Berilah Nama Senyawa Berikut

Berilah Nama Senyawa Berikut – Pembahasan Senyawa dengan struktur di atas merupakan senyawa turunan benzena dengan dua substituen. Penamaan benzena dengan dua substituen mengikuti aturan berikut: Awali nama benzena dengan nama primernya dengan menuliskan angka di depan gugus/substituennya. Penomoran dimulai dari satu substitusi ke substitusi terdekat. (1, 3), Pasangan (1, 4) untuk menunjukkan posisi dua gugus atau substituen pada cincin benzena. Jika benzena memiliki dua substituen, salah satunya dianggap sebagai kepala rantai utama, dan gugus lainnya dianggap sebagai gugus terkait atau substituen. Urutan preferensi gugus fungsi adalah sebagai berikut: − COOH , − SO 3 H , − C H O , − CN , − OH , − NH 2 , − R (alkil) , − NO 2 , − X (halogen) Dalam aturan ini , gugus − CH 3 dibandingkan dengan gugus − halogen Lebih disukai, pada gugus CH 3, dimulai dari gugus CH 3; − CH 3 dapat berupa gugus. Ini dianggap sebagai gugus utama dan gugus dan senyawa benzena Utama − CH 3 dinamai sebagai senyawa toluena. Jika senyawa induknya adalah toluena, maka gugus − Cl merupakan gugus bercabang pada atom C nomor 3. Karena itu, Nama struktur di atas adalah 3-chlorotoluene atau m-chlorotoluene. Karena itu, Struktur yang dimaksud dan nama senyawanya adalah 3-chlorotoluene atau m-chlorotoluene.

Senyawa dengan struktur di atas merupakan turunan benzena dengan dua substituen. Penamaan benzena dengan dua substituen mengikuti aturan berikut.

Berilah Nama Senyawa Berikut

Berdasarkan aturan tersebut, gugus alkil − CH 3 lebih disukai dibandingkan dengan gugus halogen − gugus Cl; Oleh karena itu, jumlah digit dimulai dari grup – CH 3; kedalaman:

Baca juga  Lagu Dengan Irama Gembira Biasanya Menggunakan Tanda Tempo

Catatan Guru Kimia: Kls 11 Ipa 3 Tugas Hari Ini:

Gugus A − CH 3 dapat dianggap sebagai gugus kepala, dan senyawa benzena dengan gugus kepala − CH 3 disebut senyawa toluena. Jika senyawa utamanya adalah toluena, maka gugus − Cl merupakan gugus bercabang pada nomor atom C 3. Karena itu, Nama struktur di atas adalah 3-chlorotoluene atau CH₂ − CH₂ − CH − CH₃ (2,3-Dimethylhexane)

2. – CH₃ – CH₂ – CH₂ – CH – CH₂ – CH₃ (4-etilheptana)

CH2−CH2−CH3

Pertama, tentukan rantai utama (mother chain), yaitu rantai atom karbon terpanjang; Kemudian hitung secara berurutan dari ujung yang paling dekat dengan perataan:

Tolong 1. Berilah Nama Nama Senyawa Berikut Sesuai

Jumlah metil alkil dalam struktur di atas adalah 2, Terletak di atom C nomor 2. dan nomor atom C 3. Oleh karena itu, metil alkil dengan 2 atom disebut Dimetil. Karena itu, Nama alkilena adalah:

⁵ CH₂ − ⁶ CH₂ − ⁷ CH₃

Kemudian tentukan jumlah alkil (cabang) yang dimiliki rantai utama. Alkiletil memiliki rumus molekul C2H5.

Jumlah etil alkil dalam struktur di atas adalah 1, Atom C terletak di nomor 4. Karena itu, Nama alkilena adalah:

Berilah Nama Senyawa Berikut Sesuai Dengan Iupac

Pertama, tentukan rantai utama (mother chain), yaitu rantai atom karbon terpanjang; Kemudian hitung secara berurutan dari ujung yang paling dekat dengan perataan:

¹ CH₃ − ² CH − ³ CH₂ − ⁴ CH₂ − ⁵ CH − ⁶ CH₂ − ⁷ CH₂ − ⁸ CH₃

Kemudian tentukan jumlah alkil (cabang) yang dimiliki rantai utama. Alkilmetil memiliki rumus molekul CH3 dan alkiletilena memiliki rumus molekul C2H5.

Baca juga  Mengapa Penggunaan Peta Pikiran Dapat

| |

Kumpulan Contoh Soal Tata Nama Senyawa

CH3

|

CH3

Jumlah alkil metil dalam struktur di atas adalah 1, Atom C terletak di nomor 2. Sementara itu, Jumlah etil alkil pada struktur di atas adalah 1 dan terletak pada nomor atom C 5.

Berilah Nama Struktur Senyawa Berikut

Sebuah pertanyaan kimia baru Posisi apa yang Anda gunakan untuk tidur jika Anda mengalami nyeri di leher bagian kiri? Informasi berikut diketahui. Senyawa I II III Massa Massa MN 3 g 4 g 6 g 4 g 12 g 4 g … Berdasarkan reaksi antara unsur M dan N di atas, dapat digambarkan perbandingan antara M dengan unsur ; Dalam senyawa, N adalah . . . . . 0,25 gram A bereaksi tepat dengan 0,625 gram senyawa B menghasilkan senyawa AB. 1,25 g massa unsur B … m unsur A diketahui …… Ar unsur X = 28 dan Y = 42 . Perbandingan unsur X dan Y terhadap unsur X dan Y adalah X3Y2. … … Perbandingan jumlah molekul gas X dengan gas Y adalah 2 : 5. Pembahasan Nama senyawa adalah 2,4-dikloronitrobenzena bila volume gas X adalah 25 liter gas Y. . Nomenklatur senyawa yang berasal dari benzena ditentukan oleh substituen dan derajat prioritas substituen. Aturan penamaan turunan benzena: Monosubstituen benzena Tata nama IUPAC untuk monosubstituen benzena diformulasikan sebagai: nama substituen + benzena. Selain nama IUPAC; Turunan benzena juga memiliki nama yang mudah sebagai berikut: Nomenklatur untuk turunan benzena yang mengandung dua atau lebih substituen: COOH > − SO 3 H > − CHO > − CN > − OH > − NH 2 ​ > − R > − NO 2 > − X adalah grup dengan prioritas lebih tinggi yang merupakan grup induk (menggunakan nama rantai induk). Dalam benzena dengan dua substituen; Jika substituennya terletak pada atom C nomor 1 dan 2; Jika substituennya terletak pada atom C nomor 1 dan 3; dan para (p); Jika substituennya terletak pada atom C nomor 1 dan 4; Karena senyawa yang dimaksud memiliki preferensi yang lebih tinggi terhadap gugus − NO 2 sebagai gugus utama. Penomoran atom C dimulai dengan atom C yang melekat pada gugus −NO2 dan berlanjut ke kanan (cabang terdekat). Senyawa yang berasal dari gugus alkana – NO 2 disebut nitrobenzena. – Nama senyawanya adalah 2,4-dikloronitrobenzena karena gugus Cl dihubungkan oleh atom karbon ke-2 dan ke-4.

Baca juga  Berikan Tanggapanmu Mengenai Seorang Siswa Yang Menghina Gurunya

Nomenklatur senyawa yang berasal dari benzena ditentukan oleh substituen dan derajat prioritas substituen. Aturan penamaan turunan benzena adalah:

Karena senyawa yang dimaksud memiliki preferensi yang lebih tinggi terhadap gugus − NO 2 sebagai gugus utama. Penomoran atom C dimulai dengan atom C yang melekat pada gugus −NO2 dan berlanjut ke kanan (cabang terdekat). Senyawa yang berasal dari gugus alkana – NO 2 disebut nitrobenzena.

Nama senyawa, nama senyawa tio2, rumus kimia berikut yang merupakan molekul senyawa adalah, tuliskan rumus kimia dari senyawa berikut, nama senyawa dalam kimia, nama nama unsur senyawa, tata nama senyawa kimia, tata nama senyawa, daftar nama senyawa, senyawa berikut ini yang bukan asam amino esensial adalah, nama senyawa cuso4, senyawa ion umumnya mempunyai sifat sifat berikut kecuali