Glomerulus Terdapat Pada Bagian Yang Ditunjukkan Oleh Nomor

Glomerulus Terdapat Pada Bagian Yang Ditunjukkan Oleh Nomor – Bagian Ginjal atau Ginjal Struktur dan Fungsi Ginjal – Ginjal adalah organ utama sistem ekskresi manusia. Ginjal berbentuk kacang, panjang 13 cm, lebar 8 cm, tebal 2,5 cm dan berat 400 gram.

Manusia memiliki dua ginjal di rongga perut belakang di kedua sisi tulang belakang. Posisi ginjal kiri 20-25% lebih tinggi dari posisi ginjal kanan. Ginjal manusia dapat menyaring 170 liter darah dalam 24 jam. Darah memasuki ginjal melalui arteri renalis dan keluar melalui vena renalis.

Glomerulus Terdapat Pada Bagian Yang Ditunjukkan Oleh Nomor

Ginjal terdiri dari bagian-bagian yang tersusun secara kompleks dan setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing. Ginjal terdiri dari tiga lapisan, yaitu korteks ginjal (cortex), medula ginjal (core) dan pelvis ginjal, dimana unit fungsional terkecil dari ginjal disebut nefron.

Perhatikan Gambar Struktur Nefron Berikut! P

Nefron terletak di korteks ginjal dan di daerah medula ginjal, di mana jumlahnya mungkin sekitar ± 1 juta. Lihat gambar di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Ini berisi kapsul Bowman dan glomerulus. Corpus callosum (tempat darah disaring) adalah jaringan kapiler di dalam kapsul Bowman. Kapiler yang membentuk glomerulus adalah cabang dari arteriol aksesori.

Ini terdiri dari tubulus proksimal, Henle, tubulus distal dan saluran pengumpul. Tubulus proksimal berkelok-kelok dari korteks ke medula dan berhubungan langsung dengan kapsul Bowman. Lengkung Henle lurus dan tebal. Tubulus distal adalah bagian berbelit-belit dari tubulus distal ke kapsul Bowman.

Baca juga  Nauzubillahiminzalik Artinya

Bagian ginjal yang bertanggung jawab untuk fungsi ini adalah nefron. Jika darah tidak dimurnikan, mengandung banyak racun yang dapat membahayakan tubuh.

Ekskresi Kelas 8

Ginjal dapat mengatur volume darah dan konsentrasi zat terlarut dalam darah agar selalu seimbang. Tanpa peran ini, tubuh menjadi dehidrasi atau tidak mampu menahan cairan sebanyak mungkin.

Nefron menyerap kembali zat terlarut dalam darah, tetapi zat yang dibutuhkan tubuh, untuk memastikan tubuh tidak benar-benar membutuhkannya.

Namun, jika konsentrasi zat tersebut di dalam tubuh melebihi ambang batas yang diperlukan, maka ginjal akan mengeluarkannya (membuangnya).

Ginjal dapat mengatur konsentrasi bahan kimia dalam darah seperti garam, potasium, urea atau bahan kimia lainnya agar tetap seimbang. Jika tidak, tubuh menjadi beracun dan organ lain seperti jantung juga bisa bekerja terlalu keras.

Bse Biologi Untuk Sma_ma Kelas Xi

Hormon yang dihasilkan adalah hormon erythropoietin, yang fungsinya untuk merangsang laju pembentukan sel darah merah di sumsum tulang.

Lihat gambar di sebelahnya. Ginjal mengeluarkan urea, kelebihan air, dan produk limbah lainnya dalam bentuk urin. Nah, urine ini mengalir melalui ureter menuju kandung kemih.

Ketika Anda merasa ingin buang air kecil, kandung kemih Anda sudah penuh. Urin ini dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

Pada fase ini, tubuh Malpig disaring dari racun. Dalam tubuh Malphigi ini, kapsul Bowman menyaring zat-zat dari darah di glomerulus.

Contoh Soal Un Ipa Smp Dan Pembahasan Latihan Tryout Kelas 9

Filter ini disebut urin primer. Urine dasar ini masih mengandung banyak zat yang dibutuhkan tubuh. Zat-zat ini termasuk glukosa, garam urea, asam amino, kecuali protein, asam urat, yang tidak ditemukan di sini. Sekitar 99% dari filtrat glomerulus ini diserap lebih lanjut (Endong Sri Lestari, hal. 264).

Baca juga  Diskusi Tugas Kelompok Mencerminkan Pengalaman Sila Ke-3 Pancasila Karena

Urin primer dari glomerulus kemudian mengalir ke tubulus proksimal. Di sini, urin primer menyerap kembali zat yang terus digunakan tubuh, termasuk glukosa, asam amino, dan air.

Zat yang diserap kembali ke darah melalui kapiler darah yang mengelilingi tubulus Penyerapan natrium juga terjadi di ansa Henle, sedangkan sisanya membentuk urin sekunder.

Urin sekunder tidak mengandung zat yang bermanfaat. Ditemukan kadar urea yang tinggi di sini (Endong Sri Lestari, hal. 264).

Soal Us/um Ipa Smp/mts Beserta Kunci Jawaban Dan Kisi Kisi

Dari tubulus kontortus distal urin sekunder memasuki duktus pengumpul. Dalam tubulus ini, air, natrium klorida, dan urea selanjutnya diserap kembali untuk membentuk urin, yang harus dikeluarkan dari tubuh.

Dari saluran pengumpul, urin memasuki pelvis ginjal dan kemudian mengalir di sepanjang ureter ke kandung kemih (kandung kemih). Saat kandung kemih penuh, orang merasa perlu buang air kecil (Fichter Ferdinand, p. 140). Urin normal mengandung air, urea, garam meja, pitta varna (urin kuning), obat-obatan atau hormon.

Setiap hari kurang lebih ± 1500 liter darah melewati ginjal untuk disaring dan ± 150 – 170 liter urine primer terbentuk. Meski begitu, hanya 1-1,5 liter urin yang dikeluarkan. Antara lain, ada banyak faktor yang mempengaruhi produksi urin.

Produksi urin dipengaruhi oleh hormon antidiuretik (ADH), yang menyerap air. Nah, hormon ini menentukan seberapa banyak atau sedikit urin yang Anda miliki. Saat kita minum lebih banyak air, produksi ADH lebih sedikit, sehingga urin lebih banyak, tetapi jika kita minum lebih sedikit air, produksi ADH lebih banyak, sehingga urin lebih sedikit.

Soal Ph3 Materi Sistem Ekskresi Manusia 2

Jika suhu internal dan eksternal naik di atas normal, laju respirasi meningkat dan pembuluh darah di kulit melebar, memungkinkan cairan tubuh berdifusi dari kapiler ke permukaan kulit. Ketika volume air berkurang, hormon ADH disekresikan, yang meningkatkan reabsorpsi air.

Baca juga  Apa Manfaat Mengetahui Ide Pokok Dari Teks

Selain itu, peningkatan suhu merangsang pembuluh darah di perut mengerut sehingga mengurangi aliran darah dan filtrasi di glomeruli. Keduanya mengurangi jumlah urin (Faida Rachmavati, hlm. 127-128).

Konsentrasi air dan zat terlarut dalam darah mempengaruhi output urin. Jika Anda tidak minum air sepanjang hari, kandungan air dalam darah Anda akan rendah. Ini merangsang kelenjar hipofisis untuk mengeluarkan ADH. Hormon ini meningkatkan reabsorbsi air di ginjal sehingga mengurangi jumlah urine (Faida Rachmavati, p. 128).

Emosi tertentu dapat menambah atau mengurangi jumlah urin. Misalnya saat stres atau gugup, Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon adrenalin dalam darah. Hormon ini memperbaiki fungsi ginjal sehingga meningkatkan jumlah urin yang dihasilkan (Faida Rachmavati, p.128).

Gambarlah Struktur Ginjal Manusia Dan Berilah Kete

Urin mengandung urea (asam amino non-amonia), kreatin (produk limbah otot), asam urat, dan natrium klorida (garam meja).

Nah, jika ada pertanyaan seputar komponen ginjal atau struktur ginjal dan fungsi ginjal, bisa ditulis di kolom komentar.

Gagal ginjal disebabkan karena kerusakan pada bagian ginjal yang ditunjukkan, sumber energi terbarukan ditunjukkan oleh nomor, bagian sel yang terdapat pada sel hewan, gejala penyakit sifilis yang benar ditunjukkan oleh nomor, bagian telinga yang ditunjukkan oleh nomor 2 adalah, negara bagian australia yang beribukota di melbourne ditunjukkan oleh huruf, sumber energi yang terbarukan ditunjukkan oleh nomor, bagian telinga yang ditunjukkan oleh nomor 5 adalah, lensa pada mikroskop ditunjukkan oleh nomor, glukosa yang terdapat dalam filtrat glomerulus akan diserap kembali oleh, bagian telinga yang ditunjukkan huruf a adalah, bagian telinga yang ditunjukkan oleh nomor 1 disebut