Contoh Benda Mati

Contoh Benda Mati – Benda-benda yang ada di lingkungan hidup bermacam-macam, mulai dari benda hidup hingga benda tak hidup. Makhluk hidup adalah nama lain dari makhluk hidup. Ada tiga jenis makhluk hidup di dunia ini: manusia, hewan, dan tumbuhan.

Di sisi lain, ada juga benda mati. Makhluk tak hidup dapat diciptakan secara alami maupun oleh manusia. Makhluk hidup dan tak hidup mempunyai ciri-ciri yang berbeda.

Contoh Benda Mati

Ciri-Ciri Benda Hidup atau Makhluk Hidup Menurut Suyatman dan Tuthik Endrawati dalam Pembelajaran Sains Menyenangkan, makhluk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu, yaitu:

Ciptaan Sang Hyang Widhi Dan Karya Manusia

Ciri utama makhluk hidup adalah bernafas. Kegiatan ini sangat penting bagi kelangsungan makhluk hidup. Pernapasan adalah tindakan menghirup dan menghembuskan udara melalui alat pernafasan. Sebagai makhluk hidup, manusia bernafas dengan paru-paru.

Hewan bernapas dengan cara yang berbeda. Mamalia seperti kucing, anjing, gajah, paus, dan lumba-lumba bernapas melalui paru-paru.

Serangga seperti belalang, rayap, nyamuk dan kupu-kupu bernapas melalui trakea. Sedangkan ikan seperti lele, arwana, dan ikan mas bernapas melalui insang.

Seperti halnya manusia dan hewan, tumbuhan juga bernafas. Tumbuhan bernafas untuk mendukung fotosintesis, atau proses pembuatan makanan. Pada siang hari, tumbuhan menghirup karbon dioksida. Namun pada malam hari tumbuhan menghirup oksigen.

Macam Macam Gerak Benda Beserta Contohnya

Tumbuhan juga menggunakan makanan. Berbeda dengan hewan dan manusia, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Proses fotosintesis membutuhkan bahan berupa cahaya, karbon dioksida dan air.

Baca juga  Pengertian Shoot

Ciri yang menandakan suatu benda hidup adalah dapat bergerak. Sebagai makhluk hidup, manusia banyak bergerak, antara lain berjalan, berlari, menulis, mengemudi, dan lain-lain.

Sementara itu, gerak tumbuhan berbeda. Tumbuhan tidak bergerak bebas seperti manusia dan hewan. Pergerakan tumbuhan bisa dikatakan terbatas, seperti bunga vijaya kusum yang mekar perlahan pada malam hari dan bertunas pada siang hari.

Contoh lainnya adalah tanaman putri pemalu yang menutup daunnya jika disentuh. Proses menutup daun putri malu tersebut merupakan salah satu bentuk pertahanan diri.

Bagan Klasifikasi Benda Mati Dan Benda Hidup

Ciri-ciri makhluk hidup selanjutnya adalah dapat berkembang biak. Manusia bereproduksi secara generatif atau melalui perkawinan. Proses perkawinan tersebut mengakibatkan bertemunya sel sperma dan sel telur yang kemudian berkembang menjadi janin.

Janin hidup dan tumbuh di dalam tubuh wanita, lebih tepatnya di dalam rahim. Janin membutuhkan waktu 9 bulan untuk tumbuh hingga akhirnya lahir menjadi bayi.

Sedangkan hewan berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Ada mamalia yang berkembang biak secara lahir, seperti kucing, anjing, monyet, beruang, dan gajah.

Ada pula hewan yang berkembang biak dengan bertelur seperti burung, ayam, kura-kura, buaya, ikan, dan serangga. Hewan juga dapat berkembang biak dengan cara membelah diri, misalnya dengan cara berkembang biak amuba.

Foto Buku Toko Buku Susun Benda Mati, Buku, Toko Buku, Tumpukan Png Transparan Dan Clipart Untuk Unduhan Gratis

Sedangkan tumbuhan berkembang biak secara vegetatif atau generatif. Vegetatif berarti perkembangbiakan tanpa perkawinan. Contoh tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif adalah ubi jalar, jahe, pakis dan manasava.

Tumbuhan juga dapat berkembang biak secara generatif, terutama melalui proses perkawinan, penyerbukan, pembuahan, dan kemudian menghasilkan buah dan biji. Contoh tumbuhan yang berkembang biak secara seksual adalah rambutan, mangga, belimbing, dan kelapa.

Baca juga  Pecahan Senilai 1/5

Makhluk hidup juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan makhluk hidup terutama dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain genetik, hormon, dan pola makan.

Manusia tumbuh mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Pertumbuhan manusia ditandai dengan perubahan ukuran fisik, antara lain:

Karakteristik Yang Membedakan Makhluk Hidup Dengan Benda Mati

Sedangkan pertumbuhan hewan lebih kompleks. Selain tinggi dan berat badan, beberapa hewan yang menua mungkin mengalami perubahan bentuk dan karakteristik. Misalnya, berudu menjadi katak ketika sudah dewasa.

Kemudian pertumbuhan benih diawali dengan bertemunya gamet jantan dan gamet betina. Pertemuan ini membentuk zigot, yang kemudian membelah membentuk embrio.

Embrio ini akan berkecambah dan bertunas sebagai tanaman kecil. Tanaman kecil ini kemudian akan tumbuh menjadi tanaman dewasa, berbunga, kemudian menghasilkan buah dan biji kembali.

Selain makhluk hidup, ada pula benda tak hidup atau benda mati. Berbeda dengan makhluk hidup, makhluk tak hidup memiliki ciri khas yaitu tidak perlu makan, bernapas, bergerak, tumbuh, atau berkembang biak.

Inilah 10 Benda Mati Ciptaan Allah

Namun keberadaan benda mati sangatlah penting. Hal ini dikarenakan makhluk hidup memanfaatkan benda mati untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Benda mati yang terdapat di alam antara lain batuan, tanah, air, dan mineral. Sedangkan benda mati yang diciptakan manusia antara lain kendaraan, pakaian, perabot, dan peralatan elektronik.

Klasifikasi benda mati, ciri ciri benda mati, contoh motif batik benda mati, lukisan benda mati, benda mati, gambar benda mati, contoh benda hidup dan mati, contoh gambar benda mati, benda hidup dan benda mati, sketsa benda mati, gambar 3 dimensi benda mati, bahasa inggris benda mati