Berikut Yang Bukan Merupakan Prinsip Demokrasi Dalam Islam Adalah

Berikut Yang Bukan Merupakan Prinsip Demokrasi Dalam Islam Adalah – Prinsip demokrasi dalam Islam disebutkan dalam berbagai ayat Al-Quran. Aturan ini juga diterapkan pada masa pemerintahan Khulafour Rashidin.

“Realitas dan prinsip demokrasi dalam Islam telah dianut sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Namun sejak itu prinsip tersebut tidak dilanjutkan di beberapa negara Islam,” tulis Dr HM Zainuddin, MA dalam artikel berjudul Islam dan Demokrasi.

Berikut Yang Bukan Merupakan Prinsip Demokrasi Dalam Islam Adalah

Artikel yang diunggah di website UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini menjelaskan tentang lima prinsip demokrasi dalam Islam. Penjelasan lengkap dengan ayat Al-Quran yang relevan, penjelasan,

Sikapi Kondisi Kepemimpinan Nasional Saat Ini, Civitas Akademika Unmuh Babel Deklarasi Seruan Kebangsaan

Prinsip ini menjelaskan bagaimana mengambil keputusan berdasarkan kesepakatan bersama, dengan mengutamakan kepentingan umum dibandingkan individu atau kelompok. Shura menjelaskan dalam ayat ini:

Artinya: “Dan (bagi orang-orang) yang menerima seruan Tuhannya dan menunaikan shalat, dan pekerjaan mereka (diputuskan) berdasarkan musyawarah di antara mereka; dan mereka menyia-nyiakan sebagian dari makanan yang Kami berikan kepada mereka.”

Artinya menerapkan hukum dalam berbagai bidang kehidupan agar adil dan masuk akal bagi semua orang. Ayat Alquran yang menjelaskan prinsip ini adalah:

Artinya: “Berbuatlah adil, karena keadilan itu dekat dengan kebenaran. Dan bertakwalah kepada Allah, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Koperasi Syariah: Pengertian, Prinsip, Peran, Dan Cara Kerjanya

Dan dia menulis

Arab Latin: wa qul āmantu bimā anzalallāhu ming kitāb, wa umirtu li`a’dila bainakum, Allahu Rabbunā wa Rabbukum, lanā a’mālūnā wa lakum a’mālukum, lā ḥujjata bainājwainaujma’wain,

Artinya: “Aku beriman kepada seluruh kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan untuk menjadi hakim di antara kamu. Allah adalah Tuhan kami dan Tuhanmu. Allah akan mempersatukan kita dan kepada-Nya (Kita) akan kembali.”

Baca juga  Sablon Termasuk Salah Satu Jenis Seni

Setiap orang yang terlibat dalam demokrasi wajib menjunjung tinggi kepercayaan yang mereka percayakan dalam perdebatan. Prinsip keimanan terdapat pada ayat 58 QS An-Nisa,

Pdf) Islam Dan Demokrasi

Artinya: “Sesungguhnya Allah memerintahkan kamu untuk menyampaikan risalah itu kepada orang-orang yang berhak menerimanya, dan (memerintahkan kamu) ketika kamu menghakimi di antara manusia maka kamu menilainya dengan adil.”

Hendaknya setiap umat Islam menyadari bahwa pangkat dan kekuasaan merupakan perintah yang wajib dijalankan. Orang-orang yang beriman wajib bertanggung jawab kepada Allah SWT dan orang-orang yang beriman kepada mereka. Nabi SAW menyebutkan prinsip tanggung jawab dalam hadisnya,

Kebebasan harus ditegakkan secara bertanggung jawab bagi umat Islam. Jangan biarkan kebebasan dibiarkan begitu saja sehingga merugikan lingkungan. Ayat berikut mengingatkan kita akan kebebasan dalam demokrasi,

Artinya: “Dan hendaklah di antara kamu ada sekelompok orang yang menyeru kepada kebajikan, memerintahkan kepada yang baik, dan melarang kepada yang munkar; mereka itu beruntung.”

Juris Vol. 12, No. 2 By Lk2 Fhui

Orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan Dia di atas kamu sekalian.

Arab Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū Aṭī’ullaha wa Aṭī’ur-rsūhla wa ulil-amri mingkum, fa in tanāza’tum fī syai`in fa ruddûhu ilallahhi war-rsūhl

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya) dan Ulil Amri di antara kamu. Jika kamu berselisih mengenai suatu hal, serahkan saja kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunnah).”

Dengan penjelasan ini, Islam dan demokrasi sebenarnya bisa berjalan bersama meski secara pengalaman berbeda. Islam adalah wahyu Allah SWT sedangkan demokrasi adalah hasil pemikiran manusia.

Merawat Keberagaman Untuk Menciptakan Kepemimpinan Yang Koloboratif Dan Progresif

Prinsip demokrasi dalam Islam menjamin hak dan kewajiban semua pihak dapat dipenuhi tanpa kecuali. Wallahu Alam Bish Shawabi.

Baca juga  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Lempar Cakram

Berikut ini yang bukan prinsip budaya demokrasi adalah, berikut yang bukan merupakan tindakan untuk menghemat energi listrik adalah, software berikut yang bukan merupakan internet browser adalah, berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembuatan reklame adalah, berikut ini yang bukan merupakan barang impor indonesia adalah, berikut yang bukan merupakan bahan kimia adalah, berikut yang bukan merupakan software komputer akuntansi adalah, berikut ini yang bukan merupakan aplikasi komputer akuntansi adalah, berikut yang bukan merupakan penyebab keberagaman masyarakat indonesia adalah, berikut ini bukan merupakan contoh asuransi adalah, berikut yang bukan merupakan media dalam pemasaran daring adalah, berikut ini yang bukan merupakan cara menangkap peluang usaha adalah