Berikan Contoh Implementasi Semangat Sumpah Pemuda Dalam Bidang Sosial Budaya

Berikan Contoh Implementasi Semangat Sumpah Pemuda Dalam Bidang Sosial Budaya – Isi dan makna Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memiliki makna yang sangat mendalam bagi sejarah bangsa Indonesia. Inilah penjelasannya.

Makna Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat mendalam bagi sejarah bangsa. Isi Sumpah Pemuda yang dicanangkan pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah janji untuk memiliki satu negara, satu bangsa, satu bahasa: Indonesia.

Berikan Contoh Implementasi Semangat Sumpah Pemuda Dalam Bidang Sosial Budaya

Sumpah Pemuda dilontarkan pada Kongres Pemuda Kedua pada 28 Oktober 1928. Namun dua tahun sebelumnya, seperti diungkapkan Sudiyo dalam bukunya

Dispendik Opd Simpkb16.jpg

Kongres Pemuda atau Youth High Density yang pertama ini dihadiri oleh perwakilan dari perkumpulan pemuda/pemuda antara lain Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Studerenden Minahasaers, Jong Bataks Bond, Theosofi Youth dan masih banyak lagi.

Tujuan kongres pemuda pertama, seperti dikutip dari Peranan Gedung Kramat Raya 106 dalam Melahirkan Sumpah Pemuda (1996) karya Mardanas Safwan antara lain untuk mencari jalan untuk mendukung salah satu perkumpulan pemuda. yaitu dengan membentuk suatu otoritas sentral dengan tujuan:

Namun kongres pemuda pertama berakhir tanpa hasil yang memuaskan semua pihak, karena masih ada perbedaan pendapat. Beberapa pertemuan lain kemudian diadakan untuk menemukan kesatuan pikiran. Maka disepakati kongres pemuda kedua akan segera dilaksanakan.

Lahirnya Janji Pemuda Kongres Pemuda Kedua dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia. Pada hari pertama kongres menempati Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik, sedangkan pada hari kedua kongres dilaksanakan di Gedung Oost Java (sekarang di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat).

Berita Madrasah Archives

Diantara tujuan II. kongres pemuda antara lain: (1) melahirkan aspirasi seluruh perkumpulan pemuda Indonesia, (2) membahas berbagai permasalahan gerakan pemuda Indonesia; dan (3) Meningkatkan kesadaran berbangsa dan memperkokoh persatuan Indonesia.

Kongres ini pesertanya lebih banyak dari kongres pertama, antara lain Persatuan Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, Katholikee Jongelingen Bond, Youth Il -Betawi , Sekar Rukun dan lainnya.

Ada juga beberapa perwakilan pemuda Tionghoa di Indonesia pada Kongres Pemuda Kedua, seperti Oey Kay Siang, John Lauw Tjoan Hok dan Tjio Djien Kwie, namun belum diketahui asal usul organisasi/asosiasinya.

Baca juga  Mengapa Pengaruh Iptek Dalam Era Globalisasi Sangat Besar

Bangunan tempat pembacaan Sumpah Pemuda ini nantinya merupakan rumah kost atau asrama mahasiswa milik seorang keturunan Tionghoa bernama Sie Kok Liong. Berlokasi di Jalan Kramat Raya 106, Jakarta Pusat, bangunan tersebut kini dilindungi sebagai Museum Janji Pemuda.

Selasa 3103 Jam 13 Kwargangraan Bab3 Antonius

Hadir pula Wage Rudolf Supratman yang memainkan lagu Indonesia Raya dengan senar biolanya pada Kongres Pemuda ke-2. Lagu kebangsaan Indonesia Raya juga pertama kali dinyanyikan dalam kongres ini oleh Dolly Salim yang tak lain adalah putri dari Haji Agus Salim.

Infografis SC Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. /Fuad Isi dan Makna Sumpah Pemuda Setelah menyelesaikan pawai panjang selama dua hari, pada tanggal 28 Oktober 1928, para peserta Kongres Pemuda ke-2 menyepakati perumusan tiga ikrar, yang kemudian disebut sebagai ikrar pemuda.

(2010), kongres pemuda kedua yang menghasilkan Persatuan Pemuda merupakan salah satu tahapan penting dalam sejarah bangsa Indonesia pada awal kesadaran berbangsa.

(2019) yang ditulis oleh Gun Gun Heryanto dkk mengungkapkan bahwa janji sebagai satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa merupakan janji yang sangat monumental bagi sejarah bangsa Indonesia.

Petinggi Bali Ikuti Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Ini Pesan Jokowi

Ikrar atau Sumpah Pemuda ini, yang dibacakan di arena Kongres Pemuda ke-2 dan dihadiri oleh para pemuda dari berbagai suku, agama, dan daerah, kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, 17 tahun kemudian…

Makna tersiratnya adalah peristiwa sejarah tersebut mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Janji Pemuda menunjukkan bahwa perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sesungguhnya dapat bersatu sebagai wujud dari Bhinneka Tunggal Ika yang artinya “berbeda-beda tetapi tetap”.

Sumpah Pemuda juga banyak mengandung nilai-nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sri Sudarmiyatun dalam buku berjudul

Nilai-nilai cinta tanah air, gotong royong, musyawarah mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerjasama, cinta damai dan tanggung jawab.

Memaknai Sumpah Pemuda Bagi Pelajar Di Era Milenial

Janji pemuda karenanya harus dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia saat ini untuk membawa negeri ini menuju perubahan yang lebih baik daripada terpecah menjadi pusaran konflik antar anak bangsa sendiri.

Komisi II DPR Selidiki KPU atas Kasus Kehilangan PRIMA di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Rabu, 15 Maret 2023 21:08 WIBINDONESIA: Perhatian Indonesia! Burundi memiliki 5 pemain yang bermain di Eropa, ada 49 pencetak gol di Premier League. Klik disini!

, Jakarta – Sumpah Pemuda merupakan gerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda Indonesia dengan ikrar satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Baca juga  Tembang Macapat Iku Ono

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut menambah semangat rakyat Indonesia, khususnya para pemuda untuk meneguhkan kemerdekaan NKRI.

Ppkn Kls 8 Worksheet

BACA JUGA: Hasil Lengkap Liga Champions: Liverpool dan Eintracht Frankfurt Tak Bisa Bertarung, Real Madrid dan Napoli Lolos ke Perempat Final!

BACA JUGA: Hasil Lengkap Timnas Inggris 2023: Leo/Daniel Bungkam Pasangan Malaysia, Fajar/Rian Bikin Anda Gairah

Sumpah Pemuda memiliki cerita sejarah dan tujuan yang sakral bagi bangsa Indonesia. Janji Pemuda adalah tekad dan semangat pemuda Indonesia untuk mendukung kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan asing.

Karena kisah inilah, Indonesia memperingati Hari Persatuan Pemuda setiap tanggal 28 Oktober. Hari istimewa dan bersejarah ketika para pemuda dan pemudi bergembira untuk memperoleh kemerdekaan pada tahun 1928.

Majalah Duta Rimba 98 Edisi September

Di sisi lain, isi sumpah pemuda tersebut mengandung makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia perlu mengetahui arti dari Janji Pemuda.

Nilai Janji Pemuda yang pertama adalah cinta tanah air dan bangsa. Mengapa? karena dalam sumpah pemuda yang dicanangkan pada tahun 1928 itu terkandung arti satu negara, satu bangsa dan satu bahasa yaitu bahasa indonesia.

Ini adalah wujud cinta tanah air Indonesia. Rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia berarti setiap warga negara Indonesia wajib setia dan bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Nilai cinta bangsa dan negara tidak lepas dari nilai rela berkorban dalam Janji Pemuda. Siap berkorban berarti ikhlas atau siap memberikan semua yang dimilikinya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Berikan Contoh Implementasi Semangat Sumpah Pemuda Dalam Bidang Sosial Budaya

Namun, kondisi ini bisa membuat Anda menderita. Hal itu juga terbukti memperkokoh persatuan dan kesatuan pemuda bangsa Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, semangat juang anak muda dalam acara Sumpah Pemuda melahirkan nilai rela berkorban demi kebaikan bangsa dan negara Indonesia.

Selain itu, Sumpah Pemuda juga mengandung nilai persatuan. Hal ini terlihat dari landasan Sumpah Pemuda yang dirumuskan dan dijanjikan oleh para pemuda dari berbagai daerah, suku, agama, hingga berbagai golongan.

Meski ada perbedaan, hal ini tidak menghalangi generasi muda untuk merasa bersatu. Terutama dalam persatuan bangsa Indonesia yang diwujudkan dalam perjuangan bersama melawan penjajah demi memperoleh kemerdekaan bangsa Indonesia.

Makna Dan Peran Sumpah Pemuda Bagi Anak Anak Generasi Milenial

Perjuangan ini mencerminkan sikap dan perilaku berserikat, khususnya bagi bangsa dan negara. Tanpa rasa persatuan seluruh pemuda bangsa Indonesia, akan sulit mengatasi penjajahan. Karena itulah Sumpah Pemuda juga mengandung nilai persatuan.

Nilai menerima dan menghargai perbedaan, artinya menerima dan menghormati seseorang yang dapat melakukan aktivitas di lingkungannya tanpa membedakan statusnya. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Baca juga  Kunci Jawaban Matematika Kelas 7

Meski berasal dari latar belakang yang berbeda, hal tersebut tidak mengurangi semangat pemuda Indonesia yang tetap bersatu dan menjunjung tinggi nilai persatuan untuk mencapai tujuan bersama.

Berbagai perbedaan latar belakang tersebut bukanlah suatu hal yang perlu diperdebatkan, tetapi harus saling diterima dan diapresiasi sebagai salah satu kekuatan bangsa Indonesia.

Majalah Manajemen_februari 2021

Artinya dalam janji sumpah pemuda dan dalam perjuangan pemuda merebut kemerdekaan Indonesia, mereka tidak mengutamakan kepentingannya sendiri atau kepentingan golongannya masing-masing.

Nilai semangat persaudaraan juga terdapat dalam Sumpah Pemuda. Hal ini didasarkan pada semangat kekeluargaan antar manusia. Semangat kekeluargaan terlihat dari sikap saling mencintai dan tanggung jawab satu sama lain.

Semangat persaudaraan di kalangan pemuda juga mengantarkan Indonesia menjadi satu bangsa, yaitu satu bangsa Indonesia. Oleh karena itu, perlu menjaga semangat persaudaraan antar warga negara Indonesia agar tidak terjadi perpecahan.

Gotong royong, atau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, merupakan budaya yang kuat di bangsa Indonesia.

Ucapan, Harapan, Dan Doa Jokowi Hingga Menteri Di Hari Sumpah Pemuda

Nilai gotong royong dan kerjasama, yaitu gotong royong dalam berbangsa dan bernegara. Dengan cara ini, tugas yang dilakukan dapat diselesaikan dengan benar dan cepat.

Gotong royong adalah salah satu usaha atau usaha bersama tanpa keterikatan atau mengharapkan imbalan.

Nilai gotong royong ini terdapat dalam Sumpah Pemuda, dimana para pemuda berjuang bahu membahu untuk kemerdekaan Indonesia.

Indonesia merdeka. pada akhirnya, gotong royong atau kerjasama ditunjukkan menjadi nilai yang kuat dalam mengejar tujuan yang sama selama sumpah pemuda.

Kabar Gembira! Pemprov Jatim Raih Penghargaan Implementasi Berakhlak Dari Founder Esq Group

Pertemuan yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta menghasilkan tiga isi sumpah pemuda, yaitu:

Video Berita Sorotan 5 Kandidat Timnas Indonesia U19 Piala Dunia U20 2021, Ada Bagas Kaffa

Enam + 01:34 VIDEO: Top 5 Tips PLN Mobile Proliga 2023 Seri Semarang, Cek Aksi Pemain Jakarta STIN BIN

Sitta+ 04:13 VIDEO: Jakarta Lavani Allo Bank mengalahkan Jakarta STIN BIN dalam pertarungan 4 set di Game Final Four PLN Mobile Proliga 2023

Refleksi Kinerja Kemenkuhmam Tahun 2022

Six + 08:29 VIDEO: Sorotan Final Four PLN Mobile Proliga 2023, Bandung BJB Tandamata mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron dalam 4 set

Six + 09:33 VIDEO: Laga Seru, Jakarta Lavani Allo Bank Kalahkan Jakarta Bhayangkara Presisi di Final Four PLN Mobile Proliga 2023

Sitta + VIDEO 08:35: Kalahkan BIN Jakarta, Fastron Pertamina Jakarta Jaga Harapan di Grand Final Proliga PLN Mobile 2023

Six + 02:03 VIDEO: 10 susunan pemain NBA teratas hari ini, termasuk permainan hebat Victor Oladipo

Koni Bengkayang Berangkatkan Cabor Futsal Lebih Awal Ikut Porprov Kalbar Ke 13

Jadwal Live Liga 1 BRI Kamis 16 Maret 2023: Persija vs PSIS dan Bali United vs Madura United di Indosiar dan

Globalisasi dalam bidang sosial budaya, pengertian bidang sosial budaya, contoh kerjasama asean di bidang sosial budaya, contoh bidang sosial budaya, cerpen semangat sumpah pemuda, implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sosial budaya, semangat dan komitmen sumpah pemuda, bidang sosial budaya, implementasi pancasila dalam bidang sosial budaya, contoh globalisasi di bidang sosial budaya, implementasi wawasan nusantara dalam bidang sosial budaya, implementasi sistem sosial budaya indonesia