Ciri Ciri Tanaman Wortel

Ciri Ciri Tanaman Wortel – Tanaman Wortel – Tanaman wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat digemari oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Setiap pergi ke pasar sayur atau pusat perbelanjaan pasti akan menemukan wortel di bagian sayur. Saking populernya, wortel juga dijual dalam jumlah banyak sehingga memudahkan Anda untuk membelinya. Wortelnya banyak, tapi yang dijual biasanya yang berwarna oranye.

Sayuran wortel ini mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan yang sesuai selera Anda. Selain itu banyak juga yang mengkonsumsinya mentah-mentah karena rasanya yang segar dan manis. Wortel juga dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk mengkonsumsinya.

Ciri Ciri Tanaman Wortel

Wortel merupakan tanaman umbi-umbian yang berasal dari Asia yaitu Asia Timur dan Tengah dengan iklim subtropis. Tanaman ini awalnya merupakan tanaman liar biasa yang tidak dijadikan sayuran seperti sekarang ini. 6.500 tahun yang lalu, wortel belum sepopuler atau digunakan sebagai bahan makanan sehat seperti saat ini.

Wortel: Kandungan Dan Manfaat Untuk Kesehatan

Awalnya, hanya daun dan bunga yang dikumpulkan dari wortel, karena memberikan aroma yang khas. Para ahli botani membagi wortel menjadi dua, yaitu wortel timur dan barat. Wortel Timur dibudidayakan di Afghanistan pada abad ke-10 Masehi, sedangkan wortel Barat dibudidayakan di Belanda pada abad ke-15 Masehi. Perbedaan kedua wortel tersebut adalah wortel barat berwarna manusia, sedangkan wortel timur berwarna ungu.

Tiongkok adalah produsen wortel terbesar, menyumbang sekitar sepertiga produksi wortel global. Disusul oleh negara lain seperti Rusia dan Amerika Serikat, menurut FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa). Ada sebuah kota di Amerika Serikat yang mengklaim sebagai “Ibukota Wortel Dunia” dan menyelenggarakan festival wortel setiap tahunnya.

Wortel mempunyai daun majemuk karena bentuknya rangkap dua atau rangkap tiga. Selain itu, ada juga daun yang berbentuk lanset atau belang. Daunnya dilengkapi batang agak panjang, setiap tanaman mempunyai 5-7 helai daun. Batang ini kaku, tebal, permukaan halus dan daun lemah.

Sebenarnya tanaman ini juga mempunyai batang, namun sangat pendek sehingga tidak terlihat. Batangnya berbentuk bulat dengan diameter 1-1,5 cm. Apalagi bagian batangnya ini tidak berkayu, melainkan agak keras dan berwarna hijau tua. Batang kecil ini juga tidak bercabang, melainkan langsung dilengkapi tangkai daun sehingga tampak bercabang.

Baca juga  Apabila Seseorang Sedang Kesulitan Sikap Kita Sebaiknya

Jenis Makanan Mengandung Beta Karoten Tinggi

Akar serabut atau akar tunggang dan akar tunggang merupakan dua jenis akar pada wortel. Inilah bagian akar yang bisa dimakan, atau biasa disebut dengan bagian umbinya. Saat rimpang tumbuh, ia menjadi umbi yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan. Diameter akar mencapai diameter 6 cm dan panjang 30 cm.

Wortel memiliki bunga yang tumbuh pada sisi yang sama dengan daun. Bunga umbel ganda ada dua jenis, berwarna putih atau merah muda pucat. Bunga ini tumbuh langsung dari batangnya yang kokoh namun pendek. Bunga-bunga ini kemudian dapat diserbuki dan menghasilkan buah dan biji kecil berbulu.

Bagian umbi ini sebenarnya merupakan akar berbulu pada wortel yang berkembang karena digunakan untuk menyimpan makanan. Umbi ini biasanya berwarna oranye cerah atau kemerahan karena mengandung pigmen karoten A dalam jumlah tinggi. Umbi ini banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B, C dan beberapa mineral lainnya.

Tanaman wortel ini mempunyai bentuk agak membulat dan memanjang dengan ujung yang sangat meruncing atau agak mengerucut. Ada dua varietas populer wortel jenis ini yaitu Atomic Red dan Autumn King yang rasanya sangat nikmat. Wortel ini memiliki kulit yang tipis sehingga sangat mudah dikupas, dan panjangnya juga bisa mencapai 9 inci (20-30 cm).

Nama Nama Sayuran Yang Wajib Kamu Coba Dan Sehat Untuk Tubuh

Rasa jenis ini tidak manis karena mengandung sedikit gula, namun tetap segar apalagi baru dipetik. Daging buahnya juga sangat renyah dan secara alami tidak mengandung biji. Wortel ini juga memiliki tekstur yang lebih kencang sehingga membuatnya tahan lebih lama dibandingkan jenis lainnya. Apalagi wortel ini sangat mudah ditanam dan bisa dipanen dalam waktu 75 hari.

Jenis wortel ini banyak direkomendasikan oleh para pecinta wortel karena rasanya yang manis sehingga bisa dinikmati mentah atau dimasak. Bentuknya agak bulat, bagian bawah umbinya tumpul. Wortel ini hanya bisa berukuran panjang 10-12 cm, sehingga jauh lebih pendek dibandingkan jenis pertama. Warnanya oranye terang dan kulitnya halus.

Royal Chantenay dan Red Chentenay adalah dua varietas yang terkenal di antara banyak wortel Chantenay lainnya. Anda bisa menggunakan wortel ini dalam makanan Anda baik mentah maupun dimasak. Rasa manis juga muncul saat wortel dimasak, apalagi saat matang umbi wortel menjadi empuk.

Baca juga  Berilah Nama Senyawa Berikut

Jika ingin wortel yang tidak perlu dikupas sebelum dimakan, pilihlah varietas Nantais. Ukuran wortel ini bervariasi dari kecil hingga besar, panjangnya sekitar 15-20 cm. Bentuknya silinder dengan bagian bawah membulat dan berwarna jingga atau jingga kemerahan. Selain itu, daging wortel ini juga berwarna oranye.

Bayam2.cemara3.wortel4.ketela Pohon5.melinjo6.kentang7.kacang Tanah8.sirih Merah9.kelapa10.pakis

Daging wortel favorit banyak orang juga mengandung butiran halus, renyah dan berair serta inti yang kecil. Rasanya yang juga manis dan ringan membuat wortel sangat cocok dikonsumsi pada usia berapa pun. Beberapa varietas yang terkenal adalah Early Nantes, Scarlet Antes, Nantes Half Long dan Nantes Coreless.

Seperti namanya, wortel ini dikembangkan di kawasan Danvers, Massachusetts pada tahun 1870. Waktu tanam jenis ini adalah 65-85 hari hingga siap panen. Bentuknya cukup berbeda karena memiliki latar belakang visual yang panjang dan tajam, tipis dan penuh serta memiliki banyak warna seperti oranye.

Jenis Danvers ini merupakan benih yang populer karena warnanya yang oranye tua dan rasanya yang lebih kaya. Selain itu tanaman ini juga sangat mudah tumbuh, memiliki rasa yang manis, aroma yang harum dan kulit yang halus. Jenis ini sama dengan jenis lainnya, ada banyak ragamnya, namun ada tiga yang populer. Yellowstone, Danvers Half Long dan Healthmaster sangat populer.

Bentuk wortel ini juga sesuai dengan namanya yaitu mini, bulat atau bola. Jadi wortel ini bentuknya bulat dan ukurannya kecil, hanya 3-4 inchi saja. Beberapa dari Anda mungkin pernah mencicipi wortel unik yang disajikan utuh dan masih bersama daunnya. Karena ukurannya yang kecil, wortel ini sangat cocok untuk Anda tanam sendiri di rumah.

Jadi Sumber Pangan Dunia, Inilah 10 Macam Umbi Umbian Beserta Kandungannya

Rasanya yang manis dan segar sangat cocok dijadikan sayur untuk keluarga Anda. Wortel mini ini diameternya hanya sekitar 1-2 inci, sehingga bisa ditanam di pot kecil atau polibag. Masa tanamnya juga cukup singkat, hanya memakan waktu sekitar 60 hari. Anda bisa memasak wortel jenis ini sama seperti wortel lainnya.

Wortel berwarna oranye cerah karena mengandung beta-karoten, bahan utama yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin A. Beta-karoten dalam tubuh Anda diubah menjadi vitamin A, yang memiliki banyak manfaat lainnya. 1.000 g wortel dapat mengandung 8.285 mg betakaroten dan 16.706 IU vitamin A.

Baca juga  Aksara Jawa Lan

Tanaman wortel juga mengandung mineral seperti natrium, kalsium, fosfor, kalium, mangan, magnesium, besi dan tembaga. Mineral ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda yang membutuhkannya. Seperti mineral potasium yang berperan penting dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Selain itu, wortel mengandung antioksidan dalam jumlah besar, termasuk poliasetilen dan falcarinol. Antioksidan ini juga sangat diperlukan untuk melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker. Sebuah studi oleh peneliti Universitas Newcastle menunjukkan bahwa antioksidan falcarinol dapat membunuh sel kanker dan prakanker.

Kunci Identifikasi Tanaman

Dengan mengonsumsi wortel secara rutin, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian seperti vitamin C. Wortel menyediakan sekitar 9% dari kebutuhan harian vitamin C untuk menghilangkan banyak penyakit dan radikal bebas. Selain itu juga mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B6/piridoksin, asam folat, asam pantotenat, tiamin dan lain-lain.

Buah wortel ini mengandung serat dan air yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan dan metabolisme tubuh Anda. Masih banyak lagi nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, lemak tak jenuh ganda, kalori dan gula. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda memasukkan wortel ke dalam menu makanan sehari-hari Anda karena wortel memiliki banyak khasiat yang bermanfaat selama Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Banyak yang percaya bahwa wortel bisa sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan mengurangi kerusakan mata. Namun hal tersebut bukan hanya mitos belaka, sebab wortel mengandung zat yang baik untuk mata yaitu vitamin A. Selain itu, wortel juga mengandung lutein yang merupakan antioksidan untuk kesehatan mata.

Wortel juga dapat digunakan untuk merawat kulit agar lebih lembut, bersih dan sehat. Mereka yang memiliki masalah kulit berminyak sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi wortel. Jika Anda rajin mengonsumsi wortel setiap hari, kulit berminyak dan wajah kusam akan hilang. Selain itu, kulitnya juga lebih lembut dan bersih, karena wortel banyak mengandung vitamin.

Cara Menanam Wortel Di Dataran Rendah Agar Tumbuh Besar

Wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat ini dapat mengatur pergerakan usus hingga melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Jika Anda sering mengalami sembelit, Anda bisa mengonsumsi wortel daripada mengonsumsi obat kimia untuk menghilangkannya.

Wortel mengandung banyak mineral yang sangat penting untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi wortel karena bermanfaat bagi ibu dan anak. Jika Anda rutin makan wortel selama hamil, maka

Khasiat tanaman wortel, manfaat tanaman wortel, cara budidaya tanaman wortel, gambar tanaman wortel, wortel tanaman, wortel, deskripsi tanaman wortel, budidaya tanaman wortel pdf, tanaman wortel dalam pot, cara membudidayakan tanaman wortel, klasifikasi tanaman wortel, ciri wortel