Jelaskan Pengertian Keberagaman

Jelaskan Pengertian Keberagaman – Pengertian Kebhinekaan – Jika kita berbicara tentang keberagaman, contoh nyatanya tentu tidak akan jauh dari kehidupan ini yaitu keberadaan bangsa Indonesia sendiri. Ya, Grameds mengakui bahwa masyarakat Indonesia memiliki keberagaman ras, suku, agama dan bahasa. Kebhinekaan tersebut memastikan bahwa lambang negara ini, Garuda Pancasila, memiliki semboyan yang setara dengan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Pada dasarnya keberagaman adalah suatu keadaan dimana terdapat beberapa perbedaan yang menyertai setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat. Perbedaannya bukan hanya jenis kelamin, tetapi juga aspek yang berbeda. Jadi sebenarnya, apa definisi keragaman? Apa saja faktor yang menentukan keragaman masyarakat Indonesia? Bagaimana hakikat keragaman sosial di Indonesia akhirnya menjadi semboyan nasional?

Jelaskan Pengertian Keberagaman

. Hakikatnya perbedaan ini berarti sesuatu yang memiliki jenis, warna atau bentuk yang berbeda yang hidup berdampingan dalam kehidupan nyata.

Letak Geografis & Astronomis Indonesia Serta Pengaruhnya

Dalam konteks masyarakat, keragaman mengacu pada situasi sosial di mana setiap orang berbeda dalam aspek yang berbeda seperti jenis kelamin, etnis, jenis kelamin, agama, ideologi, budaya, bahasa, ide. Hal ini juga disebut sebagai masyarakat majemuk. Keberagaman “dalam” kehidupan sosial harus diimbangi dengan kesetaraan. Karena persamaan ini mempunyai arti dalam suatu situasi, terutama dalam kehidupan yang beraneka ragam, setiap manusia tetap sama dalam salah satu strata masyarakat yang lebih tinggi.

Jika berbicara tentang keragaman di Indonesia, itu mencakup semua aspek kehidupan sosial. Padahal, keragaman Indonesia terdiri dari banyak sekali suku bangsa yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan satu daerah pun memiliki jumlah suku bangsa yang berbeda-beda.

Laporan indonesia.go.id, berdasarkan sensus DDB 2010, menyebutkan bahwa Indonesia terbukti sebagai negara dengan beragam etnis, yakni sekitar 1.340 suku bangsa atau etnis yang tinggal di tanah air ini. Jawa adalah kelompok etnis terbesar di Indonesia, terhitung 41% dari total populasi. Pada kenyataannya persebaran suku bangsa di Indonesia tidak lengkap dan tidak jelas karena terjadi perpindahan penduduk atau migrasi dimana satu suku bangsa dapat saling mempengaruhi dengan suku bangsa lain sehingga terjadi keragaman. Namun, keberagaman juga harus dilandasi prinsip solidaritas, kesetaraan, toleransi dan saling menghargai.

Baca juga  Bagaimana Cara Menerapkan Sifat Ihsan Ketika Mengerjakan Salat

Luas geografis ini terkait dengan keadaan pulau-pulau yang diperkirakan berjumlah 17.000 dan setiap pulau memiliki suku bangsa yang berbeda-beda. Karena itu, Indonesia juga memiliki posisi yang strategis, sehingga tidak jarang digunakan sebagai orang asing untuk mengajukan kewarganegaraan Indonesia (WNI).

Pengembangan Nilai Persatuan Dan Kesatuan Kelas 6 Sd

Mengingat keragaman letak geografis Indonesia, kondisi alam juga akan berbeda-beda. Perbedaan kondisi alam ini terkait dengan perbedaan musim antar wilayah dan perbedaan kondisi alam berupa pantai dan pegunungan. Dari situ, kebutuhan masyarakat, cara hidup dan hasil sumber daya alam akan berbeda-beda.

Perbedaan kondisi alam tersebut juga mempengaruhi perbedaan penggunaan alat transportasi dan komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai contoh, masyarakat yang hidup dalam kondisi alam pesisir umumnya akan menggunakan transportasi laut.

Budaya asing yang mempengaruhi bangsa Indonesia, terutama di era digital saat ini, turut menyumbang keberagaman penduduk. Biasanya budaya asing yang masuk ke Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga masyarakat harus pintar-pintar untuk mengatasinya. Dalam kasus yang jarang terjadi, juga akan terjadi budaya atau perpaduan antara unsur budaya asing dan budaya Indonesia. Misalnya, banyak karya sastra yang terinspirasi dari sastra Ramayana dan Mahabarata dari Indonesia (budaya Hindu).

Selain itu, masyarakat saat ini sangat menerima perubahan yang terjadi di segala bidang kehidupan. Jadi mengumpulkan itu untuk mencapai hasil yang berbeda juga menjadi faktor yang menjamin kebhinekaan di Indonesia.

Gen Z Dominan, Apa Maknanya Bagi Pendidikan Kita?

Grameds pasti menyadari bahwa keadaan masyarakat Indonesia sangat berbeda mulai dari ras, suku, agama, bahasa, budaya, latar belakang pendidikan hingga mentalitas mereka. Hal ini sangat mungkin, apalagi di negara kepulauan seperti Indonesia yang memiliki sekitar 17.000 pulau. Tidak hanya itu, karena individu yang hidup dalam masyarakat tidak selalu memiliki kesamaan.

Dalam masyarakat Indonesia, banyak hal yang menentukan perbedaan antar manusia. Poin-poin tersebut sangat jelas karena “kelihatan” dilihat oleh setiap orang yang hidup dalam kehidupan bermasyarakat ini, yaitu:

Suku bangsa dan ras juga menjadi unsur kebhinekaan masyarakat Indonesia. Hal ini karena setiap individu yang tinggal di negara Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, juga merupakan bagian dari suku lain. Hal ini terlihat dari ciri-ciri biologisnya, mulai dari rambut, warna kulit, ukuran tubuh, ukuran mata, dan tinggi badan. Tidak jarang individu yang termasuk dalam kelompok yang sama memiliki karakteristik biologis yang berbeda. Ini juga disebut keragaman.

Baca juga  Saat Seseorang Menggunakan Nafza Tubuhnya Akan

Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, ras sendiri adalah kelompok bangsa yang dilihat dari ciri fisik dan asal usulnya. Secara umum, ada lima emosi manusia di muka bumi ini, yaitu:

Lkpd Ppkn Exercise For 7

Namun jika berbicara tentang keberagaman masyarakat Indonesia, setidaknya ada empat suku bangsa yang menjadi identitas setiap orang, yaitu:

Nah, sudah dijelaskan bahwa wilayah Indonesia ini memiliki wilayah yang strategis, sehingga banyak orang asing yang mengajukan kewarganegaraan dari pemerintah Indonesia untuk menjadi warga negara Indonesia. Oleh karena itu, keragaman masyarakat Indonesia tidak hanya terbatas pada suku bangsa asli Indonesia, tetapi juga campuran suku bangsa asing.

Di Indonesia, ada 6 agama yang diakui oleh pemerintah, yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Khonghucu. Namun, keyakinan itu bisa berbeda-beda. Tidak hanya itu, dalam suatu agama juga akan terdapat perbedaan cara beribadah. Namun, perbedaan tersebut tidak boleh merusak persatuan bangsa Indonesia.

Cara-cara tersebut berkaitan dengan kebiasaan yang dilakukan di daerah tersebut. Tak jarang mereka memiliki adat dan tradisi yang berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. Moral biasanya sesuai dengan perilaku yang baik untuk diamati oleh semua orang Indonesia tanpa memandang suku karena moralitas telah menjadi identitas asli bangsa Indonesia sejak zaman kuno.

Mengapa Dalam Masyarakat Yang Memiliki Keberagaman Diperlukan Harmoni

Sejak SD, Grameds sudah mempelajari apa itu semboyan bangsa Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Ya, slogan ini bahkan ada pada burung Garuda yang juga ditempelkan pada lambang pemerintahan Indonesia ini. Bhinneka Tunggal Ika berarti “Berbeda namun Satu”, yang ternyata dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak. Slogan tersebut kemudian diresmikan oleh Presiden Sukarno sebagai lambang pemerintahan Indonesia pada rapat kabinet NKRI tepatnya pada tanggal 11 Februari 1950.

Kalimat tentang Bhinneka Tunggal Ika ini sebenarnya muncul dalam kitab Sutasoma dari Mpu Tantular dari dinasti Majapahit sekitar abad ke-14. Dalam buku tersebut, konsep Bhinneka Tunggal Ika sangat ditekankan karena keragaman keyakinan dan keragaman agama di kalangan masyarakat Majapahit pada masa itu. Pengertian ini melekat sampai sekarang karena sangat nyaman, dan dapat juga diartikan bahwa meskipun pemerintah Indonesia memiliki suku bangsa dan budaya serta adat istiadat yang berbeda-beda, namun secara keseluruhan merupakan satu kesatuan yang nyata dari bangsa ini.

Baca juga  Mumet Adalah

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat adalah menghormati masyarakat sebagaimana masyarakat lainnya tanpa memandang suku, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit dan lain-lain dalam berinteraksi dengan masyarakat. Dalam moto ini juga, kita harus membuang egoisme atau keadaan kebaikan bersama, Grameds.

Banyak implementasi atau contoh kongkrit keberagaman di Indonesia, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan kerja hingga lingkungan bermain. Karena pada dasarnya setiap individu memiliki perbedaan baik itu suku, agama, warna kulit, mentalitasnya.

Ips Kelas 9 Halaman 196, Kunci Jawaban Lengkap Uji Pemahaman Materi Esai Perdagangan Internasional

Sadarkah Grameds bahwa di dalam keluarga, terutama keluarga besar, sering terlihat perbedaan? Waktu terbaik untuk bertemu dengan keluarga besar baik dari pihak ayah maupun ibu adalah saat hari besar sedang dirayakan. Nah pada saat hajatan, coba perhatikan kerabat anda, apakah ada yang “berbeda” di keluarga anda? Atau bahkan ada perbedaan yang jelas dalam keluarga inti? Misalnya ayah Anda dari suku Dayak dan ibu Anda dari suku Jawa.

Hal-hal tersebut sangat umum terjadi di Indonesia karena pada dasarnya negara ini memiliki suku yang berbeda-beda, sehingga wajar jika terdapat perbedaan suku dalam keluarga besar. Nah, bagaimana kita menyikapi hal ini? Jawabannya adalah menghormati orang lain dan tidak perlu rasis atau menghina suku lain. Karena kita semua bangsa Indonesia yang harus bersatu.

Sama seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah harus merangkul keragaman suku. Lihatlah kelasmu, apakah mereka semua hanya orang Jawa? Pasti ada beberapa suku lain, misalnya suku Sunda, Asmat atau bahkan suku Aceh. Perbedaan sering terjadi karena keluarga orang tua atau teman Anda telah pindah dari penduduk setempat atau beremigrasi dari tempat asalnya.

Perlu dicatat bahwa perpindahan penduduk juga menjadi alasan mengapa kelompok etnis yang berbeda dapat tinggal di sana. Nah, bagaimana kita menyikapi hal ini? Jawabannya, tentu saja, kita harus saling menghormati dan rasisme itu tidak perlu. Anda bahkan bisa mengenal budaya dan bahasa suku lain melalui teman Anda. Menarik juga untuk mengenal budaya dan bahasanya

Apakah Yang Dapat Kamu Simpulkan Dari Bacaan Di Depan Berikan Pendapatmu!berikan Contoh Contoh Kegiatan

Pengertian keberagaman, jelaskan akibat keberagaman masyarakat indonesia, jelaskan manfaat keberagaman budaya di indonesia, jelaskan penyebab keberagaman ras di indonesia, pengertian keberagaman gender, jelaskan penyebab keberagaman agama di indonesia, jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia, jelaskan keberagaman yang terdapat di negara indonesia, jelaskan 3 manfaat keberagaman norma dan kebiasaan bagi masyarakat, jelaskan penyebab keberagaman di indonesia, jelaskan pengertian alam barzah, pengertian keberagaman kebudayaan