Gerakan Lompat Jauh Dibagi Menjadi Empat Yaitu

Gerakan Lompat Jauh Dibagi Menjadi Empat Yaitu – Teknik dasar lompat jauh merupakan salah satu keterampilan yang penting dan harus dimiliki oleh setiap atlet lompat jauh agar terlatih menjadi lebih terampil atau mahir dalam olahraga lompat jauh.

Oleh karena itu, teknik dasar lompat jauh sangat diperlukan bagi seorang atlet. Keterampilan teknis harus terus dilatih. Tujuannya agar pelompat dapat melakukan gerakan yang benar saat mengikuti turnamen.

Gerakan Lompat Jauh Dibagi Menjadi Empat Yaitu

Tahapan gerakan dalam teknik dasar lompat jauh dimulai dari pertama jurus, dorong, diakhiri dengan badan di udara dan mendarat.

Teknik Pendaratan Yang Tepat Dalam Lompat Jauh

Sekilas, ini membuat lompat jauh tampak begitu mudah. Padahal, ketika ingin mempraktekkan teknik dasar lompat jauh ini, tidak sembarangan dan memerlukan latihan khusus.

Selain itu, tingkat kewaspadaan para atlet harus tinggi. Tujuannya agar pelompat tidak menanggung resiko cedera saat melakukan gerakan.

Damagenya bisa fatal, apalagi jika kamu melakukan push atau landing yang buruk, dan itu juga mempengaruhi hasil evaluasi selama pertandingan berlangsung.

Untuk itu, simak ulasan kami tentang 4 teknik dasar lompat jauh beserta posisi tubuh yang tepat untuk menghindari risiko cedera.

Kisi Kisi Soal Dan Kunci Jawaban Pat Pas Uas Tema 6 Kelas 1 Sd 2022

Teknik lompat jauh dasar yang pertama dilakukan adalah teknik awalan. Berlari secepat mungkin di awal adalah teknik dasar lompat jauh.

Panjang lintasan lari yang akan ditempuh dari posisi start hingga radius start kurang lebih 20 sampai 30 meter.

Karena teknik awalan ini dilakukan dengan berlari dengan kecepatan penuh maka posisi awal badan harus menghadap ke depan atau ke arah posisi balok ‘dorong’ sambil mengawali lompat jauh.

Tujuannya agar pelompat benar-benar siap dan fokus melakukan push up yang merupakan teknik dasar lompat jauh selanjutnya.

Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya

Teknik awalan yang benar akan berperan sebagai penyemangat saat melakukan lompatan sehingga atlet lompat jauh akan melompat selama mungkin.

Setelah melakukan teknik awalan dengan benar, teknik dasar lompat jauh selanjutnya yang harus dilakukan adalah teknik push atau posisi awal sebelum lompat.

Baca juga  Pola Lantai Yang Digunakan Penari Pada Gambar Dibawah Ini Adalah

Pada saat melakukan long jump push up, posisi badan berdiri, dan posisi kedua tangan harus diangkat dan diayunkan ke depan dan ke atas.

Saat melakukan push up lompat jauh, kaki yang digunakan untuk bertumpu pada balok dorong adalah kaki yang paling kuat sebagai tumpuan atau tumpuan.

Gerak Spesifik Lompat Jauh Untuk Hasil Yang Optimal

Tahapan gerakan selanjutnya dalam teknik lompat jauh dasar adalah teknik udara. Setelah mendorong, tubuh akan diangkat ke udara, yaitu dalam posisi melompat atau berenang.

Teknik dasar lompat jauh dengan posisi melayang perlu diperhatikan, karena sangat mempengaruhi hasil jarak lompat.

Pada gaya squat, badan diusahakan dalam posisi aerodinamis (tidak melawan angin). Posisi ini akan memungkinkan atlet untuk mencapai jarak yang lebih jauh.

Namun, pelompat yang memilih gaya ini harus memiliki keseimbangan yang baik dalam melakukannya. Karena bisa dikatakan gerakan ini cukup sulit bagi pemula dibandingkan gaya lainnya.

Teknik Dasar Lompat Jauh Dan Sejarah Awal Mulanya

Yang dimaksud dengan berjalan di udara adalah gerak mengayun posisi kaki saat berada di udara. Arahkan agar hasil lompatan jarak jauh lebih besar.

Terakhir, tahapan gerak pada teknik dasar lompat jauh adalah teknik turun yang sangat penting untuk dipelajari oleh atlet lompat jauh.

Ini karena seringnya gerakan yang salah dalam teknik ini membuat banyak pelompat berisiko mengalami cedera serius akibat benturan pendaratan yang buruk.

Untuk mencegah tubuh mengalami benturan yang agak keras di lokasi pendaratan. Saat turun, kedua kaki harus diposisikan dalam posisi rapat.

Kelas 9 Pjok Bs Press_neat

Tujuannya agar kaki dan lutut tidak terlalu banyak mengalami guncangan dan benturan saat mendarat di sandbox.

Usahakan juga untuk tidak turun menggunakan pinggul karena dapat menyebabkan cedera serius pada punggung bagian bawah dan ekor.

Anda juga harus ingat bahwa posisi tubuh yang benar dalam lompat jauh adalah membungkuk ke depan dan membuka kedua kaki (elastis) saat mendarat.

Nah berikut ini pembahasan lengkap mengenai teknik dasar lompat jauh yang bisa anda gunakan sebagai panduan saat berlatih di lapangan.

Bahan Ajar Lompat Jauh

Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga lompat jauh. Jika Anda ingin menjadi pelompat jauh yang hebat, teruslah berlatih secara teratur dan selalu ingat untuk makan sehat.

Tags: #lompat jauh #olahraga #pelatihan #latihan olahraga #teknik dasar lompat jauh # Baca juga 3 Jenis Gaya Lompat Jauh, Penjelasan dan Caranya 10 Cara Lompat Jauh Korea Selatan, Indonesia BAMTC Gagal Ginting Tersisa Semifinal, Chico’ s Handal Hadapi Tunggal Putra Korea Selatan di 8 Besar BAMTC Perempat Final BAMTC 2023: Indonesia – Korea Selatan Hasil BAMTC 2023: Kalahkan Thailand & Indonesia Jadi Juara Grup! Salah satu materi yang tercakup dalam pelajaran olahraga adalah lompat jauh. Dalam pelajaran ini, Anda tidak hanya akan mempelajari teknik tetapi juga aturan lompat jauh.

Baca juga  Daya Tarik Kota Bagi Masyarakat Yang Tinggal Di Desa Adalah

Lompat jauh sendiri merupakan salah satu bentuk olahraga atletik dimana latihannya adalah mendorong dengan satu kaki. Ini dilakukan dengan mengangkat kaki ke atas dan ke depan untuk menaikkan pusat gravitasi setinggi mungkin di udara dan menjangkau sejauh mungkin.

Ada empat teknik lompat jauh untuk berlatih; awalan / posisi, dorong / tumpuan, posisi tubuh di udara dan posisi mendarat. Jika semua teknik dilakukan dengan baik, maka hasil lompatan akan optimal.

Atletik: Apa Tujuan Utama Pengambilan Awalan Dalam Lompat Jauh?

Awalan lompat jauh adalah berlari secepat mungkin untuk mendapatkan kecepatan tinggi sebelum melakukan gerakan perlawanan. Posisi awal kaki juga tergantung dari kebiasaan masing-masing pelompat jauh. Ada awalan dengan kaki sejajar, kaki kanan di depan atau sebaliknya.

Start dilakukan dengan berlari perlahan. Setelah itu, kecepatan kerja dapat ditingkatkan. Perlu diperhatikan bahwa kecepatan harus dijaga sampai sesaat sebelum dorongan. Saat mendekati 4 langkah terakhir sebelum mendorong, kecepatan lari dijaga konstan dan tidak berkurang.

Mendorong berarti transfer kecepatan vertikal yang diperoleh dari berlari ke kecepatan horizontal. Yang terbaik adalah menggunakan kaki terkuat untuk mendorong. Dimulai dari tumit dan berakhir di jari kaki. Tubuh harus sedikit condong ke depan saat ditopang. Sedangkan kaki ayun diangkat setinggi pinggul dengan lutut ditekuk.

Ada beberapa cara tubuh mengapung di udara. Misalnya, berjalan di udara. Trik body-flying, ayunkan kaki belakang ke atas dengan kuat. Kemudian lakukan gerakan seperti melangkah atau berjalan di udara.

Kenali Sikap Sikap Tangan Dalam Olahraga Lompat Jauh

Turun adalah langkah terakhir dalam rangkaian gerakan lompat jauh dan yang terakhir dari 4 teknik lompat jauh. Perlu diperhatikan bahwa penurunan harus dilakukan sedemikian rupa sehingga kedua kaki sejajar satu sama lain dan tumit yang mendarat terlebih dahulu dan tumit saling berdekatan. Ini untuk mencegah cedera.

Di tempat pendaratan, kedua kaki harus lurus atau direntangkan ke depan segera setelah tumit tidak menyentuh pasir. Biarkan kaki Anda menjauh satu sama lain. Hal ini dikarenakan jika jarak antara kedua kaki semakin lebar maka jarak lompatannya juga semakin berkurang.

Oleh karena itu, berhati-hatilah agar tidak jatuh dengan duduk di pantat saat turun. Oleh karena itu, lebih baik membungkuk ke depan segera setelah tumit menyentuh pasir sambil menekuk lutut. Dan yang terpenting, jangan kembali ke titik awal dengan mempercepat area pendaratan setelah mendarat.

Selain memperhatikan teknik, pelompat harus memiliki kekuatan, daya lompat, kecepatan, ketepatan, kelenturan dan mampu mengkoordinasikan semua gerakan. Teknik dasar lompat jauh yang tidak boleh dilupakan adalah cepat, tepat, luwes dan halus.

Baca juga  Alat Musik Yang Berfungsi Memainkan Nada-nada Pada Lagu Adalah

Pengertian Lompat Jauh: Sejarah, Teknik Dasar, Gaya, Hingga Peraturan

Untuk melakukan teknik lompat jauh ini, pelompat harus terlebih dahulu berlari antara 10 dan 20 langkah. Kemudian kuadrat dari kecepatan lari turun sedikit atau berhenti.

Kedua, kecepatan posisi dijaga maksimal hingga mencapai papan lepas landas. Pada langkah terakhir posisi, turunkan punggung sedikit.

Ketiga, dengan kaki bebas, segera bawa paha ke posisi horizontal dan tahan. Luruskan pergelangan kaki, lutut, dan punggung bawah saat Anda mendorong. Dorong ke depan dan ke atas (tolak sudut 45 derajat)

Keempat, tendang kaki di pangkal beban tubuh. Kemudian datanglah kaki awal setelah kaki ayun. Saat Anda terbang, tekuk sedikit kaki Anda sehingga tubuh Anda dalam posisi berjongkok.

Macam Gaya Lompat Jauh: Berjalan Di Udara, Jongkok, Menggantung

Kelima, saat hendak mendarat, Anda merentangkan kaki ke depan, sehingga pada saat yang sama lengan Anda direntangkan ke depan. Dengan kedua kaki di kotak pasir, berdirilah dengan kedua kaki.

Ada beberapa aturan yang harus diikuti dalam cabang olahraga lompat jauh, yaitu lintasan pertama lebarnya minimal 1,22 meter dan panjang 45 meter. Kemudian pelat dorong berukuran panjang 1,22 meter, lebar 20 cm, dan tebal 10 cm.

Kemudian, di samping tempat pendaratan, papan plastisin harus ditempatkan untuk merekam jejak kaki pelompat jika ia melakukan penolakan yang buruk. Selain itu, papan lepas landas harus dicat putih dan dijaga tetap lurus dengan berdiri setidaknya satu meter dari tepi depan kotak pasir pendaratan.

Untuk tempat pendaratan pelompat, lebar landasan minimal 2,75 meter dan jarak antara garis start dan ujung rintangan minimal 10 meter. Perhatikan bahwa permukaan pasir di lokasi pendaratan harus sejajar dengan bagian atas pelat dorong.

Pjok Smp/mts Kelas Ix

Aturan terakhir dari teknik lompat jauh adalah jika jumlah pelompat lebih dari 8 orang, peserta diperbolehkan melompat sebanyak 3 putaran. Delapan pelompat teratas juga bisa melompat tiga kali lagi untuk menentukan pemenangnya.

Jika peserta kurang dari 8, maka setiap peserta bergiliran sebanyak 6 kali. Omong-omong, waktu yang disediakan untuk para pelompat hanya 1,5 menit.Jakarta – Lompat jauh adalah olahraga atletik di mana atlet melompat dari papan, menggabungkan kecepatan, kekuatan, dan ketangkasan.

Oleh karena itu tujuan atau sasaran lompat jauh adalah mencapai jarak lompat sejauh mungkin dari tempat pendaratan atau bak lompat.

Sekadar informasi, olahraga lompat jauh sudah ada di Yunani sejak 13 abad silam, tepatnya pada tahun 708 Masehi. Lompat jauh mulai menjadi bagian dari olahraga di Olimpiade 1896.

Lompat Tinggi Dari Sejarah Hingga Teknik Dasar

Sebagai salah satu olahraga

Jenis komputer terapan berdasarkan fungsi alat dibagi menjadi 2 yaitu, gejala gagal jantung dibagi menjadi dua yaitu, pemerintahan bani umayyah dibagi menjadi dua periode yaitu periode, asuransi jiwa prudential dibagi menjadi 2 jenis yaitu, iklan dibagi menjadi dua yaitu, teknik gerakan lompat jauh, sedekah dibagi menjadi dua yaitu, limbah organik dibagi menjadi dua jenis yaitu, asuransi dibagi menjadi 2 jenis yaitu, magnet dibagi menjadi dua yaitu, asuransi jiwa dibagi menjadi 2 jenis yaitu, sebutkan gerakan lompat jauh