Ciri Ciri Globalisasi Bidang Komunikasi

Ciri Ciri Globalisasi Bidang Komunikasi – Gambaran di atas mencerminkan ciri-ciri globalisasi yang tanpa disadari telah mengubah kehidupan manusia. Istilah globalisasi berasal dari kata globe yang berarti bola bulat. Dari kata globe terciptalah istilah globe yang merupakan model tiruan dunia atau bumi yang memberikan gambaran bentuk yang mendekati aslinya yaitu bulat.

Dari kata globe muncullah istilah globalisasi atau globalization yang artinya mendunia. Sebagai sebuah istilah, globalisasi digunakan untuk menggambarkan semakin intensnya hubungan sosial antar individu, kelompok atau masyarakat yang secara geografis terletak di tempat yang berjauhan.

Ciri Ciri Globalisasi Bidang Komunikasi

Robertson sebagaimana dikutip Piotr Stomka dalam bukunya “Sociology of Social Change” mengartikan globalisasi sebagai suatu proses yang menghasilkan dunia tunggal. Masyarakat di seluruh dunia menjadi saling bergantung dalam hampir setiap aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, atau budaya.

Globalisasi Dalam Jaringan Informasi

Tidak ada satu masyarakat atau negara pun di belahan dunia mana pun yang mampu memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa menjalin hubungan dengan masyarakat atau negara lain. Hal ini disebabkan semakin intensnya komunikasi dan interaksi antar individu, kelompok atau masyarakat yang melampaui batas geografis, bangsa, dan budaya, sehingga tempat yang berjauhan dapat terhubung. Peristiwa yang terjadi di belahan dunia yang jaraknya ratusan bahkan ribuan kilometer dari kita bisa mempengaruhi keadaan yang kita alami. Begitu pula sebaliknya.

Dalam perkembangannya, globalisasi tidak hanya dalam arti umum atau generik seperti yang telah dijelaskan di atas, namun saat ini yang berkembang adalah globalisasi kapitalisme sebagai bentuk yang dominan. Mari kita bahas satu per satu kedua bentuk globalisasi tersebut, dimulai dari globalisasi dalam bentuk umum dan globalisasi kapitalis sebagai bentuk dominan saat ini.

Dalam bentuk umum globalisasi dapat diartikan melalui empat fenomena yang muncul dan meningkat sejak pertengahan abad ke-20, yaitu:

Pertama, perubahan yang sangat cepat di bidang elektronika yang mengubah fundamental teknologi serta sarana dan prasarana serta perlengkapan hidup yang diperlukan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya. Sarana, prasarana, dan peralatan perumahan serta teknologi yang digunakan masyarakat kini semakin berbasis elektronik dan modern. Teknologi modern dan komunikasi melalui media telah menghubungkan orang-orang dari belahan dunia yang jauh. Perubahan ini sangat nyata, setelah sekian lama dalam sejarah, masyarakat harus menghabiskan waktu yang cukup lama, hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, untuk melakukan perjalanan dari satu negara ke negara lain.

Contoh Globalisasi Dalam Bidang Komunikasi

Kedua, adanya aktivitas ekonomi dan pergerakan orang antar negara atau negara. Hal ini merupakan salah satu akibat dari pembebasan negara-negara di Afrika dan Asia oleh negara-negara yang mendiaminya, atau dekolonisasi.

Baca juga  Berikut Ini Adalah Bagian-bagian Permainan Musik Ansambel Kecuali

Ketiga, menciptakan ruang interaksi sosial yang bersifat transnasional atau transnasional. Fenomena ini juga terkait dengan penggunaan teknologi modern dan komunikasi melalui media elektronik.

Keempat, adanya perubahan secara kuantitatif dan kualitatif mengenai ideologi, nilai, dan norma sosial sehingga dapat diterima oleh hampir semua suku dan masyarakat, sehingga hubungan sosial cenderung inklusif atau terbuka. Istilah yang sering digunakan untuk menyebut fenomena ini adalah perkembangan kosmopolitanisme.

Keempat fenomena tersebut merupakan keterbatasan globalisasi dalam bentuk umumnya. Bagaimana dengan bentuk globalisasi yang dominan saat ini, yaitu globalisasi kapitalis? Terkait hal ini, setidaknya ada empat cara atau pendekatan untuk memahaminya, pertama pendekatan sistem dunia, kedua pendekatan budaya global, ketiga pendekatan masyarakat dan politik global, dan keempat kapitalisme global.

Contoh Dampak Positif Globalisasi Di Bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Informasi, Dan Pendidikan

Pada pendekatan yang pertama, yaitu pendekatan sistem global, kita mengetahui bahwa dalam hubungan sosial atau kerja sama antar negara, kita dapat membedakan antara negara yang bersifat sentral atau dominan, negara periferal atau periferal, dan negara semi periferi.

Negara sentral atau dominan adalah negara yang dalam kerjasama internasional mengambil keputusan yang biasanya tidak dapat ditolak oleh negara semi periferi dan periferal.

Negara-negara yang dominan termasuk Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang dan Inggris. Negara-negara ini merupakan tujuh negara maju, menguasai lebih dari 60% kekayaan dunia, sering disebut sebagai kelompok G-7. Kelompok G-7 sering kali didampingi oleh negara-negara lain yang sering disebut dengan kelompok G20 yang terdiri dari negara-negara besar dengan kondisi ekonomi dan industri berkembang seperti negara semi periferi. Di luar itu terdapat negara-negara pinggiran.

Pendekatan kedua, yaitu pendekatan budaya global, memandang globalisasi sebagai fenomena homogenisasi budaya yang diciptakan oleh media massa. sehingga mengancam budaya atau identitas lokal dan nasional. Berdasarkan data UNESCO, globalisasi yang melanda dunia pada tahun 2015 telah membunuh beberapa bahasa serta budaya dan suku yang menggunakannya. Di Indonesia, tercatat setidaknya 14 dari sekitar 127 suku bangsa telah dimusnahkan.

Dampak Positif Era Globalisasi Di Bidang Teknologi Bagi Masyarakat Dan Ciri Cirinya

Marshall McLaughlin, seorang pakar komunikasi, menyebut masyarakat dunia sebagai desa global dengan pertumbuhan budaya global yang sangat pesat yang tercipta akibat penyebaran informasi melalui media massa, seperti radio, televisi, dan internet, yang mengungkap peristiwa hampir secara instan. Apa yang disampaikan oleh media massa yang mempunyai kekuatan besar dalam membentuk kebudayaan dunia? Ada penyebaran gambar, aliran teknologi, aliran uang, aliran manusia, dan aliran ide.

Baca juga  Bangunan Bersejarah Yang Terdapat Di Negara Mesir Adalah

Pendekatan ketiga, pendekatan terhadap masyarakat dan politik dunia. Pendekatan ini memberitahu kita bahwa dalam globalisasi terdapat kontrol politik atau kekuasaan dalam masyarakat oleh kekuatan politik global.

Pendekatan yang keempat, pendekatan kapitalisme global, pendekatan ini membawa kita pada pemahaman bahwa globalisasi berpusat pada perusahaan transnasional atau transnational corporation, disingkat TNC dan Multi National Corporation atau disingkat MNC yang wilayah operasinya melintasi batas negara. MNC adalah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara namun mempunyai cabang di berbagai negara maju dan berkembang, sedangkan TNC adalah perusahaan yang didirikan di suatu negara yang beroperasi di banyak negara, mempunyai aset dan pendapatan yang besar, modalnya bisa dimiliki oleh warga negara yang berbeda. suatu negara, namun seluruh masyarakat terhubung sebagai satu kesatuan ekonomi, dan pengelolaan TNC dan MNC lah yang mendorong tumbuhnya kapitalisme global, dan jika dibarengi dengan berkembangnya budaya ideologi konsumen maka akan menjadi kekuatan yang paling potensial. untuk mengubah dunia menjadi dunia.

Begitulah fenomena perubahan sosial yang disebut globalisasi. Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa globalisasi identik dengan kekuatan global yang berpotensi meminimalkan peran urusan lokal dan nasional. Jadi globalisasi bisa dianggap sebagai ancaman. Oleh karena itu, muncullah gerakan-gerakan alternatif yang anti globalisasi. Dibalik hal tersebut, globalisasi juga menciptakan peluang dan tantangan bagi masyarakat lokal dan nasional untuk terus bertahan atau bahkan mengembangkan aspek lokal dan nasional.

Bentuk Globalisasi Ekonomi Dan Pengaruhnya Ke Perekonomian Indonesia

Ringkasan Dari kata globe muncullah istilah globalisasi atau globalization yang artinya mendunia. Globalisasi merupakan suatu proses yang menghasilkan dunia tunggal, masyarakat di seluruh dunia menjadi saling ketergantungan dalam hampir seluruh aspek kehidupan, baik dalam kehidupan politik, ekonomi, dan budaya. Dalam bentuk umum, globalisasi dapat diartikan dengan empat fenomena yang muncul dan meningkat sejak pertengahan abad ke-20, yaitu perubahan elektronik yang sangat pesat, bangkitnya aktivitas perekonomian, dan perpindahan manusia antar negara atau negara. Menciptakan ruang-ruang interaksi sosial yang bersifat transnasional atau transnasional, dan terjadinya perubahan kuantitatif dan kualitatif mengenai ideologi, nilai, dan norma sosial.

Ada empat pendekatan untuk memahami globalisasi dalam bentuk dominannya saat ini, yaitu pendekatan sistem global, pendekatan budaya global, pendekatan politik global, dan pendekatan kapitalisme global. Globalisasi mempunyai dua ciri utama, yaitu yang pertama teritorialisasi dan yang kedua transnasionalisme. Jika sebelumnya masyarakat industri bergantung pada koneksi bisnis ke suatu lokasi atau negara bangsa tertentu, maka karena perkembangan teknologi komunikasi, hal ini sudah tidak tepat lagi. Dengan cara yang agak ekstrim, dapat dikatakan bahwa dalam konteks globalisasi, diskusi mengenai negara-bangsa sudah ketinggalan jaman dan tidak lagi relevan. Ini disebut teritorialisasi. Sedangkan transnasionalisme dapat dilihat sebagai penerapan sistem perdagangan atau perusahaan yang aktivitasnya melampaui batas wilayah negara-bangsa.

Baca juga  Puisi Tentang Kegembiraan Dibaca Dengan Wajah Yang

Referensi : Dr.Hj. Widiningsih, M.Pd. 2020. Modul Pembelajaran Sosiologi SMA. Jakarta: Direktur SMA, Direktur PAUD, DIKDAS dan DIKMEN., Jakarta Anda mungkin sering mendengar kata globalisasi. Saya tidak tahu akibat, sebab, dan sebagainya. Tapi apa sebenarnya arti globalisasi?

Menurut Salo Sumardjan, tokoh pendidikan yang juga bapak sosiologi Indonesia, globalisasi adalah suatu proses terciptanya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan hukum tertentu.

Agus Widjojo: Era Globalisasi Pengaruhi Kehidupan Politik Indonesia

Secara harafiah globalisasi berarti proses terjadinya sesuatu yang mendunia, dapat berupa informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi. Globalisasi terjadi karena banyak faktor, antara lain kemajuan teknologi internet, infrastruktur telekomunikasi dan transportasi, pertukaran pelajar, dan lain-lain.

Jadi apa yang ditunjukkan oleh globalisasi? Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman ciri-ciri globalisasi dari berbagai sumber, agar Anda bisa lebih memahami seluk-beluk globalisasi, Senin (18/3/2019).

Dahulu jika kita ingin berkomunikasi dengan seseorang membutuhkan waktu yang cukup lama, dimulai dari berkirim surat, lalu berpindah ke Telegram dan berkembang menjadi ponsel. Dengan berkembangnya produk-produk seperti telepon genggam, TV satelit dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi begitu cepat.

Globalisasi juga dapat ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mengubah dunia dari awal, misalnya dengan kemajuan teknologi secara simultan yang dapat menjadikan kita lebih efisien. Keberadaan ojek online juga bisa menjadi pertanda globalisasi di Indonesia.

Macam Macam Bentuk Globalisasi, Lengkap Beserta Penjelasannya

Kerja sama ekonomi antar negara di dunia juga menjadi ciri globalisasi. Perjanjian perdagangan internasional ini berarti proses globalisasi berlangsung tanpa jeda.

Pasar dan output perekonomian di masing-masing negara menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, meningkatnya pengaruh perusahaan multinasional dan dominasi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO adalah organisasi internasional yang mengawasi upaya liberalisasi perdagangan. Organisasi ini memberikan aturan dasar perdagangan internasional, merupakan forum negosiasi konsesi dan komitmen perdagangan bagi para anggotanya, serta membantu anggota menyelesaikan perselisihan dagang melalui mekanisme hukum yang mengikat.

Dengan WTO, masyarakat antar negara bisa saling mengirim barang dan jasa. Kemudahan pengiriman ini membuat banyak produk luar negeri masuk ke dalam negeri dan diadaptasi oleh masyarakat.

Globalisasi Adalah: Pengertian, Ciri Ciri Dan Dampak Dampaknya Halaman All

Misalnya

Globalisasi dalam bidang komunikasi, globalisasi di bidang komunikasi, dampak globalisasi di bidang komunikasi, globalisasi komunikasi, globalisasi bidang ekonomi, globalisasi di bidang hukum, dampak globalisasi dalam bidang komunikasi, contoh globalisasi bidang teknologi, dampak negatif globalisasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dampak positif dan negatif globalisasi di bidang komunikasi, globalisasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi, contoh globalisasi bidang komunikasi