Bk Singkatan Dari

Bk Singkatan Dari – Untuk membuat pengalaman Anda dengan Platform Inovatif Guru lebih nyaman, kami meminta Anda meluangkan waktu 5 menit untuk menyelesaikan survei dan memberikan masukan. Terima kasih.

Artikel ini memuat pengalaman penulis dalam memanfaatkan platform digital sebagai media inovatif BK yang digunakan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling yang bertujuan untuk mendorong literasi digital dan meningkatkan motivasi siswa dalam menggunakan platform digital.

Bk Singkatan Dari

SMAN 1 Sukagumiwang merupakan sekolah negeri yang terletak di perbatasan Jalan Raya Indermayu-Chirebon, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indermayu. Satu-satunya SMA Negeri di wilayah Indramayu yang terletak di dekat Pondok Pesantren Kadangpingan dibawah pimpinan Bui Siyakur Yasin ini mempunyai pengaruh keagamaan yang melekat pada sekolah tersebut. Letak geografis yang berada di dataran rendah dan agak jauh dari wilayah kota Indramayu mempengaruhi penghidupan penduduknya serta sosial budaya dan paradigma masyarakat sekitar. Rata-rata penduduknya bekerja sebagai petani, buruh tani, buruh migran, pedagang dan sebagian pekerja sektor publik/swasta lainnya. Hal ini juga mempengaruhi paradigma orang tua tentang pendidikan lanjutan, teknologi, dan kondisi perkembangan siswa.

Modul Evaluasi Bk

Perjalanan menjadi guru bimbingan dan konseling selama kurang lebih 6,5 tahun sejak tahun 2016 memberikan wawasan yang tiada henti untuk meningkatkan layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di sekolah. Sekolah ini mempunyai 3 orang guru bimbingan dan konseling yang bertugas menjaga 1081 siswa dalam 31 kelas. Saya ditugaskan untuk mengajar 316 siswa Kelas XII pada program IPA dan IPS, padahal salah satu tantangan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling untuk Kelas X dan XII adalah tidak adanya jam pelajaran klasik atau jam masuk sekolah, sehingga layanan orientasi fokus. Pada layanan lokasi grup dan individu. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan meminta guru mata pelajaran untuk memberikan layanan klasikal. Kemudian permasalahan selanjutnya adalah perbandingan jumlah siswa yang diajar dengan terbatasnya waktu layanan menjadi faktor yang mempengaruhi sulitnya menempatkan seluruh siswa agar mendapat layanan bimbingan dan konseling yang memadai. Persoalan lain yang menjadi tantangan bagi kami adalah karena guru BK mengubah pemahaman siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling, bahwa layanan bimbingan dan konseling bukan sekedar tentang siswa yang berjuang, bukan hanya sekedar memberi nasehat atau menulis surat/pernyataan mufakat mengenai suatu permasalahan. . adalah Sebagai koordinator bimbingan dan konseling, saya mencoba menerapkan berbagai inovasi dengan menggunakan layanan bimbingan dan konseling berbasis ICT. Inovasi tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mengakses layanan bimbingan dan konseling di mana saja dan kapan saja. Selain itu, tujuan khusus lainnya adalah untuk meningkatkan kreativitas, kolaborasi, dan keterampilan berpikir kritis siswa, khususnya literasi dan layanan digital yang diterapkan melalui pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan pendekatan pendidikan berbasis permainan. Motivasi saya adalah mengajak rekan-rekan agar membuat prestasi inovatif dalam hal media dan metode layanan untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi siswa.

Baca juga  Gerakan Tari Lagu Apuse Saat Lirik Arafabye Aswara Adalah

Menurut Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah, saat ini banyak tantangan dunia pendidikan yang perlu dihadapi guna mempersiapkan generasi emas Indonesia. Dalam kondisi persaingan global, arah pembelajaran masa depan di lembaga pendidikan adalah pemanfaatan teknologi. Sebab, dalam mendukung dan menyongsong Revolusi Industri 4.0 dan era kemajuan teknologi, kita semua harus go digital (Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, 2023). Hal inilah yang menjadi salah satu tantangan dan pendorong bagi penulis untuk mengembangkan digitalisasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Siswa masa kini membutuhkan keterampilan digital sebagai kompetensi untuk menghadapi beragam tantangan dunia industri setelah lulus SMA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan fokus pada pelatihan peningkatan kompetensi digital pendidikan praktik dalam berbagai program pelatihan tenaga pengajar. Digitalisasi adalah inti dari transformasi pendidikan modern. Transformasi pendidikan merupakan proses pembelajaran yang mendekatkan peserta didik pada kenyataan, menyajikan pengetahuan secara kritis dan reflektif, kemudian memposisikan guru sebagai fasilitator yang membimbing dan mendorong proses pembelajaran (Insia, 2018). Oleh karena itu, pendidik harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan arah dan kebutuhan keterampilan pendidikan di era Society 5.0. Selain itu, dan yang sama pentingnya, semangat program belajar mandiri adalah pengajaran yang berbeda. Kemendikbud sangat menyadari kebutuhan saat ini karena dengan memanfaatkan teknologi dapat mengakses dan mensosialisasikan kebijakan secara lebih luas serta menerapkan Kurikulum Merdeka melalui proses pembelajaran yang berdiferensiasi (Nita Angreni, Direktorat Pendidikan Dasar). Karna. Oleh karena itu, sebagai tenaga bimbingan dan konseling yang ingin terus berkembang, menyikapi program digitalisasi melalui hal-hal kecil yang dimulai dari inovasi teknologi khususnya pada bidang profesi yang diajarkan.

PENA merupakan akronim dari Proyek Narasi Bimbingan dan Konseling BK, yang dikembangkan dengan dukungan platform Google Sites, pembuat logo, YouTube, Canva, dan editor video. Ide tersebut kemudian dikembangkan, salah satunya dimulai dengan mencari solusi atas tidak adanya jam klasik guru orientasi dan konseling, sedangkan pemberian layanan orientasi harus tetap diberikan dengan baik. Harapannya, PENA BK dapat membantu mengadaptasi layanan bimbingan pribadi yang selama ini belum optimal, namun siswa tetap dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkannya berdasarkan penilaian yang dilakukan pada awal pembelajaran baru. Tahun ajaran dimana saja dan kapan saja. Website ini mempunyai beberapa subtema, selain sebagai sumber informasi juga menjadi wadah kreativitas mahasiswa dalam naungan panduan dan nasehat yang diterbitkan. Mengapa menjadi salah satu subtopik pengemasan karya siswa? Salah satu hal yang membuat Anda bangga ketika menciptakan sebuah karya adalah ketika karya Anda diapresiasi dan bermanfaat bagi orang lain. Website ini dirancang untuk menumbuhkan afirmasi positif siswa, memuji karyanya, dan mendorong siswa untuk lebih kreatif dalam menyebarkan kebaikan melalui media digital yang aksesnya tidak dibatasi oleh lokasi dan waktu.

Baca juga  Sebutkanlah Beberapa Penyebab Terjadinya Perubahan Dalam Ekosistem

Menu “Ensiklopedia” berisi informasi seputar dunia pendidikan, psikologi dan isu-isu terkini yang berkaitan dengan dunia pendidikan dan psikologi.

Yuk Kenal Lebih Dekat Bk Di Sekolah! Halaman 1

Menu Narcissus menampilkan hasil karya siswa dalam bimbingan dan konseling sebagai sarana berpikir kritis, kreativitas, dan pengembangan diri dalam bentuk media, konten video, poster, atau produk lain yang berasal dari layanan bimbingan dan konseling yang memberikan pelayanan terbaik kepada siswa. latihan. Dunia pendidikan. Contoh karya siswa antara lain kampanye menentang tiga dosa mematikan dalam pendidikan: intoleransi, anti kekerasan seksual, dan anti perundungan dalam format video.

Dalam menu ini siswa dapat mengakses berbagai pengalaman alumni SMAN 1 Sukagumiwang dalam hal perjuangan, prestasi, cerita dunia kampus, dunia kerja, dll untuk dijadikan motivasi dan inspirasi dalam pengembangan diri. Berkat ini, memberikan wadah bagi lulusan yang ingin berkontribusi dalam pengembangan sekolah.

Dari menu drop-down, mahasiswa dapat mengakses informasi mengenai eksplorasi karir, seperti informasi, tips perencanaan karir, dan penilaian terkait kesadaran diri perencanaan karir.

Menu ini memuat inovasi-inovasi penulis dalam bidang layanan bimbingan dan konseling, seperti: analisis media, konseling karir, konseling kreatif dengan menggunakan musik, dll.

Booklet Pkkmb Bk Fip Unj 2022

Karya inovatif penulis untuk analisis portofolio mandiri mahasiswa guna menunjang karir di bidangnya. Gambar diambil dari menu “Potongan” di website PENABK

Menu ini berisi tentang praktik terbaik penulis dalam mengembangkan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang inovatif dengan menggunakan berbagai pendekatan, metode dan media.

Siswa mengerjakan menu Narcissus dari website PENABK menggunakan poster dari platform Canva sebagai kampanye 3 dosa mematikan dalam pendidikan.

PENABK masih dalam pengembangan oleh penulis agar website ini dapat menjadi salah satu upaya mendukung digitalisasi sekolah. Selain itu dapat menjadi sumber inspirasi bagi rekan-rekan khususnya dalam pemberian layanan orientasi digital. Jadi sebagai solusinya, jika BK Ada guru yang mempunyai permasalahan yang sama, yaitu kurangnya kelas klasikal di sekolah. Dengan layanan bimbingan digital, kita dapat mengoptimalkan kemampuan dan kelebihan untuk meminimalisir keterbatasan guna mencapai perkembangan peserta didik yang optimal dengan pertumbuhan di era masyarakat 5.0. Selamat BK, yuk laksanakan program digitalisasi layanan BK di sekolah.

Baca juga  4 Pangkat 3

Booklet Bk Fest 2023

Buat akun gratis dengan Guru Inovatif. Buat akun Guru Inovatif gratis, berpartisipasi dalam pelatihan dan acara gratis, dan dapatkan sertifikat JP untuk membantu Anda memajukan karier Anda. Daftar untuk mendapatkan akun gratis

Pembelajaran matematika yang hanya menekankan pada penyajian isi, mempersulit pembentukan konsep dasar dan karakter matematika pada siswa. Hal ini berdampak pada kesalahan anak dalam mengartikan pembelajaran matematika. Situasi tersebut terjadi pada Kelas 7C SMP Negeri 2 Wuryantoro Semester Ganjil 2021/2022, khususnya pada materi “Perbandingan dengan skala subtopik”.

Tak heran jika kini banyak orang yang tertarik untuk mengajar sebagai guru, namun apakah bisa dipastikan mereka yang kuliah di fakultas keguruan memang benar-benar berniat menjadi guru? Saya teringat perkataan salah satu teman saya di kampus saat itu: “Menjadi guru tidak boleh menjadi sebuah cita-cita, karena apapun yang kita lakukan, kita harus menjadi guru, minimal guru bagi diri kita sendiri, guru bagi keluarga dan anak kita. , nanti kita datang lagi,” ucapnya. Ada benarnya kalimat ini setahu saya, tapi dalam konteks yang lebih dalam, mungkin yang dia maksud adalah guru dalam segala aspek kehidupan untuk kita pahami dan praktikkan. referensi sederhana, jika kita berbicara tentang guru dalam suatu lembaga, maka penting bagi kita untuk memiliki pemahaman yang baik tentang peran dan tanggung jawab seorang guru dalam suatu lembaga pendidikan.

Kisah Guru Mengapa Anda menjadi pembuat konten YouTube? mengapa tidak? Menyenangkan bukan jika menularkan ilmu dan mendapat bonus?

Bimbingan Konseling Penyuluan Islam Bagi Orang Dengan Hiv Aids (odha)

Kita sekarang hidup di era Revolusi Industri 4.0. Kita para tenaga pengajar yang mengepalai pendidikan nasional untuk mencerdaskan anak bangsa tentunya harus siap ikut serta dalam gerakan perubahan, karena taraf pendidikan tidak akan berubah jika guru tetap bertahan.

Siup singkatan dari, erp adalah singkatan dari, singkatan dari, erp singkatan dari, seo singkatan dari, vps adalah singkatan dari, arti dari bk, idp singkatan dari, singkatan dari toefl, hpv singkatan dari, crm singkatan dari, plat bk dari