Apa Persamaan Keadaan Politik Vietnam Dengan Laos

Apa Persamaan Keadaan Politik Vietnam Dengan Laos – Didirikan pada 8 Agustus 1967, ASEAN memiliki 10 anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Menurut situs Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, pembentukan ASEAN ditandai dengan kesepakatan para wakil dari 5 negara untuk menandatangani Deklarasi Bangkok.

Apa Persamaan Keadaan Politik Vietnam Dengan Laos

Para “founding fathers” ASEAN yang menandatangani Deklarasi Bangkok adalah para menteri luar negeri dari 5 negara besar, yaitu: Indonesia: Adam Malik

Uts Kls 8 Worksheet

Dimulai dengan lima negara, jumlah negara anggota organisasi ASEAN terus berlanjut. Selain Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Singapura, 5 negara Asia Tenggara lainnya kemudian bergabung menjadi anggota ASEAN. Lima negara tersebut adalah Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, dan Kamboja.

Belakangan, Timor Leste juga mengajukan diri menjadi anggota ASEAN. Namun sejak 2011 hingga 2021, Timor-Leste belum diputuskan menjadi anggota resmi ASEAN.

Berdasarkan catatan Peavey Marisha dalam ASEAN Serumpun (2020: 6), ASEAN awalnya terbentuk karena kesamaan yang dirasakan oleh berbagai negara di Asia Tenggara.

Kesamaan tersebut meliputi letak geografis, budaya, peruntungan penjajah, dan kepentingan (kesejahteraan rakyat). Oleh karena itu, lima negara pendiri ASEAN memasukkan tujuan pendirian organisasi ini dalam Piagam Bangkok.

Kondisi Penduduk Negara Asean: Malaysia, Filipina, Vietnam, Myanmar

Terlepas dari latar belakangnya, ternyata masing-masing negara anggota ASEAN memiliki beberapa persamaan dan perbedaan, diantaranya bentuk pemerintahan dan ekonomi.

Menurut catatan milisi dalam modul ajar (2020: 18-19), negara-negara anggota ASEAN memiliki kesamaan dimana pemerintahan yang demokratis digunakan untuk menjalankan kegiatan negaranya masing-masing. Namun, bentuknya tidak benar-benar sama.

Dengan kata lain, ada bentuk pemerintahan republik maupun yang sesuai dengan kondisi masing-masing negara. Berikut adalah beberapa bentuk pemerintahan negara-negara di ASEAN.

Sebagai kelompok negara yang tergabung dalam suatu wilayah geografis, ASEAN didominasi oleh negara-negara berkembang, kecuali Singapura (yang termasuk dalam kategori negara maju). Perekonomian beberapa negara berkembang ini memberikan penekanan yang sama pada penggunaan produk alami.

Inilah 5 Negara Pendiri Asean Dan Sejarah Terbentuknya

Namun, sebaran perbedaan ekonomi antar negara ASEAN juga dibedakan berdasarkan jenis kegiatannya, mulai dari pertanian, perikanan, kehutanan, pertambangan, industri, dan kerajinan.

Wilayah Asia Tenggara tercatat sebagai lahan subur untuk pertanian. Karena itu, sebagian besar penduduk Asia Tenggara bekerja di sektor ini, kecuali Malaysia yang jumlahnya kurang dari 40 persen, Brunei Darussalam dan Singapura yang jumlahnya kurang dari 10 persen.

Baca juga  Gerakan Tanpa Berpindah Tempat Disebut

Di daerah ini, perekonomian beroperasi dengan dua cara, yaitu perikanan laut (di laut lepas) dan berbasis darat (di sungai, danau, tambak, dan sawah). Salah satu negara dengan sektor perikanan darat adalah Kamboja.

Pertambangan juga ditekankan pada sektor ekonomi negara-negara ASEAN. Klasifikasi atau diferensiasi dilihat dari hasil tambang yang diperoleh masing-masing negara. Berikut ini adalah daftar tambang tersebut.

Potensi Sumber Daya Alam Negara Negara Asean

Di Asia Tenggara yang merupakan daerah tropis, pohon dapat tumbuh dan dimanfaatkan sebagai suplai bagi dunia di luar wilayahnya. Orang-orang di Asia Tenggara bisa mendapatkan keuntungan dari pohon dan produknya.

Sektor ekonomi Asia Tenggara yang terakhir adalah industri. Dari industri ini, masyarakat ASEAN dapat memproduksi berbagai macam barang olahan dan tentunya mereka mendapatkan keuntungan dari barang tersebut. Contoh industri ini adalah di Thailand dimana mereka membuat kerajinan tangan dari payung dan menjualnya kepada wisatawan (turis). Di Pasifik dan Australia utara. Persamaan dan Perbedaan Negara Asia Tenggara:

Asia Tenggara adalah benua Asia, secara geografis terdiri dari China di selatan, India di timur, Samudra Pasifik di barat, dan Australia di utara.

Asia Tenggara terdiri dari negara-negara Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Myanmar, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Timor Leste, dan Brunei.

Letak Astronomis & Kondisi Geografis Negara Negara Asean

Asia Tenggara sangat dekat dengan khatulistiwa, sehingga iklimnya tropis. Iklim ini menyebabkan curah hujan tinggi dan panas sepanjang tahun.

Angin musim bertiup dan berubah arah setiap 6 bulan. Hal ini menyebabkan terjadinya pergantian musim antara musim kemarau atau musim kemarau dengan musim penghujan. Angin ini juga membantu pelayaran di Asia Tenggara, memungkinkan adanya jalur perdagangan sejak ratusan tahun lalu, seperti jalur perdagangan rempah-rempah.

Posisi ini menjadikan Asia Tenggara sebagai lokasi yang strategis dan melewati jalur pelayaran antar wilayah di dunia. Kebudayaan Asia Tenggara juga sangat dipengaruhi oleh kebudayaan India dan Cina, misalnya pengaruh Hindu dan Budha, serta pengaruh kata serapan dari bahasa Cina.

Karena letaknya yang tropis, hampir seluruh Asia Tenggara bergantung pada pertanian padi sebagai makanan pokok.

Pdf) Daya Saing Dan Foreign Direct Investment

Setiap negara di Asia Tenggara memiliki bahasa yang berbeda. Bahasa resmi negara ini dapat dibagi menjadi empat rumpun bahasa, yaitu: rumpun bahasa Austronesia (Indonesia di Indonesia, Melayu di Malaysia, Singapura dan Brunei, Tagalog di Filipina dan Tetum di Timor-Leste), Tai. – Keluarga bahasa Kadai (bahasa Thailand). di Thailand dan Lao di Laos), bahasa Austrositik (Khmer di Kamboja dan Vietnam di Vietnam) dan bahasa Sino-Tibet (Bamar di Myanmar dan Mandarin di Singapura).

Baca juga  Cara Mengukur Kebugaran Jasmani Dapat Dilakukan Dengan

Setiap negara memiliki kelompok etnisnya sendiri. Faktanya, banyak negara Asia Tenggara memiliki puluhan hingga ratusan kelompok etnis di dalam negaranya. Misalnya di Indonesia ada bahasa Jawa, Sunda, Batak, Melayu dll. Sedangkan di Malaysia ada orang Melayu, Dayak, Orang Asli, dll.

Asia Tenggara sangat beragam secara agama. Di antara negara-negara dengan mayoritas Muslim adalah Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Negara yang mayoritas beragama Budha (sekte Theravada) adalah Myanmar, Thailand, Laos dan Kamboja. Negara yang mayoritas beragama Katolik adalah Filipina dan Timor-Leste. Singapura memiliki populasi campuran agama Konghucu, Budha, Muslim dan Kristen. Sementara itu, Vietnam memiliki populasi campuran antara penganut Buddha (sekte Mahayana) dan Katolik.

Sistem pemerintahan di Asia Tenggara juga berbeda. Negara-negara republik adalah Myanmar, Indonesia, Singapura, Filipina, dan Timor-Leste. Negara asal kerajaan tersebut adalah Thailand, Malaysia, Brunei dan Kamboja. Sedangkan Laos dan Vietnam adalah negara komunis.

Rangkuman Ips Vi

Soal Baru di IPS Variabel penting apa yang juga diketahui? Tolong jawab 2 cara memulai gerakan literasi di rumah. Di manakah letak benua secara geografis: a. Asia b. Afrikac. Amerika d. Eropa e. Apa dasar ketentuan UU RI No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Iklim dan Cuaca Australia? Tuliskan pengertian iklim dan cuaca secara geologis! 1. Sistem politik Indonesia diartikan sebagai suatu rangkaian atau kegiatan yang sangat berbeda yang berkaitan dengan kepentingan umum negara Indonesia, meliputi proses penetapan tujuan, usaha mencapai tujuan, pengambilan keputusan, pengambilan pilihan, dan penetapan prioritas.

4. Malaysia menganut sistem demokrasi parlementer di bawah monarki konstitusional. Malaysia dipimpin oleh Seri Paduka Baganda Yang di Pertuan Agong, yang dipilih dari antara sembilan Sultan Negara Melayu untuk menjabat sebagai kepala negara dan panglima tertinggi angkatan bersenjata selama lima tahun. Sistem ini didasarkan pada sistem Westminster karena Malaysia adalah bekas jajahan Inggris. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri. Di bawah konstitusi Malaysia, perdana menteri harus menjadi anggota Dewan Rakyat, yang memimpin kelompok mayoritas di parlemen setelah Yang di-Pertuan Agong. Sedangkan kabinet terdiri dari anggota parlemen yang dipilih dari Dewan Rakyat atau Dewan Negara.

Vietnam menjadi negara keenam yang bergabung dengan ASEAN pada tahun 1995, mata uang yang digunakan di negara tersebut adalah Dong.

Baca juga  Sewindu Berapa Hari

1. Sistem politik Indonesia diartikan sebagai sekumpulan atau kegiatan yang sangat berbeda yang berkaitan dengan kepentingan umum negara Indonesia, meliputi proses penetapan tujuan, usaha mencapai tujuan, pengambilan keputusan, pemilihan dan penetapan prioritas. .

Tuliskan Kesamaan Dan Perbedaan Negara Asean

Malaysia dipimpin oleh Seri Paduka Baganda, yang dipilih dari sembilan sultan negara Melayu untuk menjabat sebagai kepala negara dan panglima tertinggi angkatan bersenjata selama lima tahun.

Soal baru di IPS 2. Pertimbangkan pernyataan berikut. (1) Kelembaban tinggi. (2) Matahari bersinar sepanjang tahun. (3) Curah hujan tinggi yang terjadi setiap tahun. (4) Salju turun di wilayah barat. (5) Garis khatulistiwa menjadikan Indonesia sebagai negara subtropis. Kondisi cuaca Indonesia ditandai dengan angka. . . . a (1), (2), dan (3) b. (1), (2) dan (4) c. (2), (3) dan (4) d. (3), (4), dan (5) 2. Perhatikan pernyataan berikut. (1) Kelembaban tinggi. (2) Matahari bersinar sepanjang tahun. (3) Curah hujan tinggi yang terjadi setiap tahun. (4) Salju turun di wilayah barat. Karena garis khatulistiwa, Indonesia menjadi negara subtropis. Perbedaan antara penganggaran tradisional dan manajemen publik baru. Menurut Mardiasmo 2002, terdapat 8 fungsi utama anggaran yang menunjukkan pentingnya anggaran daerah dalam sistem keuangan daerah.

Nah, sebelum kita masuk ke kunci jawaban atau pembahasan konten ini, perlu diingat bahwa kunci jawaban ini hanya digunakan oleh orang tua untuk membimbing proses belajar anaknya.

Baca Juga: Jawaban Kunci Alasan Persatuan dan Persatuan Sangat Penting untuk Kehidupan Kelas 6 SD Soal Pendidikan Kewarganegaraan

Jelaskan Kemiripan Yang Dimiliki Oleh Negara Negara Anggota Asean Secara Singkat

Baca Juga: Ini Posisi Geografis Pulau Bali Dan Nusa Tenggara Pada Peta Kunci Jawaban Topik 1 Kelas 5 SD

Cerita W tidak berharga! Surat cerai dikirim ke wanita ini melalui kurir dari suaminya yang kabur? Pasalnya, Gegra adalah wanita yang sangat baik.

Cerita hilang selama 3 hari, seekor kucing mengejutkan pemiliknya, ternyata dia juga meninggalkan hutang dan membawa kertas ini di lehernya, ini isinya.

Cerita W Pengantin Baru Usai Mantan Pacar Kabur, Alasan Menikah dengan Suami Ingin Bikin Mantan Cemburu? Fahmi Nelingsa: Saya hancur!

Materi Ips Kelas Vi Tema 1 Subtema 1

W Stories INNALILAHI, 3 Jamaah Indonesia yang Hilang di Tanah Suci Selama 11 Hari, Masih Belum Ditemukan!

W story ESCHENNYA Cium gadis seksi di pesta pernikahan, mempelai wanita ini marah, langsung minta cerai, jika resepsi tidak berakhir!

Selebriti PERMATA MAKSIMUM! Beginilah sikap Irina Godono dan Kesang Pangarip, senang bermain komedi, bertingkah seperti anak-anak

Kepribadian terkenal

Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara

Keadaan politik, keadaan sosial negara vietnam, keadaan sosial negara laos, keadaan alam laos, keadaan sosial vietnam, vietnam vs laos, hasil vietnam vs laos, keadaan ekonomi negara laos, keadaan alam negara laos, persamaan keadaan, vietnam laos, keadaan alam vietnam