Dapatkah Anda Membuat Teks Eksplanasi Tentang Sebuah Legenda

Dapatkah Anda Membuat Teks Eksplanasi Tentang Sebuah Legenda – Fabel dan legenda merupakan bentuk narasi yang terkadang sulit dibedakan oleh orang-orang jika ditulis dalam bentuk teks. Jadi apa perbedaan antara dongeng dan legenda? Bagaimana struktur keduanya berbeda? Mari kita lihat!

Jadi, fabel adalah cerita pendek dengan binatang sebagai tokoh utamanya. Seringkali fabel mengandung pesan moral yang disampaikan melalui cerita.

Dapatkah Anda Membuat Teks Eksplanasi Tentang Sebuah Legenda

Jadi, legenda adalah cerita tradisional, biasanya sejarah suatu tempat. Seperti di Indonesia seperti asal usul Tangkuban Perahu, asal usul Danau Toba, dll.

Teks Eksplanasi Adalah Bentuk Teks Yang Menjelaskan Peristiwa

Di tepi hutan hiduplah seekor jalang dengan dua belas ekor dan anak ayamnya. Suatu hari, induk ayam mengajak bayinya jalan-jalan di hutan. Hari mulai gelap, dan anak-anak ayam mulai ketakutan.

Putranya si anjing sangat ketakutan. Sedikit yang mereka tahu bahwa musang telah mendengar percakapan mereka. Luwak akan memakan ayam. Kemudian musang mendekati mereka.

“Ya, tentu saja, Nak, kita akan tinggal di rumah tua musang malam ini,” kata induk ayam menerima tawaran musang itu. “Oke, ikut aku, ayo pergi ke rumah lamaku.”

Setelah beberapa saat, dia bangun di luar. Anjing juga datang. Induk ayam belum datang, dan dia khawatir musang akan memakannya. Pada tengah malam, ayam betina membangunkan anak-anaknya.

Perbedaan Dongeng, Legenda, Mitos, Fabel, Dan Hikayat Halaman 1

Anak-anak ketakutan, jadi mereka melakukan apa yang disuruh ibu mereka. Mereka sudah berada di atas. Saat itu musang bangun dan pergi ke rumah tua, sangat gelap di dalam rumah, dan musang hanya bergantung pada baunya sendiri. Saat itu ayam-ayam itu langsung turun dari hutan, bergerak sangat lambat agar tidak tertangkap, dan lari sambil berteriak-teriak. Akhirnya, mereka menemukan jalan pulang dan anak ayam itu keluar dari bahaya.

Di daerah Pulau Sumatera, hiduplah seorang petani yang sangat pekerja keras. Dia tinggal sendirian. Dia dulu bekerja tanpa lelah setiap hari, memukul batu dan memancing. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada suatu hari, petani itu pergi ke sungai dekat tempat tinggalnya, berniat mencari ikan untuk lauk hari ini. Dia hanya mengambil kail, umpan dan pancing dan langsung berjalan ke sungai. Begitu sampai di sungai, petani itu langsung membuang kailnya. sambil menunggu

Baca juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Lagu

Usai berdoa, kail yang baru saja dilemparnya tampak bergetar. Dia segera menarik kailnya. Petani itu sangat senang karena ikan yang ditangkapnya besar dan indah. Setelah beberapa saat, petani itu sangat terkejut ketika melihat ikan yang ditangkapnya. itu pergi memancing

Tanpa bertanya lebih lanjut, ikan yang ditangkapnya langsung dibuang kembali ke air. Setelah mengembalikan ikan itu ke dalam air, petani itu semakin takjub, karena tiba-tiba ikan itu berubah menjadi wanita yang sangat cantik.

Rpp Bab 6 Fabel

Atau ikan? tanya petani itu, “Saya seorang putri yang telah dikutuk karena melanggar peraturan kerajaan.” kata wanita itu. “Terima kasih telah membebaskanku dari kutukan, dan sebagai imbalannya aku akan menjadikanmu istrimu,” kata wanita itu.

Petani itu setuju. Kemudian mereka menjadi suami istri. Namun, ada kesepakatan yang telah dibuat, yaitu mereka tidak dapat mengatakan bahwa sang putri berasal dari ikan. Jika janji itu dilanggar, akan terjadi bencana yang mengerikan. Setelah beberapa lama, mereka menikah, dan akhirnya petani dan istrinya berbahagia, karena istri petani melahirkan seorang anak laki-laki. Putra mereka tumbuh menjadi anak laki-laki yang sangat tampan dan kuat dengan satu kekhasan yang mengejutkan semua orang. Anak-anak selalu lapar, tetapi tidak pernah kenyang. Semua makanan dimakan tanpa istirahat. Suatu hari, anak petani itu dititipkan oleh ibunya untuk mengantarkan makanan dan minuman ke ladang tempat ayahnya bekerja. Tapi pekerjaan itu belum selesai. Makanan untuk ayahnya sudah habis, dan dia tinggal di gubuk. Petani itu lapar dan menunggu kedatangan anaknya. Dia sangat lapar sehingga dia segera pulang. Dalam perjalanan pulang, petani itu melihat anaknya berkeliaran di gubuk.

Setelah anaknya bangun, petani itu langsung meminta makanan. “Mana makanan Papa?” ​​tanya petani. Anak itu menjawab: “Saya sudah makan.” Petani itu langsung menegur anaknya dengan keras. “Anak nakal! Kamu tidak tahu diri! Dasar ikan kecil!” kata petani bingung

Ucapkan kata-kata pertapa kepada istri Anda. Setelah petani mengatakan hal tersebut, istri dan anak-anaknya menghilang tanpa jejak. Dari jejak di kakinya, sekantong besar air tiba-tiba mengalir keluar. Air meluap Halo, siswa kelas enam, mari kita bahas isi ceramahnya. Pembahasan akan terfokus pada apa yang dimaksud dengan teks ekspositori? Sebutkan ciri-ciri teks eksposisi! Jelaskan struktur teks! Dapatkah Ānanda menyusun teks penjelasan tentang mitologi? mengapa demikian? Berdasarkan struktur teks ekspositori, bagian manakah yang dirujuk teks tersebut?

Baca juga  Tombol Office Button Pada Microsoft Powerpoint Berisi

Jawab Soal Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka Kelas Xi Unit I, Access And Retrieve

Teks interpretatif adalah teks yang berhubungan dengan mengapa dan bagaimana fenomena alam, ilmiah, sosial, budaya, dan lainnya terjadi. Informasi yang terkandung dalam teks ekspositori berasal dari pengamatan, perasaan, dan juga berfungsi sebagai sarana pembelajaran bagi pembaca.

Thomas Alva Edison lahir pada tanggal 11 Februari 1847 di Milan, Ohio. Dia tidak pernah menyelesaikan pendidikan formal. Dia hanya memiliki tiga bulan untuk pergi ke sekolah. Edison dididik di rumah oleh ibunya. Meski tidak mengenyam pendidikan formal, Edison terlihat memiliki tingkat keingintahuan yang sangat tinggi. Pada usia 11 tahun, Edison mampu membuat telegraf sederhana. Pada usia 12 tahun, ia menggunakan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861, ia mampu mencetak majalah. Publikasi surat kabar “Herald Weekly” menjadi buku terlaris.

Dia melihat bahwa dunia membutuhkan terang. Butuh waktu dua tahun dan banyak uang untuk mengembangkan penemuannya. Atas usahanya tersebut, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam.

Kegigihan Thomas Alva Edison membawa sesuatu yang baru bagi dunia. Keingintahuannya yang tinggi dan sikapnya yang tak tergoyahkan memiliki kekuatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Teks Cerita Rakyat: Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah & Contoh

Pembahasan: Teks interpretatif adalah teks yang membahas proses mengapa dan bagaimana fenomena alam, ilmiah, sosial, budaya, dan lainnya terjadi. 2. Sebutkan ciri-ciri teks eksposisi!

Pembahasan: Ciri-ciri teks ekspositori: (1) Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat dan penjelasan. (2) Informasi yang dipublikasikan didasarkan pada fakta. (3) Memuat informasi yang bersifat ilmiah/ilmiah, seperti ilmu pengetahuan. (4) Isinya informatif tanpa berusaha mempengaruhi pembaca untuk mempercayai apa yang sedang dibahas. (5) Berisi penanda-penanda urutan, yaitu keterangan-keterangan deskriptif tentang urutan atau kronologi peristiwa. Misalnya pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. 3. Jelaskan struktur teks!

Pembahasan: (1) Pernyataan Umum Pada bagian pernyataan umum, teks eksplanasi memberikan gambaran umum tentang fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. (2) Urutan penyebab/urutan penjelasan. Bagian ini secara koheren menjelaskan sebab dan akibat dari fenomena ini. (3) Penjelasan mencakup penyimpulan tentang pokok bahasan yang dideskripsikan. 4. Apakah Ananda dapat menyusun teks penjelasan tentang mitos tersebut? Mengapa

Baca juga  Tujuan K3lh

Diskusi: Tidak, karena teks deskriptif harus berdasarkan fakta. Mitos adalah cerita khayalan atau imajinasi. 5. Bacalah teks di bawah ini! Kata bioteknologi berasal dari bahasa Latin bio, yang berarti “kehidupan”, technos, “teknologi”, dan logos, “ilmu”. Selanjutnya, bioteknologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari ilmu terapan, dengan fokus pada serangkaian proses biologis untuk menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip-prinsip ilmiah. Berdasarkan struktur teks ekspositori, bagian manakah yang dirujuk teks tersebut? menjelaskan!

Legenda Batu Menangis

Pembahasan: Menurut struktur teks ekspositori, teks berisi pernyataan-pernyataan umum. Teks menguraikan bioteknologi. Kami dengan bangga mengumumkan bahwa kami sedang mengerjakan antarmuka dasbor baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Kami mengundang Anda untuk melihat pratinjau dan mencoba dasbor baru kami. Beberapa fitur tidak akan tersedia tetapi akan ditambahkan di masa mendatang.

Jangan ragu untuk mencobanya, karena mudah untuk beralih kembali ke antarmuka yang biasa Anda gunakan.

Untuk aktivitas ini, Anda memerlukan lima kartu yang ditunjukkan di bawah ini dengan titik-titik di satu sisi. Pilih lima siswa untuk meletakkan kartu pajangan mereka di depan kelas. Kartu harus disortir

Pgsd Modul 1 Bahasa Indonesia

2 poin), lalu 15 poin (kartu 8, 4, 2, dan 1 poin), lalu blackjack (16, 4, dan 1)… adalah aturannya.

32 angka, dua tangan dapat menghitung 32×32=1024 angka, berapa banyak angka yang dapat dihitung

Teknologi kompresi. Metode yang digunakan dalam aktivitas ini disebut “run-length encoding” dan merupakan cara yang efisien untuk mengompres gambar. jika

Serigala, mengamuk, terbang, mengamuk lagi, tapi tentu saja, ia telah pulang.

Mengenal Legenda Si Pahit Lidah

Secara harfiah. Satu set instruksi adalah program. Ada banyak bahasa pemrograman yang berbeda untuk dipilih

Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha

Ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah

Orang yang disebut “Eliza” (setelah Eliza Doolittle) berkomunikasi satu sama lain. Program ini berpura-pura menjadi terapis dan keluar

Pengertian Fabel Dan Legenda

Penyelesaiannya adalah sembarang nilai antara titik perpotongan (titik berongga), tetapi hanya nilai antara nilai transisi (titik yang diarsir). Peragakan teknik ini di papan tulis atau

Persimpangan B, maka Anda bukan Anda

Materi tentang teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi tentang aurora, teks eksplanasi tentang sosial, membuat teks eksplanasi, teks eksplanasi tentang pelangi, teks eksplanasi tentang alam, teks eksplanasi tentang aurora, teks eksplanasi tentang fenomena alam, membuat teks eksplanasi tentang banjir, teks eksplanasi tentang banjir, teks eksplanasi tentang banjir bandang, contoh teks eksplanasi tentang banjir