Batas Laut Papua

Batas Laut Papua – JAKARTA, – Batas laut Indonesia dengan 10 negara tetangga belum ditentukan. Penentuan batas laut memerlukan persetujuan negara yang bersangkutan sehingga memerlukan waktu yang tidak sedikit. Perjanjian perbatasan harus dinegosiasikan dengan sangat hati-hati, karena setelah perjanjian tersebut disetujui secara resmi, perjanjian tersebut berlaku selamanya dan tidak dapat diubah.

Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) tahun 1982 mengatur tiga jenis batas maritim, yaitu laut teritorial, landas kontinen, dan zona ekonomi eksklusif (ZEE). Negara mempunyai hak untuk mengklaim laut teritorial yang berjarak 12 mil laut dari garis pangkal. Selain itu, negara berhak mengklaim wilayah selebar 200 mil laut dari garis pangkal, yang meliputi permukaan laut (ZEE) dan dasar laut (landas kontinen).

Batas Laut Papua

Di wilayah laut yang diklaim, negara mempunyai hak atas sumber daya alam dan kebebasan navigasi. Kementerian Kelautan dan Perikanan menangani sumber daya regional ZEE, termasuk perikanan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menangani sumber daya wilayah landas kontinen yang juga mencakup sumber daya mineral.

Letak Dan Luas Indonesia Materi Ips Kelas 7 Kurikulum Ppt Download

Wilayah laut teritorial 12 mil laut dari garis pangkal yang berhak diklaim Indonesia tumpang tindih dengan empat negara yang mempunyai klaim yang sama atas wilayah tersebut. Keempat negara tersebut adalah Malaysia, Singapura, Papua Nugini, dan Timor Timur.

Wilayah ZEE dan landas kontinen selebar 200 mil laut dari garis pangkal yang berhak diklaim Indonesia saat ini berkonflik dengan klaim sembilan negara tetangga yakni Australia, Filipina, India, Malaysia, Palau, dan Papua Nugini. Guinea. , Thailand, Timor Timur dan Vietnam.

Ilustrasi kapal di dermaga kargo curah Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta yang dioperasikan oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), pada Selasa (19/02/2019).

Baca juga  Orang Yang Berijtihad Disebut

Hingga Januari 2019, data Kementerian Luar Negeri Indonesia menunjukkan 55,88 persen dari seluruh batas laut teritorial Indonesia belum terselesaikan. Selain itu, 45,35 persen panjang batas ZEE dan 29,22 persen panjang batas landas kontinen tidak terisi.

Wilayah Kota Merauke Berbatasan Dengan Papua Nugini

Wilayah laut sepanjang 12 mil laut yang berhak diklaim Indonesia tumpang tindih dengan empat negara, yakni Malaysia, Singapura, Papua Nugini, dan Timor Timur.

Sejak tahun 1969, Indonesia telah menandatangani 18 perjanjian perbatasan dengan delapan negara tetangga, yang sebagian besar mencakup landas kontinen atau dasar laut karena negara tidak ingin timbul konflik terkait ekstraksi minyak.

Dulu, nelayan biasanya hanya bekerja di laut teritorial dan jarang masuk ZEE. Nelayan kini dapat menjangkau wilayah laut yang lebih jauh dari daratan, sehingga wilayah yang tumpang tindih dengan persyaratan ZEE harus diselesaikan lebih cepat. Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia merupakan negara yang paling produktif dalam menyelesaikan permasalahan perbatasan.

Dalam merundingkan perjanjian perbatasan maritim, Indonesia memperhitungkan jumlah sumber daya yang ada di kawasan, seperti minyak, ikan, dan juga navigasi. “Setelah mengumpulkan informasi itu, kami akan usulkan garis batas yang bisa diperjelas secara hukum. Misalnya, kalau sumber daya kita tidak banyak, kita tidak perlu terlalu keras (memperjuangkan hak wilayah kita)”, kata Damos, Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri Agusman ditemui, Senin (5/6/2019) di kantornya di Jakarta.

Solution: Camscanner 08 30 2022 00 14 2

Di wilayah yang batas maritimnya tidak jelas, terutama di wilayah yang klaim wilayahnya tumpang tindih antar negara, kebingungan pengelolaan sumber daya dapat timbul di antara negara-negara yang terlibat. Penegakan hukum akan lebih mudah diterapkan jika batas laut sudah jelas.

Kita (Indonesia) punya cadangan minyak di wilayah perbatasan. Kalau perbatasannya jelas, kita akan lebih aman dan nyaman beraktivitas di sana. ,” kata Damos.

“Kami juga lebih mudah menegakkan hukum untuk hal-hal seperti kejahatan internasional dan perdagangan manusia karena yurisdiksinya jelas. Di wilayah yang perbatasannya tidak jelas, yurisdiksinya juga tidak jelas,” lanjut Damos.

Baca juga  Penyajian Sayur Sop Dapat Dilakukan Dengan Menggunakan

Namun, tidak terjadi keributan di semua wilayah yang batas lautnya tidak jelas. Misalnya, Indonesia belum memiliki perjanjian perbatasan maritim dengan Timor Timur, namun tidak pernah mengalami konflik dengannya. Sengketa perbatasan laut juga jarang terjadi di Filipina.

Letak, Luas Dan Batas Wilayah Indonesia

Hikmahanto Juwana, guru besar hukum internasional Universitas Indonesia, menekankan pentingnya negosiasi dan implementasi perjanjian sementara antar negara dengan klaim maritim yang tumpang tindih. Peraturan ini misalnya dapat mengatur bagaimana sumber daya wilayah laut dimanfaatkan.

Hikmahanto mencontohkan, misalnya, Indonesia dan Vietnam masih belum memiliki perjanjian perbatasan zona ekonomi atau peraturan sementara yang mengatur kegiatan di wilayah yang tumpang tindih. Akibatnya, nelayan Vietnam bisa menangkap ikan di wilayah yang tumpang tindih dan dianggap penangkapan ikan ilegal oleh pihak berwenang Indonesia. Justru sebaliknya, katanya.

Dalam klaim yang tumpang tindih ini, kedua pihak berwenang mengklaim bahwa mereka mempunyai hak untuk melindungi wilayah atau aktivitas penangkapan ikan mereka. KRI Tjiptadi-381 TNI Angkatan Laut menganggap dirinya berwenang untuk menangkap kepala nelayan Vietnam. Namun di sisi lain, pihak berwenang Vietnam menemukan kapal penjaga pantai Vietnam (yang mengawal kapal penangkap ikan Vietnam) bahwa KRI Tjiptadi-381 tidak memiliki bukti. kewenangan penangkapan “Kemudian pada Sabtu (27/04/2019) terjadi tabrakan antara kapal TNI AL KRI Tjiptadi-381 dengan kapal Penjaga Pantai Vietnam di Laut Natuna Utara,” Hikmahanto.

Ia menambahkan, dalam hukum internasional, agresi dianggap dilakukan oleh pihak yang menyerang terlebih dahulu, tanpa memandang siapa yang benar atau salah. Kementerian Luar Negeri Indonesia mengajukan protes kepada pemerintah Vietnam atas kejadian tersebut.

Kondisi Geografis Pulau Nusa Tenggara Berdasarkan Peta, Materi Kelas 5 Sd

Pada Sabtu (4/5/2019), total 13 kapal Vietnam pencuri ikan di perairan Indonesia ditenggelamkan di perairan Pulau Datu, Kalimantan Barat.

Baca juga  Kelompok Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Akar Tinggal Adalah

Protes tersebut bukan mengenai pelanggaran yang dilakukan oleh kapal ikan Vietnam dan kapal pemerintah yang memasuki zona ekonomi eksklusif Indonesia, mengingat wilayah tersebut masih dalam sengketa. Protes tersebut adalah tentang bagaimana penjaga pantai Vietnam ingin menghentikan KRI Tjiptad 381 dengan cara menabrak, Hikmahanto mengatakan, kasus kapal ikan Tiongkok yang masuk ke perairan Laut Natuna Utara menimbulkan ketegangan hubungan negara panda dengan Indonesia di zona ekonomi eksklusif (ZEE).

Sebagai negara yang tidak memiliki daratan, sebagian besar batas wilayah Indonesia terletak di lautan. Perjanjian batas laut ini diatur dalam Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS) tahun 1982. Ada tiga jenis batas laut yang diatur dalam hukum laut internasional.

Batas pertama adalah laut teritorial, berukuran 12 mil laut dari garis pangkal pulau. Di bidang ini, Indonesia berdaulat penuh (

Tata Ruang Sebagai Instrument Spatial Penegasan Kesiapan Implementasi Redd+ Di Papua

Selanjutnya, panggung daratan. Wilayah ini terdiri atas dasar laut dan daratan di bawahnya yang merupakan perpanjangan laut teritorial sampai dengan 200 mil laut dari garis pangkal pulau. Indonesia hanya mempunyai hak berdaulat (

) untuk eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral di wilayah tersebut. Namun pemanfaatan landas kontinen oleh negara lain harus sesuai dengan izin Indonesia. Negara-negara yang berbatasan laut dengan india antara lain India, Thailand, Malaysia, Vietnam, Australia, dan Papua Nugini.

Kategori ketiga adalah zona ekonomi eksklusif (ZEE) yang berukuran 200 mil laut dari garis pangkal pulau. Sama halnya dengan landas kontinen, Indonesia hanya mempunyai hak kedaulatan di wilayah tersebut untuk melakukan eksplorasi, pemanfaatan, dan konservasi sumber daya alam khususnya perikanan. Filipina dan Australia berbagi zona ekonomi eksklusif dengan Indonesia.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui kebijakan privasi kami. Anda dapat berhenti berlangganan buletin kapan saja melalui halaman kontak kami.

Peta Provinsi Baru Di Papua: Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan

Batas negara papua nugini, peta batas laut indonesia, batas laut internasional, batas wilayah laut zee, batas laut, batas laut indonesia, batas laut teritorial, laut papua, batas wilayah papua barat, batas wilayah laut, batas wilayah papua nugini, batas laut teritorial indonesia