Contoh Etnografi

Contoh Etnografi – Para antropolog, etnografer, dan ilmuwan sosial lainnya mungkin mempraktikkan apa yang disebut etnografi. Sederhananya, etnografi adalah studi tentang orang-orang di lingkungannya dengan menggunakan metode seperti observasi partisipan dan wawancara tatap muka.

, antropolog H. Siddiqui menjelaskan, etnografi mendokumentasikan persamaan dan perbedaan budaya melalui kerja lapangan empiris dan berkontribusi pada generalisasi ilmiah tentang perilaku manusia dan fungsi sistem sosial dan budaya (2004:9).

Contoh Etnografi

Etnografi merupakan penelitian kualitatif yang melihat interaksi sosial penggunanya dalam lingkungan tertentu. Penelitian ini memberikan informasi mendalam tentang pemikiran dan tindakan pengguna, serta pemandangan dan suara yang mereka temui sepanjang hari.

Pdf) Etnografi Komunikasi Orang Tua

Hal ini memberi peneliti wawasan tentang bagaimana pengguna melihat dunia dan berinteraksi dengan hal-hal di sekitar mereka.

Metode etnografi mencakup alat-alat seperti observasi langsung, studi buku harian, rekaman video, foto, dan analisis artefak yang digunakan masyarakat pada siang hari.

Observasi dapat dilakukan dimana saja di tempat kerja pengguna, di rumah atau bersama keluarga dan teman.

Durasi penelitian dapat bervariasi tergantung pada penelitian yang dilakukan. Mulai dari observasi beberapa jam hingga penelitian berbulan-bulan.

Etnografi (sebuah Penelitian Kualitatif)

Penelitian dapat dilakukan secara tim sehingga lebih banyak pengguna yang dapat dipantau sehingga lebih banyak informasi dapat diperoleh dengan cepat.

Metode pelacakan ini adalah cara yang baik bagi peneliti untuk melihat bagaimana pengguna menghabiskan hari-hari mereka secara real-time dan mengidentifikasi gangguan apa pun ketika pengguna memberi tahu peneliti satu hal tetapi sebenarnya mereka berinteraksi dengan cara yang berbeda.

Baca juga  Berikut Bukan Isi Perjanjian Roem Royen Adalah

Ini adalah contoh penelitian etnografi. Kajian ini melibatkan observasi mendalam terhadap tradisi makan malam keluarga di suatu desa tertentu.

Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana masyarakat desa mengikuti tradisi makan malam keluarga dan bagaimana tradisi ini mempengaruhi interaksi sosial dan hubungan keluarga.

Metode Etnografi James P. Spradley (resume Buku Bab 1) — Steemit

Hasil yang Diharapkan: Penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran makan malam keluarga di pedesaan dalam menjaga identitas budaya, memperkuat hubungan sosial, dan melestarikan nilai-nilai kekeluargaan.

Catatan: Sebagai contoh yang mudah dipahami, penelitian ini hanya bersifat hipotetis. Penelitian etnografi memerlukan waktu, tenaga dan penelitian lapangan yang lebih mendalam untuk mencapai hasil yang benar-benar akurat dan bermakna.

Inilah penjelasan etnografisnya. Bagi yang saat ini membutuhkan jasa penelitian atau penelitian, Anda bisa menggunakan Populix for Enterprise. Populix for Enterprise adalah layanan penelitian kuantitatif dan kualitatif yang dapat dilakukan secara online

Menghadapi suatu permasalahan bukanlah suatu hal yang mudah, khususnya bagi perusahaan. Setiap keputusan yang diambil mempunyai risiko tersendiri. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan benar-benar memahami konsep manajemen risiko. Apa itu manajemen risiko? Sederhananya, manajemen risiko merupakan strategi yang dipersiapkan oleh para pebisnis sebelum potensi risiko menjadi kenyataan. Namun, langkah mana […]

Langkah Langkah, Contoh Dan Metode Penelitian Etnografi

Memasuki bulan Desember berarti kita juga akan menyambut Natal. Seseorang pasti merasakan kebahagiaan saat ini. Selain itu, Natal juga bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Bagaimana? Yaitu dengan menciptakan bisnis Natal. Berbagai hari raya biasanya berlangsung menjelang Natal. Misalnya saja berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama, berlibur bersama, […]

Baca juga  Jelaskan Bagaimana Sikap Awal Dalam Melakukan Langkah Ke Belakang

Dalam statistika digunakan dua metode untuk menganalisis data, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial merupakan suatu metode analisis data populasi berdasarkan data sampel. Hasil akhir analisis dalam metode ini adalah suatu probabilitas yang menggambarkan bagaimana tindakan sampel dapat mempengaruhi seluruh populasi. Nah, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang caranya […]