Batas Daratan Utara

Batas Daratan Utara – Tahukah Anda seberapa besar Indonesia? Pengertian Indonesia dengan batas wilayah baik darat, laut, dan udara pada artikel geografi kelas 11 berikut ini.

Bagaimana jika mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia Ibu Susi Pujiastudi ingin menenggelamkan kapal pencuri ikan dari negara lain yang melintasi perbatasan kita? Selain itu, penangkapan ikan juga merupakan tindakan mencuri

Batas Daratan Utara

Dilarang oleh undang-undang, secara teritorial tidak ada larangan mengambil ikan tanpa izin dan memasuki kedaulatan negara kita.

Kelas09_ips_sanusi Jono Juli Mohammad By S. Van Selagan

Yuk kenali batas negara kita agar bisa lebih mencintai dan mengenal negara Indonesia tercinta ini.

Tahukah Anda kalau Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia? Menurut Badan Informasi Geospasial, Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 5.180.053 km2 dan terdiri dari 17.499 pulau. Dari total luas wilayah tersebut, wilayah perairan Indonesia seluas 3.157.483 km2, dan wilayah daratan sekitar 1.922.570 km2. Secara geografis, Indonesia berbatasan dengan banyak negara baik di darat maupun di laut.

Sesuai UU no. 43 Tahun 2008 menegaskan bahwa wilayah negara Indonesia meliputi daratan, wilayah perairan, dasar laut dan daratan di bawahnya, serta wilayah udara di atasnya, dan segala sumber daya yang terkandung di dalamnya. Dengan adanya demarkasi batas-batas hukum tersebut, tampaknya akan mengurangi berbagai jenis pelanggaran, seperti masuknya orang asing secara tidak sah ke wilayah Indonesia.

Dalam menentukan batas maritim Indonesia, kami menggunakan metode penarikan garis dari bagian terendah pantai saat air surut beberapa mil ke belakang. Terdapat beberapa pembagian dalam wilayah laut ini antara lain sebagai berikut.

Baca juga  Sendang Sani Iku Papane Ono Ing Wewengkon Tlatah

Selayang Pandang Provinsi Baru

Laut teritorial adalah batas laut yang terbentang sepanjang 12 mil (19,3 km) ke arah laut lepas. Garis pangkal yang dimaksud adalah garis yang ditarik di pantai pada saat air pasang. Batasan wilayah menjadikan wilayah maritim Indonesia menjadi satu kesatuan saat ini. Perairan antar pulau bukan lagi laut terbuka sehingga kapal asing tidak bisa leluasa masuk dan keluar wilayah Indonesia.

Apabila kedua negara menguasai laut yang lebarnya kurang dari 24 mil, maka cara menentukan wilayah teritorial kedua negara adalah dengan menarik garis yang berjarak sama dari pantai luar.

Dalam batas laut teritorial ini, Indonesia mempunyai hak berdaulat penuh. Negara lain boleh berenang di kawasan ini dengan izin dari pemerintah Indonesia.

Landas kontinen merupakan perpanjangan benua yang terendam air laut. Batas landas kontinen diukur pada kedalaman 200 meter di bawah permukaan laut. Namun, jika landas kontinen sangat landai, maka batasnya akan diukur 200 mil dari pantai.

Peta Baru China: Mengapa Aksi China Menuai Kontroversi, Dan Haruskah Indonesia Khawatir?

Oleh karena itu, pada zona laut ini wilayah laut dangkal pada kedalaman 200 m merupakan bagian dari negara. Batas landas kontinen diukur keluar dari pantai, jarak terjauhnya adalah 200 mil.

Negara dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada di benua negaranya. Pemerintah mempunyai hak dan wewenang untuk menggunakan ikan atau produk tambang dengan menghormati dan tidak melanggar jalur pelayaran internasional.

Zona Ekonomi Eksklusif, atau ZEE, adalah hamparan laut sepanjang 200 mil yang diukur dari dasar garis pantai pulau terluar hingga laut lepas. Apabila ZEE suatu negara bertumpang tindih dengan ZEE negara lain, maka ZEE tersebut ditentukan melalui perundingan antara kedua negara dan dibagi rata.

Baca juga  Gambar Dibawah Ini Merupakan Hasil Gambar Dengan Teknik

Di ZEE, masing-masing negara mempunyai hak untuk melakukan eksplorasi, eksploitasi, dan pengembangan seluruh sumber daya alam hayati dan non hayati yang ada di permukaan dan di dasar laut untuk kepentingan negara. Sedangkan negara lain mempunyai kebebasan navigasi dan pemasangan kabel atau pipa bawah laut.

Benua Semuanya Master

Terkait aktivitas Indonesia di ZEE, sudah ada UU No. Pasal 5 Tahun 1983 mengatur tentang ZEE. Di ZEE, Indonesia mempunyai hak untuk:

Perbatasan darat adalah perbatasan langsung suatu negara dan wilayah lain yang terletak di darat. Batasan tersebut dapat berupa fitur geografis seperti hutan, pegunungan, dan wilayah daratan lainnya yang tidak dapat diakses berdasarkan perjanjian negara yang berbatasan atau tidak.

Indonesia mempunyai perbatasan darat langsung dengan 3 negara, yaitu Papua Nugini (berbatasan dengan provinsi Papua), Timor-Leste (berbatasan dengan provinsi Nusa Tenggara Timur) dan Malaysia (berbatasan dengan provinsi Kalimantan Barat dan Timur).

Batas udara suatu negara terbagi menjadi 2, yaitu batas horizontal dan vertikal. Batas-batas ini ditentukan oleh klaim masing-masing negara dan mudah untuk dilanggar karena sulit untuk dipelihara dan mahal untuk dipelihara. Penentuan batasannya juga dipengaruhi oleh potensi penerapannya, seperti satelit penerbangan, komunikasi, dan cuaca.

Batas Wilayah Jepang Sebelah Barat, Utara, Timur, Dan Selatan, Apa Saja?

Berdasarkan Konvensi Chicago (1944) tentang Penerbangan Sipil dan Perjanjian Luar Angkasa (1967) tentang Pengelolaan Luar Angkasa, batas udara vertikal negara tersebut belum ditentukan, melainkan berada pada ketinggian 110-130 km.

Wilayah udara horizontal Indonesia meliputi wilayah yang sama dengan daratan Indonesia dan wilayah laut Indonesia.

Bagaimana, anda sudah memahami penjelasan di atas mengenai penyebaran dan pembagian batas wilayah di Indonesia bukan? Mengapa Anda harus mengetahui topik ini? Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik dan tentunya calon pemimpin negara harus benar-benar mengetahui hal ini sebagai upaya menjaga kedaulatan wilayah NKRI!

Baca juga  Indonesia Menganut Politik Luar Negeri Bebas Aktif Jelaskan

Sangat disayangkan wilayah kita dan sumber dayanya dieksploitasi secara bebas oleh pihak asing karena kurangnya pengetahuan dan kecerdasan. Untuk lebih memahami informasi tentang batas wilayah Indonesia, buka ruang baca untuk menonton video selengkapnya!

Tolong Jwb Nomer 2 Saja Tq, Utk Yg Tlh Cb

Penulis konten dan eksekusi konten. Saya harap tulisan saya bagus dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! : D

Batas utara benua afrika, batas daratan negara indonesia, batas utara benua eropa, batas batas wilayah daratan indonesia, batas utara benua asia, batas wilayah daratan, batas wilayah sulawesi utara, batas utara negara vietnam, batas utara, batas wilayah utara indonesia, batas daratan, batas daratan indonesia