Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Ciri Hewan Avertebrata Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Ciri Hewan Avertebrata Adalah – Contoh invertebrata – Jumlah hewan sangat besar. Dengan jumlah yang banyak, hewan dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan tulang punggungnya, yaitu hewan bertulang belakang termasuk dalam kelompok vertebrata. Sementara itu, hewan tanpa tulang punggung tergolong hewan invertebrata.

Invertebrata sendiri dapat dipahami sebagai kelompok hewan tanpa tulang punggung. Pada dasarnya, tulang belakang merupakan deretan yang terdiri dari banyak ruas tulang belakang dan memanjang dari leher hingga ke ekor. Kelompok invertebrata ini juga diketahui dapat ditemukan di hampir setiap habitat di Bumi.

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Ciri Hewan Avertebrata Adalah

Selain tidak memiliki tulang punggung, ada beberapa ciri yang bisa digunakan untuk membedakan antara invertebrata dan vertebrata, mulai dari sistem saraf, cara melahirkan, hingga struktur organnya.

Perbedaan Hewan Vertebrata Dan Hewan Avertebrata, Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang invertebrata. Berikut penjelasan tentang ciri-ciri dan contoh hewan invertebrata. Dan tidak hanya itu, artikel ini juga akan membahas mengenai klasifikasi atau pembagian invertebrata itu sendiri. Mari kita lihat sampai akhir!

Seperti disebutkan sebelumnya, ciri utama invertebrata adalah tidak memiliki tulang punggung. Namun, ciri utama invertebrata bukanlah satu-satunya. Berikut beberapa ciri utama yang membedakan invertebrata dengan hewan atau organisme lain, antara lain:

2. Organ ekskresi tidak ditemukan pada invertebrata yang lebih rendah. Sementara itu, invertebrata tingkat tinggi diketahui tidak mengincar organ.

3. Sistem saraf invertebrata sederhana dan tidak memiliki sistem saraf pusat. Namun, tidak demikian halnya pada banyak spesies hewan yang memiliki pusat saraf berupa kumpulan simpul atau nodus saraf.

Ciri Ciri Vertebrata Yang Wajib Diketahui, Beserta Klasifikasi Dan Contoh Hewannya

5. Peredaran darah terbuka pada invertebrata. Darah dari pembuluh darah masuk ke jantung dan sebagian terus beredar melalui arteri untuk masuk ke bagian jantung lainnya.

Setelah mengetahui dua kelompok hewan dan perbedaan di antara mereka, pada bagian ini kita akan membahas klasifikasi invertebrata itu sendiri. Invertebrata dapat dikelompokkan menjadi enam filum, yaitu, Porifera atau hewan berpori, Cacing atau cacing tanah, Coelenterata atau hewan berongga, Arthropoda atau hewan buku, Moluska atau hewan lunak, dan Echinodermata atau hewan berduri. Berikut adalah penjelasan dari enam kelompok invertebrata diantaranya :

Baca juga  Kerajaan Majapahit Mendapat Julukan Kerajaan Nusantara Kedua Jelaskan Pendapatmu

Seperti namanya, jamur merupakan kelompok hewan yang seluruh permukaan tubuhnya mengandung pori-pori. Hewan ini memiliki tubuh hampir seperti spons, dengan kerangka yang terbuat dari tanduk. Porifera sebagian besar dikenal karena tubuhnya yang tidak beraturan atau asimetris.

Bentuk bunga karang bermacam-macam, dari yang berbentuk tabung, berbentuk vas bunga, berbentuk mangkok, bahkan ada yang bercabang seperti tumbuhan dengan warna badan yang sangat berbeda. Hewan ini kebanyakan hidup di air dan masih bisa bereproduksi, baik melalui perkawinan maupun tidak. Reproduksi aseksual dapat terjadi melalui pembentukan tunas.

Perkembangbiakan Generatif & Vegetatif Pada Hewan

Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa jenis spons seperti Spongia dan Hippospongia dapat digunakan sebagai perlengkapan mandi, spons mandi, dan alat gosok.

Coelenterata merupakan jenis hewan yang hidup di air dengan rongga pada tubuhnya. Tubuh coelenterata memiliki dua jenis bentuk yaitu bentuk polip dan bentuk ubur-ubur.

Coelenterata dengan polip diketahui memiliki bentuk tubular. Selain itu, hewan ini bertahan hidup dengan tetap tinggal di tempat hidupnya. Sedangkan ubur-ubur berbentuk seperti lonceng atau payung. Medusa sendiri memiliki lengan atau tentakel yang mengelilinginya dan mengapung di air.

Tentakel perahu dapat digunakan untuk menangkap korban. Jika mangsa menempel atau mendekati tentakel perahu. Sel beracun yang ada di tentakel perahu melepaskan racun untuk melumpuhkan mangsanya.

Latihan Tema 1 Worksheet

Vermes atau yang biasa disebut cacing merupakan jenis hewan yang berukuran kecil dengan bentuk tubuh yang panjang dan lunak. Seperti kerangka invertebrata lainnya, verma tidak memiliki kerangka dan kaki. Namun, tubuh vermes simetris bilateral atau dapat dipahami sebagai tubuh cacing, yang dapat dibagi menjadi bagian kiri dan kanan.

Cacing atau ulat ini selanjutnya dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok berdasarkan bentuk tubuhnya, mulai dari yang pipih, elips, tidak beruas hingga bulat dan memanjang serta beruas-ruas seperti bentuk love.

A. Platyhelminthes, yaitu cacing berbentuk pipih. Contoh cacing jenis ini adalah cacing pita dan cacing hati.

B. Nemathelminthes, yaitu cacing yang memiliki bentuk tidak elips atau bisa juga disebut cacing gelang. Contoh jenis cacing gelang unsegmented ini adalah cacing perut, cacing gelang, cacing gelang, dan cacing tambang.

Pengertian Hewan Avertebrata, Ciri Umum, Klasifikasi, Dan Contohnya

C. Annelida, yaitu cacing yang memiliki bentuk tubuh bulat panjang dan terbagi atau dapat digolongkan sebagai cacing bulat. Contoh kelompok cacing gelang ini adalah cacing tanah, cacing pita dan lintah.

Arthropoda memiliki bentuk tubuh yang terdiri dari kepala (caput), dada (thorax) dan perut (abdomen). Arthropoda juga dilengkapi dengan bentuk tubuh simetris bilateral dan zat pelindung berupa kitin pada kulit terluarnya.

Baca juga  Cicak Berkembang Biak Dengan Cara

Sementara itu, arthropoda memiliki sistem organ tubuh yang lengkap, mulai dari sistem peredaran darah, pencernaan, saraf, pernapasan, ekskresi, reproduksi hingga organ indera yang dapat merespon sentuhan, panas, serta bau.

Arthropoda juga memiliki mata majemuk, atau dapat dipahami sebagai mata yang terdiri dari ribuan mata kecil berbentuk heksagonal. Mata ini dikenal sebagai mata segi.

Biologi Kelas 10

Arthropoda dikenal sebagai salah satu filum terbesar dibandingkan dengan banyak filum hewan lainnya. Filum Arthropoda sendiri dapat dikelompokkan menjadi 4 kelas yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Moluska pada dasarnya adalah jenis invertebrata yang memiliki tubuh lunak, mengandung banyak lendir dan ditutupi cangkang. Moluska sendiri biasanya memiliki cangkang yang terbuat dari batu kapur dan digunakan untuk melindungi tubuhnya.

Moluska hidup di berbagai wilayah bumi, sehingga dapat ditemukan di darat, laut, air tawar, daerah panas dan dingin. Moluska juga merupakan hewan yang memiliki sistem pencernaan, pernapasan, ekskresi, peredaran darah, saraf, otot, dan reproduksi.

Echinodermata adalah jenis invertebrata yang memiliki kulit yang terbuat dari duri. Kulit hewan ini terdiri dari banyak lempengan batu kapur dengan banyak duri kecil di permukaannya. Tubuh Echinodermata juga berbentuk bintang, bulat, pipih, bulat memanjang, ada juga yang bentuknya mirip tumbuhan.

Pas Ipa 5.1 Worksheet

Echinodermata dapat bergerak menggunakan kaki ambulakral. Ambulacral sendiri dapat dipahami sebagai tabung dengan alat penghisap. Sistem pencernaan Echinodermata sendiri juga terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus dan anus. Sedangkan sistem sarafnya terdiri dari lingkaran saraf dengan bentuk melingkar di sekitar kerongkongan dan berbagai cabangnya yang mengarah ke masing-masing lengan.

Echinodermata bereproduksi baik secara seksual atau dengan pemijahan. Dan tidak hanya itu, hewan jenis ini juga memiliki kemampuan untuk berubah, misalnya kemampuan untuk menumbuhkan kembali bagian tubuh.

Setelah mengetahui ciri-ciri dan klasifikasi invertebrata, pada bagian ini akan dijelaskan contoh-contoh invertebrata yang ada di lingkungan kita. Berikut adalah beberapa contoh hewan invertebrata yang harus Anda ketahui, di antaranya:

Kupu-kupu adalah contoh invertebrata yang memiliki enam kaki, dua antena, dan tiga bagian tubuh. Ada juga jenis kupu-kupu yang bersayap, namun ada juga yang tidak bersayap. Kupu-kupu dapat dikatakan sebagai salah satu jenis serangga yang mengalami metamorfosis sempurna.

Organ Gerak Hewan Vertebrata: Alat Gerak Ikan, Burung, Hingga Katak

Lembaga Smithsonian melaporkan bahwa ada sekitar 17.500 spesies kupu-kupu di dunia. Kupu-kupu dapat hidup di semua wilayah Bumi, kecuali Antartika. Kupu-kupu berkembang biak di berbagai habitat, mulai dari rawa asin, hutan bakau, bukit pasir, hutan dataran rendah, lahan basah, padang rumput hingga pegunungan.

Baca juga  Mengayun Lengan Anggota Badan Yang Digerakkan Adalah

Semut merupakan salah satu contoh hewan invertebrata yang memiliki tubuh yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kepala, toraks (tempat melekatnya tiga pasang kaki) dan perut (tempat organ vital).

Dikutip dari laporan National Geographic, saat ini terdapat lebih dari 10.000 spesies semut di dunia. Semut sendiri sangat mudah ditemukan di hutan hujan tropis dengan struktur sarang yang terletak di bawah tanah, gundukan tanah, bahkan pepohonan.

Lebah adalah contoh invertebrata dengan kerangka luar yang tipis. Tubuh lebah dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kepala dengan dua antena, dada dengan enam kaki, dan perut. Tubuh lebah sendiri memiliki dua pasang sayap, dan hanya lebah betina yang memiliki kemampuan menyengat.

Macam Macam Klasifikasi (filum) Hewan Avertebrata Beserta Ciri Dan Contohnya

Menurut The National Wildlife Federation, ada lebih dari 20.000 spesies lebah yang tersebar di seluruh dunia. Seperti semut, lebah hidup di hampir setiap benua di Bumi kecuali Antartika. Di wilayah seperti Amerika Utara, sekitar 4.000 spesies lebah menghuni berbagai ekosistem, baik di hutan, gurun, dan tentunya padang rumput.

Bintang laut adalah contoh invertebrata yang hidup di lingkungan perairan. Tanda bintang itu sendiri umumnya diketahui memiliki cakram pusat yang terbagi menjadi lima lengan. Meskipun beberapa spesies memiliki banyak lengan. Namun, lengan bintang laut ditutupi dengan penjepit dan cangkir hisap yang dapat digunakan di bawah air.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh National Geographic, ada sekitar 2.000 spesies bintang laut yang diketahui hidup di seluruh lautan dunia, di habitat tropis, dan di habitat dasar laut bersuhu rendah. Jenis bintang laut yang paling umum adalah bintang laut berujung lima. Selain itu, ada jenis bintang laut yang lengannya mencapai 10, 20 bahkan 40 buah.

Seperti halnya bintang laut, ubur-ubur merupakan contoh invertebrata yang hidup di laut dan termasuk dalam filum Cnidaria. Filum Cnidaria adalah filum tanpa otak, tulang, jantung atau bahkan mata. Tubuh ubur-ubur biasanya terdiri dari mangsa yang lunak dan transparan, yang tidak dapat menggerakkan mangsanya sebelum memakannya.

Latihan Ipa Tema 1 Worksheet

Struktur ubur-ubur sendiri terdiri dari tiga lapisan, yang pertama adalah lapisan luar

Berikut ini yang bukan merupakan perubahan fisika adalah, berikut ini yang bukan merupakan teknik membuat batik adalah, berikut ini yang bukan merupakan perangkat lunak sistem operasi adalah, berikut yang bukan merupakan software presentasi adalah, berikut ini yang bukan merupakan fungsi dari planetary gear adalah, berikut ini yang bukan merupakan cms adalah, berikut ini yang bukan merupakan contoh interaksi sosial adalah, berikut ini yang bukan merupakan cara menangkap peluang usaha adalah, berikut ini yang bukan merupakan software komputer akuntansi adalah, berikut ini yang bukan merupakan barang impor indonesia adalah, berikut yang bukan merupakan bahan kimia adalah, berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembuatan reklame adalah