Bahan Dan Alat Yang Digunakan Untuk Membuat Replika Monas Adalah

Bahan Dan Alat Yang Digunakan Untuk Membuat Replika Monas Adalah – Tema kali ini adalah Miniatur Rumah Sederhana yang terbuat dari karton bekas. Artikel ini akan berusaha memberikan panduan lengkap dan detail yang bisa Anda ikuti hingga mendapatkan hasil seperti pada gambar di atas.

Alasan diambilnya model rumah minimalis ini sebagai acuan pembuatan model miniatur rumah adalah karena model rumah minimalis ini terlihat sangat menarik dan mempunyai pola desain yang elegan. Sedangkan prosesnya sendiri cukup mudah bagi siapa saja yang ingin mempelajari cara membuat miniatur rumah dari karton.

Bahan Dan Alat Yang Digunakan Untuk Membuat Replika Monas Adalah

Mari kita mulai proses pembuatan miniatur rumah sederhana dari bahan karton. Pertama, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Jual Mainan Perkakas Anak Simulasi Pertukangan Yichi Hardwar Tool Toy Replika Alat Reparasi Bahan Yang Aman Pengembangan Kemampuan

3. Muka sebelah kiri miniatur berukuran tinggi 9 cm dan panjang 8,5 cm. Untuk lubang jendela yaitu 3cm x 3cm.

4. Bagian kanan atau depan miniatur berbentuk prisma. Tinggi di sebelah kiri 12cm dan kanan 9cm dengan panjang 9cm. Terdapat 3 lubang jendela dengan dimensi masing-masing 3cm x 1,3cm.

5. Miniatur dinding sebelah kiri, tinggi 9cm dan panjang 12cm. Dengan lubang jendela 3cm x 3cm.

6. Miniatur dinding sebelah kanan berukuran tinggi 9cm dan panjang 16cm. Dengan 2 lubang jendela dengan dimensi 3cm x 3cm.

Menilik Kerumitan Proses Pembuatan Film

7. Dinding samping depan pintu masuk dan juga dinding pembatas ruangan berukuran tinggi 12cm dan panjang 16cm. Lalu, bagian yang digunakan sebagai dinding luar di depan pintu adalah 3,9 cm.

8. Miniatur dinding belakang berukuran panjang 17,5 cm dan tinggi 9 cm. Dari sisi kanan panjangnya 8,5 cm dan tingginya ditambah 3 cm.

10. Gunakan kertas HVS berwarna putih untuk menutupi bagian luar semua potongan yang Anda buat. Oleskan lem secara merata pada permukaannya hingga ditutup dengan kertas HVS putih.

11. Tutupi rongga-rongga yang biasa ada dengan karton. Buatlah selembar kertas hitam untuk menutup lubang, sesuaikan ukurannya dengan ketebalan lubang. Anda juga menambahkan tampilan bingkai jendela dengan kertas yang sama, silakan sesuaikan ketebalan atau lebar bingkai dan panjangnya. Ulangi untuk seluruh lubang jendela di sisi lainnya.

Baca juga  Ilustrasi Contoh Pada Kriteria Kelompok Berdasarkan Perilaku

Ide Produk Kerajinan Bahan Keras Untuk Dekorasi

12. Gunakan plastik mika untuk menutup lubang jendela. Jadi tampilannya akan mirip kaca transparan. Instal secara internal.

13. Anda juga bisa melengkapi dekorasi jendela, seperti apakah jendela tersebut akan memiliki bingkai dinding atau kisi-kisi di tengah jendela. Seperti 2 grid, atau jumlah lainnya.

14. Gunakan kertas hitam dengan tinggi 4,7 cm dan lebar 2,4 cm untuk pintu. Nantinya ini akan ditempel pada dinding pembatas ruangan.

15. Pada tahap ini, sebaiknya buatlah terlebih dahulu selapis kertas HVS berwarna putih pada lembaran dari tahap nomor 7 diatas. Cukup untuk menutupi lapisan selebar 3,9 cm. Kemudian tempelkan pintu tersebut dengan lembaran kertas hitam yang dibuat pada proses nomor 14 di atas. Ingatlah bahwa Anda harus memberi jarak antara pintu dan garis dasar tangga.

Kreatif, Wanita Ini Buat Mainan Replika Alat Rumah Tangga Dari Kardus

17. Untuk bagian alas panjangnya total 17,5 cm dan panjang bagian depannya dibagi 2 yaitu 8,5 cm dan 9 cm dengan bentuk sudut 3,8 cm. Lebar sisi kiri 12,5 cm dan sisi kanan 16,4 cm.

Agar pondasi cukup kuat, sebaiknya tambahkan 4 lapis dengan ukuran yang sama. Dan gabungkan dengan lem. Fondasi bangunan akan mempunyai ketebalan yang cukup kuat.

18. Mulailah proses persiapan setiap bagian. Anda bisa memulai dari sisi mana pun. Gunakan lem untuk mengencangkan semua sisi secara tegak lurus pada suhu 90°.

19. Setelah semua sisi bangunan terpasang. Tahap selanjutnya adalah penambahan tangga. Untuk pondasi pertama anak tangga mempunyai panjang alas 9,5 cm dan lebar 5 cm. Maka jarak antar anak tangga selebar 3 mm. Dengan total 5 langkah.

Mihing Tinggal Kenangan

20. Sebelum menggabungkan semua langkah, buatlah lapisan untuk menutupi rongga karton, sesuaikan ketebalan dan panjangnya. Jangan lupa untuk melapisi bagian atas tangga dengan warna hitam untuk menonjolkan warna lantai.

21. Sebaiknya tambahkan juga aksesoris dekoratif seperti alas tiang dan penutup jendela yang menyerupai bentuk atap di atas jendela untuk menambah daya tarik miniatur rumah yang Anda buat. Sekaligus menutup sambungan antara dasar bangunan dan dinding bangunan.

22. Proses penambahan hiasan penutup jendela, penempatan alas pada setiap sisi alas bangunan untuk menutupi lapisan antara alas dan dinding bangunan.

24. Untuk atap sisi kiri, bagian depan 10,7 cm dan bagian samping 17,9 cm. Atap sebelah kanan memiliki ukuran sedikit lebih besar dengan bagian depan 13,6 cm dan samping 19,8 cm.

Rangkuman Materi Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah Prakarya Kelas 7

Dan hasil akhir dari keseluruhan proses pembuatan miniatur rumah dari karton tampak seperti gambar dibawah ini.

Baca juga  Cara Menjaga Tumbuhan Dan Hewan Di Sekitar Agar Tetap Sehat

Anda mungkin juga tertarik untuk membaca artikel yang sama yaitu DIY cara membuat miniatur masjid dari karton dan artikel tentang miniatur masjid dari pecahan kaca yang dapat dilihat di link ini, Jakarta Bagi Anda yang menyukai aktivitas buatan tangan, Pembuatan. miniatur rumah merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan seperti ini dapat melatih kreativitas otak. Mungkin kegiatan membuat miniatur rumah sering dilakukan oleh para desainer interior atau arsitek.

Namun siapa pun bisa mencoba membuat miniatur rumah. Miniatur rumah bisa dibuat dari bahan yang berbeda-beda. Bahkan bahan bekas seperti karton. Bahan-bahan tersebut tentu sangat mudah ditemukan.

Membangun miniatur rumah karton dari awal sepertinya merupakan proyek besar bagi pemula, namun dengan template yang bagus dan denah yang tepat dapat membuat pembuatan miniatur rumah dari karton menjadi lebih mudah.

Buku Cara Membuat Replika Makanan Dan Minuman Dari Lilin, Buku & Alat Tulis, Buku Di Carousell

Cara membuat miniatur rumah dari karton cukup sederhana dan murah. Dengan menggunakan karton yang biasa digunakan di rumah, Anda bisa memiliki miniatur rumah yang terlihat realistis hanya dalam beberapa jam. Membuat miniatur rumah seperti itu merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Di sini Anda juga dapat meningkatkan kesabaran dan ketelitian saat merakit dan merekatkan.

Nah, jika Anda penasaran bagaimana cara membuat miniatur rumah dari karton, simak langkah-langkah cara membuat miniatur rumah dari karton yang berhasil, seperti dilansir E Kiel, Senin (18/3/2019).

Untuk membuat miniatur rumah dari karton, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat ini mudah ditemukan di sekitar Anda dan harganya pasti murah. Alat dan bahan tersebut antara lain:

Kardus Lembaran, pilihlah karton yang tebal dan kaku agar miniatur rumah yang dihasilkan dapat berdiri kokoh dan tidak melemah.

Projek Kelas 1 [rumah Betang]

Catnya, bisa menggunakan cat air, akrilik atau cat apa saja yang sesuai dengan tekstur karton. Siapkan beberapa warna untuk atap, dinding dan pintu ya.

Buatlah template untuk model rumah yang akan Anda bangun. Gambarlah denah rumah satu per satu di atas kertas, lalu buatlah dengan skala yang benar di karton yang telah disiapkan sebelumnya. Pola ini juga mencakup pintu, jendela, cerobong asap, dan detail lain yang perlu dipotong di karton.

Jika Anda membutuhkan referensi atau contekan pola, Anda bisa mencarinya di Internet. Template miniatur rumah seperti ini sudah banyak tersedia dan dapat diakses secara gratis di internet.

Anda bisa menentukan sendiri seberapa besar dan kecil ukuran miniatur rumah Anda. Gunakan penggaris untuk mengukur detail pola Anda.

Alat Dan Bahan Plta

Gunakan penggaris dan pisau untuk mulai memotong potongan rumah dari karton. Penggaris digunakan agar potongan terlihat rapi. Anda mungkin perlu menggunakan beberapa jenis pisau untuk memotong karton secara efektif. Jangan lupa untuk memotong pintu dan jendela.

Baca juga  Pelepasan Merupakan Tahap Yang Menentukan Dari Hasil

Cara membuat miniatur rumah dari karton selanjutnya adalah dengan memulainya dari potongan-potongan rumah kardus tersebut. Rekatkan bagian samping dan atap rumah dengan lem yang sudah disiapkan sebelumnya. Pasangkan atap pada badan rumah dengan rapi dan teratur.

Lapisi setiap tepi sambungan karton dengan lem, lalu pegang sambungan tersebut dengan tangan dan tahan selama satu menit, agar lem menempel sempurna.

Lapisi miniatur rumah karton dengan sealer atau cat putih, biarkan hingga benar-benar kering. Setelah kering, mulailah mengecat sisi-sisi miniatur rumah karton.

Macam Macam Teknik Pembuatan Patung, Bahan, Dan Alat Yang Dipakai

Anda juga bisa memberi efek batu bata pada dinding dengan mengecat potongan persegi kecil berwarna coklat. Untuk bagian atap, Anda bisa memberikan efek ubin kotak-kotak dengan mengecatnya agar terlihat seperti genteng.

Guntinglah detail pola pintu dan jendela yang telah dibuat dan tempelkan pada struktur miniatur rumah kardus.

Potongan-potongan ini dapat mencakup pintu, jendela, daun jendela, dinding atau detail lainnya. Anda juga bisa mengecat potongan dengan hiasan tertentu untuk menciptakan kesan sederhana atau elegan. Rekatkan keduanya untuk membentuk pintu dan jendela yang dapat dibuka dan ditutup secara fleksibel.

Setelah semuanya terpasang, Anda selesai membuat miniatur rumah. Anda bisa menambahkan dekorasi lain seperti bunga atau tanaman herbal dari karton.

Bonsai Dari Koran Bekas

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp Nomor Cek Fakta 0811 9787 670 cukup dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

8 Momen Maskulin di Oscar 2024: John Cena Nude, Gaun Emma Stone Rusak, dan Pro Kontra Sikap Robert Downey Jr

Hasil BRI Liga 1 Persib vs Persija: David da Silva 2 Gol, Pangeran Biru menambah derita Macan Kemayoran, Jakarta Miniatur rumah merupakan replika kecil dari sebuah rumah yang dibuat secara proporsional dengan detail yang sangat mirip dengan rumah aslinya. Cara membuat miniatur rumah bisa menggunakan berbagai bahan seperti karton dan es batang yang mudah didapat dan diolah menjadi miniatur rumah.

Miniatur rumah sering dijadikan sebagai hiasan rumah, koleksi pribadi atau sebagai mainan anak. Cara membuat miniatur rumah bisa dibuat dalam berbagai dimensi, dari yang sangat kecil hingga yang besar. Ada pula miniatur rumah yang memiliki banyak detail dan fungsi, seperti pintu yang bisa dibuka, jendela yang bisa dibuka dan ditutup, serta furnitur miniatur yang lengkap.

Membuat Miniatur Motor Harley Davidson Dari Barang Bekas

Miniatur rumah bisa didesain sesuai dengan rumah aslinya atau bisa juga dibuat dengan kreasi yang lebih bebas. Ada yang membuat miniatur rumah dengan desain modern, klasik atau bahkan futuristik. Miniatur rumah bisa diberi aksen tambahan, seperti taman di sekeliling rumah, jalan setapak dari kerikil, atau pagar dari kayu kecil. Begini caranya

Alat dan bahan yang digunakan untuk hidroponik, crimping tool adalah alat yang digunakan untuk, bahan yang digunakan untuk membuat batik adalah, higrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur, cara membuat replika monas, alat yang digunakan untuk mengukur ampere voltase dan tahanan adalah, mikroskop adalah alat yang digunakan untuk, alat dan bahan yang digunakan untuk membuat batik, alat dan bahan yang digunakan untuk membatik, tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengetahui, mistar adalah alat yang digunakan untuk mengukur, humidifier adalah alat yang digunakan untuk