak manapun. Oleh karena itu, narasinya tidak mengandung kalimat-kalimat yang meyakinkan. Melainkan hanya berisi penjelasan atas suatu fenomena.

Kelas11_bahasa_indonesia_buku_siswa_sma_smk_ma_mk_kelas_xi_1948 Pages 51 100

Struktur pertama adalah judul. Karena sifatnya yang informatif, judul harus ditulis. Judul harus mengandung kalimat yang efektif.

Kemudian penulis harus menyertakan pernyataan umum dari struktur berikut. Pernyataan umum berisi informasi sederhana tentang topik yang penulis bicarakan.

Bagaimana cara menulisnya dan jelaskan alasannya. Pada bagian ini, bagian proses kejadian dimulai. Tahapannya dimulai dari proses pertama hingga peristiwa terjadi.

Isi tafsir merupakan pendapat dan sudut pandang penulis. Penulisan bagian ini didasarkan pada data terkini tentang peristiwa yang dibicarakan.

E Modul Teks Eksplanasi Kelas Xi

Teks ekspositori adalah jenis teks yang sering ditulis untuk tujuan ilmiah. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari cara menulisnya dengan benar. Selain itu, informasinya informatif dan berdasarkan fakta.

Seperti manajemen keuangan yang buruk, gangguan di tengah bulan, asuransi yang tidak memadai, dan investasi mahasiswa. Silahkan download dengan klik logo dibawah ini ya!

Sarjana Sosial Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung. Berpengalaman di dunia penulisan dan pembuatan konten digital. Ada minat yang lebih besar pada topik keuangan, gaya hidup, dan budaya populer.

Pascal Hyper Square Blok D 26-27, Jl. Pasir Kaliki No.25, Cherium, Kik. Ander, Kota Bandung, Jawa Barat 40181 Untuk memahami apa yang dimaksud dengan teks ekspositori, kita bisa mempelajari secara detail mulai dari ciri-ciri, struktur, contoh dan cara pembuatannya. —

Pengertian Teks Berita, Unsur, Struktur, Jenis Dan Contoh

“Selamat malam hadirin. Saya sekarang berada di Desa Rimbu Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau. Di belakang saya, lahan pertanian warga terdampak kebakaran hutan. Terlihat asap memenuhi udara dan mengganggu aktivitas warga.”

Pernahkah Anda melihat atau membaca berita tentang bencana alam? Biasanya terdapat penjelasan tentang proses terjadinya peristiwa tersebut. Oleh karena itu, dalam tema bahasa Indonesia terdapat teks yang dibuat untuk menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa. Teks ini disebut teks eksplanasi.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang suatu peristiwa, peristiwa, gejala alam, atau gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena alam yang terlibat dapat berupa tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran hutan, proses terbentuknya pelangi, dan lain-lain. Fenomena sosial yang dapat dijelaskan melalui teks eksplanasi adalah: demonstrasi, pertempuran, peperangan, dan lain-lain.

Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang jelas kepada pembaca. Oleh karena itu, teks eksplanasi harus memuat proses, sebab dan akibat dari peristiwa tersebut.

Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi membahas fenomena-fenomena yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Misalnya saja gempa bumi yang berkaitan dengan geografi. Atau demonstrasi-demonstrasi itu dibahas dari sudut pandang sosiologis.

Baca juga  Daerah Yang Memiliki Ragam Hias Khas Dari Bahan Kayu Adalah

Teks ekspositori bertujuan untuk memberikan informasi tanpa mempengaruhi pembacanya. Ingatlah bahwa teks eksplanasi hanya menjelaskan proses terjadinya peristiwa, bukan untuk meyakinkan siapapun.

Psst, tahukah kamu kalau di aplikasi belajar Ruangguru ada fitur “Latihan Soal”? Aplikasi ini berisi kumpulan contoh soal latihan beserta pembahasannya seperti yang anda ketahui. Sangat nyaman bagi Anda untuk mempersiapkan ujian. Coba saja dengan mengklik banner di bawah ini!

Ada dua pola pengembangan dalam membuat teks ekspositori. Pertama, pola perkembangan proses. Kedua, pola perkembangan sebab akibat. Apa bedanya? Lihat penjelasan dan contohnya di bawah ini:

Mengenal Teks Pidato Dan Cara Menganalisinya

Pada bulan Juli 1826, Belanda kembali melakukan penyerangan ke Daxa. Oleh Pangeran Diponegoro, Daksa dibebaskan terlebih dahulu. Ketika tentara Belanda kembali dari Daxa untuk menuju Yogyakarta, tiba-tiba mereka dicegat dan dihancurkan oleh pasukan Pangeran Diponegoro dari tempat persembunyiannya. Setelah meraih kemenangan, mereka menghilang Pasukan Pangeran Diponegoro segera melarikan diri dari Daksa. Beberapa bulan kemudian, atas saran Kyai Mojo, Pangeran Diponegoro melancarkan serangan besar-besaran ke Surakarta. Pada bulan Oktober 1926, pasukan Diponegoro menyerang Belanda di Gauk dan meraih kemenangan gemilang.

Kata-kata yang dicetak tebal pada teks eksplanasi di atas menunjukkan urutan kejadian. bagaimana kabarmu teman? Apakah kamu mengerti?

Teks eksplanasi dengan gaya pengembangan sebab-akibat menempatkan sebab sebagai gagasan utama, akibat sebagai rincian dalam pengembangan, atau sebaliknya.

“Hujan merupakan fenomena alam yang sering terjadi. Curah hujan biasanya diawali dari proses penguapan air laut akibat panas matahari. Panas matahari menyebabkan terjadinya penguapan air di udara, air laut, sungai. air, air danau, serta air dari dalam makhluk hidup lainnya.Proses selanjutnya yang terjadi adalah pengembunan atau pemadatan uap air dan berubah menjadi embun.”

Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Ciri, Dan Contohnya

Dari ayat di atas kita dapat memahami bahwa panas matahari merupakan penyebab terjadinya hujan, atau dapat dikatakan bahwa hujan merupakan hasil proses penguapan air laut. Perhatikan kalimat yang dicetak tebal!

Tata bahasa adalah pedoman atau aturan bahasa untuk membuat teks. Teks eksplanasi, seperti teks lainnya, juga memuat beberapa kaidah yang meliputi kata sambung, kata ganti penunjuk, kata pasif, kata semantik, dan terakhir kata teknis.

Konjungsi kausal adalah konjungsi yang menghubungkan dua kalimat atau lebih untuk menjelaskan sebab dan akibat. Contoh konjungsi sebab akibat adalah: karena, akibat, oleh karena itu, dan akibatnya. Misalnya pada kalimat “

Konjungsi sejarah adalah konjungsi yang menghubungkan dua kalimat atau lebih untuk menjelaskan urutan kronologis peristiwa. Contoh konjungsi temporal adalah:

Baca juga  Jelaskan Hubungan Peran Rumah Tangga Konsumen Dan Rumah Tangga Produsen

Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Eksplanasi

Kata ganti demonstratif adalah kata-kata yang digunakan untuk menggantikan objek. Contoh kata ganti demonstratif yang biasa digunakan dalam teks ekspositori antara lain:

Dan itu. Misalnya pada kalimat “Perkelahian pelajar merupakan peristiwa yang biasa terjadi di ibu kota. Penyimpangan sosial ini biasanya terjadi sepulang sekolah.” Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan kata benda di depannya yaitu perkelahian pelajar.

Kata kerja pasif dimulai dengan akhiran di atau ter-. Misalnya pada kalimat “Buruh yang tergabung dalam Persatuan Pekerja Indonesia menyampaikan keinginannya di depan istana presiden”. Kata join merupakan bentuk pasif dari kata kerja.

Kata semantik adalah kata yang mempunyai arti sebenarnya. Wah, apa maksudmu? Ini, jangan bingung. Kata semantik adalah kata-kata yang sesuai dengan pengamatan berdasarkan penglihatan, penciuman, pendengaran, atau pengalaman. Oleh karena itu, kata-kata semantik bersifat nyata dan obyektif.

Teks Editorial: Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur & Contoh

Istilah teknis adalah kata atau kelompok kata yang mengungkapkan konsep, operasi, kondisi, atau karakteristik dalam suatu bidang tertentu. Singkatnya, kata teknis bisa disebut jargon. Misalnya Anda sedang membaca teks penjelasan tentang kebakaran hutan. Anda akan melihat istilah titik api yang artinya awal mula menjalarnya api.

Setelah kita mengetahui ciri-ciri teks eksplanasi, pola perkembangannya, dan kaidah kebahasaannya, sekarang kita akan praktik membuat teks eksplanasi sendiri. Sebelum membuat teks eksplanasi, terlebih dahulu kita harus mengetahui strukturnya. Ada identifikasi fenomena, deskripsi urutan kejadian, dan review.

Deskripsi awal tentang peristiwa yang disajikan. Pada tahap ini Anda dapat memilih topik yang ingin Anda bicarakan. Misalnya saja kebakaran hutan. Pada tahap identifikasi peristiwa, Anda akan menjelaskan pengertian kebakaran hutan dan dampaknya. Saya taruh definisi itu di paragraf pertama, oke?

Struktur kedua berisi proses terjadinya fenomena ini. Anda dapat menjelaskan penyebab atau tahapan terjadinya kebakaran hutan.

Bahan Ajar Teks Eksplanasi

Kebakaran hutan adalah suatu keadaan dimana suatu hutan terkena kebakaran dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan musnahnya sebagian atau seluruh hasil hutan. Kebakaran hutan juga berdampak pada polusi udara di sekitar rumah penduduk.

Kebakaran hutan dapat disebabkan oleh aktivitas manusia dan alam. Aktivitas manusia yang dapat menyebabkan kebakaran hutan antara lain: sembarangan membuang puntung rokok, sengaja membakar hutan, atau lupa mematikan api unggun. Selain itu, musim kemarau panjang juga turut berkontribusi terhadap bencana tersebut. Membersihkan dedaunan atau dahan pohon dapat menyebabkan api menjalar.

Hutan merupakan sumber daya alam yang harus kita jaga. Sebagai organisme yang mempunyai tujuan, kita sebaiknya berpartisipasi dalam konservasi hutan. Mereka memulainya dengan membuang puntung rokok ke tempat sampah dan mematikan api unggun sebelum meninggalkan hutan.

Itu adalah diskusi tentang struktur teks penjelasan, contoh, dan banyak hal yang perlu Anda pahami untuk melakukan ini. Jika belum paham bisa belajar dengan STAR Master Teacher di Brain Academy. Kamu bisa mencobanya secara gratis terlebih dahulu lho. Menyenangkan, bukan? Klik pada spanduk di bawah ini. Selamat tinggal~Ingin menulis naskah ekspositori, tapi bingung mencari referensi? Datang dan lihat banyak contoh teks ekspositori beserta penjelasan strukturnya di artikel Bahasa

Solution: Modul Bab 2 Bahasa Indonesia Kelas Xi