Apa Maksud Tujuan Sosialisasi Pemerintah Dalam Penggunaan Briket Batubara

Apa Maksud Tujuan Sosialisasi Pemerintah Dalam Penggunaan Briket Batubara – , Jakarta: Upaya mengatasi krisis bahan bakar terus dilakukan. Forum Masyarakat Tambang, misalnya, baru-baru ini mempromosikan penggunaan briket batu bara sebagai pengganti minyak tanah. Dengan biaya yang lebih murah, sumber daya batu bara juga melimpah dibandingkan minyak tanah [baca: APBN 2006 Pengadaan Kompor Briket Batubara].

Meskipun upaya sosialisasi telah dilakukan, masyarakat masih menolak menggunakan briket untuk memasak. Pasalnya, bahan bakar campuran tanah liat dan singkong ini jarang ditemukan di pasaran. Bukan hanya itu. Penggunaan minyak tanah dinilai masih lebih praktis dibandingkan briket.

Apa Maksud Tujuan Sosialisasi Pemerintah Dalam Penggunaan Briket Batubara

Pemerintah akan memperketat penerapan standarisasi impor baja. Hal ini terkait dengan murahnya baja impor yang beredar di pasar dalam negeri, khususnya baja asal China. Hal ini membuat industri baja dalam negeri sulit bersaing. Direktorat Jenderal Industri Logam Kementerian Perindustrian akan bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan untuk menerapkan standardisasi ini.

Desa Tulung Balak Sosialisasi Sdgs

Usulan penambahan subsidi pupuk pada anggaran pendapatan dan belanja negara tahun 2006 sebanyak dua kali lipat datang dari Pemerintah. Perhitungannya, total subsidi meningkat dari Rp3 triliun menjadi Rp6 triliun. Kenaikan ini akibat tidak menaikkan harga eceran tertinggi pupuk sebesar Rp1.050 per kilogram.

Menurut Kementerian Pertanian, peningkatan subsidi pupuk tidak bisa dihindari. Permasalahannya, saat ini terjadi peningkatan biaya produksi dan distribusi pupuk. Jika DPR menolak tambahan subsidi, Kementerian Pertanian akan mengoptimalkan penggunaan pupuk organik. Caranya melalui gerakan nasional di tingkat petani.

Baca juga  Dari Teks Diatas Coba Kalian Simpulkan Bagaimana Hukum Dari Permintaan

Alternatifnya, Kementerian Pertanian akan merevisi anggaran dengan program prioritas penguatan modal usaha kelompok tani. Penguatan permodalan dilakukan melalui bantuan pinjaman sederhana yang diberikan secara bergilir. (Tim AIS/Liputan SCTV 6)

* Fakta atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silahkan WhatsApp Fact Check nomor 0811 9787 670 dengan hanya memasukkan kata kunci yang diinginkan Beranda / Berita / Sosialisasi dan pelatihan pembuatan briket arang dan pupuk kompos oleh mahasiswa UNRAM KKN Tematik di lingkungan desa Korleko

Sosialisasi Sekaligus Pelatihan Pembuatan Briket Arang Dan Pupuk Kompos Oleh Mahasiswa Kkn Tematik Unram Desa Korleko

. Mahasiswa KKN Tematik Unram mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan briket arang dan pupuk kompos bersama masyarakat Desa Korleko, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, (Kamis, 28/01/2022).

Korleko merupakan desa yang kaya akan sumber daya alam, salah satunya kelapa. Masyarakat Korleko memanfaatkan kelapa sebagai sumber pendapatannya, mulai dari buahnya yang dijual, daunnya dijadikan kayu, kelapanya dijadikan sapu, dan batok kelapanya dibakar untuk dijadikan arang.

Selain kelapa, Kampung Korleko memiliki populasi hewan ternak yang tinggi seperti sapi, kambing, dan ayam. Karena populasi ternak yang besar maka kotoran yang dihasilkan juga banyak. Pupuk ini sebenarnya merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan oleh petani sebagai pupuk, dan merupakan pupuk organik yang kegunaannya hampir sama dengan pupuk kimia, apalagi saat ini harga pupuk kimia sangat mahal dan mahal.

Berdasarkan potensi dan permasalahan yang dihadapi Kampung Korleko, mahasiswa KKN Tematik Unram hadir untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan briket arang dan pupuk kompos, karena mahasiswa KKN Unram melihat masih kurangnya kesadaran masyarakat mengenai sabut kelapa dan kotoran sapi yang sebenarnya bisa dimanfaatkan. dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat, bukan sekedar bahan limbah yang dibuang begitu saja.

Baca juga  Jelaskan Proses Pembentukan Minyak Bumi Dan Batubara

Pdf) Peningkatan Mutu Briket Dari Sampah Organik Dengan Penambahan Minyak Jelantah Dan Plastik High Density Polyethylene (hdpe)

Maka kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi desa agar diharapkan dapat membuka usaha-usaha baru yang dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan masyarakat desa Korleko dan membantu petani untuk lebih mudah mendapatkan pupuk dan mampu memproduksi pupuk sendiri.

Kegiatan dilaksanakan di aula Kantor Desa Korleko, dan dihadiri oleh perangkat desa, kelompok tani, pemuda pekerja dan perempuan dari tujuh desa Desa Korleko.

Ketua KKN Tematik Unram Kampung Korleko Erwin Saputraji menjelaskan, kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan sebagai wujud inovasi mahasiswa KKN Kampung Korleko yang diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya atau potensi lokal desa yang dapat dimanfaatkan. dieksploitasi.

“Kami berharap briket arang dan pupuk kompos ini kedepannya dapat terus dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga dapat mengurangi sampah dan menjadi sumber pendapatan,” harap Erwin.

Dikplhd 2016 By Dlhk.aceh

Pertemuan yang dilakukan mahasiswa KKN Unram ini berupa pengenalan briket arang dan pupuk kompos, keunggulan briket arang dan pupuk kompos, serta cara pembuatannya.

Di akhir acara silaturahmi, kelompok KKN tematik Unram melakukan praktik pembuatan briket dari arang dan kompos langsung bersama para peserta. Dan bahan yang digunakan untuk membuat briket adalah tempurung kelapa, tepung singkong dan air.

Kegiatan sosialisasi ini sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat Kampung Korleko, seperti yang disampaikan oleh salah satu perangkat desa yaitu Pak Ansori yang merupakan kepala dinas pemerintahan desa Korleko.

“Alhamdulillah, adapun program yang dijalankan oleh rekan-rekan mahasiswa Unram, kami sangat menyambut baik apa yang telah diprogramkan. Salah satu hal yang sangat kami minati dari para mahasiswa KKN ini adalah mereka sangat tanggap dan melihat kemungkinan tersedianya bahan baku dari Korlek, karena komoditas andalan kami di bidang pertanian, alhamdulillah kami unggul dalam hal kualitas pohon kelapa. . Dari buah kelapa tersebut banyak sekali bahan baku yang bisa dimanfaatkan memberikan gambaran tentang pembinaan sekelompok pemuda di Desa Korleko beserta toko-toko lainnya, salah satunya adalah sosok perempuan yang sangat kami syukuri. Artinya, generasi muda yang awalnya belum memiliki pemahaman dan pengetahuan bagaimana mengelola arang agar menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berkelas kembali, seperti yang dilakukan mahasiswa KKN kemarin, kini dilatih dan mumpuni untuk membuat briket. Jernih.

Baca juga  Apa Arti Fakboy

Pdf) Industri Pengolahan Kayu

Staf Desa berharap kami dapat mengubah arang menjadi briket dan membuat kompos kotoran sapi sehingga dapat dimanfaatkan.

“Dan harapan kami terkait bagaimana cara mengubah arang menjadi briket dan membuat kompos dari kotoran sapi agar bisa kita jadikan sesuatu yang bisa dimanfaatkan sehingga bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sampah bukanlah sesuatu yang menjijikan,” harapnya. . .

Selain itu, salah satu pemuda yang ikut dalam silaturahmi, Aan, mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan pembuatan briket arang dan pupuk kompos yang dilaksanakan KKN Tematik Unram.

“Bagi saya kegiatan ini sangat baik, terutama dalam membuka wawasan masyarakat mengenai pemanfaatan batok kelapa untuk pembuatan briket, dan juga menjadi alternatif usaha baru bagi masyarakat. Briket arang ini juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan sebagai bahan bakar alternatif di masa depan tentunya lebih ramah lingkungan. “Dan kami berharap Desa Korleko dapat menjadi sentra produksi briket arang sehingga menjadi desa yang tangguh dan mandiri dalam pangan dan energi,” jelas Aan, salah satu pemuda.

Makalah Briket Batubara

Kompor briket batubara, harga kompor briket batubara, tungku briket batubara, harga briket batubara, kegunaan briket batubara, pabrik briket batubara, cara buat briket batubara, briket batubara adalah, briket batubara, jual briket batubara, pembuatan briket batubara, cara membuat briket batubara