Buatlah Contoh Pidato Persuasif Bagian Penutup Sebanyak Paragraf

Buatlah Contoh Pidato Persuasif Bagian Penutup Sebanyak Paragraf – Artikel Bahasa Indonesia Kelas 9 ini menyajikan berbagai contoh beserta struktur, tujuan, dan jenis pelajaran percakapan. Datang dan lihat! —

Tindak tutur sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya di sekolah, dalam kegiatan keagamaan atau dalam kegiatan lain di lingkungan tempat kita tinggal. Melalui artikel ini kita akan mempelajari pengertian, tujuan, struktur dan jenis tuturan.

Buatlah Contoh Pidato Persuasif Bagian Penutup Sebanyak Paragraf

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah ungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada beberapa orang atau pidato yang dipersiapkan untuk disampaikan kepada khalayak.

Bahan Ajar Teks Pidato Persuasif Pdf

Dengan demikian, pidato merupakan suatu teks yang memuat ungkapan pikiran, gagasan, pendapat, dan pengetahuan seseorang tentang suatu hal yang disampaikan di muka umum.

Orang yang menyampaikan pidato disebut orator. Saat menyampaikan pidato, pembicara menyampaikan isi pidatonya sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Misalnya, Anda bisa berpidato dengan topik kesehatan pada acara donor darah, atau Anda bisa berpidato dengan tema semangat kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tujuannya adalah untuk menyambut tamu yang menghadiri suatu acara, misalnya pidato pada peresmian gedung atau pidato pada pembukaan suatu acara.

Setelah memahami pengertian, tujuan, dan struktur teks percakapan, yuk simak beberapa contoh teks percakapan berbagai topik di bawah ini agar lebih mudah dipahami!

Contoh Soal Teks Pidato Persuasif Dilengkapi Kunci Jawaban (terbaru K13)

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat.

Rasulullah bersabda: “Annadofatu minal Iman.” Artinya kebersihan adalah bagian dari iman. Jadi iman itu bukan sekedar ibadah saja, tapi juga menjaga kebersihan, kalau kita kotor maka ibadah kita tidak akan diterima.

Semoga teman-teman mempunyai akal untuk melakukan tugas piket agar kelas kita tetap bersih. Ruang kelas yang bersih tidak membuat Anda nyaman untuk belajar? Selalu jaga kebersihan kelas.

Izinkan saya bersyukur kepada Tuhan karena saya dan teman-teman saya masih di sini dalam keadaan sehat.

Contoh Salam Pembuka Pidato Yang Mudah Diterapkan

Di Indonesia, pandemi Covid-19 masih jauh dari selesai. Jumlah korban positif dan kematian semakin bertambah dari hari ke hari. Oleh karena itu, saya tidak bosan-bosannya mengajak teman-teman untuk mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan dan tenaga medis.

Baca juga  Kemampuan Fisik Seseorang Dalam Beraktivitas Sehari-hari Ditentukan Oleh

Kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk menekan penyebaran covid-19. Protokol kesehatan ini penting, selain untuk melindungi diri kita sendiri, jika kita mengikutinya maka akan melindungi keluarga kita dan orang-orang di sekitar kita.

Saudara sekalian, puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan izin-Nya kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat tanpa ada yang terlewatkan dalam acara perpisahan ini.

Waktu tak terasa berjalan begitu cepat hingga hari ini adalah hari terakhir kita berkumpul sebagai siswa SMP/SMP/SMA di sekolah kesayangan kita. Sekarang kami sedang mempersiapkan perjalanan hidup yang baru.

Contoh Pidato Tentang Kedisiplinan Singkat Yang Menarik

Namun perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. Pelajaran di sekolah selalu dapat kita ingat sehingga dapat menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan.

Kita semua tahu bahwa di mana ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kami berharap perpisahan ini tidak mengakhiri persahabatan kami.

Selanjutnya, atas nama teman-teman, saya mengucapkan terima kasih kepada para guru dan staf yang telah melatih kami selama belajar di sini. Semoga Allah membalas saya dan teman-teman atas segala kebaikan dan ilmunya.

Saat ini, kita hidup di era globalisasi dan seluruh dunia terkena dampaknya. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Namun, itu adalah istilah yang sering kita dengar.

Pidato Rekreatif Dan Persuasi, 2 Jenis Menarik Organisasi.co.id

Globalisasi adalah proses transformasi fenomena lokal atau regional menjadi fenomena global atau internasional. Globalisasi tidak hanya melibatkan perekonomian, namun juga transformasi teknologi, sosial budaya dan kekuatan politik.

Kita yang hidup di zaman ini mempunyai banyak tantangan sekarang. Kita tidak boleh menyangkal bahwa globalisasi berkaitan dengan persaingan dan kelangsungan hidup. Meskipun membawa keuntungan, globalisasi juga mempunyai kelemahan. Kita harus berhati-hati dalam memilih efek mana yang baik bagi kita.

Para tamu yang saya hormati, mari kita puji syukur kepada Allah SWT atas kehadiran-Nya. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.

Selain link, kita sudah berkumpul disini dan kita juga akan membahas tentang kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan harus kita jaga dan jaga. Dengan lingkungan yang bersih maka lingkungan akan menjadi menyenangkan dan bersama-sama kita akan meningkatkan kualitas hidup kita. Selain itu, bencana seperti banjir bisa dihindari.

A310190179_andzani Dewi Azzahra_5e_e Modul

Jadi hal pertama yang perlu kita lakukan untuk melindungi lingkungan adalah bekerja sama. Mulailah dengan membersihkan selokan dan menyiapkan tempat sampah untuk setiap rumah tangga serta memilah sampah mana yang bisa dan tidak bisa didaur ulang.

Baca juga  Tikel Adalah

Kesadaran membuang sampah sembarangan harus ditanamkan sejak kecil. Selain itu, kita harus mempromosikan pelayanan umum setiap bulan.

Hadirin sekalian, Para Tamu Undangan, Para Mitra Yang Terhormat, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya yang melimpah kepada kita.

Martapura Konsentrasi pemukiman berada di sepanjang aliran sungai mulai dari Tabalong, Kelua, Alabio, Sungai Banar, Amunthai, Babirik, Nagara dan Muwara.

Contoh Teks Pidato Singkat Terbaru Dan Terlengkap

Hari ini saya ingin berbicara tentang sebuah kebiasaan sederhana, namun memiliki dampak besar bagi kehidupan kita, yaitu menabung. Menabung adalah sebuah tindakan bijak yang tidak hanya berdampak pada diri kita sendiri namun juga masa depan kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita sering menghadapi berbagai kebutuhan dan impian dalam hidup ini. Mulai dari pendidikan tinggi, tempat tinggal yang layak, hingga perencanaan masa pensiun yang nyaman. Semua itu memerlukan persiapan yang matang, dan menabung adalah salah satu caranya.

Dengan melakukan konservasi, kita mempunyai landasan yang kuat untuk menghadapi masa depan. Ketika kita menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk ditabung, kita membangun landasan finansial yang kokoh. Ini memberikan perlindungan jika terjadi keadaan darurat dan memberi kita kebebasan finansial untuk mewujudkan impian kita.

Menabung mengajarkan kita tentang kedisiplinan dan pengelolaan keuangan. Kita belajar untuk hidup dalam batasan pengeluaran tertentu dan menghindari hutang yang tidak perlu. Pengeluaran berlebihan yang kerap menjerat banyak orang, bisa dihindari dengan kebiasaan menabung yang baik.

Contoh Teks Pidato Persuasif Lengkap Beserta Strukturnya

Saya mengajak semua orang, dimulai dari kita, untuk mengambil langkah kecil menuju perubahan positif. Sebagian kecil uang jajan atau penghasilan kita bisa disisihkan untuk ditabung. Setiap dolar yang kita hemat membawa kita lebih dekat ke impian kita.

Saat dihadapkan pada tantangan finansial dan ketidakpastian masa depan, tabungan selalu menjadi teman setia yang mendukung kita. Melestarikan pola hidup yang melekat pada diri kita agar kita tidak hanya menjalani hari ini saja, namun mempersiapkan masa depan dengan penuh keyakinan.

Terima kasih atas perhatian Anda. Menabung bisa menjadi langkah awal menuju kesuksesan dan kesejahteraan. Mari kita semua berharap kita dapat mencapai impian kita. Terima kasih.

Saudara-saudara sekalian, Ketua Dewan Taalim Nurul Hidayah, RT 12 RW 5, Shri.

Pdf) Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Pada Siswa Kelas X A Smanegeri 1 Menyuke

Mari kita awali pertemuan kita ini dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, atas segala rahmat dan hidayah-Nya, kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dalam keadaan sehat dan berkah seperti saat ini.

Baca juga  Kegiatan Produksi Yang Ramah Lingkungan Adalah

Hari ini, di sela-sela rangkaian aktivitas kita, mari kita sejenak mengalihkan pandangan dan hati kita untuk bercermin kepada satu pribadi, Nabi Besar Muhammad Rasulullah (ﷺ), yang menjadi penerang bagi seluruh alam.

Nabi Muhammad ﷺ adalah teladan terbaik yang tidak hanya membawa pesan Ilahi dalam kehidupannya tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Beliaulah perwujudan cinta dan kasih karunia, penuntun hidup yang mengajarkan kita untuk mencintai, menghargai dan menolong sesama.

Dengan memperingati Maulid Nabi, kita diingatkan untuk menghayati ajaran agungnya dalam segala bidang kehidupan kita. Seperti halnya Nabi Muhammad SAW yang peduli terhadap kebersihan, kita juga diajak untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat kita tinggal. Keteladanan beliau dapat kita refleksikan dengan mengambil inspirasi dari beliau untuk menjadikan lingkungan kita bersih, sehat dan nyaman.

Contoh Pidato Persuasif Dengan Tema Pendidikan

Selain itu Nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan umatnya untuk mencari ilmu dari buaian sampai liang lahat dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Maka, marilah kita semangat ini untuk terus belajar dan berprestasi di dunia pendidikan, seperti yang dilakukan Majelis Nurul Hidayah Taalim.

Mari kita sebagai warga RT 12 RW 5 memberikan inspirasi ini sebagai seruan untuk meningkatkan taraf kita dalam ajaran Islam. Sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad ﷺ kepada kita, marilah kita ciptakan lingkungan belajar yang penuh dengan semangat cinta kasih, saling membantu dan menginspirasi.

Saudaraku yang terkasih, marilah kita memperingati Maulid Nabi dengan meneladani akhlak dan teladan beliau dalam segala bidang kehidupan kita. Semoga ajarannya dapat kita jadikan pedoman dalam menghadapi segala tantangan dan menebarkan cahaya cinta kasih ke seluruh alam.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya dan atas kesempatan ini. Maaf atas kata-kata yang tidak pantas. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan keberkahannya kepada kita semua.

Modul Menulis Teks Pidato

Alhamdulillah, puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Sang Pemberi segala nikmat, yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul dalam kebersamaan ini, di waktu yang penuh berkah.

Pada kesempatan kali ini izinkan saya bercerita tentang suatu perbuatan kebaikan yang tak terhingga, yaitu bersedekah. Dalam agama Islam, sedekah mempunyai kedudukan yang sangat mulia dan mendatangkan kemaslahatan yang besar tidak hanya bagi penerimanya tetapi juga bagi pemberinya.

Sedekah adalah perbuatan sukarela memberikan sebagian harta kita kepada orang yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan apa pun dari siapa pun selain nikmat Allah. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, sedekah adalah penyucian harta seperti air yang menghilangkan kotoran.

Manfaat pertama yang kita rasakan dari bersedekah adalah mensucikan hati dan membuat kita tetap ikhlas dalam beramal. Ketika kita memberi dengan ikhlas, kita menunjukkan bahwa harta duniawi bukanlah prioritas utama dalam hidup kita dan berusaha mendekatkan diri kepada Allah melalui amal shaleh tersebut.

Pidato Tentang Dbd

Selain itu, amal juga mempunyai pengaruh