Jelaskan 4 Sifat Kedaulatan

Jelaskan 4 Sifat Kedaulatan – Kedaulatan adalah cita-cita yang dicita-citakan semua negara. Kedaulatan telah lama menjadi topik perdebatan karena berkaitan dengan sumber kekuasaan suatu negara. Dari manakah datangnya kekuasaan negara untuk dapat mengatur rakyatnya?

Pemikiran ini didasarkan pada asumsi bahwa ilmu pengetahuan dapat membimbing seseorang yang mengelola dengan baik dan kembali ke keadaan sempurna sempurna.

Jelaskan 4 Sifat Kedaulatan

Oleh karena itu, kedaulatan rakyat membawa pada kenyataan bahwa rakyat mempunyai kekuasaan yang sebesar-besarnya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Kedaulatan merupakan kekuasaan negara yang mutlak, abadi dan tidak terbatas.

Buku Latihan Sejarah Spm, Hobbies & Toys, Books & Magazines, Textbooks On Carousell

Pakar konstitusi asal Perancis Jean Bodin mengatakan kedaulatan merupakan kekuatan utama yang menentukan hukum suatu negara. Kedaulatan mempunyai empat ciri utama, yaitu:

Sedangkan keberpihakan berarti pemaksaan atau kekerasan yang mengandung arti kekuasaan suatu negara dalam urusan luar negeri, yang dikenal dengan kedaulatan eksternal. Di bawah ini pengertian kedaulatan dalam dan kedaulatan luar.

Artinya, suatu negara yang merdeka berhak menyelenggarakan dan mengatur sendiri penyelenggaraan pemerintahannya menurut kehendak negaranya, serta berhak mengatur segala sesuatu dalam wilayahnya yang mengandung sumber daya alam, baik darat, laut, maupun udara. dengan tujuan menjamin kesejahteraan warga negaranya tanpa campur tangan negara lain, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Misalnya pelaksanaan kedaulatan eksternal, termasuk pembuatan perjanjian dengan negara lain, deklarasi perang atau perdamaian, partisipasi dalam organisasi internasional dan lain-lain. Aktivis Gerakan Rakyat untuk Kedaulatan Agraria menutup mulut saat mogok makan di ATR. /Kantor Kementerian BPN, Jakarta, Senin (20/02/2023). Dalam aksinya, mereka mendesak Kapolri agar melepaskan tiga petani yang diamankan Kapolda Jatim. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Kunci Jawaban Pkn Kelas 9 Smp Halaman 94 Semester 2, Uji Kompetensi Bab Tiga Paling Terbaru 2024

, Jakarta Yang perlu kita pahami sebelum menjelaskan ciri-ciri kedaulatan tentunya adalah konsep kedaulatan itu sendiri. Secara sederhana, kedaulatan dapat dipahami sebagai suatu konsep ilmu politik yang mengacu pada kekuasaan atau kekuasaan tertinggi suatu negara atau pemerintahan untuk mengatur, mengendalikan, dan mengurus urusan-urusan di dalam wilayahnya tanpa campur tangan pihak asing atau badan lain.

Baca juga  Walaupun Umat Nabi Saleh Tetap Ingkar Nabi Saleh Tetap

Artinya suatu negara berdaulat mempunyai kekuasaan penuh atas wilayah, rakyat, dan pemerintahannya serta tidak tunduk pada kendali eksternal atau hukum yang diberlakukan oleh negara lain. Negara berdaulat mempunyai hak untuk membuat undang-undang, peraturan dan kebijakan yang berlaku di wilayahnya. Pemerintah mempunyai kekuasaan untuk mengatur dan mengendalikan berbagai aspek kehidupan suatu negara, antara lain politik, ekonomi, hukum, pertahanan, dan lain-lain.

Kedaulatan adalah prinsip dasar hukum internasional dan politik global dan seringkali menjadi dasar hubungan antar negara. Meskipun prinsip kedaulatan memungkinkan negara untuk membuat keputusan independen di wilayahnya, terdapat juga batasan dan kewajiban yang diatur oleh standar hukum internasional, seperti hak asasi manusia dan larangan agresi militer. Akibatnya, kedaulatan sering kali sejalan dengan prinsip-prinsip hukum internasional yang mengatur perilaku negara secara global.

Selain memahami konsep kedaulatan itu sendiri, penting juga untuk memahami aspek kedaulatan lainnya agar kita dapat menjelaskan ciri-ciri kedaulatan. Berikut penjelasan lengkap mengenai konsep kedaulatan dalam kerangka ilmu politik yang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (18/10/2023).

Teori Kedaulatan Rakyat: Pengertian Dan Tokohnya

UNICEF telah menunjuk Nicholas Saputra dan Choi Siwon sebagai Duta UNICEF. Nicholas adalah Duta Besar UNICEF untuk Indonesia, sedangkan Siwon adalah Duta Besar UNICEF untuk Asia Timur dan Pasifik.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sebelum kita dapat menjelaskan tentang ciri-ciri kedaulatan, sudah jelas terlebih dahulu kita perlu memahami pengertian kedaulatan. Kedaulatan merupakan konsep ilmu politik yang mengacu pada kekuasaan tertinggi dalam suatu negara atau entitas politik. Konsep ini dapat dipahami dari segi etimologinya dan juga menurut pendapat berbagai ahli.

Secara etimologis kedaulatan berasal dari kata Arab “daulah” yang berarti kekuasaan tertinggi. Ini mengacu pada kekuasaan tertinggi untuk membuat dan melaksanakan hukum. Namun menurut para ahli, terdapat banyak pendapat mengenai konsep kedaulatan, antara lain sebagai berikut:

Menurut C. F. Forte, kedaulatan berarti supremasi, yang dalam konteks negara berarti kekuasaan untuk membuat undang-undang. Artinya kedaulatan merupakan konsep kekuasaan tertinggi dalam suatu negara yang tidak dibatasi oleh otoritas eksternal.

Apa Saja 4 Sifat Kedaulatan Menurut Jean Bodin? Materi Ppkn

Menurut Jean Bodin, kedaulatan merupakan atribut negara. Dalam konteks ini, kedaulatan dianggap sebagai ekspresi kemampuan negara dalam memenuhi kewajiban, hak, dan kapasitasnya untuk bertindak. Menurut Bodin, negara dan kedaulatan mempunyai kaitan erat.

Baca juga  Diskusikan

Gimli Ashidiki mengartikan kedaulatan sebagai konsep kekuasaan tertinggi dalam suatu negara. Hal ini menekankan pentingnya kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan negara.

Menurut Rousseau, kedaulatan itu populer. Artinya kedaulatan didasarkan pada kehendak umum rakyat yang dilaksanakan melalui peraturan perundang-undangan. Rousseau percaya bahwa konsep kedaulatan memiliki sifat-sifat seperti kesatuan, kelengkapan dan ketidakterpisahan, kekekalan dan kekekalan. Kedaulatan, dalam pandangan Rousseau, merupakan ekspresi dari keinginan kolektif rakyat.

Jadi, kedaulatan adalah suatu konsep yang berkaitan dengan kekuasaan maksimal negara, yang dapat timbul dari kehendak rakyat (kedaulatan rakyat), atribut negara atau supremasi dalam pembangunan dan pelaksanaan undang-undang. Konsep ini mendasari pemerintahan dan sistem hukum suatu negara dan memainkan peran penting dalam hubungan internasional dan ilmu politik.

Jelaskan Sifat Sifat Kedaulatan, Pahami Pengertian Konsep Dan Macam Macam Teorinya

Peserta aksi massa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat mengibarkan bendera merah putih raksasa saat berunjuk rasa di perempatan dekat gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Dalam aksinya, mereka meminta Bawasla melakukan verifikasi ulang hasil pemilu 2019 (/Helmi Fithriansyah).

Kedaulatan sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan siapa yang mempunyai kekuasaan tertinggi. Berikut beberapa teori kedaulatan:

Menurut teori ini, segala sesuatu berasal dari Tuhan yang mempunyai kekuasaan tertinggi. Kedaulatan Tuhan dapat diwujudkan melalui penguasa yang dipandang sebagai wakil Tuhan di muka bumi atau melalui hukum Tuhan sebagai sumber hukum tertinggi. Dalam beberapa kasus, raja-raja yang mengaku sebagai keturunan para dewa, seperti di Mesir Kuno, Jepang, dan Tiongkok, menganut konsep ini.

Teori ini menegaskan bahwa kekuasaan tertinggi ada pada raja, yang dipandang sebagai perwujudan kehendak Tuhan. Seorang raja dianggap sebagai penerima atau wakil Tuhan untuk memerintah dengan kekuasaan yang mutlak dan tidak terbatas. Dalam pandangan ini, raja berada di atas hukum dan rakyat harus menyerahkan hak asasinya kepada raja.

Historia Studies Club: Menganalisis Sejarah Organisasi Regional Dan Global Dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia

Teori kedaulatan rakyat menyatakan bahwa kekuasaan maksimal ada di tangan rakyat yang merupakan pilar utama kedaulatan negara. Rakyat adalah negara yang berdaulat, dan kekuasaan negara berasal dari rakyat. Konsep ini berakar pada doktrin Romawi bahwa kekuasaan berasal dari rakyat (populus).

Teori ini menekankan bahwa kekuasaan maksimum terletak pada satu negara. Kekuasaan berasal dari negara itu sendiri, dan kedaulatan merupakan ciri negara. Negara sebagai lembaga tertinggi dalam kehidupan masyarakat mempunyai kekuasaan yang timbul bersamaan dengan berdirinya negara.

Baca juga  Usaha Pertanian Banyak Terdapat Di Daerah

Teori ini menyatakan bahwa kekuasaan utama negara ada pada undang-undang. Kedaulatan hukum berarti bahwa yang berdaulat adalah suatu lembaga atau perseorangan yang berhak mengeluarkan perintah dan larangan yang mengikat seluruh warga negara. Hal ini menekankan pentingnya hukum sebagai sumber dan pemegang kekuasaan tertinggi.

Indonesia sendiri menganut sistem kedaulatan rakyat yang artinya kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Selain itu, kedaulatan hukum juga menjadi salah satu aspek penting dalam konstitusi Indonesia yang menekankan bahwa negara harus berdasarkan hukum. Hal ini mencerminkan kompleksitas dan perkembangan konsep kedaulatan dalam konteks sejarah dan budaya yang berbeda.

Halaman Detail Berita

Peserta aksi massa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat mengibarkan bendera merah putih saat berunjuk rasa di depan gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa (21/05/2019). Mereka menolak hasil pemilu 2019 yang dianggap curang. (/Helmi Fithiansyah)

Setelah memahami konsep kedaulatan dan berbagai teori kedaulatan, maka kita dapat menjelaskan ciri-ciri kedaulatan itu sendiri. Jean Bodin menjelaskan ciri-ciri kedaulatan sebagai berikut:

Kedaulatan bersifat tunggal, yang berarti tidak ada otoritas lain yang setara atau lebih unggul dalam suatu negara. Hanya ada satu kekuasaan tertinggi yang mengatur urusan negara. Hal ini menegaskan bahwa tidak ada entitas lain yang mempunyai kewenangan untuk menyaingi negara.

Kedaulatan itu nyata, artinya kekuasaan suatu negara tidak berasal dari kekuasaan lain. Ini adalah lembaga yang berasal dari negara itu sendiri dan tidak timbul dari pengalihan atau pendelegasian suatu badan eksternal. Kedaulatan merupakan hak milik negara sebagai suatu kesatuan yang berdaulat.

Pertemuan Ke 14 Ilmu Negara

Kedaulatan negara bersifat abadi, artinya kekuasaan tertinggi tidak berubah seiring berjalannya waktu dan tidak habis masa berlakunya. Meskipun pemerintahan dan pemimpin politik mungkin berubah, kedaulatan tetap ada dan tidak terpengaruh oleh perubahan struktur pemerintahan. Hal ini menekankan keberlangsungan kekuasaan negara.

Kedaulatan bersifat konsensual, artinya kekuasaan negara tidak dapat dialihkan kepada perorangan atau lembaga lain. Hal ini menunjukkan bahwa kedaulatan tidak dapat dipisahkan atau dibagi-bagi menjadi bagian-bagian yang dapat diatribusikan kepada orang lain. Kedaulatan selalu bersifat mutlak dan tidak dapat dibagi-bagi.

Ciri-ciri tersebut menjadi dasar ilmu politik dan konsep kedaulatan dalam hukum internasional. Mereka menekankan bahwa kedaulatan merupakan ciri negara merdeka yang kekuasaan tertingginya berasal dari dalam dan tidak tunduk pada entitas atau kekuasaan lain. Karakteristik ini membantu mendefinisikan dan memahami makna kedaulatan dalam konteks hubungan internasional dan organisasi politik.

* Fakta atau tipuan? Untuk memverifikasi kebenaran informasi yang beredar, kirimkan WhatsApp ke nomor cek fakta 0811 9787 670 cukup dengan mengetikkan kata kunci yang diperlukan.

Soal Uas Ilmu Negara