Apa Tujuan Dan Manfaat Dari Meringkas Suatu Teks Eksplanasi

Apa Tujuan Dan Manfaat Dari Meringkas Suatu Teks Eksplanasi – Ringkasan kata tidak terlalu aneh untuk didengar. Dari tugas sekolah yang ada di rangkuman, kita perlu penjelasan singkat sampai kita memahami masalahnya.

Ringkasan itu sendiri merupakan hasil karangan asli, sehingga dalam penyajiannya harus tetap menjaga susunan dan kata-kata dari penulis aslinya.

Apa Tujuan Dan Manfaat Dari Meringkas Suatu Teks Eksplanasi

Ringkasan berisi gagasan utama yang diwakili oleh setiap bacaan asli, jadi saat membaca ringkasan, kami memahami keseluruhan buku secara keseluruhan.

Artikel Teks Ulasan Buku

Langkah pertama yang harus diambil oleh seorang penulis abstrak adalah membaca teks sekali atau dua kali, atau beberapa kali, untuk mendapatkan kesan keseluruhan dari isi naskah.

Penulis juga harus mengetahui maksud dan sudut pandang penulis. Hal ini dapat dicapai dengan mengacu pada judul dan daftar isi.

Deskripsi daftar isi berkaitan erat dengan judul esai. Paragraf dalam esai mendukung poin-poin utama yang terdapat dalam daftar isi.

Oleh karena itu, penulis harus benar-benar memahami isi esai agar mudah mendapatkan kesan, maksud dan sudut pandang penulis.

Mengenal Resensi: Pengertian, Manfaat, Struktur & Cara Menyusunnya

Setelah mendapatkan kesan, maksud, dan sudut pandang penulis, penulis kemudian merangkum ide-ide penting yang terkandung dalam bagian atau paragraf tersebut. tujuan pencatatan

Berau Bara Abadi adalah perusahaan pertambangan batubara yang berlokasi di Desa Gunung Sari, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Saat merencanakan penambangan endapan batubara, perlu dilakukan analisis kecuraman lereng.

Baca juga  Berikut Yang Bukan Termasuk Tanda Hari Kiamat Adalah

Hal ini karena aktivitas penambangan seperti penggalian massa batuan mengubah distribusi tegangan pada lereng, mengganggu stabilitas lereng dan akhirnya menyebabkan keruntuhan lereng dan longsor.

Itu sebabnya P.T. Penduduk Baru Bara melakukan penyelidikan geoteknik di empat lubang bor, GT 01, GT 02, GT 03 dan GT 04. Beberapa sampel batuan akan diambil dari masing-masing lubang bor tersebut yang akan diuji sifat fisik dan mekanik batuan tersebut. di laboratorium.

Tugas Meringkasan Buku

Dari hasil uji laboratorium diperoleh karakteristik massa batuan yang selanjutnya akan digunakan sebagai masukan dalam perancangan lereng. Untuk variasi material penyusun lereng, ikuti litologinya.

Profil tegangan dari hasil analisis dengan menggunakan metode elemen hingga digunakan untuk menganalisis peluang terjadinya longsor di daerah penelitian. Selain itu juga dipengaruhi oleh kuat tekan batuan.

(1991) Batuan lunak adalah material yang kuat tekannya antara 0,25 MPa – 25 MPa, Arch slip dapat terjadi pada tanah atau batuan lunak.

Parameter sifat fisik dan sifat mekanik yang digunakan dalam perencanaan lereng komposit merupakan hasil pengujian di laboratorium mekanika batuan dan mekanika tanah. Kriteria runtuh yang digunakan adalah kriteria

Cara Meringkas/ Merangkum Teks

Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa rekomendasi geometri lereng tambang adalah lebar tambang 5 m, tinggi 5 m dengan sudut kemiringan 45.

Longsoran yang paling mungkin terjadi di wilayah studi adalah Longsoran Pelangi. Faktor yang mempengaruhi kestabilan lereng adalah geometri lereng dan muka air tanah. Ringkasan Ringkasan merupakan hasil rangkuman dari proses atau kegiatan. Tujuan penyuntingan rangkuman adalah untuk memahami dan mengetahui isi suatu teks. Agar berhasil membuat rangkuman yang baik, perlu diperhatikan langkah-langkah berikut dan hal-hal penting dalam meringkas.

Baca juga  Ana Ing Ngendi Panulisane Angle

Untuk membuat ringkasan yang baik, langkah pertama adalah membaca teks yang Anda baca dengan cermat. Teks bacaan dapat dibaca dalam hati atau dengan suara keras. Tujuan membaca teks ini adalah untuk menemukan makna cerita yang diceritakan.

Bagi mereka yang meringkas apa yang telah mereka baca dalam teks sebelumnya, membaca ulang teks itu penting. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi secara mendalam efek utama atau maksud dari teks. Jika sudah melakukan tindakan rangkuman berkali-kali, pengulangan bacaan akan lebih sedikit karena kemampuan memahami teks bacaan sudah baik.

Cara Membuat Ringkasan

Ketika membaca sebuah teks secara berulang-ulang, harap tuliskan main idea/gagasan utama/gagasan utama setiap paragraf. Biasanya gagasan utama ini ditempatkan dalam kalimat utama. Kalimat utama adalah kalimat yang paling umum dalam paragraf, yang dijelaskan dalam kalimat lain. Membacanya berulang-ulang otomatis akan memberi tahu Anda di mana gagasan utama paragraf tersebut.

Dari hasil pengumpulan ide pokok pada tahap ketiga dapat dikembangkan dengan kalimat baru yang lebih ringkas namun mewakili setiap paragraf. Banyak paragraf dapat diubah menjadi paragraf ringkasan dengan mengembangkan kalimat-kalimat baru ini, dari kumpulan gagasan utama. Tulis ringkasan satu kalimat. meringkas kalimat, frase

Jika dari beberapa langkah di atas, Anda mungkin belum memiliki gambaran yang jelas tentang ringkasan yang akan dibuat. Setelah itu, Anda bisa membaca contoh rangkuman berupa soal-soal latihan di halaman tersebut. Dari sana Anda dapat mengetahui bagaimana menyusun paragraf ringkasan.

Setelah Anda memahami cara-cara meringkas di atas, silakan asah kemampuan Anda dengan mengerjakan soal pilihan ganda untuk menulis paragraf ringkasan. Ada beberapa soal di halaman yang sama yang bisa digunakan untuk berlatih memahami konten di halaman tersebut.

Baca juga  Jelaskan Pelaksanaan Tes Pengukuran Kelincahan Dengan Lari Bolak-balik

Bahan Ajar 3.9 Dan 4.9 Teks Eksplanasi

Contoh teks eksplanasi dan karakteristiknya, teks eksplanasi, jenis teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi tsunami, teks eksplanasi tentang tsunami, teks eksplanasi banjir singkat, contoh teks eksplanasi sosial, website untuk meringkas teks, teks eksplanasi banjir dan strukturnya, cara meringkas video menjadi teks, ciri ciri teks eksplanasi, manfaat teks eksplanasi