Cara Mengatasi Rumah Yang di Serang Rayap Paling Efektif

Cara Mengatasi Rumah Yang di Serang Rayap Paling Efektif – Rayap merupakan salah satu jenis serangga yang termasuk ke dalam Ordo Isopter yang hidup berkoloni. Keberadaannya sering kali membuat jengkel terlebih jika ada dalam rumah kamu. Maka dari itu, tak sedikit orang yang mencari tahu perihal cara membasmi rayap yang paling ampuh.

Sebagai salah satu hama, rayap dapat merusak aset berharga yang kamu miliki jika tidak di jaga dengan baik. Rayap bisa menyerang dokumen, pondasi rumahan, tumbuhan atau benda-benda yang lembap. Untuk mencegah kemunculan rayap di rumah, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Cara-cara ini terbilang sederhana, kamu juga bisa menirunya di rumah.

1.Turunkan Suhu Ruangan

Cara Mengatasi Rumah Yang di Serang Rayap

Cara membasmi rayap secara alami yang pertama adalah dengan menurunkan suhu ruangan. Rayap tak hanya benci cahaya dan suhu panas, mereka juga ternyata cenderung benci suhu dingin yang ekstrem.

Baca Juga : Anti Rayap bsd

Untuk mendapatkan manfaatnya kamu hanya perlu meletakkan perabotan kayu yang mungkin dapat diserang rayap di ruangan ber-AC dan atur agar AC tersebut bersuhu rendah. Dengan begitu, rayap kayu atau rayap tembok pasti langsung hilang.

2. Siram dengan Air Sabun

Cara membasmi rayap secara alami berikutnya adalah siram dengan air sabun. Obat pembasmi rayap berbahan kimia ini pasti sangat mudah didapatkan dan harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan cairan kimia lainnya.

Penggunaan cairan sabun berfungsi untuk menganggu aliran pernapasan rayap sehingga mereka pun akan lebih cepat mati. Cara penggunaannya pun cukup mudah karena kamu hanya perlu menyemprotkan cairan sabun ke seluruh perabotan kayu yang diserang oleh rayap.

3. Membuat Jebakan Kardus

Baca juga  Teks Editorial: Pengertian, Contoh, Jenis, Fungsi, Ciri Ciri

Jika ingin mengalahkan musuh, maka ketahuilah informasi mengenai mereka termasuk juga keberadaan mereka. Cara termudah untuk mengetahui keberadaan seseorang adalah dengan cara membuat jebakan kardus. Prosesnya yaitu dengan membasahi kardus dan menyimpannya di tempat yang kamu curigai sebagai sarang rayap.

Jika memang ada rayap kayu atau rayap tanah, maka dalam waktu singkat rayap-rayap tersebut akan berpindah ke dalam kardus lembap tersebut. Selanjutnya, Anda tinggal pilih cara basmi rayap yang tepat untuk memusnahkan mereka.

4.Cara Membasmi Rayap dengan Kapur Barus

Cara membasmi rayap berikutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Zat kimia ini terbukti mampu dijadikan obat anti rayap yang ampuh dan juga efektif. Pasalnya kandungan naftalena di dalam kapur barus bersifat mematikan bagi serangga kecil seperti rayap.

Tak hanya itu, membasmi rayap dengan kapur barus di rumah juga sekaligus dapat membasmi berbagai serangga lainnya seperti kecoak dan juga semut. Cukup letakkan segenggam kapur barus di dalam perabotan kayu di rumah, dijamin rayap pun enggan mendekatinya. Cara membasmi rayap dengan kapur baru ini menurut sebagian orang paling efektif dibanding cara lainnya.

5.Bersihkan Genangan Air di Halaman

Jika kamu ingin membasmi rayap dengan efektif, jangan lupa juga untuk menghilangkan genangan air yang ada di halaman. Meskipun terdengar tak berkaitan, namun justru ini adalah cara membasmi rayap di tembok yang sangat ampuh.

Pasalnya, genangan air merupakan salah satu tempat kesukaan rayap untuk berkembang biak. Maka dari itu kamu harus memastikan area di sekeliling rumah tak terdapat genangan air baik di halaman ataupun di selokan. Apalagi ketika musim hujan tiba, kamu harus lebih rajin dan teliti dalam membersihkan genangan air.

Baca juga  0822 Kartu Apa dan Daerah Mana? Ini Jawabannya

Hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga ulasan Cara Mengatasi Rumah Yang di Serang Rayap bermanfaat yah.