Jejuri : Kapal =

Jejuri : Kapal = – Banyak orang mungkin belum pernah mendengar tentang Jejuri, sebuah kota kecil di negara bagian Maharashtra, India. Namun, Jejuri adalah tempat yang sangat penting bagi umat Hindu karena terdapat kuil yang didedikasikan untuk dewa dan dewi mereka. Menariknya, Jejur memiliki kemiripan dengan bagian tertentu kapal, kokpit pesawat, bahkan iman. Apa hubungannya Jejur dengan ketiga hal tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Salah satu persamaan Jejuri dengan kapal adalah penggunaan tangga. Kapal tersebut memiliki tangga yang memungkinkan awak kapal untuk naik ke dek atas, dan Jejur memiliki tangga terkenal yang disebut ‘Bharatiya Sonyacha Paat’, yang berarti Tangga Emas India. Tangga ini terbuat dari batu-batu besar dan digunakan oleh orang-orang yang ingin mengunjungi pura di atas bukit. Ada 344 anak tangga yang harus didaki dan setiap anak tangga terbuat dari batu yang berbeda. Sama seperti kapal, tangga Jejuri juga memiliki fungsi yang sangat penting dan membantu manusia mencapai tujuannya.

Jejuri : Kapal =

Kokpit pesawat juga memiliki kemiripan dengan Jejur, yakni dari segi kendali dan navigasi. Kokpit adalah pusat kendali pesawat dan pilot menggunakan berbagai instrumen untuk memastikan keselamatan pergerakan pesawat. Di Jejuri terdapat kantor kecil bernama “Jejuricha Rajwada” yang merupakan pusat kendali acara yang diadakan di kuil. Kantor tersebut dilengkapi dengan berbagai peralatan dan mesin yang membantu pengelola acara memantau segala sesuatu yang terjadi di kuil. Layaknya kokpit pesawat, kantor Jejur sangat penting agar segala sesuatunya berjalan lancar.

Badrinath Sadguru Ashram (price, Photo) Online Booking

Tros merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut beban berat. Tron biasanya dibawa oleh hewan seperti kerbau atau kuda dan digunakan di pedesaan India. Salah satu persamaan antara Jejuri dan Trosi adalah kemiringannya. Iman sering digunakan di daerah pegunungan yang jalannya terjal dan berbatu. Di Jejur terdapat jalan yang sangat terjal yang harus didaki pengunjung untuk mencapai candi yang berada di atas bukit. Seperti Tro, Jejurleden sangat sulit dan membutuhkan banyak kekuatan dan daya tahan.

Baca juga  Perbedaan Presentasi Dengan Presentasi Video Ialah

Meski secara fisik terlihat berbeda, Jejur memiliki kemiripan dengan kapal, kokpit pesawat, dan kereta api. Semua hal tersebut mempunyai fungsi yang sangat penting dan membantu manusia mencapai tujuannya. Jejuri merupakan tempat yang sangat penting bagi umat beragama Hindu, dan kemiripannya dengan kapal, kokpit pesawat, dan trem dapat menginspirasi dan memberikan pemahaman baru terhadap hal-hal yang kita anggap remeh.